Jan 112019
 

Jet tempur Rafale-M dan drone nEUROn melintas di dekat kapal induk Charles de Gaule © Dassault Aviation

JakartaGreater.com – Demonstran drone tempur nEUROn memulai kampanye pengujian ke-4 untuk “Low Observability” pada bulan November 2018. Misi dilakukan oleh Direktorat Jenderal Persenjataan (DGA) dengan dukungan Dassault Aviation, seperti dilansir dari laman Air Recognition pada hari Rabu.

Demonstrasi dilakukan di Istres oleh tim Uji Penerbangan DGA dan terdiri dari serangkaian konfrontasi yang menghadapi berbagai alat deteksi operasional. Demonstrasi akan berlanjut pada awal 2019.

Kampanye “Low Observability” yang ke-4 bertujuan untuk melanjutkan studi implementasi pesawat udara nirawak nEUROn dan menguji kemampuan stealth dengan sensor berbasis pesawat, radar darat dan ancaman permukaan lainnya.

Kampanye “Observabilitas Rendah” tersebut akan memungkinkan DGA untuk mengevaluasi perkembangan saat ini pada alat deteksi. Mereka juga memungkinkan angkatan bersenjata untuk menilai kemampuan mereka dalam mendeteksi drone stealth dari ancaman di masa depan.

uji penerbangan drone tempur nEUROn buatan Prancis © Dassault Aviation

Tanggal 17 Desember 2018 lalu, situs Istres dari DGA In Flight Trials menjadi tuan rumah pelepasan pesawat dari pusat eksperimental Angkatan Udara Spanyol (CLAEX), untuk uji pesawat siluman nirawak melawan dua Topan Eurofighter. Kegiatan ini dibawah tanggung jawab DGA, dan berhasil dilaksanakan berkat kerjasama yang sangat baik antara berbagai pemangku kepentingan:

  • Dassault Aviation
  • Angkatan Udara Spanyol
  • DGA Prancis.

Untuk sisa misi pengujian ini, DGA akan melakukan penerbangan lebih lanjut demonstran teknologi siluman nEUROn, sebuah drone tempur siluman hasil kerjasama Eropa, untuk memperdalam studi pengembangan dan inovasi teknologi terkait. Kampanye tersebut, yang menggambarkan pentingnya menjaga kerjasama internasional yang berkualitas tinggi untuk pengetahuan kedirgantaraan masa depan, juga menggarisbawahi keandalan nEUROn, yang telah menyelesaikan uji terbang ke 150-nya.