Mar 242019
 

Chinese troops march during the military parade marking the 70th anniversary on the end of World War II in Beijing © Rolex Dela Pena via Reuters

JakartaGreater.com – Sebuah langkah yang dipicu oleh ancaman yang dirasakan terhadap proyek-proyek tambang batubara di Koridor Ekonomi China Pakistan (CPEC) yang telah menghadapi perlawanan keras dari penduduk setempat di Pakistan. China kini dilaporkan tak senang dengan dugaan ketidakmampuan Angkatan Darat Pakistan untuk memastikan keamanan proyek meskipun ada jaminan berulang, seperti dilansir dari saluran televisi India, Zee News.

China telah mengerahkan kontingen Tentara Pembebasan Rakyat (PLA) ke wilayah Thar di provinsi Sindh di Pakistan yang berjarak sekitar 90 kilometer dari perbatasan Pakistan dan India. Saluran televisi India, Zee News mengatakan bahwa pasukan India memperhatikan pergerakan pasukan China di dekat perbatasan.

“Pasukan Keamanan Perbatasan (India) yang dikerahkan pada perbatasan India-Pakistan juga memperhatikan pergerakan pasukan China didekat dengan perbatasan. Tampaknya karena penentangan proyek-proyek China oleh penduduk setempat di provinsi Sindh dan Balochistan, China telah mengerahkan PLA”, kata perwira intelijen india pada Zee News.

CPEC multi-miliar dolar adalah proyek infrastruktur yang kiini sedang dibangun diseluruh Pakistan. Awalnya bernilai 46 miliar dolar, biaya sebenarnya dari proyek-proyek tersebut sekarang telah mencapai 62 miliar dolar. Pakistan mengerahkan sekitar 17.000 tentaranya untuk melindungi koridor sepanjang 3000 kilometer itu.

Selain itu, Kepala Staf Angkatan Darat Pakistan Jenderal Qamar Javed Bajwa berkunjung ke China tahun lalu telah berusaha meyakinkan Beijing bahwa keamanan optimal akan diberikan pada proyek tersebut.

Personel Angkatan Bersenjata India © Yuri Smityuk via TASS

Namun, seorang mantan pejabat Angkatan Darat India berpandangan berbeda dan bahwa pembangunan tersebut merupakan masalah bagi India.

“Secara resmi, pengerahan pasukan oleh China adalah untuk melindungi warganya sendiri yang bekerja di Pakistan dalam berbagai proyek dan untuk mengamankan keselamatan CPEC dari masyarakat setempat. Tapi secara tidak resmi, ini adalah dimulainya pangkalan militer di dalam interior negara (Pakistan). Itu juga bisa dianggap semacam pembatasan pada India jika ia mencoba melaksanakan opsi militer melawan Pakistan”, kata Mayjen (Purn) Harsha Kakar.

Menambahkan bahwa meski India tidak akan pernah pergi sedalam ini ke Pakistan, tetapi dalam jangka panjang, PLA China juga dikerahkan jauh lebih dekat ke perbatasan kami. Akhirnya, itu menandakan semakin dekatnya China dan Pakistan. Tak ada negara dalam pengertian yang benar untuk mengizinkan penyebaran seperti itu.

“Faktanya, China sedang mengincar pangkalan militer di Pakistan dalam jangka panjang. Tiongkok tidak berinvestasi untuk kemajuan Pakistan tapi demi kepentingan nasionalnya sendiri. Dan pangkalan militer dan angkatan udara adalah masalah keamanan utama bagi India”, lanjut Kakar.