Dec 292018
 

Paris Air Show 2017 Diamond DART-450. (Marc Lacoste – Own work via commons.wikimedia)

Media pemerintah Cina telah mengungkapkan bahwa Cina telah menerbangkan pesawat latih militer baru yang berasal dari Diamond DART-450 turboprop bermesin tunggal.

Penerbangan pesawat latih dua kursi tandem yang dikembangkan oleh China Electronics Technology Corporation (CETC) Wuhu Diamond Aircraft Manufacturing Company ini dilakukan di fasilitas perusahaan di Provinsi Jiangsu pada 6 November.

Ditunjuk sebagai TA-20, pesawat baru ini adalah produk dari usaha patungan (JV) antara CETC dan Pemerintah Kota Wuhu, yang membuat pesawat berdasarkan lisensi dari Diamond Aircraft Industries yang berbasis di Austria. Jane pertama kali melaporkan pada Oktober 2017 bahwa Diamond Aircraft Reconnaissance Trainer (DART)-450 sedang disiapkan sebagai kandidat untuk pengembangan menjadi pesawat pelatih dasar militer untuk Angkatan Udara Tentara Pembebasan Rakyat (PLAAF).

DART-450 yang menjadi dasar TA-20 dikembangkan dengan cepat oleh Diamond, dengan gambar pertama untuk penerbangan pertama hanya memakan waktu satu tahun (penerbangan perdananya dicatat pada 17 Mei 2016). Pelatih sipil dan militer tandem serat karbon dua kursi memiliki kursi ejeksi sidestick dan pneumatic. Pesawat ini memiliki kecepatan tertinggi 230 kt, langit-langit layanan 23.000 kaki (7.010 m), dan daya tahan maksimum delapan jam plus cadangan.

Sementara fitur DART-450 dasar avionik Garmin G3000, TA-20 telah dilengkapi dengan sistem Smart-210 yang dikembangkan secara mandiri oleh Chengdu Hermes Technology Company Limited. Citra yang diposting oleh perusahaan menunjukkan kedua kokpit harus dilengkapi dengan layar sentuh layar luas tunggal, cocok guna melatih pilot untuk platform generasi kelima seperti J-20. Kolom kontrol stick samping pesawat juga mirip dengan yang dipasang pada J-20.

PLAAF terlibat dalam program modernisasi dan rekapitalisasi luas yang memperlihatkan pesawat tempur baru diperkenalkan dalam jumlah besar. Berjalan sejajar dengan ekspansi kemampuan tempur ini adalah perluasan kemampuan pelatih, dengan GAIC JL-9 Shanying dan HAIG JL-10 pesawat latih jet canggih telah diterima oleh PLAAF selama beberapa tahun terakhir.

Sumber: Janes

 Posted by on December 29, 2018