May 302016
 

Kapal perang KRI Oswald Siahaan-354 akhirnya menangkap kapal ikan Cina Gui Bei Yu 27088 yang diawaki 8 orang di laut Natuna Kepulauan Riau pada Jumat (27/5/2016) lalu. Sebelum ditangkap, sempat terjadi insiden penembakan yang dilakukan oleh KRI Oswald Siahaan-354 kepada kapal ikan cina Gui Bei Yu. Hal ini terpaksa dilakukan karena kapal ikan berbendera Cina itu tidak mengindahkan peringatan dan melakukan penangkapan ikan secara ilegal di wilayah perairan Indonesia.

Namun demikian saat proses penangkapan berlangsung dramatis karena kapal ikan tersebut dilindungi Coast Guard Cina. Menurut Kadispen Lantamal IV Mayor Josdy Damopoli, kapal Coast Guard Cina tersebut hanya menyaksikan proses penangkapan dari jarak cukup jauh. Meski sempat memanas, namun Kapal patroli Cina itu tidak berani mendekat dan hanya membayangi saat KRI Oswald melakukan proses pengejaran terhadap kapal nelayan Cina Gui Bei Yu.

“Kejadian seperti ini sudah 2 kali. Dulu pernah juga dibayangi kapal Coast Guard bahkan mereka mendekat. Namun waktu itu yang mengejar (kapal ikan Cina) adalah kapal kecil, kapalnya KKP. Kalau sekarang mereka mungkin tidak berani ganggu karena ini yang turun frigate,” ujar Josdy saat dikonfirmasi detikcom, Minggu (29/5/2016).
Coast Guard Cina saat bertemu dengan kapal patroli RI di Laut Natuna Kepri

Coast Guard Cina saat bertemu dengan kapal patroli RI di Laut Natuna Kepri

Josdy mengatakan, proses pengejaran tersebut sudah sesuai SOP termasuk dengan memberikan peringatan-peringatan. Bentuk peringatan mulai dari peringatan kontak radio, peringatan melalui pengeras suara, tembakan peringatan ke udara, peringatan tembakan kanan dan kiri haluan. Tapi semua peringatan tidak diindahkan. Bahkan kapal ikan tersebut melakukan gerakan zigzag dan akhirnya tindakan paling keras dilakukan yaitu tembakan di anjungan.
Peristiwa bermula saat KRI Oswald Siahaan-354 jenis Frigate berpatroli mengamankan wilayah perairan NKRI di Natuna pada posisi 05° 16’ 00” Lintang Utara dan 110° 14’ 00” Bujur Timur, sekitar pukul 13.30 WIB. Tiba-tiba terdeteksi dan terlihat sebuah kapal asing di layar echo radar JRC pada baringan 357 jarak 12 NM (Nautical Mile) halu 220 cepat 3,5 Knot.

Kehadiran kapal ikan itu langsung disikapi oleh Komandan KRI Oswald Siahaan-354 Kolonel Laut (P) I Gung Putu Alit Jaya. Dia pun memerintahkan perwira jaga di KRI ini untuk mendekati kontak radar tersebut. Beberap saat kemudian, pada jarak 6 NM dari kontak, pengawas melaporkan bahwa indentifikasi dan visualisasi teropong menunjukkan ada kapal ikan. Setelah mengetahui kehadiran KRI Oswald Siahaan-354 pada jarak 5 NM, nahkoda kapal Gui Bei Yu lalu mengubah haluan ke 350 dan menambah kecepatan hingga 8 knot. (marksman/ sumber detik.com, tribunnews.com)

Bagikan Artikel:

  188 Responses to “Coast Guard Cina “Hadang” KRI Oswald Siahaan-354 di Laut Natuna”

  1. Lagi

    • ATI2 CINA OTAKNYA BUSUK, DAGANG AJA LICIK..

      • kenapa tiap ada berita china berulah, komentator JKGR pada sibuk melecehkan etnis tionghoa…? tionghoa di Indonesia beda jauh jauh jauh dibandingkan tionghoa mainland…. tionghoa-indo punya kepentingan disini, mereka punya harta disini, Tanah disini, saham disini, duit dan anak cucu disini, seandainya perang pecah, mereka juga bakal pro indo…. buktinya, di Taiwan, itu Taiwan isinya orang2 cina semua, lu kira mereka pro cina…? rasisme itu membuktikan kalo tingkat pendidikan kalian rendah

        • COBA DULU KAU BUKTIKAN OMONGANMU BERAPA BANYAK TULISAN CINA GUCI CINA PATUNG CINA KALENDER CINA DIRUMAHNYA ORANG CINA DI INDONESIA. BERAPA BANYAK BENDA ADAT INDONESIA TEMPAT KELAHIRANNYA. DIRUMAH MEREKA. BERAPA BANYAK KAWAN MEREKA ORANG CINA DARIPADA ORANG INDONESIA. KALO ORANG CINA INDONESIA MAU DIAKUI HARUS DILAKUKAN PROSES ASIMILASI. INJAK INJAK BENDERA CINA ITU TANGGALKAN KEBUDAYAAN CINA ITU TINGGALKAN NAMA CINA ITU NIKAH DENGAN PENDUDUK INDONESIA. BIAR TAU ARTI CINTA TANAH AIR. CINTA KEBUDAYAAN INDONESIA.

        • @anak baik..tionghoa Indonesia hanya beberapa gelintir yg nasionalis seperti gue yg cina benteng…yg lain pengkhianat .!!

        • Gue turunan China tapi benci sama orang cina..yg udah di kasih tinggal,hidup,cari makan di negeri INI,terus sok jago sama pribumi..malu2 in keturunan China..

        • Mewek plus play victim adalah kegemaran cinak..dimana2..tp jgn sangka2, mereka tdk bodoh tp mereka itu sangat licik..tuhannya cm duit..jd ga heran sgl cara dlakukan untuk seleluhurnya..ingat bkn sesamanya..tp cinak itu mengedepankan kesukuan nya.. jd ga heran bnyk cinak saling mkn sesama juga alias mereka sendiri itu rasis yg doyan teriak2 SARA .. jd udh jelas lah kan watak cinak ini.. gilas selagi lemah, jgn beri kuasa! Liat tuh mbah bowo kelakuan anak negeri yg sdh dicecokin minyak babi..jln nya nunduk kl ada cinak lewat :)

        • COBA DULU KAU BUKTIKAN OMONGANMU BERAPA BANYAK TULISAN ARAB BAJU ARAB RUMAH GAYA ARAB KALENDER ARAB DIRUMAHNYA ORANG INDONESIA DI INDONESIA. BERAPA BANYAK BENDA ADAT INDONESIA TEMPAT KELAHIRANNYA. DIRUMAH MEREKA. BERAPA BANYAK KAWAN MEREKA ORANG ARAB PALSU DARIPADA ORANG INDONESIA. KALO ORANG PRIBUMI INDONESIA MAU DIAKUI HARUS DILAKUKAN PROSES INDONESIALISASI. INJAK INJAK BENDERA ARAB ITU TANGGALKAN KEBUDAYAAN ARAB ITU TINGGALKAN NAMA ARAB ITU NIKAH DENGAN PENDUDUK INDONESIA TIDAK HARUS MASUK ISLAM. BIAR TAU ARTI CINTA TANAH AIR. CINTA KEBUDAYAAN INDONESIA.

      • Cuma 1% cina keturunan di Indonesia yang Nasionalis tulen .. kayak Kwik Kian Gie, Sioe Hok Gie, John Lie, Antonio Syafi’i, Mas Agung dst.
        Dan 99% lainnya opurtunis sejati, kayak Ahok dan konglomerat hitam lainnya.
        Kebetulan saya yang nasionalis agamis.

      • Bangke bner ya cinak menlen ini.. nge maling pun dibekingin.. ga sekalian di salvo yakhont tuh ccg nya.. gw rasa bkn nelayan bneran itu sih..

      • ati ati onta wahabi celana cingkrang otaknya licik !!!!

        • Orang ini sekadar adu jangkrik, dg ngomong asal bunyi, tidak ada bedanya suara dari mulut dg suara dari dubur..

        • Otaknya licik?? Lha kau sendiri bagaimana?? Mau adu domba lalu bikin negara ini kacau apa tidak lebih licik dan busuk otak dan hatimu?? Siapa yang ngajarin kau begini?? Ketua mao sendiri atau aidit?

    • Tidak ada kompromi bagi pelanggar !!! Good job TNI AL
      Nak Bowo Ini bukti , mana kemampuan tuanmu !! …xixixi….Malay kita berani mana NYALIMU ??? XIXIXI

      • Klo ini berita demenannya Bung Wowo n colibri nih xixixi

      • MASIH TERLALU JAUH MENILAI BERANI, ITU HANYA COAST GUARD, SEJENIS PNS NYA DEPARTEMEN PERIKANAN CINA.

        MOHON PADA TNI, SEGERA PASANG BEBERAPA FREGAT DI UTARA NATUNA. MBAH YAKIN BERDASARKAN BISIK BISIK, ARMADA LCS YANG TERDIRI DARI BEBERAPA FREGAT DAN DESTROYER CINA AKAN SEGERA HADIR.

      • haha.nanya mana nyalinya Malaysia tapi di photo yg dklaim tni al ternyata photonya tldm saat penyergapan tldm keatas coast guard china.kihkihkih

    • Sebenarnya yg merintis korupsi di negeri ini adalah belanda dan warga keturunan china. Mereka tak segan keluarkan biaya besar utk mencapai keinginannya. Sehingga penduduk pribumi selalu kalah dlm setiap urusan krn melibatkan suap suap besar yg dilakukan warga keturunan yg memang sdh membudaya di negara asalnnya. Jd warga keturunan china punya andil dan bertanggungjawab pada menjamurnya korupsi di negeri ini. Aplg soal LCS, pemerintah china melibatkan warga negaranya utk mendukung klaim LCS oleh negaranya sbg mata telinga kaki tangan utk mbuktikan de facto pd dunia.

  2. tangkap lagi

    • MOHON YANG BERKOMENTAR MENGATASNAMAKAN MBAH MOHON DIHENTIKAN. MBAH SESEPUH DISINI,. DAN MBAH NGAK PERNAH BERKEMONTAR NGAWUR DAN SERONOK.

      SABAR, CINA COAST GUARD MASIH BERFIKIR, TAPI BUKAN TAKUT. DI EPISODE BERIKUTNYA SANG FREGAT PLAN YANG MAHA DAHSYAT YANG AKAN MUNCUL. JADI JANGAN PD DULU MELIHAT COAST GUARD CINA MENGALAH.

  3. hahahahahahaaa.. kapal Coast Guard Cina tersebut hanya menyaksikan proses penangkapan dari jarak cukup jauh takut juga akhirnya kalau berhadapan

    • kebukti kan ….mereka masih mikir ….Indonesia negara berani…rakyat nekat…lihatlah waktu Abu Sayyaf sandera abk Brahma…tentara siaga…keluarga abk mengharap pembebasan tapi tidak menyudutkan pemerintah…akhirnya ASG sadar lebih banyak mudharat dibanding manfaat kalo berurusan dengan Indonesia.

    • Itu karena KRI OWA yg turun lagsung, gimana ga takut Si OWA tu gendong Yakhont… wkwkwkwkwkwkwwk

    • ya jelaslah bung , kalau emang sanggup ada[in permukaan , belum tentu yg bawah air menang mutlak ,

      diturunin sea rider , cukup untuk menggoyang CG bahkan armada cina sekalipun ,
      kenapa kita berani ?? sudah jelas ,
      laut zee sudah diratifikasi PBB , dan RI berhak atas exploitasi didalamnya ( bukan Negeri pencuri ) dan diakui oleh internasional , bukan Claim Claim sesaat .

      jadi segala tindakan dan perbuatan RI secara bahasa diplomatisnya selalu terukur , tidak mendahului dan bahkan membuat gaduh di awal ( Ini peringatan buat Negara Malaysia mengapa kami tidak memulai provokasi terlebih dahulu bila ada masalah , Biar Elo aja dulu yang salah langkah )

  4. kapal kkp yg besar dan di persenjatai plus punya jamer frekuensi ada ga si…?

    • rencana lagi dipesen…(rencana lho)

      • betul, udah diajukan dirjen anggaran dan disetujui dpr dan pemerintah.
        jumlahnya amat sangat banyak dan besar2 bung, untuk ini saya punya intuisi, mungkin akan ada “sesuatu yg besar dilautan”… Semoga pertahanan makin kuat dan jaya mempertahankan negri indah kita.

  5. Ayo….tangkap lg yg banyak…..siksa we nu macem macem…sikkaattttttt…..hehehe

  6. sebetulnya saya ngarep kapal coast guard cina ngejar ke kri owa seakan mau nabrak atau tembak ke haluan kri owa hihihihi…

    • Justru saya berharap KRI OWA ngejar tuh kapal Coast Guard China, langsung dihujani tembakan dengan meraim oto melaranya sampai kapal China terelah dua dan tenggelam. Biarkan aja awak kapalnya terapung apung dilautan, gak perlu ditolong. Sampe maut menjemput mereka atau sampe ada kapal asing yg berbelas kasihan mau menyelamatkan awak kapal Coast Guard China sipit tersebut.

      Ini akan membuat efek paling menjerakan dan efek paling menakutkan agi Coast Guard China sipit maupun kapal nelayan mereka. Tidak ada ampun bagi kapal si sipit yg berani menyentuh perairan Indonesia tanpa ijin. Hancurkan, musnahkan, binasakan.

      • NAH INI YANG SUKA TEREAK TEREAK SUDAH DEK RUSKY ELING
        TARIK NAFAS DALEM DALEM

      • BIARKAN COST GUARD CHINA MASUK KE WILAYAH PERAIRAN… DAN MELAKUKAN TEMBAKAN KEMUDIAN LANGSUNG BALAS DENGAN SALVO RUDAL YAKHONT KIRA2 GIMANA BERANI GAK YAH..

      • INDON BODOH mana berani, liat badan PLA yang kekar saja indon NGIPRIT SAMBIL BERAK DI CELANA, coba tembak KAPALNYA KALAU BERANI, jangan hanya GEDE BAC0T DOANG di formil, mana senjata goibnya keluarin semua jangan HANYA BESAR MULU SAJA di formil, BUKATIKAN!

      • Pada nggak tau yaaa…
        Tu lihat di bawahnya …..ada haerder yang pentu terpedonya udah di buka.!

      • Ya……… harusnya KRI OWA bukan hanya menakap kapal nelayan cina tersebut, justru juga harus mengejar kapal Coast Guard China sebab mereka sudah masuk batas laut ZEE Indonesia tanpa izin. sebab merekalah yang membekengi hingga kapal nelayan tersebut berani masuk,
        jika Coast Guard China tersebut di tangkap paling tidak di usir dari batas laut ZEE Indonesia, maka sdh pasti nelayan nelayan meraka tidak akan berani masuk sebab mereka akan berfikir dua kali jangankan kapal Coast Guard saja di tangkap apa lagi kapal nelayan.

  7. Lebih seru kayenya kalo yang nangkap kapal kkp tp di dekatnya stanbay kri dan ada cost guard cina nonton. Hehehe

  8. nyali gede jg si sipit bowo ini kspal cg lawan kri.walau cuma bayang2 i doang

  9. MAKANYA KALAU MAU TANGKAP KAPAL KKP DI BANTU SAMA YANG DI ATAS,MAKSUDNYA CN-235 MPA TNI AL PASTI JUGA MIKIR2 JUGA,KALAU YANG PALING BAGUS KAPAL YANG NANGKEP NELAYAN CINA KAPAL KECIL KKP TAPI SAMPINGNYA KAPAL LPD PASTI KEJANG2 COST GUARD CHINANYA HAHAHAH

  10. Mana mbah Bowooo………. simbah dimana engkau?

    • ADA APA DEK?JANGAN TEREAK TEREAK NANTI SANG NAGA BANGUN KAMU KENA TEMPELENG BUNTUTNYA MAU?HA..MAU?ELING DEK ELING

      • Lohhh gmana di KRI Oswald Siahàan mbah Bowo? Mbah ikut ketangkep yaa?
        Ato dah berenang lari ikut Coast Guard mbah?
        Salam buat keluarga semoga sehat selalu panjang umur mbah……

      • MBAH BOWO
        ingat sudah magrib, ente

        ?kwak ¸.•*¨)
        ¸.•´. ¸.•* kwaakk ¸.•*¨) ?
        (¸¸.•´ ? (¸¸.•.?kwaaakkk !!!..

  11. Efek rudal yakhont sm rudal c802 yg digotong kri owa blm lgi kpl selam hiu kncana dbwah laut ikut membntu

  12. Jangan takabur, potensi episode berikutnya : OWA vs salah satu Jiangwei atau Luyang class. China tidak akan tinggal diam.

  13. Askar Kubilai Khan kena batunya sama Oswald Siahaan…. panggil Liaoning dong, biar tambah seru…. xixi…

    Tapi ane akan lebih bahagia, seandainya ini yg dilakukan askar laut malon terhadap kapal2 China yg panen ikan diperairan malon…. mungkin ga ya ??!!……. Kamu pasti bisa malon, tentaramu khan sudah kondang sekolong langit !!… xixi…

    • MALON GA BERANI BUNG COLIBRI , NYALI CEKAK MENTAL BRENGSEK XIXIXI

    • Dari formil China, kubilai khan dianggap salah satu penjajah yang paling dibenci bung, selain Jepang tentunya….

      Jadi sesuai sejarah, tidak pernah China (kerajaan China asli yaitu keturunan suku Han atau suku2 lain di sebelah dalam Tembok Besar) berhasil menyerang negara asia pasifik kecuali cuma TITIAN MUHIBAH oleh laks. Cheng Ho…

    • apa yang bisa dibanggakan dengan MALON ?
      helicopter pun mengemis pada brunei
      sewa pesawat tempur pun tidak mampu
      apa nyuruh beruk beruk DM mampus ???
      #mikir

      ?kwak ¸.•*¨)
      ¸.•´. ¸.•* kwaakk ¸.•*¨) ?
      (¸¸.•´ ? (¸¸.•.?kwaaakkk !!!..

    • moal ge wanieun …..
      salam bung COLIbri…
      ngopi dulu bung

  14. Wkwkwkwk dasar cino mau dihajar sama Yakhont kali wehwehwehweh

  15. sekalian coast guard nya di tangkap.. Biar rame.. wkwkwk..

  16. Kalau Kapal Induk Lioning, cukup ditembak/dimusnahkan bahagian bawah-hadapan kapalnya, pasti lumpuh & tidak bisa kemana-mana lagi.

    • Mabuk nih yg koment…
      Lo pikir gampang nembak LIAONING dari bawah, wong mereka d lengkapi peralatan canggih & didampingi kapal selam..
      Klo kamu gampang d tembak dari bawah, paling kamu cuma d lindungi sarung & kolor doang..

      Xixixixixi…

      • sabar bung, kan blm dicoba. Asik tuh liat lioaning lagi karam setengah dilaut dangkal zee kita. Wajib jadiin monumen itu bangkainya, hingga kita bisa tarik lagi garis zee 400mil dari “tugu monumen” itu.

  17. Kalau sdh tahu daerah rawan konflik harusnya memang ditongkrongin sama kapal frigate atau kapal induk kkp. Kapal hanya standby di sisi paling utara satu Dan di sisi paling selatan satu. Terus ditengah tengah di taruh minimal dua korvet DPN class Dan armada bawah air. Tidak perlu muter2 aka patroli. Patroli cukup pakai UAV saja irit pertamax. Biar pertamax diperebutkan oleh warjag saja xixixixixixixi

    • ide bagus, kalo capek ada ide baru ini,
      semprit nya dari uav tapi yg mukul dari darat yg menjangkau sejauh melebihi zee, sekalian uji tembak buatan dalam negri plus sistem radar nya. Lebih irit dan bisa ditungguin di pantai sambil ngupi.

    • sepanjang sejarah nongol koment JKGR 2013 – ampe skrg , Pertamax 2 kali ane dapatkan ,
      harusnya ditaun taun awal ane coba , bukan SR

    • Lebih setuju kalau 2 kasel hiu kencana diturunkan disekitar natuna. Jadi awalnya aja cakra nanggala patroli sambil menyelam, nah kalo china cg sudah mengetahui kalau didaerah itu ada 2 kasel patroli pasti nelayannya sudah diberitahu, pasti nelayan china juga mikir 10x masuk zee indonesia nah sesudahnya cakra nanggala ditarik kembali ke base. Jadi intinya patroli ghoib gitu.

  18. Sama dengan kasusnya malingsial di ambalat….dulu mereka dgn pedenya melanggar batas wilayah, eeeeee setelah ditaruh KRI OWA, mereka jadi nggak berani lagi…….

  19. proses penangkapan berlangsung dramatis karena kapal ikan tersebut dilindungi Coast Guard Cina. Menurut Kadispen Lantamal IV Mayor Josdy Damopoli, kapal Coast Guard Cina tersebut hanya menyaksikan proses penangkapan dari jarak cukup jauh,.. nah lho..! mbah bowo..?? tu.. juragan ente gak berkutik mbah..!! hayoo mbah mau komen apa mbah hah..!!

  20. anak buah.y mbh bowo ke tangkep lg..coust guard mlongo…bowo mlongo..tdk percaya dan kapal anak buah.y d tangkp..utang.y banyak tdk bisa bayar cicilan. Sampai stress…xixi..sekakmat….mau klas distroyer ..ke mau lioning…ke..masuk teritorial ..sikat…bikin..rame..ya rame….marwah bangsa lebih penting…(kalau..malay ..duduk termenubng..pengecut)

  21. Hmm…baru coast guard-nya China. Gue gk bisa bayangin klo yg ngadepin tuh..frigate-frigate nya china. ……..

  22. beranikag putuskan hubungan diplomatik dg china

    • Gak segitunya kelessss, dari dulu kapal thailand ama vietnam paling banyak nyuri ikan tapi juga gk ada masalah diplomasi…

      • weeeh…lain dulu lain sekarang. semenjak ada bu susi dan pak jokowi….berapa banyak kapal nelayan dari thailand dan vietnam yang ditenggelmin….tak terhitung kale…..

  23. KRI OWA ini ada missile yakhont nya klo gk salah ya..

  24. INDONESIA DARURAT KAPAL PERANG TYPE DESTROYER!!

  25. MBAH BOWO INI WNI ASLI APA BUKAN YAH,ATAU WNI ASLI TAPI ETNIS CINA?

  26. Mbah bowo itu agen cen cen, misi spy…wekekekekekek…yang punya palu arit bukan cino tok mbah itu di rumah banyak…mau coba…

  27. nggak cina asli atau cina keturunannya di indonesia…sama aja sih mereka yaa…sama2 bangsat, jago ngeles, berkelit, raja tega, jago nipu,curang, culas, dsb….

  28. RI bagusnya sdh mulai pendekatan dg Vietnam utk beraliansi melawan China. Kedua bangsa sama2 militan, merdeka melawan penjajahan, dan non blok.

  29. dgn kejadian ini smakin yakin kita betapa penting ny kehadiran TNI AL di natuna…ayo Pemerintah di percepat pembangunan pangkalan AL n AU di Natuna

  30. mbh, kapal kkp itu sipil bukan untk perang , menurut wa . Tentu sebaiknya AL RI yg kudu diperkuat lagi ,perbnyk kapal perang ,

  31. Padahal kri owa udah tuwir. Tp makin tuwir makin ganteng. Nah bagusnya tuh ccg masuk perangkap, biar ditangkep sekalian. Sayangnya kapal kita cuma segelintir. Semoga kapal markas yg lg dipesan bisa standby di batas utara utk nglindungi n ngawasin kapal nelayan kita

  32. Lo kok coast guardnya gak ditangkap juga kandia masuk ke ZEE.a indonesia ,?????

  33. kalo dibiarin bakal ngelunjak.

  34. LEBIH BAIK ADEK ADEK MEMBANTU PEMERINTAH BERFIKIR TENTANG BAGAIMANA PENGENTASAN KEMISKINAN….KALIAN FIKIR PERANG ITU ENAK?KALIAN FIKIR KALAU SENJATA NUKLIR BISA DI LAWAN FRIGAT?ADUH ADEK ADEK YANG MASIH MUDA JANGAN SUKA MARAH MARAH KAYA BANG RUSKY NANTI TENSI DARAH NAIK STROKE KEJET KEJET BAGAIMANA?APA KALIAN MAU …HA?

  35. Klo sampe terjadi… Sorry agak sara… Warga china atau keturunanx di nusantara ini bakal ga tenang… Apalagi teringat kejadian di banjarmasin dulu… Usaha mereka hampir dbakar habis semua

  36. admin itu gambarnya TLDM malaysia loh dan gambar lama itu..kok anggota TNI AL seragamnya biru..anggota TLDM ya seragamnya biru spt itu

  37. Coast Guard Cina tdk di tahan krn tdk mencuri ikan walaupun berada di laut natuna, menteri susi cuma memerintahkan nelayan china sj yg di tangkap

  38. Mampus..junjungane mbah bowo wk wk wk wk…

  39. Piye wo bowo iki junjunganmu kok ngeperr..he he he..

  40. kasihan MBAH BOWO… juragannya ketangkap

  41. INDON BODOH mana berani, liat badan PLA yang kekar saja indon NGIPRIT SAMBIL BERAK DI CELANA, coba tembak KAPALNYA KALAU BERANI, jangan hanya GEDE BAC0T DOANG di formil, mana senjata goibnya keluarin semua jangan HANYA BESAR MULU SAJA di formil, BUKATIKAN!

  42. TOLONG ADEK JANGAN RAGUKAN KEWIBAWAAN MBAH DI SINI

  43. Lah tanggal 26 Mei yang lalu tuh China minta Bakamla RI dan China Coast Guard mau kerja sama khususnya dalam hal penegakan hukum di laut. La sekarang malah melanggar peraturan bersama…gimana ini…Kalau sudah ndak konsisten dalam penegakan hukum laut dengan Indonesia, ya harus TNI-AL dan jajarannya ngeplaki China, itu sudah keterlaluan. Hukum laut di buat bukan untuk di langgar, tapi di taati. Sepertinya China ini main-main dengan kita, seharusnya Indonesia harus berani bertindak tegas, tenggelamkan saja kapal mereka, kalaupun mereka membalas, balas juga tembakan. Saya yakin, Arsenal laut kita pemberani dan benar dalam bertugas menjaga keamanan perairan kita dari maling-maling China.

    • Yah mana bisa orang pejabat pejabat tni di Indonesia udah disusupin dicuci otaknya. Dikasih wejangan sama pengusaha cina di Indonesia. Liat tuh tohir grup paling getol cekokin tni dengan dalih bantuan mulai dari pemberian sembako buat pegawai kemenhan (video youtube) pembangunan rumah buat prajurit tni. Belum lagi yang lain. Akibatnya jadi utang jasa budi. Ini namanya pembodohan kelas berat. Kenapa ngga dia bantu aja rakyat miskin Indonesia kan masih banyak.

  44. Makin sering si cina ama tetangga sebelah mbuat ulah,makin bagus…biar pada nyadar pemimpin2 kita..hanya dgn memiliki militer yg kuat, negara lain akan menghargai dan menghormati kedaulatan kita…

  45. Royal Army itu apa slalu gitu ya kalau komen.

  46. bowo ini langganan rumah bordil cino…bowo km mw jd kuli apa gak klo mw aq pny grpn jembatan cptw km bisa tk jadiin minipile biar gk cm stross anunya cino ae

  47. sy dukung indo hncurkan cino

  48. posisi KRI OWA benar-benar di batas terluar (5 / 110) ZEE INDONESIA (di atas Serawak) … mantap … kikikikikikih …

    semoga tahun ini (2016) kapal BAKAMLA 110 m buatan PT PALINDO jadi diluncurkan …

    kalah gede deh SIGMA PKR10514 punya TNI AL … kikikikikikih …

  49. Makanya RI harus perbanyak kapal heavy fregat , karena ini yang di butuhkan perairan indonesia

  50. Kolopaking/klapa aking/jayanegara punya istri 4 salahsatunya orang/keturunan cina,peristiwa ini jauh terjadi sejak jaman penjajahan belanda

  51. Gan, apa yg terjadi dengan KRI Pati Unus 384? Forum sebelah mencoba menelusuri tetapi msh misteri.. :'(

  52. KALAU INDONESIA CHEOS PERANG… YAKIN DAH ORG CINO PADA KABURRRR BAWA HARTA BENDANYA PULANG KAMPUNG KE NEGARA ASALNYA… WKWKWK

  53. KENAPA GAK DITEMBAK SEKALIAN ITU KAPAL CINO BIAR RAME…. WKWKWK

    KAMI RAKYAT INDONESIA ASLI KAGAK TAKUT PERANG SAMA CINO .

  54. mana ada orang China yg tumpang hidup di Indonesia ada rasa patriotismenya saya yakin 100% kalau indonesia perang mereka akan kabur.

  55. btw tuh CG cina yg mantau ngk msuk dlm teritori indonesia ngk ?? klw msk hrusx di tngkap jg ….

  56. PERANG ….PERANG KALIAN MAU RAKYAT SUSAH HA??ITU CUMA CG DEK PERCAYA SAMA MBAH ITU BLOM KAPAL SUPER YANG TURUN SUDAH ADEK ADEK PADA KERJA YANG BETUL MEMANG KALO PENGANGGURAN DI OTAKNYA SELALU PERANG …PERANG

  57. SATU LAGI MANUSIA SAMPAH YANG LAHIR DARI PERUT BINATANG KOMEN MU MANANDAKAN KAMU KETURUNAN BINATANG DEK

  58. YA UDAH,SEKARANG MBAH BOWO SAYA PERINTAHKAN UNTUK MENDIDIK KAPAL2 CINA ITU AGAR KEMBALI KE NEGERI NYA,ITU KARENA KAPAL CINA SENDIRI YANG SALAH

  59. tole@BAGI KAMI SEMUA MANUSIA SAMA,SEMUA SUKU JUGA SAMA,PUNYA KEWAJIBAN MENJAGA PERDAMAIAN DAN KEAMANAN NEGARANYA,HANYA SAJA YANG DI BAHAS SEKARANG TENTANG PELANGGARAN YANG DI LAKUKAN OLEH KAPAL2 CINA

  60. tole@TIDAK ADA AJARAN ISLAM MENDIDIK UNTUK MEMBENCI,TOLONG JANGAN DI HUBUNGKAN ITU,ITU SEMUA TAK ADA HUBUNGANNYA,ITU PERNYATAAN YANG JAUH DARI KEBENARAN

  61. Dalam hal ini siasat yang dilakukan oleh cina memang sungguh brilliant dimana mereka menyuruh dan memberi insentif kepada para nelayannya utk berlayar di lsc. Dengan dalih wilayah tradisional perikanan mereka, cina berhasil memperkuat hegenominya thd lcs. Siasat ini mereka lakukan dengan pengawalan yang berlapis ke nalayan-nelayan mereka oleh kapal cost guard mereka yang menurut saya adalah kapal militer yang diubah ke bentuk sipil. Lambat laun pasti cina akan mempunyai kedaulatan di lcs.

    Saya apresiasi kepada para punggawa negeri ini yang berani dan tegas kepada para perampok dan pencuri dari negara lain.

    Waspadalah penguasaan cina ke dalam republik ini lambat laun akan terjadi. Dimulai dari membanjirnya para pendatang cina ilegal, pembuatan KTP ilegal, tenaga kerja cina, sampai penguasaan ekonomi ekslusif bagi keturunan cina. Celakanya dengan sokongan uang yang kuat, mereka berhasil membuat anak negeri ini menuruti kemauan mereka dengan membuat UUD dan UU sesuai keinginan mereka.

  62. saya setuju dg bang tole..
    orang yg sedikit2 membenci china dan etnis tionghoa blm tentu mereka tau tentang sejarah..
    bahkan ada yg ingin semua orang tionghoa pergi,
    nah kalau mereka semua jadi pergi akan ada berapa juta pengangguran dan apakah yakin pemerintahan daerah atau siapapun itu akan mau, bisa atau mampu mengatasi masalah ini,
    pasti ntar endingya krismon lagi

    • ini lagi @paijo paijo … dasar mental budak .. jongos aseng .. jadi kalo ngga ada cina hoakiao orang pribumi mati kelaparan .. dasar IQ jongkok loe .. gak tamat SD kaleee ….???

    • Krismon 98 Itu gada hubungannya ma cina Itu gara2 Soros Asu… lagian klo cina gada msh bnyk koq yg invest ky jepang, korsel, Russia &lain2

    • Jangan ngancam2 loe cina cina keturunan…kalau mau pergi sekarang saja…rezeki dari Tuhan pasti ada jalannya….sok banget nih orang. Gue suka indonesia bebas Cina yg opurtunis.

    • klo cina di usir dr sni jlslh akn banyk pengangguran krn sbgian bsar usaha dinegeri ini dipegang oleh mereka dan pkerja mereka adlh pra pribumi. Sebagai bangsa pribumi harusnya berusaha agar dpt bersaing dgn pra pndatang asing bukan mengusir para pendatang krn merasa kalah saing. Jadilah pemikir bijak bukan pemikir picik.

  63. Udah 90% lcs di caplok china, masih aja ambil ikan di natuna, rakus bener ni negara, ga orgnya ga negaranya maen asal comot aja diwilayah ri, makanya jgn bikin anak trlalu banyak, jadinya persediaan ikan utk kalian makan sampe2 mencuri dinegara org, bayangin aja penduduk kalian 1,3 miliar, ckckckck..itu klo duit enak tuh, tp klo manusia ya capek lah ngurusinnya. Cape dehh

  64. Kedaulatan NKRI itu Harga Mati…Tumpas Abis Maling dan penyusup…

  65. Baca komen banyak yg dagelan wkwkwkw…

  66. bowo memang asik cocok dbuat campuran beton k350 untuk tiang pancang biar kagak nggacor

    • BEGINI DEK, UNTUK BISA MENAHAN LAJU GEMPURAN PLAN DAN PLAF, MAKA MEMANG OPSI MEMBUKA PANGKALAN MILITER UNTUK AMERIKA, INGGRIS DAN BELANDA DI UTARA NATUNA SUDAH SANGAT URGENT !!!.

      AMERIKA, INGGRIS, DAN MOHON BELANDA DI TURUT SERTAKAN MENJAGA UTARA NATUNA SEBAGAI RASA TANGGUNG JAWAB MEMBELA INDONESIA.

      VIETNAM KAN SEBENTAR LAGI DIBUKA PANGKALAN MILITER AMERIKA.

  67. Baru aja mau baikan eh peliaran xin jumping udh buat ulah lagi,kl gini ceritanya si jumping bs kejet kejet ni mikirin ulah peliaraannya he..he..he…..

  68. kalau saya pribadi sih tidak menyamakan sama sekali antara etnis cina di indonesia dan etnis cina di negara tiongkok,etnis cina di indonesia tentulah wni asli yg sudah berabad abad menjadi wni,dan mereka juga lahir dan besar di indonesia,sepanjang suku mana-suku mana saja yg tidak berbuat kerusakan di indonesia,tentulah republik ini akan berprasangka baik padanya.

    • BEGINI DEK NOTO, MBAH SANGAT TIDAK SETUJU JIKA CINA DARATAN DISAMAKAN DENGAN CINA INDONESIA.

      MBAH SANGAT MENGHORMATI CINA INDONESIA, KARENA MEREKA KAYA KAYA DAN PANDAI PANDAI, DAN ANAK MBAH SERING BERHUBUNGAN DAGANG DENGAN MEREKA.

  69. setuju mbah noto,
    semua etnis di Indonesia itu sama, mereka pastilah cinta nkri..
    jika ada yg pelit licik jahat itu semua tergantung kepribadian orangnya dan bukan masalah etnis mananya..

  70. kalau banyak orang china ada di negri kita Indonesia, kira2 paham komunisnya itu bisa masuk Iindonesia apa enggak.??

    • kamu ini pernah dengar yg namanya Pancasila gak sih ……… selama bangsa Indonesia menerapkan Pancasila paham2 yg bersebrangan dgn nilai2 NKRI ……. …………

  71. bhineka tunggal ika

  72. Makanya ini pelajaran berharga juga buat TNI AL.

    Lain waktu kalau ketemu maling ikan di natuna, diJAMMER dulu komunikasinya, supaya gak bisa manggil Coast Guard nya.

    jangan jangan kri kita gak punya jammer yah

  73. Tole Itu yg mengajarkan paham kebencian di formil ini… pdhl sblm tole ada semua aman wkwk

  74. OH IYA MBAH BOWO,BERARTI PENDAPAT KITA JUGA SAMA TIDAK MENYAMAKAN ETNIS CINA WNI DAN ETNIS CINA DARATAN,MAKSUDNYA DALAM KONTEKS KEWARGANEGARAAN,DAN MENGENAI PENGHORMATAN MBAH BOWO KEPADA CINA WNI ITU JUGA BENAR KARENA MEMANG KITA SEMUA HARUS SALING MENGHORMATI SESAMA UMAT MANUSIA,KARENA KITA HIDUP MEMBUTUHKAN ORANG LAIN SEMUA GOLONGAN,KARENA SEMUA GOLONGAN ITU UNTUK SALING MELENGKAPI DAN PASTINYA TIDAK BISA DI HILANGKAN UNTUK PEMENUHAN KEBUTUHAN HIDUP MASING MASING,
    JADI DALAM PEMBAHASAN INI YA MBAH BOWO,KITA INI BICARA TENTANG PELANGGARAN WILAYAH ANTAR NEGARA,DAN MENGENAI SIKAP SALING MENGHORMATI SUDAH SAYA JELASKAN DI ATAS

  75. mungkin kbnyakan disini pada benci MBAH BOWO
    tp gue pribadi jjur mlh trhibur n ktawa geli klo liat si bowo ne lg komen terlepas dy nasionalis atau sipitis..haha
    apalagi klo lg blg “TOLONG ADEK JANGAN RAGUKAN KEWIBAWAAN MBAH DISINI”
    ngakak mbah hahaha
    txz mbah atas hiburan komennye

  76. Kpl cusgoard cina sbtlx sdh di jamer dr kri maupun dlock dr kpl selam
    Mkax gak brani

  77. Krg kaprang destroyer

  78. paling klo RI susah,, cina2 itu pd lari ke singapura,,, RI cm buat numpang kaya,, klo dh kaya duit d parkir d singapura dan negara kaya lain nya,,, cina RI tdk mau brasimilasi dg penduduk lokal

    • maksud luh islamisasi dengan penduduk lokal kan. lebih baik mati daripada islamisasi berkedok asimilasi !!!!

      • asimilasi bos,,, campur bos,, ngumpul bos,,, gk harus jd islam, liat ja rasio pernikahan turunan cina dg suku lain, kecil bgt, jarang trjadi, cba deh liat d kampung2,, rumah orang cina psti pagar ny tinggi2,, gmn tetangga mau maen?? tak kenal maka tak sayang,, jd jgn salahkn suku pribumi klo kadang curiga. krn emang gk kenal… maap klo kurang pas,,

  79. siap.. siap.. bentar lagi akan ada patroli destroyer LuYang atau frigate Jiangkai di Natuna, pakai kapal apakah utk menghadangnya??

    kan udh saatnya indo punya destro kan.. :) De zeven provincien please.. or PKR15016 please..

  80. Salut dan hormat utk komandan KRI OWA … tindakan anda sangat berarti utk menegakkan kedaulatan dan kewibawaan NKRI …
    mohon kpd rekan² warjag fahami bahwa tindakan tsb diberlakukan sama utk seluruh nelayan maling tanpa harus membedakan asal negara nya.
    Kemarin KKP dg gagah berani menghadapi insiden LCS dan skrg TNI AL jg bertindak tegas … bravo

  81. Pertamax com……..

  82. Sudah jangan pada ribut masalah keturunan Arab dan China,semua yg lahir di tanah NKRI adalah Bangsa Indonesia sejati kalaupun hanya tulisan dan kalender Arab atau China itu hanya budaya yg dibawa leluhur mereka masing* seperti tulisan Jawa honocoroko sama saja yg dibawa leluhur kita* ini….Jangan sampai ribut bawa* ras* masing yg penting bersatu kita teguh bercerai kita runtuh…

  83. NKRI HARGA MATI

  84. Sekali lagi ditegaskan bahwa China hanya mengerti bahasa militer soal Natuna

  85. Indonesia may purchase Russian amphibious planes, submarines — ambassador

    Project 636.3 submarine © Alexandr Demyanchuk/TASS ?

    Indonesia plans to purchase amphibious planes and submarines from Russia, Indonesian Ambassador to Moscow Mohamad Wahid Supriyadi told TASS on Monday.

    “We really plan to purchase amphibious planes developed by the Sukhoi design bureau and Kilo-class submarines from Russia,” the diplomat said.

    “We’re working on these purchases,” he said.

    “Relevant Russian specialists will be invited to Indonesia,” he added.

    According to the Indonesian diplomat, Jakarta is interested in developing military and technical cooperation with Russia.

    “Russian products in the sphere of the defense and industrial sector are no inferior to Western analogs. It is worth noting Russia’s considerable successes in the sphere of military and technical cooperation,” the ambassador said.

    “We hope for close interaction in this field,” he added.

    In reply to TASS’ specifying question later, the ambassador said Indonesia wanted to buy two Russian submarines.

    The Russian submarines referred to the Kilo-class by NATO’s classification are Project 636 Varshavyanka diesel-electric submarines. As Vladimir Yereschenko, chief, regional department, Rosoboronexport, has told TASS at the Defence Services Asia 2016 arms show (DSA 2016), the Project 636.3 and Amur-1650 submarines, Project 11356 (Krivak-V-class) and Gepard-3.9 (Gepard) frigates and shipborne weapons are the most promising for promotion in Asia-Pacific.

    It was reported earlier on Monday that Russia was ready to start the deliveries of the Be-200ChS amphibious plane produced by the Taganrog-based Beriyev Aircraft Company to Indonesia.

    “We hope that the contact with Indonesia will be one of the first contracts in the sphere of military and technical cooperation. We note great interest from foreign buyers. This interest is explained by the plane’s uniqueness and its capabilities. This is the sole amphibian jet with such functions,” president of Russia’s United Aircraft-Manufacturing Corporation (UAC) Yuri Slyusar told TASS, adding that Thailand was also displaying interest in the plane.

    The Be-200ChS multipurpose plane is designed to fight fires, provide emergency aid in the areas hit by natural disasters, carry out search and rescue operations at water, make sanitary and freight carriages and monitor the environment. As the UAC press office told TASS, potential customers from South-East Asian countries were displaying interest both in the plane’s fire-fighting capacity and its capabilities to carry out patrol and search operations at sea.

 Leave a Reply