Defile Militer di HUT TNI ke 69

Aksi pesawat tempur TNI AU di HUT TNI ke 69, Surabaya, Jawa Timur (all photos: jakartaGreater.com)
Aksi pesawat tempur TNI AU di HUT TNI ke 69, Surabaya, Jawa Timur (all photos: jakartaGreater.com)

image

image

image

image

image

image

image

image

image

image

image

image

image

image

image

image

image

image

image

image

image

Perfect. Itulah yang terjadi dalam parade militer hari ini di HUT TNI ke 69, Surabaya Jawa Timur. Semua berlangsung sempurna, tanpa cacat.

Ada sekitar 1000 gambar yang saya abadikan dalam parade militer itu, lewat ipad, setelah kamera manual saya error, diawal-awal acara. Sedih juga terasa, tapi mau apa lagi.

Gambar yang ditampilkan akan dibagi ke beberapa bagian, karena terlalu banyak.

Salah satu momen yang mengundang kekaguman saya, adalah ketika atraksi F-16, Sukhoi SU 27 / 30 dan Tim Jupiter dengan pesawat KT 1 Woong Bee nya.

Saat puncak atraksi dari jet tempur itu, saya memilih untuk berhenti mengabadikannya, karena kekaguman saya. Saya tutup ipad, simpan di dada dan menikmati atraksi yang disuguhkan F-16 dan Sukhoi. Mereka melakukan roll out menuju penonton dan berputar ke kiri sambil melepaskan flare, bola bola api lalu menghilang. Suaranya begitu menggelegar, kering, renyah serasa sedang mendengarkan lagu beethoven. Akibatnya momen itu tidak saya abadikan. Pikiran saya kontradiksi saat itu :”kapan lagi saya menikmatinya, masak shoting melulu”.

Gambar ini hasil zooming dari ipad, sehingga kualitasnya tidak bagus. Selain itu saya juga tidak jago komposisi gambar, alias asal jepret saja.

Atraksi dari Tim Jupiter juga mengundang decak kagum penonton. Banyak akrobatik mereka yang terlihat berbahaya dan begitu aksi itu dilakukan mulus, tepuk tangan penonton pun pecah. Dari arah berlawanan datang kt -1 woong bee, seakan akan hendak beradu dan bertabrakan, namun ketika mendekat, mereka mampu menghindari tabrakan itu. Saya tadi sempat berpikir, bagaimana kalau kedua pilot itu, lupa harus bergerak ke kiri atau ke kanan saat sudah mendekat. Satu anggota tim jupiter juga terbang vertikal lurus ke atas langit. Ketika sudah di puncak nun jauh, pilot mematikan mesinya dan pesawat jatuh free fall ke bawah. Ketika dekat dengan tanah, pilot menghidupkan kembali mesin dan evade mencari celah untuk terbang lagi. Terakhir, Tim Jupiter memberikan cinta bagi pengunjung dan rakyat Indonesia, lewat dua pilot mereka yang terbang melepas asap berbetuk lambang cinta. Dirgahayu TNI ke 69. (JKGR).

Tinggalkan komentar