DCNS Perancis dan PT PAL Indonesia Tandatangani MoU Kerja Sama

Kapal selam diesel-listrik kelas Scorpene. (military-today.com)

DCNS Perancis dan PT PAL Indonesia Tandatangani MoU Kerja Sama 1


Galangan kapal Perancis DCNS telah menandatangani nota kesepahaman (MoU) dengan galangan kapal PT PAL Indonesia untuk meningkatkan kerja sama di bidang konstruksi kapal selam dan kapal permukaan.

Konfirmasi MoU tersebut dilakukan menyusul kunjungan Presiden Perancis François Hollande ke Indonesia.

Indonesia ingin memperkuat kapasitas Angkatan Laut dan sedang mempertimbangkan memesan kapal selam Perancis dan kapal permukaan yang akan dibangun di Indonesia dengan keterlibatan konten industri lokal.

DCNS mengatakan bahwa kedua perusahaan telah bekerja sama selama beberapa tahun terakhir untuk mengidentifikasi solusi terbaik terkait industri kapal selam multiguna dari keluarga Scorpene-class yang sekarang ditawarkan. Kapal selam itu akan mampu melakukan misi air dangkal dan dalam.

Kesempatan lain pada korvet dan frigat akan dinilai dalam waktu dekat.

“Sebagai pemimpin sistem tempur angkatan laut Eropa, desainer dan pengembang kapal perang, DCNS berkomitmen untuk membangun kemitraan jangka panjang dengan industri Indonesia untuk meningkatkan teknologi tinggi dengan konten industri lokal di Indonesia,” kata CEO DCNS Hervé Guillou, setelah penandatanganan MoU.

“Kerjasama kami dengan galangan kapal PT PAL Indonesia adalah ilustrasi yang sempurna dari ambisi ini dan kami berharap untuk membawa keahlian kami dalam transfer teknologi untuk program angkatan laut yang kompleks, guna memberikan proyek industri dan mengembangkan kemampuan operasional Angkatan Laut Indonesia.”

Indonesia saat ini mengoperasikan dua kapal selam Jerman Type 209 dan memiliki pesanan tiga kapal selam kelas Chang Bogo Korea Selatan (dua sudah diluncurkan di Korea Selatan).

Sumber: navaltoday.com

Leave a Reply