May 162015
 
Kapal selam type 209/1200 AIP Yunani

Kapal selam type 209/1200 AIP Yunani

Jakarta – Kementerian Pertahanan punya program pengembangan kapal selama secara mandiri di dalam negeri. Program ini merupakan kelanjutan dari pembelian kapal selam kelas U 209 dari Korea Selatan.

Sebanyak 2 unit pertama akan diproduksi oleh Daewoo Shipbuilding and Marine Engineering (DSME) di Korea Selatan kemudian 1 unit berikutnya dikembangkan dan diproduksi pada fasilitas milik PT PAL Indonesia di Surabaya Jawa Timur. Lantas sudah sejauh mana perkembangan mega proyek strategis ini?

Direktur Utama PAL, M. Firmansyah Arifin menjelaskan persiapan program pengembangan kapal selama lokal ini terus berjalan. PAL telah mengirimkan 100 mekanik dan insinyur perkapalan ke Korea Selatan untuk mengikuti program Transfer of Technology (TOT).

Sejalan dengan pengiriman tenaga ahli ke Korsel, BUMN bidang perkapalan ini sedang membangun fasilitas bengkel dan alat produksi kapal selam di Surabaya.

“Total insinyur dan mekanik yang akan dikirim ada 206 orang, tapi yang sudah dikirim baru 100 orang. Pengiriman 100 orang dibiayai oleh PAL,” kata Firmansyah saat berbincang dengan detikFinance, Jumat (15/4/2015).

Firmansyah mengakui pengembangan kapal selam di tanah air mundur dari jadwal. Rencana awal ialah produksi dimulai pada pertengahan 2015 tapi molor hingga awal 2016.

Alasannya adalah dana yang diperoleh dari Penyertaan Modal Negara (PMN) belum cair. Dana PMN senilai Rp 1,5 triliun masih tertahan di Kementerian Keuangan (Kemenkeu) meskipun usulan sudah disejui sejak tahun lalu.

Padahal dana tersebut sangat dibutuhkan untuk membangun fasilitas kapal selama dan program pengiriman tenaga ahli Indonesia ke Korsel.

“PMN sudah disetujui tahun lalu, prosesnya hampir jalan dan semua sudah dilewati yakni mulai DPR, sampai terakhir sudah harmonisasi antar kementerian. Posisi sekarang yang dicoba dipantau ada di Kemenkeu. Lagi mandeg di sana. Kalau disetujui rute selanjutnya ialah Mensesneg untuk diajukan ke presiden kemudian terbit PP,” ujarnya.

Untuk sementara waktu, biaya pengiriman tenaga ahli masih sanggup ditanggung perseroan sedangkan pembangunan fasilitas yang dilakukan oleh BUMN konstruksi. Firmansyah menjelaskan PAL harus merogeh kocek internal karena tidak ingin kehilangan momentum yang sangat strategis meskipun dana yang dikeluarkan seharusnya untuk aktivitas bisnis lainnya.

Kapal selam type 209/1200 AIP Yunani

Kapal selam type 209/1200 AIP Yunani

“Ada kerjasama dengan BUMN atas arahan menteri BUMN. Gedung workshop-nya dibangun oleh perusahaan karya. Dibangunnya dengan skema tangki project. Mereka bangun fasilitas gedung workshop dahulu nanti dibayar saat selesai,” jelasnya.

Sebetulnya kebutuhan dana PMN paling mendesak ialah untuk mendatangkan peralatan produksi kapal selama dari luar negeri. Proses pemesanan sudah dilakukan namun belum bisa dikirim karena masih menunggu pembayaran.

“Selain bengkel butuh beli alat untuk produksi dari luar negeri. Ini harus dibayar. Barangnya belum datang tapi sudah pesan. Kalau kita sudah kasih uang muka, mereka kirim,” sebutnya.

Bila produksi kapal selama dimulai tahun 2016 di Surabaya, maka PAL akan mengirimkan kapal selam karya putra-putri Indonesia yang pertama ini kepada pemesannya, TNI AL, mulai tahun 2020.

“Proses produksi memakan waktu 4 tahun. Kalau kapal selama pertama yang di Korsel sudah dibuat mulai tahun 2012,” jelasnya.

Bila semua telah selesai, TNI AL akan memiliki 5 unit kapal selam, 3 unit baru dan 2 unit lama. Firmansyah menjelaskan Indonesia bakal menjadi negara pertama di Asia Tenggara yang mampu memproduksi kapal selam lokal. Selain kapal selam, PAL telah mampu memproduksi beberapa tipe kapal perang.

“Di ASEAN belum ada yang bisa produksi kapal selam sendiri maka kita tidak boleh kehilangan momentum. Mereka punya tapi hanya sebatas beli,” ujarnya.

Detik.com

Komentar Facebook :
Bagikan Artikel:

  82 Responses to “Dana Proyek Kapal Selam Nyangkut di Kemenkeu”

  1. sopo ki menteri ne….balang sandal

    • Menteri ini selayaknya masuk daftar reshuffle. Jangan hanya ditegur. Kayaknya ni menteri lelet mikir. Proyek yg begini penting dan prestisius dan sangat nyata kesuksesannya di depan mata koq diremehkan. Jutaan rakyat Indonesia menunggu proyek ini sukses tanpa kendala. Kok menteri ini malah menahan uang rakyat yg jadi hak lontong nasional di kementriannya .

    • Sabar Bung ,,, ini akibat adanya pengajuan APBNP 2015, dimana pemerintahan skrg memasukkan program2 yg mereka janjikan. Seandai nya tidak ada hal itu pasti Maret telah cai (toh sdh disetujui DPR sebelum nya), terlebih ada nomenklatur kementerian yang belum beres smpai skrg, sdkit bnyk akan mengganggu kinerja keuangan / penyerapan anggaran pemerintan

      • anggaran yang digunakan sekrang masih memakai anggarannya jaman pak sby. jadi masih btuh adaptasi di semua kementrian.

        • Mau mintah jatah kalee…

          • Masih mengeja bung, maklum angka yang berjejer banyak banget, baru belajar cara ngebacanya. satuan, puluhan ratusan ribuan puluhribuan…. eh lupa lagi balik lagi kesatuan puluhan terus muter muter. Jangan-jangan makan juga sampe ke lupaan ni pak menteri

          • biasa gan di depositokan dlu 1,5 T dpet 1 tahun dpet 6% = ud brp m tu

        • kenapa menciptakan birokrasi yg menghambat, bukan nya memperlancar, efektif & efisien, ………. aneh !!!

    • Menterine BAMBANG BROJONEGORO om, mungkin beliau lg setress om makanya lama betul pencairan dana PMN untuk proyek strategis ini.

    • gua setuju sama lu lempar sendal aja nih

    • MENTERI KOYOK TAAAEEEKKKK

  2. Improved CBG..Anjing kampung yg RABIES..:)

    • Mantap memang. Kalau buat jagain kampung memang yang dibutuhin anjing, bukan singa. Ditambah anjingnya rabies, sekali gigit, singa pun terbirit-birit. Apalagi kalau anjingnya pasang AIP + yankhot.

    • ..setuju..!!!!! bung

  3. Apa maksudnya pake di tahan tahan di kemenkeu …………………. ???

    • bukan di tahan tetapi biasa verifikasi dokumen pencairan dana. proses sekarang sudah berkali-kali lipat lebih cepat dan efisien dibanding beberapa tahun yang lalu. bahkan pada saat pengiriman dokumen katanya dicheck badan segala guna mencegah praktek suap. jadi jangan kaget kalau sekarang rata2 pelaku suap tertangkap tangan di luaran dibanding di tempat kerja.

      Indonesia sekarang sudah berubah ke arah yang cerah bung.

      • OK lah kalo begitu, yg penting “bersih” tetapi diperlukan efektifitas, birokrasi jgn sampai menghambat program tsb …. !

      • Tau dari mana om?. di buat artikel aja kayaknya menarik, om alugoro dah lama ndak pernah kirim artikel lagi.

        • kira2 1 minggu yang lalu bertemu dengan saudara2 yang bekerja di dep perindustrian, keuangan dan perdagangan dalam acara persiapan pernikahan sepupu. mereka bercerita pengalaman masing2 di departemennya. singkat kata seperti yang tulis di atas.

      • ya moga2 aja bener jgn sampe ky istilah org pinter gak didukung yg bego mental maling didukung.

      • mempercepat proyek memang penting tdk hanya mengejar momentum sbg negara asean pertama yg memproduksi kasel sendiri tetapi yg terpenting black hole segera ditutupi agar kasel asing tdk slonong boy seenak udelnya tetapi jgn lupa kita jg perang dgn korupsi, pencairan dana hrs benar2 bersih dri korupsi agar proyek tdk mandek karena dananya cair malah nyangkut dikantong koruptor.

        • klo trawangan yg ane pernah bc NKRI punya lbh dr 2… tp utk sampul film sll dbilang cuma 2… strategi perang x

      • Saking cepetnya ampe-ampe lupa kalo belum cair, dah tengah taon bung! tar kalo proyek g tcapai orang laen yang disalahin

  4. sering awak dewe ki ngelek2 ASU…
    nek ngene iki sopo sing dadi ASUne…kapan alutsista kita maju? dasar ASU…

  5. biar anjing kampung yg rabies tpi bikin ngeri para maling…

  6. tunggu aja smoga ad kputusan yg lbih baik..jngan brpikiran negatif mulu

  7. Ada pa lg ini pake tahan2 anggaran …..

  8. Kalau disetujui rute selanjutnya ialah Mensesneg
    untuk diajukan ke presiden kemudian terbit PP,”
    ujarnya.
    wah klo prosesnya sperti itu msh lama pak cairnya, kecuali sdh msk DIPA 2015, trutama buat PP nya,kcuali draft PP nya dah ada tinggal teken, apalagi ekonomi kita lagi morat-marit bgini, kemenkeunya psti fokus ke yg lain dr pada di resufle, moga2 pak Joko W mndengar n mmprioritaskanya spya bs lbh cepat

  9. Mending bikin proyek dagelan aja dari pada bikin proyek kapal selam lokal yg masih ruwet pendanaanya.

  10. Naif…sekali.
    Urusan kantong sama partai cepet-cepet.
    #kocekdulubaruyang lain.

  11. masalah komisi ??

    • Kalo masalah permohonan sudah sampai di kemenkeu sy rasa kecil kemungkinannya bung yang biasanya santer untuk hal seperti itu ialah dalam proses perizinan dari DPR.

      • Hampir (kebanyakan) Pejabat juga seperti itu, maka sebelumnya harus disampaikan ketika minta tanda tangan adalah komisi untuk bapak sekian persen, baru cepet kelar tuh urusan. tapi kalo kagyak begono tunggu deh tuh urusan ampe lumutan

  12. Haduuh..kapan jadinya nih lontong..keburu kering lautnya..saat dah jd lontongnyaa..gk ada laut bwt renang..

    • Kalau gak ada laut buat berenang bisa di jadiin museum kok om PKB, kan lumayan buat wisata anak cucu….
      Hehehehe…

    • Yang ditakutkan para ahli yang dikirim ke korsel keburu lupa ilmunya bung.

      Hehehe…

      • yang mungkin terjadi adalah, para ahli kita kerja di negara lain karena tidak ada fasilitas di dalam negeri. kayak ahli nuklir kita. merana kalau gitu. jangan2 sonora sudah ngincer tenaga ahli kita…..

  13. biasa birokrasi kompleks.

    • Akan semakin runcing jika berkas2 yang diharapkan tidak lengkap, memang seharusnya menteri terkait disini khususnya mentri BUMN, mentri pertahanan dan mentri perindustrian dapat berkoordinasi dan bersinergi dengan baik. Seharusnya apa yang sudah dilakukan jokowi memangkas birokrasi di DKI diterapkan juga di pemerintahan pusat.

  14. Itu u209aip yunani? Berarti u209 kita kemari di retrofit sampai harus belah lambung krn mau pasang aip juga yah?

  15. Lontongku…oh…lontongku belum masak…
    Ayo…cepat…

  16. Wah wah wah.. kemenkeu ny harus di somasi ini. Gk tanggap.

  17. Kira-kira dinamain apa ya kasel kita yg saat ini sedang dibangun di korsel..

  18. aduh lama bingit kata kerja kerja kerja tue apa macam? poyo betol le kalau cam nie …

  19. Piye pakde jokowi mentrine lambat ambil keputusan. Ini proyek strategis jangan bikin rakyat kecewa katanya pengen jadi poros maritim?

  20. ada yang tau no hp menkeu nggak? yuk kita sms in rame2 biar cepat nyadar klo nkri lagi krisis kasel

    • Percayalah bukan mutlak kesalahan kemenkeu kok.

      • Dan jelas bukan kesalahan rakyat-rakyat kecil yang hanya mampu bermimpi punya negara yang disegani bukan dilecehkan oleh negara laen

        • Jelas kita semua kecewa, tapi rasanya sangat tidak adil jika disini seolah2 salah kemenkeu nya perlu dirunut lagi sebenarnya disini faktor penghambatnya dimana sehingga tag line mengatakan dana terhambat dikemenkeu. Setahu sy artikel disebelah tidak memberikan judul seperti diatas deh.

  21. mari kita berfikiran positif sj…

  22. Kalo beli sista impor … bayarnya cash malah in advance.
    Kalo beli sista lokal ….. bayarnya ntar besok besok aja kalo inget !

    sdh jelas industri lokal kita msh minim modal, tapi birokrasi duit tetep payah … ntar kalo (maaf) mendadak ada bencana maka budget kasel cbg dipake buat bencana tsb ……. kasian PAL nya neh

  23. Gimana kalo urunan bikin koin untuk kapal selem…hehe,

    • Untuk mentri keuangan aja bung, biar uang negara yang untuk anggaran pembuatan kasel tidak di utak atik, toh sudah lama ni uang di sahkan oleh DPR

  24. Harus hati hati, jangan sampai anggaran bocor, ini project sangat sangat strategis, tapi kalau menkeu gak jelas, suruh pulang saja, gak usah jadi menteri, lelet mikirnya, apa mau minta jatah? Angpao?

  25. jadi ngga cuma layangan yang bisa nyangkut…..

  26. segera lah cairkan..jngan sampai momentum jd negara asean pertama yg bisa bangun kapal selam terlewatkan…
    cepetan donk menkeu…
    klo nggx d cairkan…fuck..

  27. Itu dampak dari penerapan e budgeting jokowi!!! Agar transparan tapi jadi lamban, pengambil kebijakan jg jd takut karena salah administrasi bisa di tuding korupsi!!

    Sbg contoh kasus stadion gedebage bandung, dana dari pripinsi turun ke walikota lalu pelaksana pihak ke 3 (pemborong), ketika pengerjaan tak sesuai spec gubernur di periksa juga bisa2 menkeu jg di periksa!!!

  28. Untuk sementara waktu, biaya pengiriman tenaga ahli masih sanggup ditanggung perseroan sedangkan pembangunan fasilitas yang dilakukan oleh BUMN konstruksi. Firmansyah menjelaskan PAL harus merogeh kocek internal karena tidak ingin kehilangan momentum yang sangat strategis meskipun dana yang dikeluarkan seharusnya untuk aktivitas bisnis lainnya.

    “Ada kerjasama dengan BUMN atas arahan menteri BUMN. Gedung workshop-nya dibangun oleh perusahaan karya. Dibangunnya dengan skema tangki project. Mereka bangun fasilitas gedung workshop dahulu nanti dibayar saat selesai,” jelasnya.

    salut untuk kerjasama antar BUMN biar duit belum cair tapi tetap jalan dg modal sendiri

  29. Kalo mau cepat cair kata kuncinya WANI PIRO, makanya kerjanya sengaja molor kurang pelumas, ongkos mafia, setoran ke DPR dll. kapan mau berubah, semoga cepat bersih dari mafia termasuk mafia asing (ASU) yang tidak mau NKRI mandiri. Saya mengharap birokrasi cepat kerja tanpa harus pakai pelumas dan setoran, kasian disemua Kementerian, keuangan macet, kayak disengaja ingin mengkriminalisasi KPK

  30. Berti klo sampai tersendat atau molor waktu PT.PAL gak bisa dijadikan pesakitan atau disalahkan…krn emang anggaran yg direncanakan jauh hari.. Realisasinya lama..
    Pak JK biasanya kerjanya cepat dan sdh ada contoh anoa dulu.. Kok skrng belum di lihat kan ke publik ya.. Semoga bisa ada gebrakan..
    Semoga media jg trus meng ekspos anggaran tersendat ini.. Biar ada tekanan dan ketauan kenapa lama skli dana nya cair…

  31. ujung*nya duit dibungakan dahulu terus bunganya ditilep untuk partainya dasar birokrasi komplek…

  32. Ada Apa Dengan Kemenkeu?

  33. direkturnya PAL yang memble bukan KEMENKEU …

  34. Alasan klise yaitu ruwetnya birokrasi entah ijin sana sini, tanda tangan sini sana, ujung2nya duitnya gak ada, ini saja PT PAL pengen bangun infrakstruktur di dalam negeri susahnya birokrasi kayak gini…lha gimna nasib IFX yg infrastruktur nya ada di Luar negeri masih yakin ON time

  35. Itulah hebatnya mentri – mentri piihan Jokowi, sungguh tak berkualitas. katanya profesional tapi nyatanya ekonomi kita sekarang melorot jauh, dolar meroket keatas, bentar lagi 1 dolar Rp.20 ribu. rakyat banyak yang mengeluh, harga minyak tak menentu.. lama-lama bisa hancur negri ini..

    • Benar tu bung Garagaji.. saya sangat menyesal milih Jokowi, kalau tau begini mending dulu pilih Prabowo.. saya yakin kalo Prabowo emang niat dari hati untuk memajukan Indonesia

      • ya Allah… negoroku ki piye yoo yoo. mosok mileh menteri wae gak tepak blas… tambah morat marit. golek duit rasane yo tambah angel..

  36. baca helikopter rancangan indonesia versi baru :

    Rancangan Helikopter Serang Ringan Gandiwa buatan PT DI

  37. Semoga bukan hanya PT PAL saja yang segera membangun kapal selam segera,tapi juga Perusahaan BUMN Perkapalan yang lain.. Amenn

  38. Itu maksudnya apa tongolin gambar kapal selam yunani teruss.. hehhe

  39. Sumbangin aja kemenkeu uang recehan,…

  40. hmmmmmm……beginilah negaraku tercinta……….

  41. prabowo dadi presiden. amerika merdeka gk keluarin biaya banyak buat nyerang china. enak jokowi memanfaatkan keduanya

  42. Bukan 1 atau 2 , tapi sekarang banyak leletnya dan lebai ,salah satu musuh abadi RI: dana belum cair/ sangkut ,bagaimana2 jadinya.?

 Leave a Reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

(required)

(required)