Apr 232017
 

Kota Beijing, China (Kentaro Iemoto)

Beijing – Pemerintah China lebih santun terhadap Indonesia dibandingkan dengan menghadapi negara-negara lain di kawasan Asia Tenggara, ujar pengamat senior Centre for Strategic and International Studies (CSIS) Christine Susanna Tjhin.

“Indonesia dianggap penting. Makanya Tiongkok berhati-hati agar tidak sampai merusak hubungan bilateral dengan Indonesia,” ujarnya dalam pernyataan tertulisnya kepada Antara di Beijing, 22/4/2017.

Oleh karena ingin melestarikan hubungan bilateralnya, pemerintah China tidak akan mencampuri urusan dalam negeri Indonesia, termasuk Pemilihan Kepala Daerah Khusus Ibu Kota Jakarta.

Demikian pula media-media di daratan Tiongkok tidak banyak menyoroti Pilkada DKI, meskipun salah satu kandidat, Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok, beretnis Tionghoa.

“Saya pikir akan sangat tidak bijak jika pemerintah RRC sembarangan berkomentar tentang situasi politik Tionghoa di Indonesia,” ujar kandidat doktor dari Peking University, Beijing itu.

Apalagi menurut dia, pemerintah China sangat berhati-hati dalam menyikapi penyebaran berita palsu (hoax) terkait tuduhan upaya intervensi China dalam Pilkada DKI pada 2012 dan 2017.

“Makanya mereka tidak akan menyampaikan komentar yang tidak perlu mengenai Ahok,” katanya.

Ia mengaku selalu mengingatkan koleganya di China dalam menyikapi berbagai persoalan di Indonesia agar tidak merusak hubungan kedua negara.

“Jangan sampai diplomat-diplomat RRT di Indonesia bersikap seperti diplomat RRT di Malaysia yang tidak ragu berkomentar soal politik warga Malaysia keturunan,” ujar Christine.

Kalau pun media-media di China memberitakan peristiwa politik di Indonesia, menurut dia, kebanyakan mengutip media asing.

Sementara itu, dalam “press briefing” harian di Beijing, Jumat (21/4/2017), juru bicara Kementerian Luar Negeri China, Lu Kang, tidak bersedia mengomentari hasil Pilkada DKI terkait dampaknya terhadap investor China.

“Kebijakan kami adalah tidak memberikan komentar terhadap urusan dalam negeri negara lain. Hal itu (Pilkada Jakarta) urusan dalam negeri Indonesia,” katanya.

Antara

Bagikan Artikel:

  111 Responses to “CSIS : China Lebih Santun Terhadap Indonesia”

  1. oalah

  2. Miaaaaawwww…

  3. Pertamaxxxx

  4. apalagi setelah disapa KRI Imam Bonjol…

  5. Ular Naga Vs Garuda

  6. test….

  7. KARENA TIONGKOK SANGAT NGERI DENGAN KETAJAMAN BAMBU RUNCING. KWAAKK…KWAAKK…KWAAKK….

  8. di bandung skg lagi hujan es bung..
    (dampak dr emisi nuklier korut),
    jhahaa

  9. contoh malaysia cina di kasih hati nglunjak,di kasih empelo tambah ngelunjak,senjata terahir empedu anti racun

  10. Situ santun kitapun segan, situ kurang ajar kita akan hajar. tapi neg2 kecil di pasifik timur, solomon sm vanuatu ini yg belum pernah kena tempeleng sm garuda, jd provokatif trs.

  11. contoh malaysia cina di kasih hati nglunjak,di kasih empelo tambah ngelunjak,senjata terahir empedu anti racun!!!

  12. china perang dg Indonesia siapa menang
    Kira kira kapan china mulai expansinya ya ini baru lcs yg dklaim

  13. ANDA SOPAN KAMI JUGA SOPAN.
    SEMANGATLAH WAHAI RAKYAT INDONESIA.

  14. China membedakan antara sikap terhadap Indonesia dan Malaysia, kenapa ?

  15. Mungkin jika armadanya sudah lengkap china sikapnya akan lain dg hari ini

  16. serius mbh noto, di bandung lg hujan es ada yg segede kelereng..
    liburanku terasa komplit poknya..

  17. Prediksi saya dalam 5 sampe 10 tahun kedepan sdh mulai action ni china menyeringai pamer taringnya ..

  18. China akan lebih kuat dari Amerika dan Russia militernya semakin kuat dari hari ke hari.kita nonton negara mana dulu yg sgr akan jadi santapan sang naga dulu .

  19. bner mbah noto terasa di semenanjung korea, sambil nunggu taipodong meluncur.. muehehe..

  20. Santun dimuka menusuk dibelakang!

  21. khakhakhakhahhh..

  22. Garuda Asia
    Macan Asia
    Kangguru Asia
    Naga Asia
    Harimau Malaya
    Gajah Putih

    Apalagi…??

  23. tikud asia,haha

  24. tikus ralat

  25. Itu tandanya indonesia ada maruah sedangkan malon tak de maruah sehingga nelayan cina boleh curi ikan di beting ali

    • kwaakk…kwaaakk…kwaaakk…

    • Curi ikan bising. Beribu kapal tongkang tki datang ke Malaysia secara haram untuk export budak2 tki ke Hongkong, Taiwan, kosel Dan Malaysia gak bising ix ix ix ix aneh Kali ya.

      • Tanpa TKI perekonomian Indonesia Tdk Akan Bisa Maju…

      • Makan# dari zaman jepun orang malay selalu cakapkan banyak TKI yg datang ke malay,bila awak tuh pintar dan boleh intropeksi diri kenapa ya berjuta2 tenaga kerja asing boleh bekerja di malay,dari pekerjaan level terendah sampe level tertinggi dikuasai tenaga kerja asing,what happen with orang malay,kenapa orang malay tak jadi raja dinegeri sendiri,kenapa semua kerjaan mesti dikuasai tenaga kerja asing…tengok cakap Tun mahathir kalo orang malay pribumi itu malas2,nak kerjapun tak de skill,human resourcesnya rendah beza dgn orang cina malaysia yg rajin dan ada skill tuk kerja…jadi introspeksi diri pakcik

  26. China tau klo indonesia ikut bela sesama asean mereka rugi besar dan kerepotan. Makanya gak mau cari masalah dengan indonesia.
    Sebaliknya ini kesempatan indonesia utk bs peras china supaya beri kita sesuatu supaya kita tidak ikut campur LCS.
    Keliatanya kurang elok. Tp ini biasa dalam perpolitikan tingkat dunia.

  27. Biasa aja. Asean kan masuk kebijakan Satu china.

    oopps!

  28. Sebenarnya…WNI Keturunan itu MILIK Siapa sih….. MILIK Tiongkok atau Indonesia…. ? itulah akar permasalahan yang ada…dimanapun China berada…NEGERI LELUHUR DIJUNJUNG…..
    dan NEGERI LELUHUR SELALU MENGAYOMI….. klop dah….terus gimana kalau gitu…? hahha.

    • Kita kirim aja ke negerinya. Xixixi…

    • Saya mau bertanya, kalo seandainya org Jawa yg ada di Suriname dianiaya sama pemerintah atau org Suriname sendiri, apakah org2 Jawa yg ada di seluruh dunia tdk akan bersimpati atau ikut terluka hatinya. Silahkan di jawab dgn jujur. Begitu juga dgn org Cina yg di Tiongkok pasti akan ikut berempati terhadap sesama tionghoa

      • Benar bung linfut..setuju..kita pasti berempati…, namun sayang jika ada masalah ujung-2 nya langsung terbang ke mainland…kebetulan teman saya dan kerabat juga ada yng keturunan…mereka sudah menyiapkan evakuasi jika ada masalah…jadi kita hanya berpikir….kalau kita hidup di Bumi Pertiwi ..darah dan keringat kita hanya untuk Indonesia….mohon maaf mod…jika ini sara..silahkan di sensor saja..

        • Sikap mentalnya yg salah didik, mustinya mereka berpikiran “dimana bumi dipijak, disitu langit kita junjung”…..

          Mereka harus belajar bangga menjadi Indonesia, tidak yg lain !!…

          • satu ikat peuteuy dr sy gratis bung colibri karna sy sangat setuju..hohoho

          • DUALISME RASA NASIONALISME
            berdasarkan faktor2 tertentu
            itulah yg menjadi faktor utama

            sebenarnya sangat banyak imigran keturunan china yg mengadopsi budaya lokal dan meninggalkan keidentitasan aslinya terutama imigran2 pada masa2 akhir dinasti ming yg dikalahkan oleh suku manchu
            dan program perbudakan kuli belanda dimana rakyat kalngan bawah daratan china bagian selatan dijual oleh administrasi dinasti qing kepda VOC dan diteruskan oleh pemerintah kolonial belanda utk diperkerjakan di perkebunan2.

            sayang peleburan identitas terjadi hanya pda sebatas kaum menengah dan ke bawah

          • Benar jangan cuma ngaku bangsa indonesia kalo negri tercinta ini hanya untuk jadi tempat cari duit, terus klo ada masalah langsung minggat ke negara lain, itu namanya lintah…………… Tunjukkan mental sebagai warga negara Indonesia yang sejati. Disini lahir, disini senang disini susah, disini mati, Jangan mau untung aja !!!!!!!! Bahasa nasional bahasa indonesia, bahasa suku pakai dirumah aja, jangan di muka umum, jangan di tempat kerja, jangan bilang rasis padahal lebih rasis. Berbaur dengan masyarakat jangan buat pembatas. Dan yang lebih penting lagi Tau Diri !!!!!!!!!!!!! Makna Tau Diri pasti pada ngerti .

        • aku tionghoa,aku cinta Indonesia, aq bertumbuh bsr krn hasil bumi Indonesia,aq bs berpengetahuan jg krn guru2 org Indonesia, bhkn dgn Bahasa Indonesia aq bs berwawasan luas, tp kl trjdi kerusuhan anti tionghoa,, tentu kmi cari tmpt yg aman,,, kl kepastian keamanan kami hanya di dapat di luar negri ya terpaksa kami lari ke luar negri,,, bg tionghoa yg punya banyak uang sdh siap2 bangun rumah di luar negri,,, kl saya pny rmh di New Zealand dan kmi jdkan tmpt evakuasi kmi pd saat kerusuhan bukan berarti kmi cinta New Zealand kan?? kmi tetap cinta Indonesia,,, tp kmi tntu tdk ingin anak kmi mendapat perlakuan rasis aplagi dgn kekerasan,, mknya kmi terpaksa hrs mengevakuasi diri smp kondusif kmi pst akan kembali lg ke Indonesia tercinta

    • kalo arab pribumi jg gak???sebenernya pilkada kemaren pertarungan politik warga keturunan

  29. Test

  30. Kambing Asia

  31. Cina itu segan dgn indonesia karna indonesia itu potensial dalam kerjasama ekonomi,beda dgn malon miskin

  32. 114.121.245.174

  33. secara militer maka TNI harus berpikir baik utara maupun selatan dan sekutunya bisa menjadi ancaman bagi NKRI

  34. minyak, eh nyimak aja deh

  35. Cina tau Indonesia bukan Malaysia yg lembek seperti tape singkong ..

  36. TIDAK ADA YG NAMANYA RAS CHINA
    BERHENTILAH IKUT ATURAN MAIN SUPREMASI SUKU HAN DAN MULAILAH BERPIKIR KRITIS

    UTK PRIBUMI CHINA YG LAIN TERUTAMA YG MENENGAH KEATAS BERHENTILAH BERMAIN KORBAN DAN JANGAN MENGKOTAK2KAN PERGAULAN KALIAN DENGAN PRIBUMI ASLI
    ETNOSENTRISME AKAN SELALU MENIMBULKAN KONFLIK SOSIAL DI MASYARAKAT EGALITER
    HENTIKAN DUALISME NASIONALISME TERUTAMA DEMI KEPENTINGAN BISNIS DGN MAFIA PARTAI CCCP

    • UTK PRIBUMI CHINA YG LAIN TERUTAMA YG MENENGAH KEATAS BERHENTILAH BERMAIN KORBAN DAN JANGAN MENGKOTAK2KAN PERGAULAN KALIAN DENGAN PRIBUMI ASLI
      yg ini susah dihapus bung krn setau sy sdah turun temurun didikan ortunya. Disini wni keturunan yg kere masih mau jalan dolan bareng manusia lain dan anehnya ketika mereka kerja ikut cina kaya, kasta mereka juga ikut manusia pada umumnya

    • UTK PRIBUMI CHINA YG LAIN TERUTAMA YG MENENGAH KEATAS BERHENTILAH BERMAIN KORBAN DAN JANGAN MENGKOTAK2KAN PERGAULAN KALIAN DENGAN PRIBUMI ASLI
      yg ini susah dihapus bung krn setau sy sdah turun temurun didikan ortunya. Disini wni keturunan yg kere masih mau jalan dolan bareng manusia lain dan anehnya ketika mereka kerja ikut cina kaya,kasta mereka juga ikut manusia pada umumnya

 Leave a Reply