Agu 042018
 

Fregat Peter Willemoes (F362) dari kelas Iver Huitfeldt milik Angkatan Laut Denmark © MFKI via Wikimedia Commons

JakartaGreater.com – Departemen Luar Negeri (Deplu) AS telah bertekad menyetujui kemungkinan Penjualan Militer Asing kepada Denmark sebanyak 46 unit rudal SM-2 Blok IIIA dengan perkiraan biaya sebesar $ 152 juta, seperti dilansir dari laman DSCA.

Pemerintah Denmark telah mengajukan permintaan untuk membeli:

  • 46 Rudal Standar SM-2 Blok IIIA Peluncuran Vertikal
  • Sistem Peluncur Vertikal (VLS) RIM 066M-03-BK IIIA
  • 2 Telemetri, Omni-Directional SM-2 Blok IIIA plus antena
  • Kanister Sistem Peluncur Vertikal (VLS) MK 13 Mod 0

Total biaya program yang diperkirakan adalah $ 152 juta.

Penjualan yang diusulkantersebut akan mendukung kebijakan luar negeri dan keamanan nasional Amerika Serikat dengan membantu meningkatkan keamanan sekutu NATO dan merupakan kekuatan penting bagi stabilitas politik serta kemajuan ekonomi di kawasan Eropa.

USS William P. Lawrence (DDG-110) menembakkan rudal SM-2 © US Navy via Wikimedia Commons

Puluhan rudal SM-2 Blok IIIA akan mendukung kemampuan pertahanan udara Denmark untuk fregat kelas Iver Huitfeldt Angkatan Laut Kerajaan Denmark. Rudal-rudal SM-2 Blok IIIA, yang dikombinasikan dengan sistem tempur anti udara (AAWS) akan memberi kemampuan pertahanan kawasan yang meningkat secara signifikan di Eropa Utara.

Denmark tidak akan kesulitan menyerap peralatan dan dukungan ini ke dalam angkatan bersenjatanya. Usulan penjualan sistem dan peralatan ini kepada Denmark tidak akan mengubah keseimbangan militer dasar di kawasan tersebut.

Kontraktor utamanya adalah Raytheon Cooperation dan BAE Systems.

Pelaksanaan penjualan yang diusulkan ini tidak akan memerlukan penugasan perwakilan Pemerintah AS ataupun kontraktor tambahan ke Denmark.

Bagikan:

  4 Responses to “Denmark Borong Banyak Rudal SM-2 Blok IIIA Untuk Fregat Iver Huitfeldt”

  1.  

    Wow,menggerunkan

  2.  

    harusnya TNI jadi mengakuisisi nih kapal fregat yang cukup keren. 3 atau 4 buah untuk payung udara mobile jarak jauh di empat mata angin.NKRI. harganya cukup murah kan….seharga fregat yang dibeli thailand dari korsel kemarin, tapi dengan kualitas diatasnya.

 Leave a Reply