CN-235 MPA Patroli Laut dan Kirim Satgas

JakartaGreater –  TNI AL melalui Skadron 800 TNI AL dibawah pimpinan Komandan Skadron 800 Letkol Laut (P) Anang Adhi P., S.Han., melaksanakan patroli keamanan laut di sektor C2 dalam Operasi Gurita Sakti-21 di BKO Guskamla Koarmada) III dan mendukung rotasi Satgas Pamrahwan menggunakan Pesawat Udara (Pesud) CN-235 MPA P-8304 beberapa hari lalu di Timika, Papua.

Kegiatan patroli dilaksanakan dalam medukung tugas pokok TNI AL menjaga keamanan laut melalui udara sebagai perpanjangan mata dari kapal perang (KRI), dirilis Dispenal pada Selasa, 9-2-2021.

Komandan Skuadron 800 mengatakan penerbangan dimulai dari Bandara Udara Mozes Kilangin Timika pukul 09.00 WIT dan mendarat di Bandara Udara Mopah Marauke 11.15 WIT dengan aman dan lancar meskipun cuaca berawan dan angin kencang.

Selain itu, Pesud CN-235 MPA P-8304 juga membawa 7 personel Satuan Tugas Pengamanan Daerah Rawan (Satgas Pamrahwan) untuk rotasi pergantian Satgas Operasi Pamrahwan dan Operasi Pamtas RI-PNG gelombang 1 tahun 2021 di wilayah kerja Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Lantamal) XI dan Batalyon Marinir Pertahanan Pangkalan XI.

Tugas Pamrahwan merupakan kegiatan untuk menetralisir berbagai ancaman keamanan dari kelompok separatis bersenjata yang telah menunjukkan niatnya memisahkan diri dari bingkai NKRI melalui berbagai aksi separatis, terorisme dan kejahatan terkoordinasi.

Kegiatan ini sejalan dengan Program Prioritas Kasal Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M., yaitu pembangunan sistem pembinaan kekuatan dan kesiapan operasi yang bersinergi dan mempunyai interoperabilitas tinggi serta peningkatan kemampuan TNI AL dalam menghadapi ancaman di laut.