Daerah Steling Baru untuk Sistem Peluncur Roket Multi Laras Astros II MK-6

roket astros tni ad

Saat ini Angkatan Darat sedang modernisasi Alutsista di tengah kondisi global maupun regional. “Salah satunya kita telah memiliki Multiple Launch Rocket System (MLRS) Astros II MK-6 yang memiliki jarak capai ke sasaran sajauh 300 Km”, ujar Danpussenarmed Mayjen Totok Imam.

JakartaGreater  –  Komando Pembina Doktrin, Pendidikan dan Latihan Angkatan Darat (Kodiklat TNI AD) kini memiliki daerah Steling 25 untuk Baterai Tempur Armed Roket Astros ll MK6, di Kabupaten Ogan Komering Ulu Selatan, Sumatera Selatan. Daerah Steling adalah wilayah yang menjadi kedudukan pasukan tentara atau pengaturan kedudukan pasukan yang sedang melakukan gerakan kemiliteran.

Armed e1637155291672

Daerah Steling Baru untuk Sistem Peluncur Roket Multi Laras Astros II MK-6

Komandan Kodiklat TNI AD Letjen TNI A. M. Putranto didampingi Danpussenarmed Mayjen TNI Totok Imam Santoso, beserta para Komandan Pusat Kesenjataan TNI AD, Pangdiv 1/Kostrad dan Forkopimda Kabupaten Oku Selatan, meresmikan Daerah Steling 25 untuk Baterai Tempur Armed Roket Astros ll MK6, Puslatpur TNI AD, pada Selasa 16-11-2021.

Dankodiklatad mengatakan adanya Steling 25 ini dapat menambah kemampuan prajurit Armed menjadi lebih profesional dan handal dalam melaksanakan tugasnya. Dan juga untuk menguji kemampuan satuan Armed dalam memberikan bantuan tembakan kepada satuan manuver.

Komandan Pusat Kesenjataan Artileri Medan (Danpussenarmed) Mayjen TNI Totok Imam Santoso mengatakan penyerahan daerah Steling ini untuk mewadahi Roket SS-30 ke atas yang selama ini berjarak maksimal 19 Km, dan kini menjadi 25 Km.

roket astros tni 3

dok Sistem Peluncur Roket Multi Laras Astros II MK-6

Saat ini Angkatan Darat sedang modernisasi Alutsista di tengah kondisi global maupun regional. “Salah satunya kita telah memiliki MLRS Astros II MK-6 yang memiliki jarak capai ke sasaran sajauh 300 Km, ” kata Danpussenarmed Mayjen Totok Imam, dikutip situs TNI AD, Rabu 17 November 2021.

Di dalam peresmian daerah steling baru ini Dankodiklatad dan Danpussenarmed menyempatkan waktu untuk memberikan bantuan sosial kepada masyarakat di Desa Sinar Mulya Kecamatan Simpang, Kabupaten Oku Selatan, Sumatera Seatan.

Daerah latihan ini diharapkan dapat digunakan dengan baik khususnya oleh prajurit Armed TNI AD untuk meningkatkan kemampuan dan keterampilan dalam mengawaki Roket Astros ll MK 6 dan TNI AD berharap ke depannya daerah steling Astros bisa diperlebar lagi jaraknya sehingga kemampuan Roket Astros ll MK6 bisa lebih maksimal.

roket astros tni 2

dok Sistem Peluncur Roket Multi Laras Astros II MK-6

”Pussenarmed saat ini memiliki beberapa Alutsista di antaranya Meriam 155 mm GS CAESAR, dan Meriam 155 MM GS M109A4-BE, sesuai dengan rencana strategis yang dilakukan Pussenarmed dan program yang Alutsista Armed sudah mengalami modernisasi serta komputerisasi dan juga kemampuan jarak capai yang jauh”, ungkap Danpussenarmed Mayjen TNI Totok Imam Santoso.

Danpussenarmed berharap dengan adanya Alutsista yang lebih modern dan peresmian daerah latihan Steling 25, prajurit Korps Armed dapat melaksanakan latihan seluruh Alutsista roket di daerah latihan ini.

Menurutnya operasional Armed tidak selalu bersifat taktis tetapi bisa dinamis, sehingga dapat mendukung bantuan tembakan agar tidak menghambat gerakan dalam membantu satuan yang manuver.

Leave a Reply