Desain Fungsional LCS Arab Saudi Dikerjakan Gibbs & Cox

14
6
Desain Kapal Perang Littoral (LCS) untuk Arab Saudi. © Lockheed Martin

JakartaGreater.com – Perusahaan pertahanan AS Lockheed Martin telah mengontrak firma arsitektur angkatan laut Gibbs & Cox untuk mengerjakan desain fungsional kapal Multi-Mission Surface Combatant (MMSC) Kerajaan Arab Saudi, seperti dilansir dari Naval Today.

Sebuah turunan dari kapal perang littoral Freedom-Class Angkatan Laut AS, MMSC milik Lockheed Martin dipilih untuk memenuhi persyaratan kombatan permukaan multi misi Angkatan Laut Kerajaan Saudi (RSNF).

Pada bulan Mei 2017, Angkatan Laut AS dan Kerajaan Arab Saudi menandatangani surat penawaran dan penerimaan (LOA) untuk 4 (empat) unit MMSC. Perjanjian tersebut merupakan penjualan kombatan permukaan pertama buatan AS ke negara lain selama lebih dari 40 tahun.

“Kami senang untuk melanjutkan hubungan lama kami dengan Lockheed Martin dan memperluas kemitraan kami pada turunan [Freedom-Class – red] dan pelanggan baru”, kata Chris Deegan, presiden dan CEO Gibbs & Cox.

Gambaran tentang ukuran dan persenjataan MMSC Kerajaan Saudi belum disediakan namun hanya sebatas indikator yang menjadi persetujuan pengadaan senjata Deplu AS dari tahun 2015.

Saat itu, Kerajaan Arab Saudi memesan 4 unit kapal MMSC yang mencakup sistem manajemen tempur COMBATSS-21 dengan 5 radar TRS-4D. Termasuk 2×8 Vertical Launch Systems (VLS) MK-41 per kapal dan 532 rudal RIM-162 Evolved Sea Sparrow Missiles (ESSM).

Arab Saudi juga meminta kemungkinan penjualan peluncur Harpoon, CIWS SeaRAM MK-15 Mod 31 dan Sistem Senjata OTO Melara MK-75 76mm.

Apa yang diketahui, menurut Gibbs & Cox adalah bahwa kapal perang tersebut akan didasarkan pada lambung kapal littoral Freedom-Class sepanjang 118 meter dan akan menggunakan kombinasi sistem propulsi diesel dan gas.

14 COMMENTS

LEAVE A REPLY