Mar 312017
 

Kapal selam diesel-listrik kelas Scorpene. (military-today.com)


Galangan kapal Perancis DCNS telah menandatangani nota kesepahaman (MoU) dengan galangan kapal PT PAL Indonesia untuk meningkatkan kerja sama di bidang konstruksi kapal selam dan kapal permukaan.

Konfirmasi MoU tersebut dilakukan menyusul kunjungan Presiden Perancis François Hollande ke Indonesia.

Indonesia ingin memperkuat kapasitas Angkatan Laut dan sedang mempertimbangkan memesan kapal selam Perancis dan kapal permukaan yang akan dibangun di Indonesia dengan keterlibatan konten industri lokal.

DCNS mengatakan bahwa kedua perusahaan telah bekerja sama selama beberapa tahun terakhir untuk mengidentifikasi solusi terbaik terkait industri kapal selam multiguna dari keluarga Scorpene-class yang sekarang ditawarkan. Kapal selam itu akan mampu melakukan misi air dangkal dan dalam.

Kesempatan lain pada korvet dan frigat akan dinilai dalam waktu dekat.

“Sebagai pemimpin sistem tempur angkatan laut Eropa, desainer dan pengembang kapal perang, DCNS berkomitmen untuk membangun kemitraan jangka panjang dengan industri Indonesia untuk meningkatkan teknologi tinggi dengan konten industri lokal di Indonesia,” kata CEO DCNS Hervé Guillou, setelah penandatanganan MoU.

“Kerjasama kami dengan galangan kapal PT PAL Indonesia adalah ilustrasi yang sempurna dari ambisi ini dan kami berharap untuk membawa keahlian kami dalam transfer teknologi untuk program angkatan laut yang kompleks, guna memberikan proyek industri dan mengembangkan kemampuan operasional Angkatan Laut Indonesia.”

Indonesia saat ini mengoperasikan dua kapal selam Jerman Type 209 dan memiliki pesanan tiga kapal selam kelas Chang Bogo Korea Selatan (dua sudah diluncurkan di Korea Selatan).

Sumber: navaltoday.com

Bagikan Artikel:

  55 Responses to “DCNS Perancis dan PT PAL Indonesia Tandatangani MoU Kerja Sama”

  1. Wah mantab nih

  2. Oh. Hem. Lanjutken

  3. Jgn scorpene dong,kl bs kerjasama pembuatan kasel yg dipesan ausy dong

  4. awasi yg ketat dcns sering tersandung skandal korupsi dlam ekspor penjualan produknya

  5. Canbogo rasa scopone

  6. Moga jadi kenyataan dan cepat tercapai

  7. dari web DCNS….. untuk kapal selam diesel mereka punya kemampuan untuk……

    LARGE PAYLOAD OF HEAVY WEAPONS
    POWERFUL INTEGRATED COMBAT SYSTEM
    UNRIVALLED SEA-PROVEN ACOUSTIC ADVANTAGE, INCLUDING AT HIGH SPEEDS
    REDUCED MANNING AND LIFE-CYCLE COSTS
    MODULAR DESIGN TO MEET CUSTOMER’S NEEDS
    BEST INDISCRETION RATIO
    AVAILABLE WITH AIP

    trus kira kira kersama apa ya yg PT PAL bakal diambil teloletnya……apakah semuanya..jgn kemaruk laah…..

  8. Teknologinya bisa diimix dgn Changbogo untuk menutupi kelemahan dan menambah kekuatan Kasel made in PT.PAL. Ngomong2 bagaimana dgn Kasel dr Scandinavia kabar kerjasamanya? Apa gak diledek Malaysia kita karena sama2 bl Gowind dan Scorpene.

  9. Sepertinya Presiden Perancis terkena amnesia ya? 😆 hahahaha

    “Mengeksekusi Serge Atlaoui (51) akan merusak Indonesia, merusak hubungan yang ingin kita bina,” kata Hollande dalam jumpa pers seperti dikutip AFP dua tahun lalu.

  10. Terus pesanan kapal selam Kilo 636 dari Rusia, jadi gk, ………….. ???

  11. asoy geboy.. yeaaahh.. lanjutkan

  12. mnarik mnanti hasil krjasama PT PAL an dcNS, smoga trmasuk pmbangunan LHd mistral..

  13. lah PKR SIGMA mau pesan berapa kapal? kok ngak di lanjutkan… kalau scorpen dan gowind kita ikutin Malaysia, berarti kita akan di bully sama Malaysia… coba kita TOT LHD Mistral ato pusing…, kita akan bully Malaysia… aduh

    • mau jadi beli ato tdk kita tetep akan bully malon koq :D 😛 😆 hahahaha

      • Ga nyangka dirut pt pal kena OTT, mungkin msh banyak lg selain korup changbogo, klo udah pikiranya utk nyuri ya pst udah dr dl dia melakukan ini, smoga kpk buka semua korupsi yg dia lakukan…dasar watak koruptor, udh dikasi jabatan tinggi msh aja kurang…aneh bgt, hukum berat yg begitu2an, jgn beri ampun…

    • PKR 10514 Tetep lanjut Kabarnya PKR ke 3 sedang dibangun dgn modul buatan Lokal dan ada sedikit Rombakan di bagian Tertentu…

      #Just Hoax
      #Jgn di Percaya

    • Santai aja bung,, Kalo kaprang masih jauh urusannya sama DCNS.. masih pikir2 sama budgetnya..xixixixixixixi

      Kasel aja masih mikir2 sama harganya.. produk prancis kagak nahan sama harganya.. masih direview lg penawarannya,, DCNS mau ga kasih Teknologi Sistem AIPnya.. indihe aja setengah mati buat nego sistem aipnya sampe numbalin beli rafale.. bakal seru nih DCNS vs SAAB..xixixixixixi

  14. yang penting ToT aja dulu untuk kemandirian inhan… technya bisa di mix saja supaya tdk sama… radar di tingkatkan jangkauannya, VLSnya agak banyakan, lama berlayarnya di tambah, dsb.. Indonesia kan jagonya modifikasi…. xixixi

  15. Hasil pemenang balapan motoGP di Indonesia:
    Kelas 500 cc pemenang midget 22 m
    Kelas 1000 cc pemenang scorpene 1000
    Kelas 1500 cc pemenang changbogo
    Kelas 2000 cc pemenang Kilo

    Dan sampai berita ini diturunkan masih berlangsung perlombaan utk merebutkan juara utk kelas 3000 cc keatas.
    Demikian sekilas info

  16. berita yg menggembirakan…

  17. Sudah ada di jalur yang benar..

  18. Mantaaaapp..lanjutkan pk menhan..!!

  19. Dirutnya aja kena OTT.
    Bagaimana ini ?. Padahal lagi dibangga banggain loh.. Waaahh, kecewa nih…

  20. Sudah tidak “Akan” lagi neh … bersyukur dah

  21. Nitip komisi….cara klasik !!!

    Diketawain bandar narkoba tuh….

  22. Bulan depan giliran siapa lagi yang ketiban sampur?

    Yang bunyinya udug-udug-udug…gimana kabarnya?

  23. DCNS?? Tiati gak bisa nyelam ntar produk kerjasama nya kayak punya tetangga yg udh beli mahal. wkkkkk peace…

  24. Kalo KS prancis body nya kok bisa kelihatan Mulus yak ?? Knp klo KS lain klo dah dipake body nya kelihatan Pletot-pletot ???

  25. yg jelas berita itu membuat fanboy rusia kecewa.

 Leave a Reply