Apr 152016
 

Washington – Cina telah mengerahkan jet tempur dalam jumlah besar ke Woody Island, salah satu pulau di Laut Cina Selatan yang disengketakan, kata seorang pejabat pertahanan AS, 14/4/2016.

Cina telah memindahkan 16 pesawat tempur canggih Shenyang J-11 ke Woody Island pada tanggal 7 April 2016, kata pejabat pertahanan, yang meminta anonimitas karena ia tidak berwenang untuk membahas masalah tersebut secara terbuka. Dia mengatakan penyebaran besar ini “belum pernah terjadi sebelumnya,” meskipun itu bukan pertama kalinya Cina mengirim jet tempur ke Woody Island, daratan terbesar di Kepulauan Paracel, yang terletak di wilayah Laut Cina Selatan yang disengketakan.

Positioning pesawat militer di pulau tampaknya bertentangan dengan janji Presiden China Xi Jinping untuk tidak melakukan militerisasi di Laut Cina Selatan, sebuah pernyataan yang dibuatnya saat mengunjungi Washington, DC pada bulan Februari 2016.

Para pejabat AS mengatakan penyebaran tersebut, di samping penumpukan senjata agresif di pulau buatan manusia di seluruh Laut Cina Selatan, juga mengancam stabilitas di kawasan tersebut. AS telah berulang kali menyerukan Cina dan negara-negara lain yang mengklaim wilayah sengketa di Laut Cina Selatan, yang merupakan kunci rute pelayaran internasional, untuk tidak melakukan militerisasi di daerah tersebut.

Menteri Pertahanan Ash Carter yang sekarang di Filipina, akan mengunjungi pangkalan Amerika Serikat di sana yang dianggap penting untuk melawan agresi Cina di wilayah tersebut. Wilayah di sekitar 100 mil timur dari Kepulauan Spratly yang diperebutkan, Cina telah menggunakan sekitar 2.000 hektare untuk meningkatkan terumbu karang ke pulau-pulau tersebut.

Carter mengatakan Amerika Serikat akan berinvestasi dan mengerahkan rotasi pasukan Amerika ke basis di Filipina.

“Hal ini penting bagi semua negara – China, Filipina, Vietnam, yang lain – untuk tidak terlibat dalam setiap langkah reklamasi pembangunan sepihak dan melakukan militerisasi,” kata Menteri Luar Negeri John Kerry pada bulan Februari 2016. “Faktanya adalah bahwa ada langkah-langkah China, Vietnam, dan yang lain yang telah menciptakan sebuah siklus konflik.”

Woody Island telah berada di bawah kendali Cina sejak tahun 1950-an, tetapi juga diklaim oleh Taiwan dan Vietnam. China pertama kali membangun landasan pacu di sana untuk menampung pesawat militer, termasuk jet tempur canggih, pada 1990-an. Landasan itu diperluas landasan pacu pada tahun 2014.

Pentagon telah mengkonfirmasi penyebaran skala yang lebih kecil dari jet tempur Cina untuk Woody Island di masa lalu, termasuk pada bulan November 2015 dan baru-baru ini pada bulan Februari 2016.

Fformasi baru yang diperolehpara pejabat Pentagon menunjukkan, China akan terus membangun militernya di Woody Island.

Foto satelit yang diambil oleh ImageSat International menunjukkan adanya sistem radar di Woody Island, yang akan memungkinkan China untuk menggunakan sistem rudal permukaan-ke-udara yang ditempatkan di sana pada bulan Februari 2016. citra menunjukkan sistem rudal permukaan-ke-udara di sisi timur pulau, dengan beberapa rudal dalam posisi siap menembak.

Menteri Luar Negeri China Wang Yi mengatakan kepada wartawan pada bulan Februari 2016, bahwa China “mengerahkan peralatan yang diperlukan, fasilitas defensif terbatas di wilayahnya sendiri.”

Stripes.com

Bagikan :

  48 Responses to “Cina Tempatkan 16 Pesawat Tempur Shenyang J-11 di Laut Cina Selatan”

  1.  

    china m emang agresif

    •  

      Menjiplak Apple iphone dari china,
      pesawat tempur shukoi dari china..
      Wihh semua dari china.. daripada lama lama sengketa ama jepang dibikin pulau china woddy island.
      Taktik china memang hebatt..sehebat hebat tupai bercinta pasti tewas juga.
      Tunggu tanggal mainnya saja LCS.

    •  

      Yup benar kata bu connie,.jika kita lemah kita akan di telan bulat2…

  2.  

    Gawat

  3.  

    J11 adalah licensi dr SU27. msh pakai airframe dan mesin Saturn AL 11 Rusia. J11 telah di buat sebanyak 250an unit……kalau terbang hanya J11 sj sdh kayak tawon.

  4.  

    rapopo

  5.  

    Bagus itu China, tumpuk yg banyak biar cepet perang….. pengin liat aksi askar malon yg katanya jaguh nan bebal itu !!…. kawaaakk..kwaaakk..kwaaakk…

  6.  

    Klw cina bayar pajak biarlah cari makan walau sedikit kang ubed. Tapi kalau cina ga minta izin ga bayar pajak trus menghina nasib orangtua renta cina kebun sayur macem saya ini.. Haduh pedih. Yg begini harusnya yg ditempa kang ubed. curhat pagi..*

  7.  

    J11 itu generasi 4, no more
    F16 itu juga generasi 4, but more better

  8.  

    Wahh… Pasti banyak tentara cewe cina ne..

  9.  

    Sepertinya para petinggi dephankam harus meminta presiden mengakusisi rudal pertahanan jarak menengah TOR M2E

  10.  

    Kayaknya nggak akan banyak berpengaruh deh, hanya keberanian menekan tombol attack saja yg akan jd berpengaruh. Menjadi awal China akan di gang bang rame rame dari segala penjuru arah.

    •  

      setuju…Industri China belumlah sekuat yang dikira…belum lagi SDA terbatas…perang hanya siasat terakhir yang mereka lakukan krn sekarang pada dasarnya mereka terkepung…. US sdh berbasis di Cam Ranh Vietnam..mereka sudah punya opsi kesana, Filipina kembali jadi basis Amrik..plus Okinawa , Korea Selatan…perang masih jauh..kalo ambil posisi,, mungkin iya..

  11.  

    Hihihi..
    Adios Amigos Jotos Sampai Keropos..

  12.  

    ayo warga kita boikot produk cina biar cina g resek ma kita dan yg warga negara keturunan tionghoa ayo kita B###! utk yg pria sedangkan yg cewek mari kita p***k****$# rame rame gimana? dan 1 lagi yg tua kita buang aja k laut

  13.  

    Hip..hip hurrraiiii…kah kah kah….

  14.  

    china rakus bin tamak harus di hancurkan…

  15.  

    Saya pernah melatih pramuka di sebuah sekolah yang mayoritas keturunan Cina. Sekarang anak didik saya banyak yang telah SMA dan di universitas. Saya amati rasa kebangsaan dan kecintaan mereka terhadap negeri kita sangat besar. Jadi bagaimana kita memperlakukan merekalah yang membuat mereka cinta atau tidak terhadap negara kita. Bagaimana mereka mau cinta kepada Indonesia, kalau mereka selalu dianggap bangsa Asing di negerinya sendiri. Ya nggak?.

    Kita masih jauh kalau dibandingkan dengan Amerika. Di sana, yang bapaknya asli orang Kenya dan beragama Islam pula, bisa jadi presiden. Di negeri kita, udah bergenerasi hidup di Indonesia, jadi Gubernur aja susah.

  16.  

    ASU cuma bisa menggonggong, tp gonggongannya tdk artinya bg China.
    Kacian deh lu!

  17.  

    biar byk pangkalan asu di luar negeri makin bagus,makin byk pengeluaran buat perang perang dan pangkalan luar negeri nya biar makin cepat bangkrut,dr dulu asu sdh bikin pangkalan di philipina ….china tetap aja masih berdiri sampai hari ini,lht aja timteng di obrak abrik asu,tetap saja negara timteng tetap berdiri only ganti rezim aja

  18.  

    Biar tahu kekuatan angkatan udara Cina :
    Total Aircraft: 2,942
    Fighters/Interceptors: 1,230
    Fixed-Wing Attack Aircraft: 1,385
    Transport Aircraft: 782
    Trainer Aircraft: 352
    Helicopters: 802
    Attack Helicopters: 200

    Biar tahu kekuatan angkatan laut Cina :
    Total Naval Strength: 714
    Aircraft Carriers: 1
    Frigates: 48
    Destroyers: 32
    Corvettes: 26
    Submarines: 68
    Coastal Defense Craft: 138
    Mine Warfare: 4

    Sumber : http://www.globalfirepower.com/country-military-strength-detail.asp?country_id=china

    kepada pemerintah, parlemen dan militer Indonesia, bangun dan sadarlah …….

  19.  

    bukan om, tiruannya F 35 tu J 31

  20.  

    Bahaya ini paham rasis di Jkgr kalau dibiarkan Bung Diego. Tolong admin sering2 patroli.
    Buat kawan2 yg lain, harap dibedakan RRC dan WNI keturunan tionghoa. Ga bijak lah ngomong kasar dan generalisasi warga keturunan.

  21.  

    china membangun kekuatan disebelah dekat dengan pulau hainan dengan menaruhkan 1skadron tempur j11 dipulau woddy dekat markas pulau hainan,sengketa pasti diperuntukan untuk menjaga keseimbangan kekuatan dengan vietnam,pinoy maupun taiwan juga japan dan amrik.

    sepertinya kekuatan belum ditaruh ke daerah dekat zee natuna atau semenanjung kalimantan nah ini perlu diwaspadain.

    salam damai selalu met siang:)

  22.  

    J11 ntu sebetulnya lisensi atau copas tanpa ijin sih ya? Trus kemmapuannya sndiri gimana, ayoook siapa yg mau lawan biar dpt botol pulpen, coba dites sama hawk 200 aja yok.

  23.  

    J11 belum bettle proven,di gebuk hawk aja rontok kali …

  24.  

    Ini Natuna masuk radius tempurnya Shenyang J-11 ga nih? Radius tempur J-11 1.500 km. Woody ke Natuna 1.554 km. Hahahaha

  25.  

    wk..wk..wk

  26.  

    Pelan tp pasti pulau sengketa di LCS bakal makin kuat dngn alutsista china..parahnya negara yg bersengketa protesnya gk da yg digubris sm china.. Jd scara tdk lngsung ni pulau akn jd milik china seutuhnya .. Krn tdk da negara yg berani menentang

  27.  

    Indonesia jgn kalah sm cina, cina saja bs kloning F 35 dari usa,… F16 hibah dikloning saja lalu diupgrade karya anak bangsa dgn model ifx,… Klo ada F5E hibah gunakan utk patroli dan utk kelas pembelajaran drpd mubazir utk sementara dlm jumlah quantity,…

  28.  

    come on mana bung MJ q ngefans MA diya dia dia

  29.  

    tempatkan F16 di natuna, paling tidak mereka akan berfikir untuk menerobos wilayah NKRI

 Leave a Reply