Oct 032015
 

9847b6e2

Tank boat X-18 desain Lundin

Pada tahun 1999 dibuat upaya pertama demonstrasi Advanced Mortar Sistem (AMOS) 120 mm double barrel versi angkatan laut untuk melengkapi kapal Combat Boat 90 Angkatan Bersenjata Swedia.
Karena kapal berukuran kecil pemasangan sistem senjata mengorbankan efek perlindungan karena turret gyrostabil memiliki bobot hingga 2.500 kg walau berbahan aluminium.

 

cb90amos

Combat Boat 90

Combat Boat 90 adalah boat tangguh dari Marinir Kerajaan Swedia dan digunakan untuk patroli, pertempuran dan operasi pasukan khusus. Boat memiliki panjang 15m dan berat 16 ton. Walau berbahan aluminium perahu sangat kuat dan lincah, dapat membawa muatan berat dan mencapai kecepatan lebih dari 50 knot. CB-90 juga dapat digunakan di laut lepas.

 

20060620_050358_amos_sea

 

Dilengkapi dengan AMOS versi naval, CB-90 dapat membantu pendaratan amfibi, melawan target bergerak di darat dan kapal musuh yang bergerak cepat. Combat Boat 90 yang kuat dan fleksibel sangat ideal untuk negara negara Scandinavia karena garis pantainya yang berbatu.Uji coba lapangan di musim panas 2003 berlangsung sukses sehingga Patria Hagglunds Oy akhirnya mendapatkan pesanan utuk memasangkan AMOS pada boat Angkatan Laut.

 

nemo_mortar_system_l5

Boat dengan mortar nemo 120 mm

Bagikan Artikel :

  25 Responses to “Combat Boat CB 90, Inspirasi Tank Boat X-18”

  1. Kudeta pertamax wkwkwk

  2. Hebat speed bootnya.,,,,,,

    …………………

  3. saya rasa thn ini kita tunggu kedatangan trimaran klewang dlu… disamping bagus utk patroli.. kuat juga persenjataan nya dan daya tahan nya thd ombak..karena model trimaran nya

  4. gahar…..lincah dan mematikan…

  5. Smg tank boat kita jadi dibuat..krn apabila tdk prnh dibuat mngkn kita tdk prnh tau plus minusnya..kan negeri kita udh trkenal dg negeri 1000 prototype..ayo mpu lundin kita bisa..

  6. Hah kita masih pake dokrin greenwater,maka ny bikin alat yg receh2 saja.kapan naik jadi dokrin bluewater nih kata ny porosmaritin tp kok greenwater.

    • Karena mengembangkan Angkatan Laut itu lbh mahal drpd Angkatan Darat bung, sabar aje. Tiongkok jd sangar aja butuh 30 tahun. Kecuali klo mw niru Korut rakyatnya kelaparan bodo amat yg penting senjata sangar

  7. Klo menurut saya,combat boat ini tidak di butuhkan indonesia,apalagi jika yg di hadapi perang militer di laut terbuka..agak kurang efektif,,lebih efektif utk polairut dalam menguber perompak,pencuri ikan dll

  8. Bagaimana dg akurasi tembakannya? Apakah cukup mumpuni…

    • Kalo meriamnya dilengkapi stabilizer pastinya akurat bung, cuma ga tau mana yang lebih efektif: meriam atau mortir?

      Kalo mortir kan bisa menembak melambung…

  9. Ada yang versi hoovercraft nggak ya biar bisa di segala medan ?

  10. Tankboat Lundin tampak lebih manis.

  11. Jangan terlena dengan semua fantasi kosong ini….Ingatlah nasib Klewang I !!!

  12. X-18 pake desain catamaran, lebih stabil pas manuver dan nembak.

  13. Aku pertalite deh

  14. Dipakai buat hajar pendaratan musuh….
    Semoga lundin buatin banyak ke tni al…buat roda pagar perairan

  15. Bikin yg banyak..
    Kapal sekelas destro aja bakal krepotan klo ada nih puluhan tank yg riwa riwi dkt bibir pantai
    Apalagi LPD..mau bolong2 tha?

  16. Kalo basicnya hovercraft mungkin lebih stabil di saat ombak agak tinggi, juga bisa masuk ke rawa deh,… dibanding boat,…

 Leave a Reply