Nov 112016
 
Korvet GOWIND 2500 DCNS

Korvet GOWIND 2500 DCNS

DCNS memposisikan desain OPV 90 dan Gowind 2500 untuk Angkatan Laut Indonesia (Tentara Nasional Indonesia Angkatan Laut/TNI AL) guna memenuhi kebutuhan dua unit kapal patroli lepas pantai (OPV) dan dua fregat tambahan setelah platform SIGMA 10514.

Berbicara kepada IHS Jane di Indo Defence 2016 di Jakarta, pejabat DCNS menegaskan bahwa pembuat kapal akan berpartisipasi dalam kompetisi ini. Sebagian besar tender formal untuk proyek diharapkan akan dikeluarkan pada tahun 2017.

Desain OPV 90 yang ditawarkan melalui Kership, anak perusahaan DCNS dan pembuat kapal Perancis lainnya, Piriou.

Sesuai dengan spesifikasi yang disediakan oleh perusahaan, desain OPV 90 memiliki panjang keseluruhan 87 m, balok keseluruhan 13,6 m, dan draft rancangan 3,2 m. Platform ini dapat menampung sekitar 60 personil, termasuk awak dan personil misi khusus, serta satu helikopter di dek penerbangan.

Gowind 2500 di Indo Defence 2016. (IHS Jane)

Gowind 2500 di Indo Defence 2016. (IHS Jane)

OPV memiliki kecepatan maksimal 21 knot dengan jangkauan hingga 8.000 nautical mile pada kecepatan 12 knot dan daya tahan 21 hari. Menurut DCNS, desain OPV 90 digunakan oleh Angkatan Laut Perancis sebagai korvet Gowind, L’Gesit (P 275).

Sementara itu, desain Gowind 2500 memiliki panjang keseluruhan lebih dari 100 m, balok keseluruhan 16 m, dan draft rancangan 5,4 m. Platform ini dapat dilengkapi dengan 16-sel sistem peluncuran vertikal (VLS), hull-mounted dan variable-depth sonars, peluncur torpedo dan rudal anti-kapal, serta senjata utama hingga kaliber 76 mm.

Sumber: IHS Jane

Bagikan:

  34 Responses to “DCNS Tawarkan OPV 90 dan Gowind 2500 untuk TNI AL”

  1.  

    Beli iver class….
    Yg nawarin..BAE…perusahaan Korea..skr dcns…hehehe…
    Buat nemenin iver class dn kemandirian pertahanan..hehe

  2.  

    mahal gak, TOT gak, persenjataan sadis gak, buatnya kelamaan gak, utangin gak, kalo iya semua…..
    BOROOOOOONG ………

  3.  

    Cari uang dulu

  4.  

    .
    Alutsista jelek nich barang Kw ,
    Gx bagus ini mahhh jelek

  5.  

    Soal kapal,
    kita lebih darurat sengatannya daripada cangkangnya

  6.  

    Emoh….!!!

    Tawarin yang lain aja….Belharranya dong !!

  7.  

    Klo cuma panjang kapal 100-110 meter mending ga usah. Sigma sudah di kuasai tot nya mau di kemanain..mending tot rudal..radar..guide control rudal..karena sekelas LPD buatan pt.pal sudah mampu membuat.tingal pensil nya dan perabot nya yg tdk dikuasai oleh pt.pal

  8.  

    Jika cuma panjang kapal 100-110 meter mending ga usah. Sigma sudah di kuasai tot nya mau di kemanain..mending tot rudal..radar..guide control rudal..karena sekelas LPD buatan pt.pal sudah mampu membuat.tingal pensil nya dan perabot nya yg tdk dikuasai oleh pt.pal

  9.  

    cakep banget. sayang kalo buat di pake di laut mending di pajang aja biar gak lecet

  10.  

    Menurut saya pribadi, dari pada OPV 90 DCNS, lebih baik Indonesia membuka kerja sama dengan SAAB / Swedia untuk membangun kapal perang Korvet.
    Karena SAAB / Swedia memiliki kapal perang Korvet salah satu yang terbaik di dunia, yaitu HMS Helsingborg.

    Kapal perang HMS Helsinborg adalah Korvet Siluman kelas Visby sudah dilengkapi dengan meriam Bofors 57mm 70 SAK MKIII, rudal permukaan-ke-udara Umkhonto, rudal anti-kapal Saab Bofors Dynamics RBS 15 MK2, peluncur granat bertenaga roket, ASW 127mm, dan  terpedo 400mm.

    Sumber : https://en.m.wikipedia.org/wiki/Visby-class_corvette

    •  

      dari SAAB ny aja gak ada tawaran kok,..gmn kita mau kerjasama??,..kaya’ny SAAB kurang antusias soal ini,..mungkin mrk tau,..dana pemerintah sini seret,..SAAB sptny hany fokus di RBS 70 NG aja yg deh dipake TNI AD,..krn memang proyek ini kan gak trlalu mahal, gak spt kapal perang.

      yg soal tawaran gripen aja blom ada jawaban dr pemerintah sini,..pdhal itu udah tawaran kerjasama yg sangat mnarik…

  11.  

    .

  12.  

    Kalau sudah ada SIGMA dengan TOT nya, Gowind buat apa lagi ya?

  13.  

    Untuk kapal perang Frigate silahkan cari yang lain, asalkan jangan Gowind 2500 karena masih ada Iver Huitfeldt Class, Admiral Gorshkov Class, Carlo Bergamini Class dan lain sebagainya…

    Maaf, jika mayoritas WARJAG tidak sepakat dengan Gowind 2500 DCNS

    http://jakartagreater.com/top-10-frigate-terkuat-di-dunia/

    Takut ada sticker “Makngkrak Buatan Tempatan.”

    XiXiXiXiXiXi… 😀

  14.  

    Men’dingan lsg pesan :
    Destroyer Raksasa Type 055 China…
    ng’gak usah bnyk” , cukup 3 biji….
    1 biji utk operational…
    1 biji utk operational + training….
    1 biji standby…

    Susah pasti Mantaaaap~markoTop …

  15.  

    Idem sama bung @test deh.

  16.  

    klu kpal yg ini kurang penting, soalnya pt pal udah bisa produksi. klu kaprang iver dan admiral aku rasa lebih pas dgn keperluan dan kebutuhan serta kegunaan.. yg jadi pertanyaan pemerintah kita ada niat apa kaga klu beli iver/admiral..?

  17.  

    INDONESIA DARURAT KAPAL PERANG TYPE DESTROYER!!

  18.  

    Indonesia butuhnya destroyer bukan gowind, kalau yang ini mah masih bagusan Martadinata class kale

  19.  

    Gak memenuhi syarat pembelian alutsista ri, masih di bawah pkr 105 buat apa di beli??

  20.  

    Perbanyak light fregat 105..genepin 6-12 biji..,itu sementara cukup…kalo pengen naik langsung ke kelas gorkov…atau grogorivich…minimal 6 kita butuh dikelas ini..kita butuh kalibernya utk serangan balik..hanya sekedar pendapat ane

  21.  

    Lebih baik buat korvet lgi & desain bisa d instal rudal yakhont psti negara ttagga smkin merinding..

  22.  

    gausah di beli, pt pal aja udah bisa bikin perahu 100meteran, yang penting itu radar n gendongan nyaaaaaaa.!!

  23.  

    Jangan2 onderdil ckd pesanan jiran yg mangkrak, ditawarkan ke Indonesia daripada jadi besi tua. xixixi

  24.  

    sudahlah negara gak mungkin beli karena anggaran tekor….kita para warjager bagaimanapun dalam hati kecil berharap TNI AL memiliki paling tidak minim 3 buah Iver Huitfeld dan 3 buah Admiral Gorshkov, dengan skema masing2 2 unit dikerjakan di negara produsen dan sisanya dikerjakan PT.PAL utk te o te nya….ya sudah kita saja patungan beli lalu sumbangkan ke TNI AL selesai kan…..

  25.  

    Tul betul sampeyan

 Leave a Reply