Nov 112015
 

Amerika Serikat masih sebagai kekuatan militer terbesar. Jauh di belakangnya menguntit Cina dan Arab Saudi. Secara umum negara-negara di Asia mencuat berkat kenaikan anggaran sebesar 40 persen.

ruuuuuu

1. Amerika Serikat – 581 Milyar USD

Anggaran pertahanan AS tahun ini menyumbang sekitar 39 persen dari total anggaran semua negara di dunia untuk militer, menurut studi International Institute for Strategic Studies di London. Tercatat AS memiliki sekitar 1,3 juta personil, lebih dari 30.000 kendaraan lapis baja, 13.000 pesawat dan helikopter tempur, 10 kapal induk, 72 kapal selam dan puluhan kapal perang lain. Inilah kekuatan militer terbesar dunia.

2. Cina – 129 Milyar USD

Beijing aktif meningkatkan anggaran pertahanan dari tahun ke tahun. Proyek terbesar militer Cina saat ini adalah peremajaan kapal induk milik Rusia yang diberi nama Liaoning dan pengembangan pesawat tempur siluman Shenyang J-31 yang bentuknya menyerupai F35 Lightning II milik militer AS. Secara umum Cina memiliki lebih dari 9000 tank, 3000 pesawat dan helikopter tempur serta 70 kapal perang

3. Arab Saudi – 81 Milyar USD

Kekuatan terbesar militer Arab Saudi berada di udara. Negeri para Emir itu saat ini tercatat memiliki 500 pesawat tempur modern yang dibeli dari Amerika Serikat dan Eropa. Belakangan Arab Saudi juga sedang mengupayakan pembelian 800 tank Leopard 2 dari Jerman. Saat ini negara kaya minyak itu sudah memiliki lebih dari 7000 kendaraan lapis baja dan sekitar 230 ribu tentara.

4. Rusia – 70 Milyar USD

Sejak beberapa tahun terakhir, Moskow aktif meningkatkan anggaran pertahanannya. Rusia saat ini fokus pada peremajaan alutista, antara lain untuk pesawat tempur modern, kapal perang dan peluru kendali berdaya jelajah tinggi. Militer Rusia saat ini memiliki 800 ribu tentara, sekitar 45 ribu kendaraan lapis baja, 3000 pesawat dan helikopter tempur serta sebuah kapal induk dari tipe Admiral Kuznetsov

5. Inggris – 62 Milyar USD

Inggris adalah satu-satunya negara di Eropa barat yang meningkatkan anggaran pertahanannya. Konflik di Ukraina dan Rusia adalah faktor utama yang mendorong negara kepulauan itu untuk melakukan ekspansi. Secara umum kekuatan militer Inggris tergolong moderat, dengan sekitar 200 ribu serdadu, 330 pesawat dan helikopter tempur serta dua kapal induk dari kelas Queen Elizabeth.

6. Perancis – 53 Milyar USD

Sejak Francois Hollande berkuasa, Perancis menghentikan tren pemotongan anggaran pertahanannya sejak krisis ekonomi 2007. Kekuatan utama militer Perancis terletak di udara dan darat, dengan 600 pesawat dan helikopter tempur, 228 ribu tentara dan lebih dari 8000 kendaraan lapis baja. Sementara di laut negeri di jantung Eropa ini memiliki sebuah kapal induk bertenaga nuklir, Charles de Gaulle (R91).

7. Jepang – 48 Milyar USD

Sejak 1945, Jepang hanya memiliki angkatan bersenjata yang bersifat pasif dan cuma diturunkan untuk misi damai. Namun menyusul konflik dengan Cina, Jepang memperkuat diri dengan membeli selusin pesawat pengintai dan enam pesawat tempur siluman F-35 dari AS. Selain itu Jepang sejak 2013 memiliki kapal induk Izumo. Angkatan laut Jepang disebut sebagai yang paling canggih dan terlatih di Asia.

8. India – 45 Milyar USD

Senjata nuklir adalah kekuatan terbesar India yang tidak jengah berkonflik dengan jirannya, Pakistan. Layaknya Cina, India mencuat lewat jumlah alutista yang tinggi, tapi berteknologi lawas. Tercatat India memiliki lebih dari 1000 pesawat dan helikopter tempur, 15 ribu kendaraan lapis baja dan dua kapal induk, antara lain bekas Uni Sovyet kelas Kiev, INS Vikramaditya yang baru selesai diremajakan

9. Jerman – 44 Milyar USD

Jerman adalah negara terbesar Eropa yang secara perlahan mengurangi anggaran pertahanannya dari tahun ke tahun. Saat ini Bundeswehr mendapat sekitar 44 milyar USD. Kekuatan terbesar militer Jerman terletak di darat dengan lebih dari 5000 kendaraan lapis baja, antara lain Leopard 2 yang berteknologi modern. Namun militer Jerman dinilai berdaya gempur rendah dibandingkan Inggris atau Perancis.

10. Korea Selatan – 34 Milyar USD

Musuh utama Korea Selatan adalah jirannya di utara yang diperkuat dengan senjata nuklir. Sebab itu Seoul tidak tanggung-tanggung berbelanja alutista, terutama untuk angkatan darat dan udara. Tercatat Korea Selatan memiliki lebih dari 5000 tank, 650 ribu pasukan, serta 750 pesawat dan helikopter tempur. Kebanyakan persenjataan Korsel berteknologi teranyar yang dibeli dari Eropa dan Amerika Serikat.

Bagaimana dengan Indonesia. Nah,  Indonesia berada di urutan ke 12 di dunia, sebelum Israel dan setelah Australia. Untuk di Asia Tenggara, Indonesia menempati urutan pertama.

 

 Posted by on November 11, 2015

  37 Responses to “Daftar Militer Terbesar Dunia, Indonesia Urutan 12”

  1.  

    indonesia mana indonesia

  2.  

    RI keren! arab saudi gak nyangka saya nomer 3?! coba kalo Su35 dah masuk jd peringkat brp y kita?
    turki gak masuk?

  3.  

    Indonesia No 12 katanya..tp No 1 di hatiku

  4.  

    memang ng masuk mereka bung.. mungkin kl g200 aa br mereka ada.
    kl ng salah kan tetangga sempat masuk blacklist

  5.  

    Malon mana malon ??? Kah kah kah…mangap aja bisanya si malon

  6.  

    mane cuma sampai no 10 hmm

  7.  

    Dilihat dari anggaran bukan kekuatan militer secara keseluruhan. .

    USA vs Rusia menang Rusia
    Iran vs inggris menang Iran
    Arab Saudi vs Israel menang arab s
    Cina vs india menang cina
    Indonesia vs ausit menang Indonesia

  8.  

    Absen.. aja

  9.  

    podo

  10.  

    Lima tahun kedepan indonesia masuk 10 besar AMIN…..

  11.  

    judulnya g relefan,,,, seharusnya “DAFTAR ANGGARAN MILITER TERBESAR DI DUNIA”

  12.  

    HAH, KAGAK MONCER NIH URUTAN …

    biasa saja , ga kaget

    terus Min , kirim artikel kejar tayang , biar perlu propaganda sekalian , biar rame
    lalu apa hubungannya artikel dengan kolom baju-baju atasan/bawahan Lazada di setiap artikel

  13.  

    wow.. saudi kalahkan rusia??? japan kalahkan jerman??? ini urutan daftar belanja militer terbesar bukan kekuatan militer , kalau indonesia anggaran kecil namun kekuatan militer peringkat 12 .

  14.  

    Amerika Serikat – 581 Milyar USD ! Gilaa…ga kebayang kapan bisa menandinginya wkwkwk…

    •  

      belum, anda bakal lebih pusing lagi kalo tau:

      Anggaran militer Amerika ini yang bayar tidak semua dari pajak rakyatnya, melainkan dari obligasi (sebagian besar dari China yang beli surat utangnya), juga dari setoran sektor swasta terutama PMA perusahaan-perusahaan amerika di seluruh dunia, yang membutuhkan perlindungan militer melalui mekanisme yang dalam bahasa indonesia disebut kewajiban proteksi atas aset dan hak kepemilikan bisnis amerika terhadap perusahaan rekanan dan jaringan lobby.

  15.  

    kalau peringkat menurut BUSINESS INSIDER, bobot terbesar ada di AIRCRAFT CARRIER dan KAPAL SELAM masing2 bernilai 25%, artinya jika tahun 2019 kapal selam Indonesia ada 12 dan tahun 2024 ada 18 maka peringkat Indonesia bisa melonjak cukup jauh …

    —————–

    KASAL (DES 2014) :

    “… rencananya akan dibangun 12 Kapal Selam sampai tahun 2018 mendatang, selanjutnya akan tambah alutsista secara perlahan”

    OK, ADA YANG MAU MENCOBA MEMBUAT PENJABARANNYA KIRA-KIRA KS APA SAJA ITU ?

    (berarti jumlah KS kita yang resmi 2 + 12 = 14 unit, ini sama dengan jumlah KS WISKEY dulu)

  16.  

    Utuk alutsista militer Indonesia tetap di 19th.

  17.  

    Tuh negara adidaya jumlah pesawatnya 13.000… TNI AU berapa jumlahnya? Kalah jauuuuuhhhhhhhh…

  18.  

    Tuh negara Adidaya jumlah pesawatnya sampai 13.000an, Jumlah pesawat TNI AU kalah jauhhh….

  19.  

    indonesia urutan 12 tpi klo nongol semua snjtax urutan ke4 di dunia

  20.  

    perasaan inggris anggaran militernya lagi di potong dah.tapi masih bisa masuk 10 besar.hebat.

  21.  

    wkwkwkwkwkwkwk…

  22.  

    waduh…antek2 negara..komunis fans club baru keluar nih…..,
    he he he

    need same votca

  23.  

    kalau boleh jujur sih siapa yg punya nuklir terbanyak itu yg paling kuasa..
    sehebat apa pun kalau tdk punya nuklir tetep aja gak di pandang..
    tp sekecil apa pun kalau punya nuklir pasti di hormati di takuti di segani dan bahkan di musuhi..
    apa sih hebat nya korut dan israil yg negara nya tdk lebih besar dr kepala burung cendrawasih.. karena nuklirnya..