Jan 052019
 

F-16IQ Block 52 Angkatan Udara Irak (U.S. Air Force photo/Senior Airman Jordan Castelan)

Hanya satu hari setelah mendapat persetujuan dari pihak berwenang di Damaskus, Irak langsung melancarkan serangan udara terhadap kelompok ISIS yang beroperasi di Suriah. F-16 Irak membom basis ISIS di provinsi Deir Ezzor.

Serangan udara F-16 Irak dilakukan pada 31 Desember di kota Al-Sousa di provinsi Suriah Deir Ezzor. F-16IQ Irak mengincar rumah berlantai dua tempat para pemimpin ISIS berkumpul. Menurut pernyataan pihak berwenang Irak, target yang disasar pesawat tempur Irak hancur total, dan menewaskan setidaknya 30 anggota ISIS.

Pada 3 Januari, F-16 Irak kembali melancarkan serangan ke daerah pedesaan di provinsi Deir Ezzor. Serangan kedua dalam minggu ini menurut laposan media setempat menewaskan 7 pimpinan kelompok ISIS dan melukai beberapa orang lainnya.

Pada 30 Desember 2018, media resmi Suriah SANA melaporkan bahwa Presiden Suriah Bashar el-Assad memberi wewenang kepada angkatan bersenjata Irak untuk menyerang sasaran ISIS di Suriah tanpa harus mendapatkan persetujuan sebelumnya dari pihak berwenang di Damaskus.

Sebelumnya, operasi semacam itu dilakukan setelah mendapat izin dari otoritas Suriah. Perjanjian tersebut adalah hasil dari pertemuan perwakilan pasukan keamanan Irak dengan Presiden Suriah Bashar al-Assad.

Perdana Menteri Irak Adel Abd al-Mahdi juga mengatakan bahwa Irak ingin memperluas perjanjian dengan Suriah untuk mengatasi ISIS, tetapi belum memberikan perincian. “Ada beberapa kelompok di Suriah dan (kerja sama) dengan Irak adalah cara terbaik untuk menanganinya,” kata Perdana Menteri, menanggapi pertanyaan apakah peran militer Irak dalam perang melawan ISIS di Suriah dapat ditingkatkan.

Irak memiliki 34 pesawat tempur F-16IQ Block 52 yang di beli dari AS. Meskipun ada isu penurunan kualitas (downgrade) pada F-16 nya dan pembatasan penjualan rudal udara ke darat Maverick dan bom presisi Paveway oleh AS, namun serangan-serangan terbaru memperlihatkan kematangan pilot dan kualitas dari fighter F-16IQ Block 52 Irak.

  One Response to “Dapat Persetujuan Suriah, F-16 Irak Langsung Lancarkan Dua Serangan”

  1.  

    Mantap , aliansi iraq , iran , suriah dibawah komando paman beruang