Mar 242017
 

Korvet pertama seri Gowind® 2500 sedang melaksanakan Sea Trial. (© DCNS)

Pada hari Jumat yang lalu, DCNS dengan bangga mengumumkan keberhasilan Sea Trial (Ujicoba Laut) permulaan untuk korvet pertama kelas Gowind® 2500 yang dibangun di Lorient, Prancis oleh DCNS. Sepuluh unit korvet Gowind® 2500, yang bertujuan untuk melengkapi jajaran kapal permukaan produksi DCNS, sejauh ini telah dipesan oleh angkatan laut internasional.

Sea Trial permulaan dari korvet pertama kelas Gowind® 2500 yang dirancang dan dibangun di Lorient oleh DCNS menggarisbawahi gambaran kualitas dan produksi dari jajaran kapal baru ini.

“Ini adalah saat yang sangat penting bagi korvet DCNS Gowind® yang dirancang khusus untuk pasar internasional sekarang ini telah terbukti dilaut [sea proven – red]”, jelas Eric Chaplet, Wakil Presiden Pemasaran DCNS. “Kami sangat bangga untuk mengumumkan bahwa, dengan korvet Gowind® 2500, DCNS sekarang memiliki kapal generasi terakhir untuk memperkuat lini produk yang ditujukan untuk pasar pertahanan angkatan laut dunia”, tambahnya.

“Uji coba laut dari korvet Gowind® 2500 sekali lagi menggambarkan kapasitas industri DCNS untuk mengelola dan merealisasikan program utama dengan produk yang memenuhi kebutuhan pelanggan kami”, tambah Pierre Legros, Wakil Presiden Senir Program DCNS.

Korvet Gowind® 2500 pertama sedang dibangun di situs DCNS di Lorient, Prancis, salah satu galangan kapal angkatan laut yang paling modern di Eropa. Sembilan unit korvet lainnya harus dibangun di Mesir dan Malaysia, atas dasar transfer teknologi (ToT) yang direalisasikan oleh DCNS.

Sebuah Keberhasilan Bagi DCNS

“Korvet Gowind® 2500 merespon kebutuhan angkatan laut untuk memiliki akses ke sebuah kapal tempur yang lengkap dan multi-misi untuk kedaulatan dan operasi perlindungan maritim”, menurut rincian Eric Chaplet.

Gowind® 2500 dilengkapi dengan kemajuan teknologi mutakhir, dikembangkan dan dilaksanakan oleh DCNS untuk pertahanan angkatan laut. Menggabungkan sistem tempur SETIS®, yang dikembangkan oleh DCNS untuk fregat FREMM dan korvet Gowind®, dengan “Sensor Panorama dan Modul Intelijen (PSIM)” – perakitan yang menyatukan tiang dan terintegrasi dengan berbagai sensor serta Pusat Operasional dan ruang teknis terkait – dan integrasi tingkat tinggi, otomatisasi serta kemudahan dari sistem DCNS.

Karakteristik teknis Gowind® 2500

  • Total panjang: 102 meter
  • Lebar: 16 meter
  • Bobot: 2.600 ton
  • Kecepatan Maksimum: 25 knot (45 km/jam)
  • Kru: 80 orang (termasuk detasemen helikopter)
  • Jangkauan Jelajah: 3.700 mil laut (6.850 km) pada kecepatan 15 knot

DCNS Group, 22 Maret 2017

Bagikan Artikel:

  13 Responses to “DCNS Berhasil Memulai “Sea Trial” Gowind® 2500 Pertamanya”

  1. Om Bolong om….

  2. cakepan pkr10514.

  3. itu tiang tinggi amat yak

  4. Dulu ada yg bilang Indonesia mau beli gowind..Sekarang GK ada beritanya lagi

  5. malon suka tiang yg seperti itu karena dianggap seperti nasi tumpeng selain pisang malon juga suka nasi tumpeng wkwkwkwk

  6. Pengen dijual kemana tuh? Tanah abang?

  7. Semakin panas kawasan semakin menjadi peluang untuk produsen senjata, cuma Malaysia sudah punya gowind sudah punya keberanian gak melawan nelayan2 China? Kok kayaknya semakin menghamba ke China dgn kerjasama militer dan membeli alutsista China jg.

 Leave a Reply