Apr 082017
 

Puing-puing pesawat tempur Suriah yang hancur dalam gempuran rudal Tomahawk AS pada hari Jumat dini hari. Β© Sputnik News

Seorang pejabat senior militer AS mengatakan kepada wartawan bahwa sekitar 20 pesawat tempur Suriah telah dihancurkan oleh rudal jelajah AS yang diluncurkan ke sebuah pangkalan udara di provinsi Homs, seperti dilansir dari Sputnik News.

Pada malam Jumat, Amerika Serikat meluncurkan 59 rudal jelajah Tomahawk ke pangkalan udara militer Suriah di Ash-Sha’irat, yang terletak sekitar 40 kilometer (25 mil) dari kota Homs. Presiden AS Donald Trump mengatakan serangan itu merupakan tanggapan terhadap dugaan penggunaan senjata kimia di Idlib,Β Suriah pada hari Selasa.

Washington menyebutkan bahwa serangan menggunakan senjata kimia itu dilakukan oleh pemerintah Suriah. Menurut Gubernur Homs Talal Barazi, serangan rudal itu telah menewaskan lima orang dan melukai tujuh lainnya.

Sebelumnya pada hari itu, Kementerian Pertahanan Rusia mengatakan bahwa hanya 23 rudal Tomahawk mencapai pangkalan udara Ash Sha’irat, bagaimanapun, Pentagon telah membantah informasi tersebut.

“Dua kapal perang yang merupakan bagian dari ini, USS Porter dan USS Ross, keduanya, mereka meluncurkan 59 rudal. Kami memiliki konfirmasi positif bahwa seluruh rudal mencapai target”, kata pejabat militer itu kepada wartawan.

“Kami mendapat laporan terdapat sekitar 20 pesawat yang hancur”, tambah pejabat itu.

Amerika Serikat telah menentukan jalur pesawat tempur Suriah sebelum serangan kimia di provinsi Idlib, kata seorang pejabat senior militer AS pada hari Jumat.

“Pada saat serangan [kimia] ini, kami memiliki track pesawat itu”, kata pejabat itu kepada wartawan. “Mereka pergi dari lapangan udara di Ash-Sha’irat menuju kota Khan Shaykhun. Jadi kita tahu bahwa pesawat mengambil rute tersebut”.

Pejabat militer AS mengatakan bahwa Washington tidak memiliki konfirmasi berapa banyak korban jiwa dari pihak militer atau sipil dalam serangan itu.

“Kami tidak memiliki konfirmasi positif di kematian militer atau warga sipil”, kata pejabat itu kepada wartawan ketika ditanya apakah ada bukti korban militer dan sipil.

Pentagon meyakini bahwa rudal permukaan-ke-udara (SAM) milik angkatan bersenjata Suriah telah hancur dalam serangan AS, kata pejabat itu.

“Kita tahu bahwa kita telah merusak situs bahan bakar. Kami telah menghancurkan sistem rudal permukaan-ke-udara (SAM) mereka” tambah pejabat itu.

Amerika Serikat terus menggunakan saluran “deconfliction” yang ada dengan Rusia setelah meluncurkan serangan rudal di pangkalan udara militer Suriah di Ash-Sha’irat, provinsi Homs, kata pejabat senior militer AS dalam sebuah briefing.

“Kami memiliki nota kesepahaman dengan pasukan Rusia… dan bahwa MoU masih digunakan dan didukung”, kata pejabat itu lagi. “Kami telah melakukan diskusi dengan Rusia setelah serangan itu untuk mengkonfirmasi bahwa MoU tersebut… masih aktif dan mereka menegaskan hal tersebut”.

  46 Responses to “Dephan AS: “20 Pesawat Suriah Hancur Dalam Serangan””

  1. TLAM dilawan ya K.O dong

  2. Rusia bilang 6
    AS bilang 20

  3. Masih sakti juga si tomahawk,..isis merasa terlindungi??

  4. Dalam gambar diperlihatkan puing pesawat yg hancur dihantam rudal tomahawk katanya. Namun kejanggalannya pesawat masih berada dalam bungker pesawat dan bungker pesawat masih utuh tanpa hancur sedikitpun.

    Dikatakan Rusia telah dikonfirmasi sebelumnya bahwa akan ada serangan rudal ke bandara tersebut dan pasukan Rusiapun dievakuasi dr tempat itu. Lhooo….kok jd nya begini. Kenapa rusia malah menyingkir bukan malah melundungi.? Kasihan Suriah …dijadikan ladang bancaan.

    Terakhir dikatakan rudal SAM Suriah berhasil dilumpuhkan. Bukankah ini menandakan mandulnya kesaktian rudal buatan Rusia yg selama ini digembor2 kan. Bukankah ini akan berpengaruh pada alutsista Rusia yg bakal dijauhi konsumennya. Seandainya ada rudal yg tertembak jatuh oleh SAM tersebut mungkin akan membuktikan kesaktian senjata made in Rusia sdh benar2 betel prupen. Kalo spt ini sama jg bakal dilecehkan….Ohhhh…Suriah…Rusia.

  5. Sebelum melancarkan serangan AS sudah memberi tau Rusia kalau akan ada serangan, anehnya Rusia malah ngacir bukannya melindungi, ternyata s300 dan 400nya cuma buat pajangan doang πŸ˜€

  6. Tunggu pembalasan rusia ke situs pemberontak yg didukung si bebek…heheheh

  7. Indonesia harus mengantisipasi serangan rudal jelajah masif seperti ini, segera membangun sistem pertahanan udara berlapis jangan hanya mengandalkan pertahanan udara jarak pendek saja

  8. Pelajaran penting lain dari peristiwa ini adalah jika sebuah negara sudah terpecah belah akibat perang sipil maka tidak ada sekutu sejati yang mau melindungi secara penuh

  9. Padahal USA menggunakan senjata kimia saat perang Vietnam.

  10. Amerika menggunakan Agen Orange saat perang Vietnam.

  11. Zama sekarang sulit mengetahui mana yg betul dan salah karena terpengaruh opini media, sementara media asing sudah banyak yg bias sehingga proxy sukses menghancurkan rasa persatuan dan kesatuan rakyat sehingga negara hancur perang saudara. Sapa yg diuntungkan tentu AS dan anak asuhnya Israhell!

  12. lihat di RT kerusakan sgt sedikit dibanding dg jml rudal yg diluncurkan.propaganda usa

 Leave a Reply