Data Sensitif Kapal Selam Scorpene Bocor Besar-besaran

38
14

Kecanggihan kapal selam Scorpene India dan juga kapal selam masa depan Australia mengalami kebocoran data rahasia penting secara besar-besaran. Kebocoran hampir 22.400 halaman tersebut berisi seluruh data teknis kemampuan tempur kapal selam Scorpene secara terperinci.

Varian kapal selam Scorpene lainnya juga sudah dimiliki oleh Malaysia dan Chili, dan kebocoran rahasia ini bisa menjadi alarm peringatan tertinggi bagi Angkatan Laut India.

Kebocoran tersebut mengungkapkan dokumentasi kemampuan tempur paling sensitif kapal selam Scorpene India baru yang bernilai US$ 3 miliar, kebocoran tersebut juga bisa menjadi berkah informasi intelijen yang sangat berharga bagi negara-negara seteru India seperti Pakistan atau China.

Kebocoran juga memicu keprihatinan di Australia dan terutama di Amerika Serikat di mana pejabat senior Angkatan Laut secara pribadi menyatakan kekhawatiran tentang keamanan data rahasia yang dipercayakan kepada Prancis.

Pada bulan April DCNS yang dua pertiga sahamnya dimiliki oleh pemerintah Perancis, memenangkan tender untuk merancang 12 kapal selam masa depan bagi Australia, mengalahkan pesaingnya dari Jepang dan Jerman. Kapal selam yang diusulkan untuk Australia – Shortfin Barracuda – dipilih karena dianggap paling stealth, sehingga sangat cocok untuk operasi pengumpulan intelijen melawan Cina maupun di wilayah lain.

Kelebihan kemampuan siluman kapal selam Shorfin Barracuda kini juga dipertanyakan jika data kemampuan tempur dan kinerja kapal selam Scorpene India sudah bocor.

Rincian Data DCNS yang bocor berisi kemampuan rahasia siluman dari enam kapal selam baru India, termasuk frekuensi yang digunakan saat mengumpulkan data intelijen, tingkat kebisingan yang dikeluarkan pada berbagai kecepatan dan kedalaman selam, termasuk jarak jangkauan dan daya tahannya – semua adalah informasi sensitif yang sangat rahasia.

Data yang bocor juga berisi data kedalaman awak kapal selam agar dapat berkomunikasi dengan aman tanpa terdeteksi musuh. Kebocoran juga mengungkapkan data magnetik, elektromagnetik dan data infra-merah serta spesifikasi sistem peluncuran torpedo dan sistem tempur kapal selam.

38 KOMENTAR

  1. yang bocorin amerika sendiri percaya deh. temen makan temen yg dpt tender ks di usilin mereka.

    Kebocoran juga memicu keprihatinan di Australia dan terutama di Amerika Serikat di mana pejabat senior Angkatan Laut secara pribadi menyatakan kekhawatiran tentang keamanan data rahasia yang dipercayakan kepada Prancis.