Jun 202014
 
Kedatangan Presiden SBY ke Fiji (photo: detik.com).

Kedatangan Presiden SBY ke Fiji (photo: detik.com).

Fiji – Pemerintah Indonesia menyerukan ditingkatkannya konektivitas antar negara di kawasan Pasifik Selatan, untuk mengatasi tantangan jarak antar wilayah. Hal ini dikatakan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dalam Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-2 Pacific Island Development Forum (PIDF) di Nadi, Republik Kepulauan Fiji, Kamis (19/6/2014).

“Indonesia telah terlibat dengan negara-negara Kepulauan Pasifik untuk mendiskusikan konektivitas dalam APEC selama kepemimpinan Indonesia sebagai Ketua APEC tahun lalu,” ujar Presiden SBY.

Indonesia berkomitmen memperkuat kerjasama dengan PIDF dan memberikan prioritas untuk bekerjasama secara dekat dengan PIDF untuk menjaga dan memperluas sumber daya perikanan dan kelautan.

Presiden SBY berbincang dengan Presiden Fiji Ratu Epeli Nailatikau (photo: seskab)

Presiden SBY berbincang dengan Presiden Fiji Ratu Epeli Nailatikau (photo: seskab)

“Kita dapat berkolaborasi untuk membangun hubungan diantara kawasan perairan nasional. Untuk itulah, Indonesia mendukung rencana perluasan partisipasi dari negara-negara Pasifik yang lain pada Inisiatif Segi Tiga Terumbu Karang atau Coral Triangle Initiative,” jelas Presiden SBY.

Presiden SBY bersama Perdana Menteri Fiji, Bainimarama pada sesi adat kenegaraan

Presiden SBY bersama Perdana Menteri Fiji, Josaia Voreqe Bainimarama pada sesi adat kenegaraan

Pemerintah Indonesia juga berkomitmen untuk mengkapitalisasi peningkatan hubungan dengan negara-negara PIDF. Dalam tahun-tahun terakhir, Indonesia telah membangun hubungan diplomatik dengan hampir semua negara-negara Kepulauan Pasifik.

“Sebagai negara yang terletak di Samudera Pasifik dan Samudera Hindia, adalah tujuan utama bagi Indonesia untuk menjembatani kawasan Pasifik dengan Samudera Hindia. Dan juga dengan Asia Timur. Saya percaya bahwa kita dapat membangun hubungan geografi Asia-Pasifik ini. Dengan semangat ini, Indonesia sangat mendukung Papua Nugini sebagai tuan rumah dan Ketua APEC 2018,” kata Presiden SBY.

Presiden SBY berikan pidato kunci pada pembukaan Pacific Islands Development Forum (PIDF).

Presiden SBY berikan pidato kunci pada pembukaan Pacific Islands Development Forum (PIDF).

Sebelumnya, dalam pertemuan antara Pemerintah Indonesia dengan Fiji, kedua negara menandatanganni 6 nota kesepahaman dan perjanjian. Presiden SBY dan PM Bainimarama menyaksikan penandatanganan nota kesepahaman di bidang pendidikan diplomatik, pelatihan dan kegiatan bersama, bebas visa bagi pemegang visa diplomatik dan dinas, pemberantasan narkoba, kerja sama di bidang kelautan dan perikanan, infrastruktur publik, serta kerja sama kepemudaan dan olahraga.

Pertemuan bilateral diakhiri dengan pemotongan kue dan nasi tumpeng sebagai penanda hubungan baik dan kerjasama pemerintah Indonesia dan Fiji yang sudah berlangsung selama 40 tahun. (jaring news.com).

  82 Responses to “Coral Triangle Initiative”

  1. First???

  2. keduax?

  3. yes

  4. dua tapi tetap 1……
    wkwkwkwkwk………. peace warjag…

  5. ehemp..ehemp..

  6. sr dulu

  7. 5 bsar

  8. ndi iki podo

  9. Gak menarik

    • Kalo ngga menarik ngapain lo mampir di mari. Tuh sono bantuin si frans biar ngga sakit hati di bully terus karena kesalahan sendiri

      • hehehehehe….. sabar bung freaxout, ntu contoh salah satu pemuda indonesia yang gagal hidup 🙂

        • perbedaan itu tidak masalah …gak selamanya jalan itu mulus…iniliha yang harus kita sirami…biar tumbuh dengan sehat jiwa raganya dan bermanfaat bagi dirinya dan orang banyak. salam hangat buat kita semua.

      • freaxout@saya ga perlu dibantu krn saya ga merasa skt hati tuh..bkn nya justru anda yg skt hati dgn koment2 saya,byk yg mencerca saya tp semua saya kalikan nol,termasuk anda hehe

    • Para ular sudah kepanasan diliang lahat melihat garuda mulai mengepakkan sayapnya….

    • tidak menarik dari segi kacamata calon2 ular, bagi saya ini langkah bagus Indonesia untuk merangkul kawasan Pasifik, terutama negara2 tetangga aussie.. GREAT JOB !!

    • terima kasih bung diego artikelnya bagus ini menunjukkan adanya iktikad baik dalam kontribusi wilayah laut.
      salam hangat untuk bung diego dan keluarga

      salam hangat bung Oloan Silalahi
      terima kasih telah berpartisipasi dalam mengutarakan pendapatnya di warung JKGR ,dan terima kasih telah meningkatkan pandangan kami agar lebih bijak dan bisa menghargai pendapat orang lain sekaligus mengenal ancaman yang nyata untuk negara kami
      salam hangat untuk bung oloan dan keluarga

    • Musang berbulu nying2

  10. wah

  11. alhmdllah, bsa naik podium jg di warjag.
    sory oot y ???

  12. numpang nyimax

  13. mencoba menggalang kekuatan buat ijin naro lontong buat ngawasin wilayah sonotan

  14. oskadon

  15. Mudah-mudahan ada deal-deal rahasia. Kira-kira apa ya? …

    • deal opo ? emang fiji punya industri strategis opo ? apalagi fiji termasuk anggota persemakmuran inggris, walaupun sering di banned oleh inggris sendiri…..

      • coba belajar berpandangan jauh ke depan bung abang-ijo, berteman dgn negara2 pasifik bisa juga membuka pintu pendekatan dgn suku aborigin sang pewaris sah benua sonotan. selanjutnya tinggal mengkondisikan situasi yang menjepit kepentingan kaukasoid yg nyasar disana 🙂

  16. Masih sepi nih,ijin nyimak
    Sr mode on

  17. Salut sama Pak SBY, metode diplomasi yg cantik… Merangkul negara2 kecil di Pasifik untuk kepentingan Nusantara… Menenangkan negara2 ini supaya tidak terlalu mencampuri urusan dalam negeri Indonesia terutama di Papua… Ditegaskan kembali sepertinya bahwa Papua adalah bagian dari NKRI, apa pun yg terjadi di Papua adalah urusan Indonesia..

    Mungkin yang lainnya adalah menegaskan bahwa Indonesia adalah bagian yang tidak terpisahkan dari negara2 Pasifik ini dilihat dari sejarah panjang Nusantara…. Semoga saja bisa dijadikan sahabat dan tetangga yang baik…

    • setuju dng bung @hadna, daripada ikut australia malah diperlakukan seperti kacung, lihat saja sejak tahun berapa negara2 pasific pada bersandar pada aust, tapi apa yang didapat sampai sekarang, Indonesia harus menyebarkan virus kemandirian dalam berbangsa dan bernegara. salam kenal.

    • iya ini rumusnya diplomasi Indonesia. Rumus yang sama bisa juga dipakai untuk menyelesaikan LCS. Rumus yang sudah berhasil dalam mengatasi sengketa perbatasan dg Pilipina

  18. Ini diplomasi penting untuk memutus pengaruh negara kawasan MSG terhadap OPM. Selain itu kita bisa jualan KCR 40 KCR 60 dan Kapal Cepat Komando. Semua alat untuk keamanan pantai dan laut. Lumayan… bisa juga buat ngepung sonotan putih.

    • setuju bung dgn comeng anda
      klo mo mutus opm smua yg di malenesia hrs
      di jadikan teman dan akarin ekonomi kita
      di sn jd biar ga usah pake peluru jg bakalan sekarat
      klo mcm2 spt alay yg ketergantungan ekonominya
      ama koko panda ga berani ikut sengketa lcs
      salam kenal bung

  19. yg pasti sampai saat ini fiji sngt mmbutuhkn krj sama dg indonesia husussnya dlm bidang ekonomi, krn negara pulau ini hanya mngandalkan sektor pariwisata, dan trbukti sampai saat ni barang2 export indonesia sangat d sukai dan jd idola d negara pulau ini. klo di tanya indonesia pst jwbny ooocch yg bkin indomie tu yaa????

  20. Indonesia melakukan gerak kuda melingkar menghadapi sonotan n his gang……disini hebatnya politik luar negeri Indonesia, melepas diri dari kepungan selatan ttp membuka akses dgn wilayah pasific. Beruntunglah kita sebagai negara yg berada di tengah2 2 samudara (pasific n indonesia/hindia)…..Smart Strategy.

  21. Jadi ingat komentar vanuatu soal papua beberapa waktu lalu..mungkin ini salah satu anti dot nya yg sdang djalanin

  22. fiji tu sblh mna,y indonesia ya

  23. Assalamualaikum wr.wb
    sungguh langkah yg menakjubkan 😀

  24. Pak SBY ke Fiji udah naik pesawat kepresidenan ya? Kalau iya, keren banget tuh… Bangga saya dgn negara tercinta

  25. Kalo utk bidang ekonomi, budaya & sosial msh boleh buat deal dg negara2 di kep. Pasifik/Melanesia/Polinesia, kalo utk politik & hankam agak sulit mengimbangi pengaruh asu & aussie di kawasan tsb, maklum pengalaman PD II ratusan pulau2 kecil Pasifik dipakai sbg pangkalan aju & asu msh anggap kawasan tsb penting utk strategi militer, juga bbrapa pulau msh dijadikan tempat percobaan senjata

  26. salah satu diplomasi sby untuk menekan pengaruh OPM di negara kepulauan pasifik…

  27. satu kata…..CERDIK
    6 poin kesepakatannya apa aja ya
    barangkali sja ada poin tambahan

  28. strategi jangka panjang dgn menjadikan Indonesia sebagai pemimpin, pelindung dan sahabat untuk negara-negara kecil di pasifik selatan(makna kecilnya adalah mengunci vanuatu yg sering membawa kepentingan sonotan & mamarika)….top banget.

    ayo kepakan terus sayap-sayap Garuda…..

  29. Bener jg tuh bung. .
    Dgn berkumpulnya negara2 kecil yg kurang dpt perhatian dunia,akan terbentuk kel0mpok ek0n0mi baru yg besar. .
    Dan tentunya yg ada di depan adalah “INDONESIA”.
    Belum lagi lo ampe ke militer bung. . .

  30. test

  31. setuju dgn bung hadna@ lbh baik indonesia bersahabat dgn negara2 kelas teri..biar indonesia bs ngrasain gmna jd negara besar hehe

    • nih orang cari makan di indonesia tapi kayak ga suka sama indonesia.
      indonesia udah pernah tuh jadi negara besar era majapahit sriwijaya.

    • Assalamualaikum wr.wb
      jangan pernah mengecilkan wibawa suatu bangsa tanpa di dasari alasan yang kuat!!!
      karena hal itu sama halnya dengan merendahkan suatu bangsa.
      dalam suatu bangsa ada rakyat yang harus di hormati.
      dimanapun bangsa di dunia ini pasti bisa maju dengan di landasi persamaan konektifitas.
      buktinya banyak orang dari timur yang lebih pandai dari kamu, karena konektifitas dalam pendidikannya terpenuhi.

    • saya yakin bila anda di adu dalam sebuah tantangan cerdas cermat anda cuma bisa menghina aja namun nyatanya nol besar, baca aja gk lulus, q barusan baca tentang hibah kapal perang jepang, koment gerombolan km kapal itu dr jaman perang dunia kedua la bikinnya aj sesudah perang dunia kedua, perang dunia darimana? emangnya km yg bikin ap?

    • @frans : geli bnget baca komentar anda bung, anda sepertinya keliatan pinter lho..
      Tp sayang..kepintaran anda gk cocok di sini. Cocoknya di beri psykotropika biar tenang

    • gmn referendumnya bung??wkwkwkwkwk

    • Barisan sakit hati, heheheheheh

    • bung @frans: maaf yah bung, saya tidak sependapat jika anda mengatakan bahwa negara Fiji itu negara kelas teri..

      Menurut saya, besar atau kecilnya sebuah negara/bangsa itu oleh JIWAnya. Ukurannya adalah nilai kebenaran dan kemanusiaan. Jika sebuah negara/bangsa memiliki jiwa yang menjunjung tinggi nilai kebenaran dan kemanusiaan, maka besarlah negara/bangsanya.. Bukan karena luas wilayahnya, atau jumlah penduduknya, atau begitu maju teknologinya, dan lain sebagainya.. Pun untuk apa jika itu semua digunakan untuk menindas negara/bangsa lain, seperti yang dilakukan mamarika. Buat saya, mamarika itulah negara kerdil/kecil, atau dalam bahasa anda, negara kelas teri..

      Jika luas wilayah negara Fiji cuma seuprit, yah itu sudah takdir.. Sama kasusnya seperti saya atau anda yang ditakdirkan terlahir di bumi pertiwi ini.. Dan kita tidak bisa menolak.. Selanjutnya, bersyukur atau menyesal, itu kembali ke individu/jiwanya masing-masing.. hahahah.. (ngikutin gaya ketawanya bung frans)

      Suwun, jika ada yang tersinggung.. cuma asal ngoceh.. maklum wong ndeso status masih babu.. 😀

  32. lingkaran kepulauan dari maladewa, andaman nicobar, indonesia, pasifik brakhir di amerika selatan. jika bisa disatukan oleh indonesia maka belahan bumi selatan akan sangat diperhitungkan.

  33. Presiden sby menggantikan mr ban? perdamaian bisa terjadi jika pemimpinnya jauh dari kepentingan negara lain baik itu timur dan barat.

  34. Nyimak dulu ah.

  35. Hehehe bisa titip kapur ama lontong ga di fiji ? Kalo bisa makin senut2 tuh asuteralis

  36. Seragam drum band Fiji unik banget ya… Sama PM-nya nyantai banget dress code-nya pakai celana pendek sama sandal… SBY kenapa nggak pakai sarung sama sandal japit ala Kabayan ya?

    Hehehe.

  37. absen dulu…

  38. Gosipnya kan mau buat Tol bawah laut dari Tiongkok, Indonesia sampai Rusia. Lah koq ini dengan Jepang? Yang benar yang mana nih?

  39. Pulang dari Fiji, SBY Tertegun Ditinggal Menteri dan Wartawan

    VIVAnews – Sepulang dari lawatannya ke Fiji, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono mendarat di Bandara Halim Perdanakusuma, Jumat 20 Juni 2014. SBY tiba di Halim sekitar pukul 15.00 WIB. Namun, seperti biasa dia beristirahat dahulu di ruang VIP Sasana Manggala.

    SBY dijemput oleh sejumlah pejabat dan Wakil Presiden Boediono. Namun, sekitar pukul 15.30 WIB, SBY keluar dari ruang VIP itu bersama Ibu Negara Ani Yudhoyono dan sejumlah rombongan menteri serta Boediono.

    Wartawan pun menunggu para menteri itu keluar untuk melakukan wawancara. Namun, sebelum SBY masuk ke mobil RI1 beberapa menteri ke luar terlebih dahulu meninggalkan SBY untuk masuk ke dalam mobilnya masing-masing.

    Menteri itu adalah Sekretaris Kabinet Dipo Alam, Menteri Perikanan dan Kelautan Tjitjip Syarif Sutardjo, dan Menko Polhukam Djoko Suyanto.

    Setelah menteri itu menjauh dari SBY, sontak para wartawan langsung mengejar menteri-menteri itu untuk melakukan konfirmasi. Tempat di mana wartawan yang tadinya ramai langsung sepi dan hanya tersisa beberapa wartawan yang memang menunggu menteri lainnya.

    Melihat para wartawan lari mengejar Dipo Alam dan Djoko Suyanto, SBY sempat terdiam dan tertegun beberapa saat sebelum akhirnya dia masuk ke dalam mobil bersama Ani Yudhoyono.

    Namun beberapa menteri yang tetap mendampingi SBY di antaranya Menteri Luar Negeri Marty Natalegawa, Menteri Keuangan Chatib Basri, Panglima TNI Moeldoko dan Kapolri Jenderal Sutarman.

    Sementara Wakil Presiden Boediono berada di sampingnya. Hingga SBY masuk ke dalam mobil dan Boediono menunggu mobil RI 2 nya datang.

    WADUHHHH….dimana ya etika para menteri, Bos nya blm masuk mobil..mereka udh ngacir duluan

  40. diplomasi yang cantik Bapak Presiden. Kami bangga padamu. jika susah untuk menumbangkan pohon yang berakar sangat dalam dan berdaun lebat, sebaiknya kita mulai memangkas dahan2nya dahulu.

  41. Jayalah Indonesiaku!!!

 Leave a Reply