Nov 152018
 

ilustrasi: APC Pandur Czechoslovak Group. (@ Czechoslovak Group)

Jakarta, Jakartagreater.com – Perusahaan konglomerasi di bidang pertahanan dari Republik Ceko, Czechoslovak Group (CSG Ceko) menanamkan investasi sebesar 100 juta dolar AS (setara Rp 1,49 triliun) untuk membangun industri pertahanan di Indonesia. CEO Czechoslovak Indonesia Norman Joesoef melalui keterangan tertulis yang diterima kantor berita Antara, di Jakarta, Selasa, 13/11/2018 menyebutkan investasi senilai 100 juta dolar tersebut merupakan tahap pertama dari total investasi senilai 1 miliar dolar sepanjang lima tahun ke depan.

“Pada kuartal pertama 2019, B to B di industri pertahanan Indonesia ini dapat dimulai,” katanya.

Sebelumnya , CEO Czechoslovak Group Indonesia Norman Joesoef dengan CEO Czechoslovak Group AS Michal Strnad telah melakukan penandatanganan Head of Agreement (HoA) untuk pembangunan Private Defence Industry Park (PDIP) senilai 100 juta dolar AS di bidang industri pertahanan swasta di Indonesia di Pameran Indodefence 2018 PRJ Kemayoran, Jakarta beberapa waktu lalu.

“Kami selalu membuka peluang kemitraan dengan negara sahabat yang tulus dan terbuka dalam pelaksanaan alih produksi dan teknologi. Kami sangat berharap financial pledge ini dapat meningkatkan kerja sama kemitraan dalam Level industri dan baik untuk kedua belah negara, kata Michal Strnad.

Czechoslovak Group (CSG) sebagai konglomerasi perusahaan bidang pertahanan yang berbasis di Republik Ceko dan negara eropa tengah, lanjutnya, melakukan investasi yang bisa di bilang sebagai investasi pioneer atau investasi pertama di Indonesia.

Investasi dengan skala besar di bidang pertahanan untuk pembangunan kawasan terpadu industri pertahanan di wilayah Jawa Barat tepatnya di Batujajar dengan lahan seluas 22 hektar yang akan segera dibangun setelah mendapatkan izin dari Kementerian Pertahanan, kementerian BKPM, Kementerian Perindustrian dan Kementerian Perdagangan. “Penandatanganan HoA senilai 100 juta dolar AS untuk pembangunan Private Defence Industry Park (PDIP) di bidang industri pertahanan itu untuk mendukung regulasi pemerintah UU No.12 tahun 2012 tentang Industri Pertahanan,” lanjut Norman Joesoef.

CSG Ceko merupakan perusahaan holding dari Eropa Tengah, asal Republik Ceko, meliputi Slovakia, Slovenia, Rumania, dan Hungary, dengan lebih dari 100 perusahaan dan 10000 karyawan yang bergerak di bidang manufaktur kendaraan baja, senjata roket, misil, dan radar.

Perusahaan tersebut berminat untuk melaksanakan alih produksi dan teknologinya di Indonesia, selain itu juga ingin memperluas basis industri pertahanannya di Asia Tenggara. “Kami melihat pertumbuhan pemenuhan kebutuhan alat pertahanan di Asia Tenggara pada tingkat yang cukup tinggi setiap tahunnya. Kami rasa dengan basis industri yang kuat dan relatif stabil di Indonesia, CSG Ceko mantap melanjutkan ekspansi bisnis pertahanan mereka ke Malaysia, Filipina, Timor Leste, Myanmar, dan Kamboja,” ujar Norman.

Bagikan:

  27 Responses to “Czechoslovak Group Bangun Industri Pertahanan di Indonesia”

  1.  

    Lapangan pekerjaan bertambah nih

  2.  

    Waw bisa jadi pusat industri strategis roket ceko plus menambah pengalaman rakyat,,,,kaya model invest jepang nih bermanfaat kaya motor honda zuzuki dan sejenisnya

  3.  

    Kita selalu kalah dalam konsep,seolah kita dibodohi dan merasa dijalimi…entah mental peningalan kolonial atau memang kita gampang diakali…seolah bernegara adalah ibadah,,,harus lurus dan jujur…tapi ironis nya tidak pada kenyataan dalam berindividu bahkan bertentangan dengan sifat negarawan…!!!

  4.  

    Kita selalu kalah dalam konsep,seolah kita dib*dohi dan merasa dijalimi…entah mental peningalan kolonial atau memang kita gampang diakali…seolah bernegara adalah ibadah,,,harus lurus dan jujur…tapi ironis nya tidak pada kenyataan dalam berindividu bahkan bertentangan dengan sifat negarawan…!!!

    •  

      SDM yang handal akan melahirkan banyak melahirkan TA (Tenaga Ahli) dengan kemampuan IT dan kalau boleh saya lebih – lebihkan TA SDM Indonesia setarap dengan TA profesional CHINA – USA – RUSIA.

      INDONESIA Saat ini masih dijajah. ANDA percaya ???
      Dijajah untuk tetap mundur permainan KORUPTORE
      HAhaaa……….. SUDAH KU DUGA

      •  

        Para penguasa(no pemimpin)dan pembuat kebijakan yang saya maksudkan…dan bak wabah atau jamur dimusim hujan tumbuh subur di jajaran kekuasaan dan birokrat…seolah tidak ada pemikiran dan langkah sistem matis dalam mencapai kepentingan nasional kita…atau juga mungkin kepentingan kita untuk menjaga dan memuluskan kepentingan negara lain nya…entah lah…seolah kata mulia selalu didengungkan bangsa ini…semua teman walau mereka belum tentu berpikir dan menggap kita demikian…menjaga perdamaian dan stabilitas kawasan walou mungkin negara lain berpikir dan mengiginkan kita untuk tidak damai dan mempunyai stabilitas…karna dengan demikian mereka mengangap kita sebagai ancaman…!!!
        Yang ada dalam benak kita semua hanya masalah dalam negri(domestik)dan pesta lima tahunan itulah tujuan dan fokus kita…!!!

  5.  

    melihat situasi perang dengan pemberontak dg wilayah HUTAN BELANTARA maka APC PAndur 4×4 memang cucok di daerah lembab….. Hemm., SUDAH KU DUGA

  6.  

    Kelihatannya ini yg dibilang akan ada rhan NG ato rudal rhan kita tunggu tahun depan

  7.  

    berbicara tentang membeli kendaraan , dlm hal ini kendaraan militer . Sebenarnya yg dimaksudkan TOT itu yg bagaimana ?? masak kita memakai kendaraan tdk tahu cara merawatnya kan sama juga dg bunuh diri . Jadi TOT disini seperti apa ..gampangnya kita beli motor HONDA , sebagai pemakai saya bisa perbaiki sendiri motor saya ..tdk harus ke dealer Honda buat perbaiki …SEHARUSNYA seperti itu dalam pembelian pesawat ..jangan apa2 harus ke pabrikannya ,,itu nm nya nyekik leher yg make .ATAU …TOT disini yg dimaksud adalah kita bisa buat pesawat itu sendiri , trus kt bisa jual ke negara lain dg licensi yg punya tentunya .

  8.  

    Tinggal tekan saja tombolnya, beresss

  9.  

    IKUT BERDUKA ATAS KEHILANGAN TEMAN LAMA DI JKTGR. @BUNG COLIBRI. SEMOGA ISTIRAHAT DAN TIDUR NYEYAK… Chek MatE!!!!!!!!!!!

  10.  

    Apa ketjasama dgn PT.Pindad? Klu tdk bisa2 RI kalah saing Inhannya dgn asing terutama Ceko diatas.

 Leave a Reply