Cina Siap Tembakkan Rudal Anti Satelit Don Neng 3

China sedang bersiap untuk melakukan uji peluncuran rudal anti satelit Don Neng 3 pada minggu ini. Kesibukan persiapan peluncuran rudal Don Neng 3 terdeteksi di sebuah fasilitas militer di China Tengah.

Badan intelijen China juga terlihat disiagakan untuk menutup zona jalur penerbangan yang akan dilewati rudal Don Neng 3, yang diperkirakan akan dilakukan pada hari Kamis. Tes rudal kemungkinan akan dilakukan dari salah satu fasilitas peluncuran satelit, yakni di Jiuquan yang terletak di Mongolia atau di kompleks peluncuran di Korla yang terletak di Xinjiang, Cina barat.

Pemerintah China sebelumnya sudah mengumumkan zona penutupan jalur udara disekitar lokasi peluncuran sejak tanggal 8 Desember. Tes peluncuran kemungkinan juga akan dibarengi dengan uji penembakan rudal anti rudal balistik yang merupakan program terpadu dengan rudal anti satelit.

Pada tahun 2007 China mendapat kecaman dari Internasional karena melakukan uji penembakan rudal anti satelit yang meninggalkan ribuan serpihan puing-puing di angkasa. Terakhir kali China menguji rudal anti-satelit Don Neng 3 pada 30 Oktober 2015 dari kompleks uji peuncuran rudal di Korla.

Rudal anti satelit adalah bagian dari apa yang disebut Pentagon – “pasukan counterspace”, bagian dari peningkatan kemampuan militer China secara besar-besaran.

Tinggalkan komentar