Danguspurlatim Tutup Latihan Keamanan Laut 2018

1
39
Danguspurlatim Laksamana Pertama TNI Rachmad Jayadi, M.Tr. (Han)., menutup Latihan Keamanan Laut (Latkamla) T.A 2018 pada Kamis 8 Maret 2018 bertempat di ruang Auditorium Puslatkaprang Koarmatim, Ujung, Surabaya.

Surabaya,Jakartagreater.com – Komandan Gugus Tempur Laut Koarmatim (Danguspurlatim) Laksamana Pertama (Laksma) TNI Rachmad Jayadi, M.Tr. (Han)., mewakili Pangarmatim Laksamana Muda (Laksda) TNI Didik Setiyono, S.E., M.M., menutup Latihan Keamanan Laut (Latkamla) T.A 2018 pada Kamis 8 Maret 2018 bertempat di ruang Auditorium Puslatkaprang Koarmatim, Ujung, Surabaya.

Dalam amanat Pangarmatim yang dibacakan oleh Danguspurlatim menyampaikan TNI Angkatan Laut sebagai komponen utama pertahan negara di laut berkewajiban untuk menjaga integritas wilayah NKRI dan mempertahankan stabilitas keamanan di laut dari berbagai bentuk gangguan keamanan dan pelanggaran hukum di wilayah perairan Yuridiksi Nasional Indonesia.

“Persepsi keamanan di laut tidak hanya masalah penegakan kedaulatan dan hukum tetapi keamanan di laut mengandung pemahaman, bahwa laut aman digunakan bagi pengguna dan bebas dari ancaman atau gangguan terhadap aktifitas penggunaan atau pemanfaatan laut yaitu laut bebas dari ancaman kekerasan, laut bebas dari ancaman navigasi, laut bebas dari ancaman terhadap sumber daya laut dan laut bebas dari ancaman pelanggaran hukum”, ungkap Pangarmatim.

Lanjutnya, salah satu tugas TNI AL adalah melaksanakan penegakan hukum dan menjaga keamanan di wiliyah laut Yurisdiksi Nasional sesuai ketentuan hukum Nasional dan hukum Internasional yang telah diratifikasi dengan mempertimbangkan aspek penegakan keamanan di laut yang pada hakekatnya ditujukan untuk memenuhi kepentingan-kepentingan Nasional dengan tetap mengakomodasi kepentingan Internasional.

Pangarmatim Laksda TNI Didik Setiyono, S.E., M.M., juga mengatakan, guna mewujudkan stabilitas keamanan dilaut diperlukan upaya untuk menghadapi segala bentuk gangguan dan ancaman di laut, dibutuhkan upaya guna meningkatkan kemampuan dan profesionalisme prajurit Koarmatim dalam melaksanakan tugas yang diamanahkan.

Untuk itu diperlukan pelaksanaan latihan secara berkelanjutan dimana salah satunya adalah Latihan Keamanan Laut tahun 2018, yang baru saja dilaksanakan.

Latihan yang melibatkan Koarmatim, Lantamal, Lanal dan KRI di jajaran Koarmatim ini diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan dan pemahaman prajurit terkait dengan aturan perundang-perundangan dan ketentuan yang terbaru, serta pola tindak penanganan berbagai jenis pelanggaran yang terjadi di laut, hal ini guna menghindari kemungkinan terjadinya kesalahan-kesalahan di medan penugasan.

Dengan penguasaan dari berbagai materi yang telah diberikan, maka setiap prajurit akan memiliki kecakapan dan kepercayaan diri yang memadai dalam melaksanakan tugas.

Turut hadir dalam acara tersebut diantaranya, para Komandan Lantamal Wilayah Timur, para Kasatker Mako Koarmatim serta para peserta Latihan Keamanan Laut Tahun 2018. (Dispen Armatim)