Oct 242016
 
KASAL Laksamana Ade Supandi mengunjungi frigate Peter Willemoes, Iver Huitfeldt-class di Denmark (Facebook Embassy of Denmark in Indonesia)

KASAL Laksamana Ade Supandi mengunjungi frigate Peter Willemoes, Iver Huitfeldt-class di Denmark (Facebook Embassy of Denmark in Indonesia)

KASAL Laksamana Ade Supandi mengunjungi frigate Peter Willemoes, Iver Huitfeldt-class di Denmark (Facebook Embassy of Denmark in Indonesia)

KASAL Laksamana Ade Supandi mengunjungi frigate Peter Willemoes, Iver Huitfeldt-class di Denmark (Facebook Embassy of Denmark in Indonesia)

KASAL Laksamana Ade Supandi mengunjungi frigate Peter Willemoes, Iver Huitfeldt-class di Denmark (Facebook Embassy of Denmark in Indonesia)

KASAL Laksamana Ade Supandi mengunjungi frigate Peter Willemoes, Iver Huitfeldt-class di Denmark (Facebook Embassy of Denmark in Indonesia)

Kedutaan Besar Kerajaan Denmark Indonesia merilis 23/10/2016, sejumlah photo kunjungan delegasi TNI AL ke Denmark. Kepala Staf Angkatan Laut Indonesia, Laksamana Ade Supandi dan delegasi mengunjungi Denmark dan Pangkalan Angkatan Laut Denmark di Korsor. Kunjungan dilakukan minggu ini ke Pelabuhan di Korsor, untuk meninjau frigate Peter Willemoes, Iver Huitfeldt-class.

Korsor merupakan sebuh kota perairan dan terletak sekitar 100 km sebelah barat daya kota Kopenhagen.

Frigate Iver Huitfelt Class, Peter Willemoes merupakan salah satu produk mahakarya di Angkatan Laut Denmark. Kapal perang berbobot 6,645 ton ini dirancang oleh perusahaan OMT Denmark. Frigate Iver Huitfelt Class ini telah dicoba dan diuji selama penyebaran dan operasi di seluruh dunia.

laksamana-ade-supandi-5

KASAL Laksamana Ade Supandi mengunjungi frigate Peter Willemoes, Iver Huitfeldt-class di Denmark (Facebook Embassy of Denmark in Indonesia)

KASAL Laksamana Ade Supandi mengunjungi frigate frigate Peter Willemoes, Iver Huitfeldt-class di Denmark (Facebook Embassy of Denmark in Indonesia)

KASAL Laksamana Ade Supandi mengunjungi frigate Peter Willemoes, Iver Huitfeldt-class di Denmark (Facebook Embassy of Denmark in Indonesia)

Frigat Iver Huitfeldt Class

Frigat Iver Huitfeldt Class

Spesifikasi Frigate Iver Huitfelt Class :

Type: Air defence frigate
Displacement: 6,645 tonnes (full load)
Length: 138.7 m (455 ft)
Beam: 19.75 m (64.8 ft)
Draft: 5.3 m (17 ft)

Propulsion: Four MTU 8000 20V M70 diesel engines, 8,2 MW each.
Speed: 30 knots (56 km/h; 35 mph)
Range: +9,000 nautical miles (17,000 km; 10,000 mi) at 18 knots (33 km/h; 21 mph)
Complement: 165
Crew: 117

Sensors and processing systems:
1 Thales Nederland SMART-L long-range air and surface surveillance radar
1 Thales Nederland APAR air and surface search, tracking and guidance radar (I band)
1 Terma SCANTER 6000 surveillance and helicopter guidance radar
Atlas ASO 94 hull mounted sonar
2 Saab CEROS 200 fire control radars
ES-3701 Tactical Radar Electronic Support Measures (ESM)

Electronic warfare & decoys:
4 × 12-barrelled Terma DL-12T 130 mm decoy launchers
2 × 6-barrelled Terma DL-6T 130 mm decoy launchers
Seagnat Mark 36 SRBOC

Armament:
4 × VLS with up to 32 SM-2 IIIA surface-to-air missiles (Mk 41 VLS)
2 × VLS with up to 24 RIM-162 ESSM (Mk 56 VLS)
8–16 × Harpoon Block II SSM
1 × Oerlikon Millennium 35 mm Naval Revolver Gun System CIWS
2 × OTO Melara 76 mm
2 × dual MU90 Impact ASW torpedo launchers

Aircraft carried: 1 × Westland Lynx Mk90B. From approx. 2016: MH-60R
Aviation facilities: Aft helicopter deck and hangar.

Sumber : Facebook Embassy of Denmark in Indonesia dan Wikipedia.org

  43 Responses to “Delegasi TNI AL Kunjungi Frigate Iver Huitfeldt Class Denmark”

    • Iver jadi ambil, tapi rudal kagak dikasih AS.
      Berarti welcome P-800 Oniks atau rudal jelajah Kalibr, 32 sel Redut VLS dengan rudal anti pesawat 9M96

      • Kemungkinan dlm wktu dekat kalibr gak dijual ama om putin, soalnya teknologi rudal jelajah teknologi tinggi dan vital serta gak sembarangan Rusia ngasih tu rudal ke sembarang Negara meskipun sekutunya… Maaf cuma analisa tukang ayam…. Hehehe

    • Entar kalo jadi beli di instal yakhont/brahmos,rudal jelajah kalibr,rudal anti pesawat pokoknya ploduk amerika diganti senjata rusia karena amerika rawan embargo dan kemungkinan dipasang chip biar rudal balik arah jika ditembakan ke kapal amerika….

    • @komerat parewa

      Benul bung….

      Sub sistem sebuah kapal jumlahnya sgt banyak, shg seharusnya kita tdk hanya menerima TOT manufaktur kapal tapi juga mulai menyentuh aspek yang lain. Misalnya LEN menggarap cmsnya, atau perusahaan swasta yang lain spt bukaka mulai menggarap telescopic door dan tangga….dsb-dsb.

      Tapi semua itu hanya bisa terlaksana jika ada kuantiti pesanan yang memadai….tanpa kuantiti yang memadai maka produk2 dr perusahaan nasional yang menyerap TOT tsb tidak akan kompetitif

  1. keren… langsung bungkus

  2. Mantep..

  3. finishing-nya minimalis banget.

    foto 1 : yang warna biru tua menggantung apakah sejenis ducting ?

  4. Udah 2x Petinggi yg berkunjung ke kapal perang itu (Menhan & Kasal). Kemungkinan kita jadi bangun Fregat ini di PT PAL dgn skema TOT.

  5. pertanyaan besar adalah misalnya jadi emang bisa di instal senjata selain senjata standar nato

  6. Kalau di buat kayak sigma class gimn ya…

  7. light corvet = heavy kcr?
    light fregat = heavy corvet?
    light destroyer = heavy fregat?
    light cruisser = heavy destroyer?

  8. Semoga Indonesia membeli 2 kapal iver huitfeldt lengkap dengan isinya aamiin

  9. Wew keren….klau jadi di beli ini pregat tercangih di asia tenggara

  10. yang kita butuhin semua nya apalagi si Thales 3D Smart-L sama si Thales APAR I-Band radar nya…. setelah itu di aplikasikan dengan Sigma.

  11. Borong…

  12. Contohlah Malaysia Berjaya
    Pemimpin bijak rakyat makmur

    masa niru kera kera maling pisang

    ————————- what the hell who you are………………………..

  13. Ngomonge dewe kono karo tembok !!… 😆

  14. Keren… ijin share bung sultan…

  15. Hey sultan !! Jgn kampanye disini komenmu gak nyambung sama alutsista disini.gak mutu.!!!

  16. Segera akuisisi, jgn sekadar mengunjungi, krn presiden kita tegas dan sangat ketat klo soal anggaran kunker yg ga ada hasilnya, jika bisa segera di beli, iver akan jadi fregate tercanggih di asia tenggara…

  17. Wah .. Ad yg mabok air kobokan nich

  18. Untuk mewujud kan poros maritim dunia, kaprang ini wajib di beli agar alusista TNI AL bervariasi rasa gado” hahaha …
    Jangan lupa ToT nya pak buat kemandirian alusista dalam negri ..
    Di laut kita jaya ..

  19. kalo jadi beli,..ini jd lawan setara hobart class ausie,…spekny mirip bngt,…fungsinya jg sama2 air defence fregate,…

    TNI niat beli ini apa krn ingin ngimbangin tetangga di selatan yg deh punya kaya’ gini ya?

  20. Gak usah terburu buru beli .. mendingan frigat yang sudah bisa di buat pt pal di perbanyak .. untuk TOT sebaiknya sistem rudal yang canggih aja .. mencontoh prinsip china .. kualitas adalah kwantitas itu sendiri .. lebih baik memperbanyak kapal bikinan sendiri dan di persenjatai rudal yang canggih

  21. anda super sekali bung bejo…

  22. klo panda merestui pasti kita beli,,,Jkgr beurat bingits bukanya aka lola

  23. Jangan lupa ToT nya kalo jadi beli ni kapal, biar PAL punya mainan baru lagi… 😀

  24. Hangar helinya gede banget….mau diisi apa ya?

    Kalo diisi panther, kasian panthernya nanti masuk angin gara2 ACNYA kekencengan

  25. anda salah forum bung.

  26. Apakah jika jadi beli frigate 6000an ton ini, proyek penambahan PKR Sigma tidak dilanjutkan?

  27. Saya ngefans banget sama ini fregate,semoga kemhan mengakusisi kapal perang ini.

  28. Sudahlah, gak usah membahas barang yang gak jelas kapan datangnya….mending mantengin kapal canggih ini

 Leave a Reply