Jun 142017
 

Sejumlah personil militer Turki. © Vadim Ghirda

ANKARA – Tiga orang delegasi Angkatan Bersenjata Turki telah tiba di Qatar pada 12 Juni untuk mempersiapkan sebuah pangkalan militer guna menempatkan pasukan militer Turki ditengah perselisihan diplomatik antara Qatar dan negara-negara Arab lainnya. Kepala Staf Angkatan Darat Turki mengatakan hal tersebut dalam sebuah wawancara pada hari Selasa (13/06/2017), seperti dilansir dari Sputnik News.

“Tiga orang delegasi kami dikirim ke Qatar pada 12 Juni. Untuk melanjutkan upaya mempersiapkan pangkalan dalam menggelar pasukan Turki disana, melaksanakan sejumlah pekerjaan yang diperlukan serta berkoordinasi”, tutur Kepala Staf Angkatan Darat Turki.

Dikatakan bahwa kesepakatan kerjasama pengerahan militer Turki di Qatar tersebut adalah untuk tujuan pelatihan militer yang mulai berlaku pada 15 Juni 2015,  serta pelaksanaannya dimulai pada bulan Oktober di tahun yang sama.

“Sejak saat itu, militer Turki dan Qatar terus saling melakukan kunjungan untuk mengkoordinasikan kegiatan ini. Pada tanggal 28 April 2016, sebuah kesepakatan telah diteken untuk memulai kerjasama dalam penggelaran pasukan Turki di Qatar, yang telah disetujui oleh parlemen Turki seminggu yang lalu. Dengan demikian, Turki telah menyelesaikan prosedur hukum untuk bisa mengerahkan personil militer di Qatar”, tambah Kepala Staf tersebut.

Menurut Duta Besar Turki untuk Qatar Ahmet Demirok, sekitar 3.000 personil militer Turki akan ditempatkan di Qatar, yang terdiri dari Angkatan Darat, Angkatan Laut dan Angkatan Udara. Termasuk sejumlah instruktur dan pasukan khusus.

Pada tanggal 5 Juni yang lalu, Arab Saudi, Bahrain, Uni Emirat Arab dan Mesir memutuskan hubungan diplomatik dengan Qatar dan memberlakukan embargo lalu lintas darat, laut dan udara ke negara tersebut. Mereka telah menuduh Doha mendukung teroris dan mengganggu stabilitas Timur Tengah.

Pada tanggal 6 Juni, Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan mengatakan bahwa Turki akan terus menjalin hubungan diplomatik dengan Qatar dan akan terus melakukan upaya untuk menyelesaikan krisis tersebut melalui dialog.

Pada hari Jumat, Erdogan telah menyetujui undang-undang yang mengizinkan penggelaran pasukan Turki ke Qatar di tengah krisis diplomatik yang sedang berlangsung antara Qatar dan negara-negara Arab lainnya dan mengatakan bahwa dia tak melihat Doha mendukung terorisme.

Bagikan Artikel :

  4 Responses to “Delegasi Militer Turki Persiapkan Pangkalan di Qatar”

  1.  

    Mantap Turkey

  2.  

    Entar perang sesama anggota Nato kalo Turki ikut2an… hehehe

  3.  

    Ayoo indonesia jgn mau kalah, kirim pasukan ke qatar minimal 500 prajurit…jika perang pecah, indonesia jg hrs bantu….

  4.  

    Semua pada panas karena bara api telah dikipas2 pihak yg menginginkan dunia Arab jg Islam hancur2an dgn Proxy2 yg yahood!

 Leave a Reply