Denmark Menjadi Taman Bermain Jet F-35 NATO

26
20
Jet tempur F-35 Lightning II tiba di Edwards AFB. © US Air Force via Wikimedia Commons

JakartaGreater.com – Sementara walikota setempat, memuji perjanjian sebagai “tonggak sejarah” membuka jalan bagi pekerjaan baru dan pertumbuhan yang cepat, juga berjanji bahwa latihan tidak akan mempengaruhi kebisingan umum di wilayah pantai tersebut, meskipun jet tempur F-35 memiliki sejarah tingkat kebisingan yang tinggi, skeptisisme tentang proyek telah mulai disuarakan, seperti dilansir dari laman Jyllands-Posten.

Perusahaan pertahanan AS Cubic Defense Systems telah menerbitkan rencana-rencana lanjutan untuk mendirikan pusat pelatihan dan komando utama untuk semua pesawat tempur siluman F-35 negara Eropa dan Skandinavia utara.

Menurut CEO Cubic Defense Systems, Mike Knowles yang bekerjasama dengan Dephan AS dan Pentagon bertanggung jawab untuk pengembangan program latihan pesawat tempur F-35, perjanjian kerjasama telah ditandatangani dengan kotapraja Haderslev di wilayah selatan, Denmark. Pusat pelatihan baru ini direncanakan akan ditempatkan di stasiun udara Skrydstrup, yang saat ini menjadi tuan rumah armada jet F-16 tua, yang akan digantikan oleh 27 unit jet siluman F-35 senilai $ 3,2 miliar.

Di Skrydstrup, jet tempur dan pilot dari beberapa negara akan berkumpul dilingkungan pelatihan dan simulasi. Skrydstrup diharapkan untuk menampung hingga 80 unit jet tempur F-35 dari Inggris, Belanda, Norwegia, Polandia dan lain-lain dalam latihan udara NATO yang canggih di wilayah Laut Utara.

Menurut direktur Cubic, Mike Knowles, Denmark akan mendapatkan banyak pekerjaan dari perjanjian. Juga, menjalankan fasilitas penting seperti itu di tanah Denmark akan meningkatkan negara Skandinavia ke posisi yang lebih menonjol dalam NATO.

Walikota Haderslev yakni Hans Peter Geil menyebut kesepakatan itu sebagai “tonggak sejarah” yang dapat membantu membuka jalan bagi pekerjaan dan pertumbuhan baru.

Meski jet tempur F-35, mengalami pemboroan biaya yang berlebihan, dan juga punya sejarah yang terlalu bising, Geil secara khusus berjanji kepada penduduk bahwa latihan udara dimasa depan tidak akan mempengaruhi tingkat kebisingan di daerah tersebut.

Kementerian Pertahanan Denmark menekankan bahwa pemerintah optimis tentang rencana tersebut dan berjanji bahwa pertimbangan lingkungan akan dimasukkan dalam rancangan akhir perjanjian.

Ide dari pusat pelatihan besar F-35 pan-Eropa bahkan dipuji oleh pakar pertahanan dan dosen Akademi Pertahanan Peter Viggo Jakobsen, yang sebelumnya menentang proyek tersebut.

Namun sebaliknya, juru bicara pertahanan Aliansi Hijau-Merah Eva Flyvholm malahan menyatakan sikap skeptisnya.

“Sejujurnya saya merasa sulit untuk percaya bahwa pusat pelatihan tidak akan mengganggu warga disepanjang pantai barat Denmark ketika kami tiba-tiba mendapatkan semua armada F-35 Eropa Utara melintas di atas perairan Denmark”, kata Flyvholm.

Cubic Defense Systems memiliki sekitar 9.000 karyawan di seluruh dunia dan telah bekerja sama dengan Pentagon sejak Perang Vietnam.

Fighter Wing Skrydstrup adalah pangkalan udara Angkatan Udara Kerajaan Denmark yang terletak di sebelah selatan Jutland. Sampai saat ini, Skrydstrup adalah rumah bagi 30 pesawat tempur F-16 serta pesawat pendukungnya. Pangkalan udara memiliki tiga landasan pacu dengan total 3.500 meter.

26 KOMENTAR

  1. Mskpn banyak pilemik tp ini pesawat sangat bagus..
    Dg strategi yg tak mudah su35 hanya akan menjadi bulan bulanan..
    Bisa saja su35 mengalahkan serangan yg melibatkan f35 tp harus memakai strategi yg bgtu rumit dan dukungan radar darat atau aew yg mumpuni.. itupun masih 40:60…
    Bact 2 f35 akan lebih mematikan lagi..