Jan 242019
 

Landing Craft Assault (LCA) atau Kapal Pendarat Amfibi © CNIM

JakartaGreater.com – Kontraktor Pertahanan CNIM, asal Prancis, mengumumkan bahwa perusahaan telah dipilih untuk mengirimkan 14 (empat belas) Amphibious Landing Crafts (EDA-S) Standar Baru ke Angkatan Laut Prancis bekerjasama dengan Socarenam, Mauric dan CNN MCO, menurut rilis pers perusahaan pada hari Rabu, 9 Januari 2019.

EDA-S pesanan Angkatan Laut Prancis akan dibangun selama periode sepuluh tahun, tulis rilis perusahaan itu.

“Memenangkan tender Eropa ini menegaskan kembali status CNIM sebagai ahli dalam desain kapal amfibi. CNIM akan menggantikan kapal pendarat Angkatan Laut Prancis yang sudah ada dengan 14 Kapal Pendaratan Amfibi Standar baru, yang disebut EDA-S”, kata Philippe Demigné, anggota dewan CNIM.

Kapal-kapal tersebut akan melakukan operasi amfibi dari geladak kapal serbu amfibi kelas Mistral, membawa pasukan beserta peralatan militer atau kendaraan. Mereka akan dapat mengambil bagian dalam operasi logistik, tergantung kepada lokasi mereka.

Kapal serang amfibi kelas Mistral, BPC Dixmude Angkatan Laut Prancis © Simon Ghesquiere via Wikimedia Commons

Mereka juga dirancang untuk mengevakuasi warga, termasuk memulihkan peralatan yang dijatuhkan dari udara selama misi kemanusiaan.

Delapan kapal EDA-S tersebut akan ditugaskan ke armada amfibi (FLOPHIB) yang berbasis di Toulon, menggantikan Kapal Pengangkut Peralatan (CTM) yang ada sekarang. EDA-S ini, bersama dengan empat kapal EDA-R yang sudah beroperasi, akan melengkapi ke atas kapal serangan amfibi BPC – kelas Mistral.

Enam unit EDA-S lainnya akan dikerahkan di luar negeri, menggantikan berbagai tongkang logistik yang saat ini berbasis di pangkalan militer Prancis yang berada di Djibouti, Mayotte, Nouméa, Fort-de-France dan Kourou.

Landing Craft Assault (LCA) EDA-S dan EDA-R ditempatkan pada geladak kapal LHD atau LPD © CNIM

CNIM akan merancang EDA-S dengan dukungan dari konsultan teknik Mauric dan galangan kapal Socarenam di Saint-Malo akan membangun dan menyesuaikan EDA-S sementara CNN MCO akan menyediakan layanan pemeliharaannya.

Ketika dikonfirmasi, program EDA-S secara keseluruhan, termasuk desain dan produksi dan dukungan seumur hidup, akan diperpanjang selama periode sepuluh tahun. Ini terdiri dari tahap perusahaan, meliputi desain dan pasokan 6 kapal EDA-S dalam 20 bulan untuk dua kapal pertama, dan 18 bulan untuk empat kapal berikut dan sejumlah tahapan bersyarat ini yang mencakup pembangunan 8 kapal EDA-S juga sebagai layanan pendukung armada.