Feb 132015
 
Rapat Kabinet Presiden Jokowi

Rapat Kabinet Presiden Jokowi

Jakarta – Pemerintah dan DPR sepakat menetapkan defisit dalam APBNP 2015 sebesar Rp 222,5 triliun atau sekitar 1,90 persen terhadap PDB. Untuk menutup defisit anggaran tahun ini, pemerintahan Jokowi-JK masih mengandalkan pinjaman atau utang.

Kondisi ini bertolak belakang dengan janji Jokowi-JK di masa kampanye pemilihan presiden tahun lalu, di mana pasangan ini berjanji menyetop utang luar negeri. Namun kenyataannya, tahun ini pemerintah mencari utang Rp 280,9 triliun.

Wakil Ketua I Banggar DPR Said Abdullah menuturkan, utang asing maupun dalam negeri masih menjadi instrumen utama pembiayaan anggaran pemerintahan kabinet kerja Jokowi-JK.

Pinjaman luar negeri (bruto) tahun ini Rp 48 triliun. Terdiri dari pinjaman program sebesar Rp 7 triliun, pinjaman proyek Rp 41 triliun. Tahun ini juga pemerintah membayar cicilan utang luar negeri sebesar Rp 64 triliun dan penerusan pinjaman ke BUMN atau pemda Rp 4,4 triliun.

“Untuk pinjaman proyek pemerintah pusat Rp 36 triliun dan pinjaman kementerian negara/lembaga sebesar Rp 33 triliun,” kata Said di Jakarta, Jumat (13/2).

Dari pinjaman proyek kepada kementerian negara/lembaga, Kementerian Pertahanan mendapat paling banyak. Kementerian yang dipimpin Ryamizar Ryacudu kecipratan anggaran dari utang sebesar Rp 13 triliun.

Selain dari luar negeri, pemerintahan Jokowi-JK juga mencari utang dalam negeri yang tahun ini ditetapkan hanya sebesar Rp 2 triliun. Tahun ini juga pemerintah membayar cicilan utang dalam negeri sebesar Rp 309,4 miliar. (Merdeka.com).

Bagikan :

  43 Responses to “Dana Tambahan Kementerian Pertahanan Rp 13 Triliun”

  1.  

    Tambah teruuusss…..

    •  

      nitip ya bung @Nawi

      biar ga mudah terprovokasi..biar ga utangNYA aja yg diomongin biar berimbang
      ada yg bisa jelasin secara rinci tidak

      brapa pendapatan + pengeluaran (kebutuhan) Indonesia ?
      berapa utang + brapa cicilan utangnya .. ?
      utang Indonesia masi sehat tidak (Debt Service Ratio (DSR) < 40%)?

  2.  

    Gpp utang asal selama kepemimpinan bisa ningkatin PDB, sehingga jumlah utang prosentasenya smakin kecil,…

    Klo g’ bisa,,,. Kita akan cuman numpuk utang, dan akan mnjadi beban penggantinya kelak,..

  3.  

    utang trusssssss

  4.  

    Udah pada stressssssssssssss

  5.  

    ayo para pejabet rame2 mulai itung2an kira2 brp banyak yg bisa di korupsi siap2in strateginya dl.

  6.  

    Wuih dari 5 t jadi 13 t. dapet nih 1 skd SU35 1 skd gripen NG. mudah mudahan bukan SU35 saja.

  7.  

    wah gimana ini hutang indonesia ini udah 3300T tahun 2013 -2014 kalau ngak salah,. jika di tambah 280T makin membengkak utang indonesia kapan lunasnya utang indonesia.? tapi saya sebagai rakyat tidak menyalahkan siapa2 semoga tahun depan tidak ada lagi hutang dan semoga tahun depan ekonomi dunia membaik dan juga sebagai titik balik ekonomi indonesia.

    •  

      jangan suka su’udzom om, g’ baik bagi kesehatan anda.

    •  

      Hutang memang menjdi satu cara utk membiayai pembangunan, sebetulnya tdk apa asal utk kegiatan yg produktif logikanya hasil kegiatan itu sendiri nanti yg akan membayarnya. Masalahnya adalah kebiasaan hebat di Indonesia ( kata berita Koran)proyek besar macam hambalang dlm perencanaan saja sudah keluar biaya utk fee, sekarang belum terasa tapi nanti yg bayar adalah generasi/pemerintahan berikutnya. Jadi rejim yg skrng berkuasa dpt saja menyakiti rejim berikutnya dg melakukan hutang besar-besaran toh mereka yg dpt fee proyeknya dan grace period pembayarannya akan jatuh pd pemerintahan berikutnya, Karena itu hati-hati pilih president.

  8.  

    Gila, lgsg aja cumudh Amur sm Sukron nya hehe jgn lupa ToT S300 dan Amurnya hehe

  9.  

    wkwkwkwk… bagus di program dan janji tapi apa daya tangan tak sampai… 4 tahun 7 bulan lagi

  10.  

    hutang aja yang banyak sama eropa dan amrik beliin senjata kalau perlu nuklir sekalian abis tu kalau hutang tak terbayar ajak perang dunia ke 3 kan bisa tuh pemutihan hutang… he he KIAMAT.

  11.  

    Apa bnr y mesin K/IFX ntr pake GE F414 atau EJ200 . .
    Jgn2 bkn Su35 yg d beli tp Gripen/Typhoon

  12.  

    INDONESIA TUH NEGARA KAYA JD GA USAH KUATIR UTANGNYA BANYAK..PASTI KE BAYAR..

    •  

      Menurut saya, kalau berfikir begitu lama2 akan menjerumuskan. Lebih baik tetep berprasangka baik terhadap pemerintah, tapi kita wajib mengkritik dan memberi saran yang menbangun, bukan mencela.
      saya harap dengan bertambahnya utang tersebut sepadan dengan efek yg terbentuk, dan bertujuan untuk memperkuat kedaulatan. Saya percaya dengan adanya utang, pemerintah punya antidot dan strategi yang lebih menguntungkan bangsa.
      Yang harus diperhatikan disini adalah memilah dan memilih calon elite yang berkompeten dan bervisi nasionalis, agar mampu meneruskan dan membuat kebijakan yang menguntungkan negara.

  13.  

    kalaw ngomng tambahan anggaran pertahanan pada senang minta ampun dg harapan indonesia tak slalu kedodoran dan jd bulan2an tetangga yg usil yg sok jaguh ….. giliran d kasih tau uangnya dpt dri utang eeeeecch malah matanya pada melotot mulut mangap. ingat kedaulatan dan harga diri bangsa tak bs d beli dg uang. ingat… amerika saja utangnya lebih dr us$150 trilyun. indonesia????? msh kecwil bro… utang lagi mr president yg penting militerku kuat. BRAVO NKRI.

  14.  

    Kondisi ini bertolak belakang dengan janji Jokowi-JK di masa kampanye pemilihan presiden tahun lalu, di mana pasangan ini berjanji menyetop utang luar negeri. Namun kenyataannya, tahun ini pemerintah mencari utang Rp 280,9 triliun.

    Wah, apa benar kemarin waktu pilpres sudah berjanji? Kalo sudah berjanji, harus dijawab tuh pak J-JK!
    Janji itu juga hutang lho.

  15.  

    Ah yang komen BSH semua. Hahahahah

    Itu kan karena defisit anggaran apbn 2015 yang nyusun siapa ya? Hahaha

  16.  

    memang lidah tak bertulang, “sekarang dele, besok tempe”, kemarin bilang nggak hutang, sekarang cari utangan…jan..jan…

  17.  

    betulkah utang luar negeri, agaknya ada sesuatu nih, sbb menhan dapat paling banyak

    •  

      Bener Bung. Mungkin faktor pertahanan Indonesia sudah dipahami dengan lengkap oleh para pemimpin negeri, sehingga mereka tidak main-main untuk memajukan dan memperkuat pertahanan melihat situasi dan kondisi regional dan internasional ke depannya.

  18.  

    memangnya kementrian pertahanan mau beli alutsista apa, anggaran sudah ditambahin 4,725 T ditambah lagi ngutang 13 T+ dari anggaran 96 T, …….. mudah2an SU-35, SU-34 dan S-300/S400 …. !!!

  19.  

    iya bung@esmosi hutang indonesia itu sudah di lampu kuning untuk di tahun ini mungkin sampai tahun 2017,
    karna kebijakan yg bagus dari pemerintahan kemarin yg membuat UU minerba yg melarang mengexport hasil tambang tanpa melalui pemurnian yg sudah ditentukan pemerintah. Mungkin negara kita ini akan sakit2 dahulu baru senang kemudian.
    Maaf tulisannya acak2 kan

  20.  

    Hahaha hihihihi gak tau mau komen apa saya aja boleh hutang masak negara nggak boleh saya kasih analogi dah kalo orang miskin mau hutang sampai puluhan juta ke bank nggak bakalan dikasih sumpah berani taruhan potong jari!!!! tapi kalo orang kaya macam saya nih walopun nggak kepingin hutang sales bank pada nongol tuh nawarin paket pinjaman siapa yang nggak mau????

  21.  

    Apapun caranya
    Yg penting

    smua itu Tulus dan Jujur

    demi
    Rakyat
    Indonesia…
    Demi kmajuan Indonesia…

    Maju terus

    Jgn lupa….

    SU-35 BM nyaaaaaa…..

  22.  

    Hutang??? Janji palsu…!!

  23.  

    Ada penyertaan modal ke BUMN2 sebesar 84 triliun. Padahal BUMN2 tersebut menurut hasil audit BPK bermasalah. Ada apa dengan pemerintahan ini??? Bingung sy…

  24.  

    Saya ingin menekankan kepada penelitian secara terus-menerus (berkesinambungan). Produk dalam negeri walau masih tertinggal patut untuk dihargai dan terus dikembangkan. Agak mustahil jika kita langsung bisa membuat sekelas buatan US atau Rusia. Namun, kita perlu menciptakan “bayi-bayi” teknologi baru khususnya dalam dunia militer karena banyak dari kita yang mengaku cinta kepada militer. Saya mau bertanya, secara de facto dan de jure, India dan China merdeka lebih cepat mana daripada Indonesia? India telah mampu membuat Tejas. China bahkan telah “menggila” di Asia, bahkan melampaui Jepang dan Korea dalam militer. Negara perlu melakukan terobosan baru terkait riset dan teknologi terutama untuk militer dan ruang angkasa. Berikan beasiswa kepada mahasiswa ber-IQ tinggi untuk membuat sebuah sistem baru dalam teknologi. Banyak anak bangsa yang pandai. Jangan sampai mereka semua hanya bekerja untuk perusahaan asing dan hanya menjadi karyawan. Kita sebagai warga negara yang baik tentunya harus mengapresiasi semua produk lokal, bahkan kalau boleh dikatakan “seremeh apapun itu”. Misalnya saja, kursi bambu di negeri kita kurang banyak dihargai, tetapi di China sangat banyak peminatnya. Amerika sebenarnya mengajarkan kepada kita ideologi kebebasan untuk selalu bebas dalam berkarya dan berinovasi. Melakukan di luar apa yang biasa orang-orang biasa pikirkan. Tentunya kebebasan yang berada di dalam aturan. Dulu Malaysia mengimpor guru dari kita, tetapi sekarang mereka telah mampu memiliki tower yang pernah menjadi yang tertinggi di dunia. Kita memiliki GBK yang sangat megah puluhan tahun silam. Lantas sekarang, bisakah kita membuat apapun itu, dari bidang apapun itu yang puluhan kali lebih megah daripada GBK? Pertanyaan ini untuk saya sendiri dan kita semua. Tunjukkan kita bisa membuat mesin sendiri, khususnya untuk militer tanpa mengimpor. Tunjukan di abad 21 ini Indonesia telah memasuki masa teknologi modern di mana kita sendiri yang menemukan, merancang, dan memproduksinya. Terima kasih.

  25.  

    karena dipaksa buat beli F-16 Blok 52++ nya Mamarika.

  26.  

    Hutang dpt dikurangi kalo realisasi pajaknya bagus.. sedangkan masyarakat byar pajak aja ogah2an.. coba liat bnyk warung n RM dll mereka g mau byar pajak, notabene al*amart n ind*maret yg byar pajak selalu dihujat.. subsidi listrik kt jg masih tinggi.. PNS selalu byar pajak jg slalu dihujat.. klo pajak kita 1500T gak perlu utang lg kan.. LSM2 yg gak jelas jg harus mawas diri, jgn cm gak setuju aja ma pembangunan, yg ujung2nya meresin

  27.  

    coba pola pikirnya dirubah bung bung semua….negara kita kaya akan SDA…masa pendapatan negara mau ngandelin pajak dari rakyat terus sih…cara berpikir kaya gini yang bikin kita jadi sengsara..seharusnya negara yang membantu rakyat dengan mengolah SDA yang ada dan pariwisata yang indah ini..jangan hanya dari pajak pajak dan pajak…mental pemalak jangan dipelihara bung..dengan mengambil alih Freeport aj kita g akan ngutang kaya gini,belum hasil ikan,kayu hutan dll…semua itu harus dirubah bagaimana cara pengelolaan negara yang baik..sejarah sudah membuktikan loh…silahkan dicari

  28.  

    Sekarang utang utk membangun dan dibayar dgn kekayaan alam, tapi nanti kalo kekayaan alam sdh habis mau dibayar dgn apa.
    Coba kalo bisa, mumpung kekayaan alam masih ada justru untuk melunasi hutang seperti Brazil atau Argentina itu.
    Tidak terbayang kalo hutang sdh numpuk, trus kekayaan alam sdh habis mau dibayar dngan apa. Dimana kedaulatan negara pasti akan dipertaurhkan oleh anak cucu kita.

  29.  

    #############

  30.  

    Halo,
    Hal ini untuk memberitahukan kepada masyarakat umum bahwa Nyonya Perouis Ovia, pemberi pinjaman pinjaman swasta memiliki membuka peluang keuangan untuk semua orang yang membutuhkan bantuan keuangan. Kami memberikan pinjaman dengan bunga 2% kepada individu, perusahaan dan perusahaan di bawah syarat dan kondisi yang jelas dan dimengerti. hubungi kami hari ini melalui e-mail di: (perouisovia@gmail.com)

  31.  

    Merhaba, arad???n?z bir i?letme kredisi, bireysel kredi, konut kredisi, oto kredisi, ö?renci kredi, borç konsolidasyonu kredi, Teminats?z Kredi, risk sermayesi vb için. Veya kredi banka veya bir veya daha fazla nedenden dolay? herhangi bir mali kurum taraf?ndan reddedildi. Kredi çözümleriniz için do?ru yerdesiniz! Eri?im kredi banka kredileri dü?ük ve uygun fiyatl? bir faiz oran? % 3 ki?i ve ?irketler için tükenmek. E?er ilgileniyorsan?z, bize e-posta yoluyla ula??n: accesscreditonline005@hotmail.com

  32.  

    Nama saya Bu Jennifer Paul, saya menikah untuk selamanya 9 tahun dan tidak ada anak, saya hampir menyerah harapan sampai aku melihat sebuah iklan dari kesaksian tentang bagaimana PA OBA membantu seorang pria untuk menyatukan kembali pernikahannya rusak.

    Aku memutuskan untuk mengunjungi PA OBA di situs http://www.obastarpell.webs.com dan saya menulis dia di Email: obastarpell@gmail.com, dan menjelaskan masalah saya kepadanya, dan dia mengatakan kepada saya beberapa hal yang harus dilakukan, dan sekarang coba tebak ? Saya memegang laporan dokter dari 2 bulan tes kehamilan. Segera saya akan membawa bayi saya.

 Leave a Reply