Nov 012014
 
Eurofighter  Typhoon

Eurofighter Typhoon

Indonesia berencana membeli jet tempur canggih untuk menggantikan F-5 Tiger yang sudah tua. Sejumlah syarat diberikan terhadap kandidat jet tempur yang akan dibeli Indonesia. Antara lain Transfer of Technology yang dapat membantu Indonesia untuk mewujudkan jet tempur KFX/IFX, kerjasama Indonesia dengan Korea Selatan.

Eurofighter Typhoon Tim ke Indonesia

Eurofighter Typhoon Tim ke Indonesia

Sejumlah produsen pesawat tempur telah menawarkan produk mereka. Dan PT DI sempat menyatakan ketertarikan mereka dengan Eurofighter Typhoon, untuk membantu pembuatan IFX. Apakah Eurofighter Typhoon akan dibeli Indonesia. Tanyakan saja langsung ke pada produsennya, yang akan datang ke Jakarta besok. (JKGR).

Bagikan Artikel :

  131 Responses to “So Close with Eurofighter Typhoon”

  1. Ehemmm..

  2. mudah2 an kebeli

  3. saatnya Boarding with????

    • kalah cepat saya dgn bung listrione,pdhl notif nya baru masuk d android saya…tapi di fb sdh dr tadi..smg pt.DI tdk sampai salah memilih calon produsen.

      • Lg bruntung ja saya bung@obetaja.
        slm kenal bung.

        kalau tot ada menguntungkan buat ifk ya ambil aja kenapa tidak.
        Memungut banyak ilmu pan bagus buat pt di.

    • lam kenal jg bung…betul skli bung,,tp jgn lupa jg biasanya pespur yg buatan barat ujung2nya gak ada yg tanpa syarat..tp menurut saya untuk pespur yg heavy fighter skrg ini hanya yg dari papa bear..

      • Su 35 harus punya ntu wjib hukumya.
        Yapzz barat mah banyak syarat gak jelasnya ngrugiin indonesia lagi, plus main embargo klau ngk sesuai ama asu.

        • Kalau Pemerintah Indonesia mau beli SU 35 kita harus nunggu sampai tahun 2022, karena produksi Su 35 saat ini lebih untuk memenuhi kuota AU Russia sebagai penghubung pesawat generasi ke 5 PAKFA. rusia sendiri tidak akan memproduksi SU-35 secara banyak.

          nah.. kalau nunggu 2020 baru terima SU-35 dan masuk operasi TNI di indonesia maka SU-35 pada saat itu bukan sebagai stop gap lagi, dan efek deterent nya sudah kurang karena semua sudah fokus pada pespur Gen 5, menurut saya mungkin pespur Gen 4,5 Typhoon bisa lebih cepat terealisasi jika pemerintah kita mengakuisisi pespur ini dan efek deterent nya cukup bagus untuk 10 tahun kedepan dengan di imbangi transfer teknologi. dan utk pespur Gen5 kita mungkin lebih baik langsung lompat ke PAKFA yg akan segera masuk tahap produksi masal dan tidak perlu SU-35.

  4. 2

  5. kbrapa y

  6. Heng ing eeeeng…..
    Sedap sedap ngerii…

  7. jgn tergoda , ttp konsisten su 35 bm

  8. Lanjukan

  9. Muga mugahan di beli,tapi jangan cuma eurofighter typhoon aja sekalian sama su 35nya????

  10. 10 besar

  11. Mengulang kejayaan TNI-AU era Trikora, Mantapp…

  12. terbuka untuk umum ya.. merapat ah..

  13. Test

  14. :mrgreen: :

    • pd ribut2 soal su 35 mereka oms… hehehe si oms nyengir2 sajaa… hahahha oms menurut saya sukhoi kita yang jebra itu msh kurang.. min 60 unit lah… jangan mhal2 su 27 30 yng aslih boleh tp ttp su 27 yang terbaru 16 unit… yang BM ya

      • Yaaa…boleh bung taufik….tp sy memang pro typhoon bkn karena daya hantamnya…kalau itu sih emang kalah dgn sukhoi…sy tertarik tot dan commonality nya suku cadang dgn beberapa pesawat keluaran eropa shg banyak alternatif suku cadang…selain itu sistem persenjataan,software dan radar jg match dgn apa yg sdh kita miliki atau riset…kalo rusia sekali grounded amblas tuh pespur…

        • @bung wehrmact: artinya pespur Typhoon ini mudah bercakap-cakap dengan alutsista kita yang lain tanpa perlu penerjemah?

          plus kerjasama antara PT DI dan Airbus sudah dirintis sejak lama dan terjalin erat. jika dilanjutkan dengan kerja sama ToT Typhoon mestinya tidak banyak kendala. ibaratnya tanpa MoU pun masing-masing pihak sudah paham 🙂

          selain itu saya melihat teknologi manufaktur Eropa selangkah lebih maju dibanding Rusia. ini sangat bagus jika ditransfer ke PT DI

          berdasarkan hal tersebut dan pemaparan bung wehrmacht, saya pribadi berpendapat peluang akuisisi pesawat ini sangat besar

        • Sependapat bung werh, ilmu adalah sesuatu yg sangat mahal dan tak bisa di bandingkan. Kalo msalah spec saya lbih greget ke su35, tapi karna g ada ilmunya jd y utmain yg baek aja lah. . .

  15. Ook juga tu utk pnggnti f5.. utk pnambhan skuadron baru wajib su-35.

  16. Dilihat dari Agresifitas sales Typhoon Apakah SU-35 ,Rafale bakal dicoret dari daftar belanja ?

    • clue terakhir pemerintah telah menetapkan 3 kandididat SU.35 SAAB atau F 16 blok 60.

      di sejumlah negara eropa Typhon sedang grounded. di karnakan masalah yang di temukan baru baru ini.

      TOT haruslah di utamakan. namun heavy fighter harus lah yang bisa mengimbangi kawasan. uncle sam jelas tidak akan memberi figter yang setara dengan sonotan atau sipur oleh karna itu TNI sebagai user lebih tertarik ke rusky.

      hitam di atas putih aja F 35 dengan kemungkinan yang ada saat ini hanya SU 35 yang bisa mengimbangi.

      salam hangat buat bung semua.
      di tepi kiluan sambil minum kopi. maaf bila ada yang salah.

  17. Untuk tot lebih dari 70% saya kira masih bisa tapi untuk di bawahnya mending cari yang lain.mengingat perindustrian alutsista indonesia mulai berkembang dan sudah waktunya kita bisa memproduksi sendiri salah satunya dengan tot.

  18. Semoga saja Rekan2 JKGR kita di JABODTABEK ikut meLiput , kaLau perLu tes wawancara , seKaLian promo jet nya di BLok ini he he he , tapi sy punya persaan kaLau EF typhoon buatan jerman yg dikatakan cacat produksi itu dan juga EF typhoon punya Matador yg di Grounded itu hanya sebuah ALibi untuk di berikan ke kita he he he ……semoga :mrgreen:

    • seperti yg saya duga, EF typhoon ini akan di babar habis2an, tp yg lainnya tetep goib bung 😆 mrgreen:

    • He he he bung Zero , maaf kemarin sy ketiduran , bung yg sy Lihat itu bukan TU22 tapi mungkin jet eksperimen Latih Lanjut dan itu bukan di Lanud bung Zero meLainkan di udara , sy Lihat di JL.nipa2 , ngeronda nih bung :mrgreen:

      • ouwh ya gpp bung :mrgreen: J-series dr tiongkok bkn bung? 😆

        klw kata temen sy klw mw liat yg ky gitu antara jam 1 s/d 3 bung :mrgreen:
        kebetulan ( :mrgreen: ) temen sy prnah liat di lanud Sulaiman Margahayu sm Lanud Sugiri Sukani Majalengka bung 😆

    • Iya bung tapi kok bentuknya bukan jiten yg bersayap deLta meLainkan mirip mig 21 tapi bukan mig21 , mirip F5 tiger bukan juga F5 karna singLe engine , apaLagi di biLang goLden eagLe, hidung nya Lain juga , sedangkan rumor bin kabar burung biLang bersayap deLta dan mirip F16 nozLe atau hidungnya serta knaLpot bin air intake nya di bawah , tapi yg sy Liat mirip JL9 buatan PLA , sy sempat bertanya dengan diri sy sendiri, kenapa ga’ mirip goLden eagLe aja yah biar gampang berkamuflase :mrgreen:

  19. Ngefans berat ma fighter eropa….. Typhoon, Rafale, Gripen

  20. mantab, berhadiah duduk di simulator cockpit ef typhoon..
    dan bisa wawancara dg test pilot + salesnya
    sayang gak bisa ikut, ditunggu laporan dari biro jabodetabek!!

  21. Sukro ae lek…

  22. Beberapa waktu yg lalu waktu Pak Pur berkunjung ke Spayol utk mengecek C295, ada fotonya mencoba naik Typoon, mungkin kalau dihubungkan dng cluenya Bung Nara, sdh masuk dalam proses produksi dan persiapan pengiriman (lunas) untuk segera mengisi homebase Iswahyudi Maospati Magetan menggantikan F5E Tiger II
    Sedangkan penambahan skuadron di wil.timur (biak) tetap diserahkan kombinasi SU35 dan SU34. ngarep.com

    • Sebaiknya disebar. Jangan ditumpuk di Madiun.
      Pontianak dan Banda Aceh juga harus diisi dengan pespur canggih yang memiliki daya gentar. Kedua kota ini sangat strategis dan berbatasan dengan negara tetangga.

    • Sukhoi trlalu SEKSI bung dilht bung….
      ky Sirotol ladzhina ( Sing Mbrotol kena gal gina) heheh…
      mf bhsa TEGAL….
      slam hngat bung…

    • Setuju,
      Menurut saya
      A) Su35 2 skdrn utk wilayah sumatera dan timika

      B) Su34 2 skdrn utk wilayah kepulauan Natuna dan sorong

      C) pengganti F5 tiger, eurofighter + TOT n full senjata
      #Semoga

      • Setuju sekali bung…siapa tahu dengan makin diumbarnya TOT oleh pesaing, Rusia mau berbaik hati berbagi TOT walaupun belinya 1 ska… mengingat memori hubungan manis Indonesia-Rusia sejak dahulu saat era presiden Sukarno…

  23. Ijin nyimak boss……

    semoga saja typhoon 1 skw + sukhoi 35 1 skw.

  24. klw pihak eurofighter mau berbagi TOT kenapa ngga, ambil aje om. Tp klw buat urusan SU-35 pak moeldoko ga mau kompromi, masalahnya si om fans beratnya sukhoi ..

  25. saya setuju aja beli typhoon asal tot nya lebih banyak dan saya pesimis beli su 35 karena line produk
    nya terlalu lama.

  26. Rame binggo ap kalian sambil aktifitas sambil buka internet? Hehehe

  27. Kalaupun typun di ambil…su 35 dan su 34 tetap harus di ambil jg..tpi mungkin akan jdi barang goib..karena yg di publis typun..

    • sepertinya begitu bung@mahyu..
      pembelian ef typhoon hanya sebuah pengalihan dari su 35
      pengadaan rafale hanya pengalihan dari kedatangan su 34..
      selanjutnya alat blok barat akan di publish..alat blok timur di senyap wujud..hehehe
      mungkin dan bisa mungkin..dan hanya sekedar opini saja
      imho
      nuhun

  28. Bungkus aja TYPOON CLASS NYA Lengkap rudal ICBM nya … buat nakutin tetangga sebelah … tetapi Su 35 dan flanker family tetap deal … hehe

  29. tersirat..knapa harus IFX dengan korea..??
    kq ndak nempel ke russia trus bikin kolaborasi/TOT mereka ndak mau?
    … galau.com

  30. ahhh ini mah clue bung nara,gak usah kaget :mrgreen:

    rafale? pan barangnya udah disini :mrgreen:

  31. Sesuai list nya bung nara serta diperkuat pernyataan panglima bahwa kita akan membeli jet tempur dari inggris dan prancis, kayaknya typoon ini yang akan direalese resmi sebagai pengganti f5.
    Rafael….SU 35….???? Ah ga usah diperdebatkan…udah ada disini itu mah…..hehe

  32. Waaaw.. Sudah makin jelas pernyataan.,bahwa ada kerjasama tentang supersonik dari jerman ini, mantap lah,o iya rudal jarak jauh juga kt nya di handle tni au ya? Penasaran euy .. He..3x

  33. iya semoga deal bung,sayap delta buat aerobatic dan showoff keren juga :mrgreen:

  34. Setuju tuju pulu tuju…….

  35. manstap

  36. Klepon rapael ajalah banyakin

  37. Nah akhirnya rencana ke2 Indonesia sudah kelihatan jika memang KFX/ IFX dari Korsel dan Paman sam gagal Total 😀

  38. Alhamdulillah….satu persatu yang ada di List 1A pada nongol, yang belum nongol NAKULA SADEWA. bakar menyaaan ah…..biar Bung PS datang….maaf oot

  39. Ef typhoon yes.
    Su 35 S yes-yes.
    Alhamdulillah.

  40. Pembiasan berita :v

  41. Apakah ini akhir dari sebuah penantian?

  42. Beli 1 Skad 12 biji aja, jangan banyak2… Yg Lain Bikin di rumah klo dah TOT
    Plus… Su 35 1 Skad 16 Biji

  43. Harus berimbang antara alutsista dari barat dan timur,ingat Inggris begitu mudah ikut menjatuhkan embargo ke kita,nantinya pun demikian yang penting barang udah terjual kalau ada apa2 di embargo aja,jadi dikasih yang canggihpun tak apa,kalau sperpartnya di embargo gak ada gunanya.

  44. Diwarung sebelah diulas membilang angka yang hilang, yaitu dana MEF1 150T utk pengadaan alutsita 2009-2014, mohon dicermati berepa nilai alutista yang sdh datang spt t50 goldeneagle, kcr,mbt dll, yang masih dlm proses produksi tapi sdh lunas spt F16, Pkr,changbogo dll, yang masih dlm pesanan tapi sdh dibayar DP. apabila ditotal, dana MEF masih sisa separo. Itulah mungkin yang dimaksud Bung Nara, yang ghoib dan tidak dipublis tapi sdh dibayar lunas. Maaf kalau peangkapan saya salah, maklum hanya pedagang ayam di pasar.(sambil menunggu Bung Nara).

  45. serangan udara itu:
    cepat, tepat, mematikan
    jadi harus handal pesawatnya:
    bisa lepas landas di jalur pendek
    ahli manuver
    wajib BVR
    kalau bisa berstempel siluman
    INDONESIA JAYA

  46. Hmmm. Menteri ESDM yang baru bilang selama 5 tahun, uang yang dipakai untuk subsidi BBM sebesar 1200 triliun rupiah. Andaikata sepersepuluh saja dipakai untuk belanja pesawat tempur, apa saja ya yang bisa diborong?

  47. Semoga bsk sudah ada info yg bisa di bagi oleh saudara2 kita di biro jakarta dan sekitar nya kpd kita para warjager tentang segala sesuatu ttg typhoon

  48. 64 ~Gripen E/F -peronda/multirole
    36 ~Su35 – moltirole
    16~ Su34 -pembom/multirole
    50~ IFX -multirole

    Lanud Eltari kupang,biak,natuna,batam adalah darurat pesawat peronda yg murah tapi mematikan.

    Su30MK2/Su27 KM ~dijual
    F-16 Blok 52id ~biarkan pensiun
    Colek bung Antonov!

  49. Su-35s, Rafale dan EF Typhoon semua sdh dibeli. TNI & kemenhan memang jago strategi, khususnya soal penyebaran informasi persenjataan, akibatnya orang awam saling berdebat !! Seolah-olah TNI – Kemenhan “masih bingung” pilih yang mana?? strategi jitu bikin bingung negara tetangga, musuh potensial, pengamat militer asing, intelejen asing.

  50. Entah kenapa 🙄 kesan pertama ane mlht si badai ini kok kurang sreg ya 😥 pdhl sangkin penasaran dgn sosok si badai ini sampe2 bela2in ngeliat rekamannya bang yusup ponakannya mbah gulgel 🙂 tp ternyata kesan pertama mlht aurannya sibadai ini, ttp aja kok krg sreg ane mlhtnya dbndng kesan mlht sosok pertama kalinya pespur2 yg lain2 ya, sprt SU35,30,27,34,rafa bhkn ane msh lbh sreg mlht aura dibalik sosok gripen cd di bndng sibadai ini 🙂 dlm pandangan desain ane 🙄 sibadai ini kok kayanya krg lincah.. 😯 dan jg klw ane mlht saluran intake sibadai ini kok ane pikir krg maksimal merangkum udara pd saat bermanuver ekstrem mwpn pd saat kecepatan rendah, sepertinya desain si badai ini, kok ane perhatiin sekaligus ane fantasiin didalam hayalan otak ane pd saat dogfight ini sibadai kayaknya kedodoran.. mgkn ya.. 🙁 Kemungkinan utk dpt unggul dan menutupi kekurangannnya 🙄 Mnrt ane, sibadai hrs punya nilai lebih nih.. sprt sibadai hrs di radar, teknologi helm mountain sight dll persenjataan BVR yg lbh advance dibanding pespur2 yg ane sebut diawal 💡 Kesimpulan ane, sibadai mnrt ane, hny mnjd alternatif trkhir diakuisisi 😀 tp ini pendapat ane aja.. :mrgreen: tp bgmnpn ttp aja, ane mendukung penuh appn keputusan pemerintah cq TNI kedepannya dlm memperkuat pertahanan negara Indonesia yg ane cintai ini. 🙂 salam kedamaian..

  51. mnurut gue prodak dr sukhoi Rusia saja, Beli satu skuadron SU 34 dan satu skuadron SU 35. Berita Sblmnya perasaan Pak Moel bilang akan beli SU 35, udah itu saja Gak Pake Lama, untuk program IFX bukannya jg sudah deal akan dilanjut dengan KORSEL… bravo indonesia

  52. menurut saya terlalu banyak jenis fighter indonesia klo mau mengakuisi eurofighter typhoon lg pula kabar terbaru typhoon cacat produksi, pembelian eurofighter typhoon cuma dapat TOT doang. jadi menurut saya pembelian SU 35 harga mati lagipula rusia menjual alutsista ke indonesia tanpa embel2 seperti pihak barat.

  53. thypon cacat produksi….

  54. Alhamduliilah , bung Nara tdk hoax. Bermunculan. Was

  55. Kalo alutsista matra udara dibabar disini,dijamin bukan hoax hoex atau pingsan lagi,bahkan bisa ” mati suri” karena ga bs mempercayai apa yg TNI miliki.dinikmati saja sajian yg disampaikan baik berupa clue,list atau bolu yg dimari,kl ga percaya ya diyakini dlm hati tp kl suatu saat itu barang nongol,Ingat!! Sakitnya tu disini,haha…. Oya blm yg matra darat dan lautnya seperti apa aslinya, just one world for TNI… “Amazing”

  56. Salam kenal juga Bung PCM……..

  57. Bung@arum manis..Dan karena efek deterent su 35 dan su 34 akan membuat negara tetangga panas dingin…dan memicu perlombaan senjata terutama dari si upil dan sonotan krna anggaran pertahan mereka cukup tinggi..jdi itu jg menjadi alasan pesawat dari blok barat sbagai pengganti f 5 tiger..dan dri blok timur tetap jdi yg goib krna ada perjanjian krahasian senjata…tpi sebagai masyarakat yg cinta tanah air..saya tetap ingin mengetahuinya untuk meningkatkan rasa nasiolisme..walaupun sekedar clue2 yg di buka..CMIIW & IMHO
    Salam nkri..

  58. SU 35 Harga Mati.. buang2 budget cuman buat pespur cacat produk.. belum juga persenjataan yg sewaktu-waktu bisa di embargo.. biaya operasional SU 35 mahal tapi bisa ditutupi sama pencegatan pesawat aussie, malay or spore yg berani nyelonong wilayah NKRI.. wkwkwkwk.. kalo kebanyakan produk bisa2 bingung maintenance perawatannya.. beli mampu ngerawat kagak sama aja boong.. ayo SU 35 ane tetap dukung !!!

    • biaya operasional bisa ditutupi dengan cara mencegat pesawat yang nyelonong masuk???? cara berfikir katrok, emang tuh pesawat tiap hari ato tiap seminggu sekali nyelonong masuk sehingga tni bisa nyergap tiap hari/minggu,

      • Hak tawan karang kayak di buleleng bali bung bangjo? Boleh juga… =-O

      • ……. ❓ …….. 😉 malah dipikir2 klw cm nge intersep pesawat2 kitiran yg selonong boy dimari dgn pespur sukhoi yah, malah rugi besar n nombok biaya operasionalnya klw sukhoi yg diturunin 😛 hehehe… klw pemikiran sprt bung theosan mending pake gripen udh lbh dari cukup utk biaya intersep pesawat2 yg selonong tanpa izin dimari atw kerahkan aja hawk 100/200 yg kecepatan subsonic klw cm intersep pesawat kitiran sprt itu 😯 pake sukhoi mah.. rugi bandar namanya.. :mrgreen:

        • Kalau kitiran pake tucano jg cukup bung bareta…

          • idem bung werh.. beachcraft dikejar sutuc.. pasti seru tuh.. macem era PD2 bung hehehe klw cepat terpantau radar dan lgsg sutuc yg ngejar mgkn msh dapet.. tp klw sdh setengah perjalanan.. sutuc yg ngejar bakalan pilot sutuc bener2 jd suntuk tuh bung werh. kagak gak dapet2 😛

          • Itu berarti radarnya yg hrs canggih bung bareta biar bs ngendus dr jauh dan tucano bs lsg terbang…makanya tucano hrsnya di taro di deket hot spot pelanggaran seperti perbatasan kalimantan dan morotai…

          • Selain radar diperbanyak Dan dipercanggih juga harus diperbaiki birokrasinya. Kalo urusannya panjang ya seperti yang sudah2, entry poin dimana ter-intersep dimana. Jangan2 selama ini banyak yg gak ter intersep karena dah keluar Dari wilayah kita baru keluar perintah intersep

          • Kalau radar seperti yg bung werh bilang saya sangat setuju sekali, apalagi kalau area radarnya sdh tdk blankspot dan beroperasi 1X24X7 plus di daerah sekitar pantauannya dilengkapi S400 minimal bukminah dan pak pansir ikut ngejagain 😛 klw ada pesawat yg selonong gak usah pespur diturunin. ckp di lock aja oleh sistem hanud kita, bakalan mendadak sesak beol tuh pilot mendengar sistem peringatan dini dipesawatnya berbunyi krn di lock system misile :mrgreen: salam bung..

  59. klo ga salah baru2 ini pesawat typhoon inggris mencegat pswt latvia yg memasuki milayah udaranya tanpa izin…typhoon memberikan dentuman sonic nya utk memaksa turun pesawt latvia tsb,klo blh saya tahu “apa yg di maksud dgn dentuman sonic” dr pswt typhoon tsb,hingga membuat bangunan2 dibwhnya bergetar?

    • Gesekan udara scara tiba tiba saat pesawat memasuki kecepatan supersonic menyebabkan sebagian energi yg keluar dlm bentuk suara keras…inilah yg disebut dgn sonic boom saudaraku 🙂 cmiw…

    • Efek sonic bom.. kawan frans. 🙄 terjadi akibat perenggangan atw pemuaian udara sekitar krn faktor kecepatan dan suhu yg drastis meninggi scr tiba2 oleh sesuatu semisal pesawat supersonic, petir, bom berdaya ledak kuat. maka akan menghasilkan gelombang kejut di sekitar areanya. klw di alam seperti efek gelegar dr kilatan petir kawan frans.. 🙂

      • klo bgtu ini pesawat harus ada dlm jajaran skuadron tempur kita…

        • hehehe… cerdik sekali ente kawan frans.. 😛 semua pesawat yg dpt lgsg ber akselerasi dari berkecepatan subsonic dlm bbrp detik bs lgsg diatas 1,2 mach keatas dapat melakukan efek sonic bom. gak usah pespur, rudal yg dilengkapi booster pelaju ditengah kecepatan perjalanannya lalu memakai booster utk awal supercruisernya yg hypersonic jg bs membuat efek sonic bom kawan frans. 🙂 pespur adlh hal lain.. pengaruh efek sonic bom jg hal yg lain kawan frans sprt komen awal saya utk anda kawan frans. btw begitupun saya jgn di cap anti typoon ya..? typoon oke.. pespur yg lain jg oke, yg penting alutsista kita bertambah banyak dan gahar saya sdh senang kawan. 🙂 salam..

  60. Baru sekedar Bidding (Penawaran) siapapun boleh..yg penting keputusan ttp Pilih SU 35s..;)

  61. Klo emg untuk ToT sebaiknya diambil saja. Ini sesuai dgn arah pembelian alutsista qt.meski ada berita nih typun ad cacat produksi sampai pengurangan jam terbang per tahunnya, namun sy yakin pt DI bs mengatasinya dan msh bs diharapkan adanya supervisi dr bpk Habibie ataupun putranya pak Ilham Habibie. Mengenai su35 dan rafale sudah pasti jg diakuisisi, aamiin…

  62. saya cm sedikit heran ada yg komment SU 35 kita sudah siap….
    siap darimananya? wong line produksi utk varian ekspor aja belom
    mereka masih produksi utk menutupi kebutuhan skuadron udara russia….saran ane lupakan SU 35 coba berpikir yg realistis saja 😀
    salam

    • Kita hanya tahu morphologinya aja. Pemerintah Tni sangat pinter. Was

    • secara G to G memang begitu bung ada kedekatan pemerintah ruskie dan pemerintah kita,yg jadi kendala kan line produksi untuk varian ekspor SU 35 itu dimulai di tahun 2017 TNI AU kl berminat entah dapat tahun kapan,dan AU Ruskie memakai SU 35 sebenarnya utk stop gap sampe PAKFA bisa di produksi massal,ya kl kita mw sabar menunggu sich ga masalah
      salam 🙂

  63. Panggilan terus si bung Nara. Semua pada kangen

  64. SU-35/34 dan PAK FA T:50 dijamin 100%selamat dunia akhirat!

 Leave a Reply