DAPA Korea Selatan Kunjungi Indonesia Bahas Pesawat Tempur KFX/IFX

Desain grafik komputer jet tempur KFX IFX 7

Pertemuan dengan Minister of DAPA Korsel membahas seputar kerja sama pertahanan, di antaranya perkembangan pengembangan pesawat tempur (KFX/IFX) dan pembuatan kapal selam melalui kontrak kerja sama PT PAL dengan perusahaan produsen asal Korea Selatan.

JakartaGreater   –  Kepala Staf Angkatan Udara (Kasau) Marsekal TNI Fadjar Prasetyo menerima kunjungan Minister of Defense Acquisition Program Administration (DAPA) Korea Selatan, Gang Eun-Ho, pada Jumat, 12 November 2021 di Mabesau Cilangkap, Jakarta.

Pertemuan ini membahas seputar kerja sama industri pertahanan terkait pengembangan pesawat tempur KFX/IFX dengan Korea Selatan serta perkembangan kerja sama Alutsista Indonesia-Korea Selatan.

Kasau Marsekal TNI Fadjar Prasetyo dalam kesempatan ini mengatakan adanya kerja sama ini, dapat semakin mengembangkan industri pertahanan Indonesia.

Korsel e1636725188576

Kasau Marsekal TNI Fadjar Prasetyo menerima kunjungan Minister of Defense Acquisition Program Administration (DAPA) Korea Selatan, Gang Eun-Ho, 12/11/2021 di Mabesau Cilangkap, Jakarta.

Untuk itu, kerja sama antara Korea-Indonesia melalui pengembangan industri pertahanan merupakan kerja sama yang luar biasa dan tentunya menunjukkan hubungan dekat antara kedua negara.

“TNI AU sepenuhnya akan membantu dan mendukung semua kerja sama yang terjalin baik selama ini,” ujar Kasau Marsekal TNI Fadjar Prasetyo, dikutip Situs TNI AU.

Turut hadir mendampingi Kasau, Marsekal TNI Fadjar Prasetyo:  Wakasau, Asrena Kasau, Asintel Kasau, Asops Kasau, Aslog Kasau dan Kabalitbang Kemhan RI. Sementara Minister of Defense Acquisition Program Administration (DAPA) Korea Selatan, Gang Eun-Ho didampingi Dirjen Program KF-X Mr. Keangsun Jun, dan Athan Korsel Capt. Jeun Yun Soo.

Bertemu dengan Komisi I DPR RI

Sebelumnya pada Rabu, 10 November 2021, Komisi I DPR RI telah menerima Courtesy Call Minister of Defense Acquisition Program Administration (DAPA) Korea Selatan, Gang Eun Ho.

Ketua Komisi I DPR RI Meutya Viada Hafid mengatakan pertemuan dengan Minister of DAPA Korsel membahas seputar kerja sama pertahanan, di antaranya perkembangan pengembangan pesawat tempur (KFX/IFX) dan pembuatan kapal selam melalui kontrak kerja sama PT PAL dengan perusahaan produsen asal Korea Selatan.

“Ini merupakan kunjungan kedua Menteri Gang Eun Ho ke Indonesia, tentu kalau di Komisi I untuk update beberapa kerja sama di industri pertahanan yang masih on going. Kita sangat apresiasi sekali Korea Selatan selalu melibatkan parlemen Indonesia untuk berbicara kerja sama pertahanan,” ujar Meutya usai menerima delegasi di di Gedung DPR RI, Jakarta, Rabu (10/11/2021), ungkap situs DPR RI.

Turut hadir Anggota Komisi I DPR RI Dave Laksono (F-PG), Sugiono (F-Gerindra) serta Sukamta (F-PKS).

Meutya mengatakan kehadiran Menteri Gang Eun Ho untuk memberitahukan perkembangan kerja sama alutsista Indonesia-Korea Selatan. Menurut Meutya Hafid, Korea Selatan merupakan mitra strategis bagi Indonesia untuk diversifikasi produk alutsista Indonesia, khususnya alutsista teknologi tinggi seperti jet tempur.

Melalui kerja sama ini diharapkan industri pertahanan Indonesia semakin mandiri dan dapat mengurangi ketergantungan Indonesia terhadap industri pertahanan luar negeri.

kunjungan dapa ke komisi 1 dpr ri

Ketua Komisi I DPR RI Meutya Viada Hafid dan Minister of Defense Acquisition Program Administration (DAPA) Korea Selatan, Gang Eun Ho. (@DPR RI)

Transfer Teknologi

Meutya menambahkan, Minister of DAPA Korsel akan segera bertemu dengan pemerintah dalam hal ini Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto untuk membahas perihal proyek pesawat tempur kerja sama Indonesia dan Korea Selatan.

“Poin-poin kami sampaikan yang terpenting adalah transfer of knowledge, sehingga dalam waktu yang tidak terlalu lama Indonesia bisa membuat kapal selam secara mandiri dan juga pesawat-pesawat tempur. Ini kita harapkan menjadi tujuan dari kerja sama ini,” ujarnya.

Desain grafik komputer jet tempur KFX IFX 4

Desain grafik komputer jet tempur KFX/IFX (@DAPA – Korea)

Minister of DAPA Korsel Gang Eun Ho menyampaikan kerja sama Korea-Indonesia di bidang pertahanan sudah terjalin sangat lama dan berdasarkan prinsip kepercayaan. “Karena itu, sewaktu ada tantangan, harus kita atasi bersama,” katanya.

Pihaknya juga mengapresiasi atas pencapaian PT PAL yang telah membuat kapal selam Alugoro. Diketahui, kapal selam KRI Alugoro-405 yang diresmikan April 2021 lalu merupakan kapal selam pertama buatan Indonesia, yang di produksi PT PAL Indonesia berkerja sama dengan Daewoo Shipbuilding and Marine Engineering Co Ltd (DSME).

“Kerja sama antara negara, khususnya di bidang industri pertahanan sangat sulit dan jarang dilakukan. Oleh karena itu, kerja sama antara Korea-Indonesia melalui pengembangan jet tempur dan kapal selam ini sebuah kerja sama yang sangat luar biasa dan tentunya memperlihatkan hubungan kepercayaan sangat erat antar kedua negara,” tutupnya.

Leave a Reply