Jan 052019
 

Sistem rudal Patriot AS ditempatkan di Pangkalan Militer Turki © US Army via Wikimedia Commons

Kantor berita Anadolu melaporkan pada hari Kamis, mengutip sumber-sumber, bahwa satu delegasi Amerika Serikat (AS) telah membuat tawaran resmi bagi Turki untuk membeli sistem pertahanan udara Patriot buatan AS.

Empat radar AN / MPQ-65, 10 unit antena-tiang, 20 stasiun peluncuran M903, dan peralatan uji, bersama dengan fasilitas lain telah terdaftar dalam penawaran ini.

Saat ini, delegasi sedang dalam kunjungan ke Turki untuk mengadakan pertemuan dengan perwakilan dari Kementerian Pertahanan Turki dan Kementerian Luar Negeri Turki.

Pada Desember 2018, Departemen Luar Negeri AS telah menyetujui kemungkinan penjualan sistem Patriot senilai $ 3,5 miliar ke Turki.

Juru bicara kepresidenan Turki, Ibrahim Kalin, mengatakan pada waktu itu bahwa kemungkinan pembelian Patriot tidak akan mempengaruhi perjanjian Ankara-Moskow tentang pembelian rudal S-400 buatan Rusia.

Anadolu belum mengungkapkan perincian tentang apakah tawaran AS itu mempertimbangkan prasyarat untuk membatalkan pembelian sistem rudal S-400 dari Rusia.

Sumber: Sputnik News

 Posted by on Januari 5, 2019