Oct 272018
 

dok. S-300 (Mil.ru).

Jakartagreater.com – Citra satelit Israel telah mendokumentasikan salah satu baterai S-300 yang diberikan oleh Rusia ke Suriah. Diduga belum operasional.

Salah satu baterai pertahanan udara S-300 yang ditempatkan di Suriah telah didokumentasikan dalam gambar yang dihasilkan oleh satelit buatan Israel. Gambar-gambar menunjukkan empat peluncur baterai dan pembuatan satelit, ImageSat International, diduga tidak sedang operasional karena beberapa komponen masih hilang, dirilis Haaretz.com, 24-10-2018.

Baterai ditempatkan di daerah Maysaf di utara kota Homs di bagian utara negara itu. Ada jaringan industri keamanan Suriah di daerah ini, di mana Iran dan Suriah dilaporkan berusaha memproduksi persenjataan yang tepat untuk Hizbullah.

Menurut laporan media Arab, daerah itu telah diserang oleh Israel beberapa kali dalam beberapa tahun terakhir. Proses pelatihan tentara Suriah untuk ditempatkan di baterai rudal diperkirakan akan memakan waktu, dan baterai baru belum mencapai kesiapan operasional.

Selama akhir pekan, harian Rusia Izvestia melaporkan bahwa tiga sistem pertahanan udara yang disuplai Rusia ke Suriah pada akhir September menyusul jatuhnya pesawat Rusia, adalah versi lebih canggih dari rudal S-300, yang memiliki radar dan kemampuan identifikasi target yang lebih tinggi. Juga dilaporkan bahwa setidaknya pada tahap pertama, baterai akan dioperasikan oleh spesialis Rusia.

Pejabat pertahanan Israel percaya bahwa Angkatan Udara Israel dapat, jika diperlukan, mengatasi baterai baru dan menyerang lebih banyak target di Suriah. Dalam beberapa pekan terakhir, seperti yang dilaporkan di Haaretz, Rusia telah mengambil sikap yang lebih agresif terhadap Israel sehubungan dengan aksi Angkatan Udara Israel di Suriah utara.

Rusia menuntut klarifikasi lebih banyak dari tentara Israel melalui hotline untuk mencegah gesekan udara di antara kedua belah pihak. Dalam beberapa kasus, radar sistem pertahanan Rusia di Suriah telah diaktifkan dalam konteks tindakan Angkatan Udara Israel di utara.

  17 Responses to “Citra Satelit Tunjukkan Penempatan S-300 di Suriah Utara”

  1.  

    Mumpung belom aktif…knape nggak skalian aja diserang.itung2 menghemat f-35

  2.  

    Sementara cuma lihat-lihat dulu, kalo langsung serang msh takut siapa tau jebakan, malah kena sampluk sama rudal yang lainnya

  3.  

    Sdh ada citra satelit, knp inggris msh jg pake pesawat mata2 utk mengetahui keberadaan posisi s-300 suriah.?

  4.  

    “Pejabat pertahanan Israel percaya bahwa Angkatan Udara Israel dapat, jika diperlukan, mengatasi baterai baru dan menyerang lebih banyak target di Suriah”

    Udah sikat aja itu batrai mumpung blom operasional lho… ntar sapa tau pas di serang, eh..ternyata ada tentara rusia di situ lg otak atik itu baterai. Bagai mana murka nya si rusky, jdeeerrr… israel di rudal sarmat deh sama si rusky… mhuehehehe….

  5.  

    itu hasil camera yg diambil pake drone

  6.  

    Suap aj

 Leave a Reply