Aug 292014
 
Desain Resmi Korvet LCS-SGPV Malaysia

Desain Resmi Korvet LCS-SGPV Malaysia

Tentara Diraja Laut Malaysia, (TLDM), untuk pertama kalinya meluncurkan render grafis desain Kapal Littoral Combat(LCS) -Second Generation Patrol Vessel (SGPV). Kapal ini didasarkan desain Korvet Gowind DCNS. DCNS akan berperan sebagai otoritas desain kapal, sementara galangan kapal Malaysia, Boustead Naval Shipyard, bertanggung jawab membangun Korvet secara lokal.

LCS RMN akan memiliki panjang 111 meter dan dengan bobot 3.100 ton. 6 kapal akan dilengkapi meriam Bofors 57mm Mark 3 dengan kubah senjata bersifat siluman dari BAE Systems.

Dalam Pameran LIMA 2013, disebutkan sistem manajemen tempur akan menggunakan SETIS dari DCNS, Sistem Pengendalian tembakan disediakan oleh Rheinmetall, dan mesin akan dipasok oleh MTU. Akan ada dua canon 30mm (remote weapon) dipasok oleh MSI.

Sementara Thales akan memasok sistem radar pengawasan laut SMART-S Mk2, serta sistem sonar (towed) CAPTAS-2 untuk kapal masa depan TLDM. (JKGR).

  140 Responses to “Desain Korvet Malaysia”

  1. Non subsidi

  2. Ayo pal,bikin yg 100 meter lebih

    • Sepertinya yg paling dekat nantinya PKR Sigma 10514 produksi bareng Damen schelde – PT PAL. Sudah pesan 2 buah dan sdh dlm proses pengerjaan.
      Tapi dari bobot dan dimensi masih sedikit dibawah LCS-SGPV punya Malaysia di atas. Jumlahnya Sigma 10514 juga baru dipesan 2 buah. Sedangkan TLDM merencanakan 6 buah.
      Yah, berharap TNI AL segera mendapat KRI2 lain yang lebih sangar atau minimal Sigma 10514 ditambah jumlahnya setelah PT PAL dianggap menguasai produksinya.

    • Gampang Bung, tinggal nyambung aja tambahin 40 m. Beres….

  3. Ketiga?

  4. Littoral Combat di pihak TNI Pakai KCR Yahh..??

  5. Indonesia segera menyusul dng destroyer yg bisa bikin gemetar lawan atau tetangga yg suka usil. ngarep.com

  6. semoga menjadi pemicu kreativitas insinyur2 Indonesia…. ayo jgn mau kalah

  7. baru rancangan blum dbuat..indonesia sudah memproduksi korvet sigma..lbh maju indonesia..

  8. keren sih..tapi kalo diping anak buah ndan PS kabur gak nih :mrgreen:

  9. Selain pkr 1045, apakah tni sudah punya rancangan kapal perang ( kapal permukaan) yg lain? Mohon pencerahan dari para sesepuh jkgr. Matur nuwun.

  10. Kalo indonesia punya banyak kcr kata pak pur kita akan di segani lawan.kaya konsep gerilya,cuma di laut.karena wilayah indonesia sangat luas.

  11. Indonesia langsung ke Fregat setelah itu Destroyer

  12. Sabar…ya! Ligh sigma saja blm beres mau buat yg lain, emangnya jabatan yg bisa ditinggal ketika blm selesai.

  13. Ini artikel buat mancing para sesepuh biar”ON”. πŸ˜€

  14. baru rencana… akan mundur kalo ada klewang indonesia..

  15. baru rencana…..ingat Malaysia dalam kondisi krisis. mereka akan berpikir ulang untuk belanja alutsista….btw tiba-tiba Malaysia bisa membuat kaprang sendiri tanpa ada berita dapat ToT dari mana….jangan-jangan hanya psywar…

  16. kalo liat artikel tetangga http://defense-studies.blogspot.com/2014/08/malaysian-training-ships-delayed-by.html
    masih jauh tuh LCS RMN bakal terwujud.. bwt training ship ja msh delay.. anggaran oh anggaran.. πŸ˜€

    • Kalo ngikut kita caranya pasti punya bung. Mereka kan suka niru

      • betul kali bung Freaxout, sukhoi mereka niru, tapi equipment nyomot sana-sini, begitu juga dana kaprang, ngutang sana-sini, gali lobang tutup lobang πŸ™‚

        • Apakah karena itu bung combat readines MKM cuma 60% sebagaimana dikeluhkan para formiler Mereka, dan itu dihubungkan dengan lambatnya respon thd mh370 saaat mualai melakukan Balik arah dan gak ada pespur Mereka yg merespon cepat sehingga keburu ngilang. Disamping itu para formiler jiran keberatan beli made in rusia lagi krna after sales service yg mengecewakan…

          • kalo itusih mereka cuma cari kambing hitam bung. yg kecewa sebetulnya russia karena pespur buatannya dioprek amrik. selain itu juga pembayaran gak lancar serta pembelian part kw untuk komponen vital shg russia ogah2an kirim sparepart. maka kesiapannya juga dibawah 60%…
            ditambah lagi komponen gado2 niru india tapi pakar tempatannya belum mampu integrasi sendiri (bandingkan teknisi kita memadukan yakhont dan kri owa)…

          • brarti kemaren raptor salah milih lawan tanding ya bung,,,harusnya dimari saja head2headsama flanker ID biar sekalian dicuci bersih sama seperti kornetnya sonotan waktu PB2012 …..

          • Assalamualaikum wr.wb
            imho
            raptor cuma pingin ngetes cross eye jamming SAP 518

      • Niru indon?

        Wakakaaaa

    • apapun yang mereka lakukan kita tetaplah 1 langkah didepan mereka

  17. ane pernah baca dimana gitu..entah hoax ato benar..asalnya desain ni kapal cuma 99-100 m..bgt tau PKR kita 105m langung minta dipanjangin 10m biar lebih dari punya TNI wkwkwkwkkwkw
    gak pernah mau kalah..untung blm liat anunya TNI bisa2 langsung ke mak erot malonnya wkwkwkwk

    • Wkwkwwk ..

    • Salah itu asal kapal ni panjang nya 107m. Tapi d sebabkan pembelian heli ec725. Maka tldm mahukan kapal ni d panjangkan jadi 111m. Bahagian yg d tambah hangar dan heli deck.

      • Kalo menurut saya memang gowind class desain aslinya gak sepanjang dan segede yang dilansir malaysia & menurut analisa saya bukan masalah EC-725 yang menjadi alasan utama malaysia untuk menyuruh DCNS mendesain ulang gowind class.
        Alasan pertama : Jika dibandingkan dengan tetangganya seperti Singapura & Indonesia, tentu kapal Gowind class Malaysia nanti menjadi yang terkecil jika dibandingkan dengan Formidable &PKR SIGMA dan Malaysia pasti gengsi terus kepingin menjadi yang paling wow………….
        Alasan kedua : Desain Gowind class yang kecil tidak beda jauh dengan Lekiu class yang sudah dimiliki Malaysia, sedangkan Malaysia harus manghadapi LCS yang nota benenya adalah CHINA & memerlukan senjata yang gahar + deterenc effect.
        Alasan ketiga : Malaysia harus mengulur waktu untuk mancari budget untuk 6 kapal yang direncanakan, jadi mereka memita desain ulang khusus untuk mereka agar dapat mencari dana talangan.

        Just IMHO………………. πŸ˜€

  18. Gak usah kawatir sama Sonora, kemampuan rancang bangun mereka ttg kapal kalah jauh dgn kita, apalagi kemampuan insinyur perkapalan kita yg boleh tergolong top dan kelas dunia, ini sudah diakui oleh BAE Systems dalam kasus KRI Bung Tomo Class, mereka aja belum mampu mendesain kapal, kita sudah sangat mandiri, dan kemampuan mereka membangun kapal juga belum mandiri masih dibantu dan diajarkan oleh pihak asing.

  19. Kayaknya malaysia bangun kapal banyak nih…. besar2 lagi… ada apa ya?

  20. banyak ga bung yg hijrah ke malaysia,, kok baru denger beritanya,,

  21. Dulu malay tidak lebih maju dr kita, mreka impor guru dari kita, petronas blajar dr pertamina etc.. Skrg coba liat apa yg terjadi, negara mreka kaya, mahasiswa kita banyak blajar disana, sdm kita dihargai sbg pembantu, petronas mendunia.. Jd bukan ga mustahil dlm sekejab jg mreka bisa bangun kapal lbih canggih dr buatan kita.. Ga usahlah trllu membangga2kan diri (pt pal) atau alutsista buatan negeri, aplgi sejumawa itu dan mengklaim malay ga akan mampu nyaingi kita.. Hehe
    Lucu sbenernya, cba liat bbrpa fakta yg ada.
    Malay beli anoa pindad lbih karna sbg syarat pasukan PBB, karna kbetulan anoa murah dn lolos klasifikasi. Stelah slesai pakai bahkan mreka menghibahkannya cuma2 ke negara lain. Ini strategi yg mudah skali dianalisa org seawam saya. lagipula teknologi anoa bagiku tak lbih dr sbuah mobil offroad komersil yg dilapisi baja dan tambahan senapan. πŸ˜€
    Pesawat, kapal, dll?? Ayolah,, kita ini hanya merakit merangkai besi2 sesuai desain yg dibuat jd ga usah trllu jumawa bung..

    • Bisa disebutin bung contohnya Malay lebih maju dari kita? Kalo soal insfranstruktur saya akui mereka lebih maju?

    • Kalo mmg bikin anoa gampang, kenapa malay tdk coba bikin? Jg utk alutsista lain yg sdh dibikin di indonesia spt CN 235? Mikir (cak lontong mode on). Salam kenal bung Nyubie

    • yang perlu diapresiasi sebenarnya adalah prosesnya bung. dengan keterbatasan dana dan fasilitas. peneliti metalurgi di Indonesia bisa memanfaatkan fasilitas yang ada dari yang awalnya hanya produksi baja biasa, bisa untuk memproduksi baja military grade di pabrik baja krakatau steel.

      kalau punya uang sih enak tggl beli, lah ini dana minim tapi minta baja khusus. untungnya penelitinya pinter banget merekayasa material. dan jadilah baja tahan peluru tersebut yang sesuai standar NATO. dan kabar baiknya jika baja tersebut sudah bisa dibuat maka material untuk pembuat backhoe, excavator kedepan gak perlu import.

      mending teknologi biasa tapi milik sendiri daripada bagus2 ujung-ujungnya punya orang lain

      ohya sampai saat ini malaysia msh banyak kok yang di belakang kita dan ternyata korupsinya lebih parah dari Indonesia lo

    • Anda salah bung..baru beberapa bulan yang lalu Universitas Utara Malaysia pasang iklan rekrutmen dosen di Kompas. Taon kemaren bahkan Universitas Kebangsaan Malaysia yang pasang iklan rekrutmen dosen di Kompas. Bahkan disebutkan lulusan universitas mana saja yang mereka cari.

      • Coba deh sesekali maen ke FKUI Salemba, FK Unsri, dll. Jangan kaget kalau ketemu mahasiswa berbahasa Malaysia bung πŸ™‚

        • Di Indonesia juga grade mahasiswa asal malaysia yg mau masuk kedokteran kurang mencukupi jadi banyak di tolak oleh jurusan kedokteran di kampus terkenal di Indonesia, ini yang bilang mantan menkes RI sendiri

    • Bung@Nyubie.. terimakasih cambuknya, bagaimana pun kita harus belajar dari pengalaman.
      terimakasih, ini bagus pencerahan buat saya.. kita jangan terlena dari apa yg kita dapat sekarang, dan jika kita lengah maka bukan hanya akan terlewati, bahkan tertinggal jauh. kita haru ttp blajar, karna hidup memang untuk blajar..
      patriotis berlebihan hingga merendahkan kemampuan yg lain, yg tentusaja kita blm mengukur kemampuan sebenarnya, timbulan jumawa dan lupa diri, padahal kita sudah jauh tertinggal.. repormasi..?? kita repormasi-diri

    • Bisa desebutin mahasiswa yang mana yang kuliah di malay bung? yang kelas seperti seleb-seleb kita yang ditolak di univ bergengsi di Indonesia?

      Mahasiswa kita yang berbobot kalo keluar minimal ke Nanyang ato Australia bung, bukan ke kampus gede iklan di malaysia…kah..kah…kah….

      • Nah bener tuh bung MJ, dia ngimpi kali universitas alamamater kuning gak dapat menyaingi univ malay.. jaket kuning itu gak main2 nyaring mahasiswanya… wong ane yg dr surabaya aja gak kukut masuk sana apalagi dr malay, belom mreka ikut ujian kesetaraannya…

      • Dosen UNSRI Palembang pernah banyak yg coba ambil S3 di malaysia tapi baru sebulan mereka belajar disana mereka semua berhenti. lantas kenapa?
        Ternyata kurikulum S3 yg mereka berikan adalah sekelas kurikulum S1 di Indonesia. niat hati mau meningkatkan ilmu malah ternyata mau NURUNIN ilmu. Ha…ha…ha malon…..

    • bung nyubie pernah merasakan atau paling tidak mendengar sendr orang indonesia yg kerja sebagai tenaga profesional dimalaysia belum??? klo memang belum mending g usah banyak bicara ya bung….apalg ngomong asal manggap ae ( suroboyone metu iki ) bung yayan yg sdh lama tinggal di malaysia dan sering bikin pencerahan disini, silahkan dibaca lagi??? klo sy baru 3 thn ini disabah dan ikut proyek petronas, tenaga profesional kita bisa diadu dg mereka. mau soal pengalaman proyek atau keilmuan engg bisa di adu jg. Jgn pernah menganggap remeh para insinyur, ilmuwan / para teknokrat NKRI ya bung nyubie. klo soal negara tukang claim sy akui malaysia jagonya.

    • Bung Nyubie bahasa anda aneh. ini forum Indonesia banget. anda sepertinya dari MLM malon.

    • Kasihan yah, kita bangga sama punya kita orang lain yang sewot ..ha2…ibarat nya anak kampong sebelah iri lihat kampong orang lain..ha2..kita seh asik2 aja

    • Kalaj ngak salah malaysia batal beli anoa d sebabkan protes dari perancis.

    • Dak usah banggakan malaysia. Saya tahu benar kebohongan petronas itu karena saya pernah bekerja di kompani itu. Hanya gembar gembor petronas maju dan untung besar tapi nyatanya rugi besar. Tahun lalu petronas merugi besar dan nyaris bankrut. Malah yg untung besar sekarang adalah Pertamina dan banyak akusisi daerah kontrak minyak baru di aljazair, Iran, irak, lybya termasuk di sarawak malaysia. Mana ada orang bule yg mau bekerja sama petronas krn mrk tahu isinya cm bohong doang. Mereka ngaku buat kapal LNG terapung pertama di dunia (sok pintardan jagoan) tapi sampai sekarang floating LNG ini tak pernah jalan (running). kapal ini dibuat oleh perusahaan Korea di Okpo, Busan. Bentar lagi orang Madura mo datang kesana utk skrap ini kapal yang tak pernah berfungsi menjadi besi kiloan. Bisa pesan kapal tp tdk bisa menjalankannya.
      Saya infokan bhw di petronas ada satu bagian promosi yg hanya bertugas utk PENCITRAAN perusahaan ke dunia luar se-olah2 petronas maju sekali, tp semua itu hanyalah bohong belaka.
      Mobil Proton yg mereka buat itu ternyata mesinnya buatan Mitsubishi, jadi mereka bukan membuat/mencipta tp hanya merakit sama dengan seperti Toyota, suzuki dll di Indonesia.
      Kasus korupsi billion dollar yg melilit PM Najib sampai sekarang belum bisa disentuh. Mana itu badan anti rasuah malaysia (sejenis KPK) cuma ngomong doang tapi tak berani tangkap?????
      Apa yg kau sombongkan hai malaysia???

  22. Bung Nyubi ini adalah contoh anak bangsa Indonesia yang tidak bangga akan INDONESIA. dia lupa kalo sudah dilahirkan dan dibesarkan di bumi pertiwi INDONESIA. Apa yang telah diperbuat oleh anak-anak bangsa ini selalu saja diremehkan, dianggap tidak bermanfaat. Semoga jangan bertambah lagi anak-anak bangsa yang seperti ini ,,,

    Bung Nyubi, pernahkah anda berfikir, untuk sekedar menjahit dan merangkai besi (seperti yang anda katakan) itu juga harus belajar dan ada teknologi yang harus dimiliki? Padahal anda sendiri sudah menjawabnya, kalo Malaysia pun untuk mengejar ketertinggalannya dari INDONESIA harus sampai mendatangkan guru-guru dari INDONESIA. Harusnya Malaysia bersyukur dan berterima kasih dengan bangsa INDONESIA. Namun, apa yang terjadi sekarang?

    Semoga anda juga sadar, bahwa untuk menjadi BESAR harus dimulai dari yang kecil ,,, sehingga anda tidak perlu meremehkan bangsa INDONESIA ini yang ingin menjadi BESAR.

    • yup benar… untuk menjadi BESAR harus dimulai dari yang kecil… sehingga anda yang BESAR terlihat tidak berarti karena menyepelekan hal yang kecil

    • bacanya dengan seksama, jangan emosi, cerna yg baik agar tidak jadi paham yg buruk..
      ini cambuk buat para kepala batu yg jumawa, dan mengalihkan potret gambaran sebenarnya..
      jagan mudah terpropokasi.. kita sama sama bercermin saja, atau repormasi

      • setuju bung couvu.. gw liat banyak yg tulis kata “kita” “kita” kok seperti lempar batu sembunyi tangan.. klo semua bilang kita.. jadi sebenerny di Indonesia yg pinter siapa? harus PeDe dong.. bilang “saya” lebih pinter atau “saya” lihat sendiri.. gitu dong..

        ini jg kebiasaan orang indonesia.. 1 aja yang pinter semuany jd ngaku pinter hehehehe..

  23. Tehnisi dari PT PAL yg anda tahu siapa saja bung? Bisa disebutin nanti saya tanya kawan saya yg berkompeten di PT PAL

  24. Memang saya akui malaysia sdm dari indo banyak
    kita ketinggalan jauh dari malaysia dari infrastruktur maupun layanan masyarakat mereka sejak thn 1995 sdh maju dikita sangat tertinggal

    • halo none Srihuning, kenapa anda nyebut Indonesia cuma dengan sebutan Indo. Emang Nte orang mana, Nte kebangsaannya apa, Nte kelamaan di tetangge sebelah kali ya…

  25. Tak Usah Kecil Hati, ntar PTDI juga ada IFX yang bisa first look, first shoot and first kill … he he … tp kalo boleh ngarep PT PAL bikin Kapal Sekelas Kapal IRIAN deh lengkap dengan Persenjataan bawah laut, darat dan udara ..

  26. Tenang saja. SDM Indonesia jauh lebih maju. Di kita yang terutama masih perlu ditingkatkan adalah pengelolaannya, selain pemberantasan korupsi. Itu sebabnya kenapa SDM kita kalau di luar menjadi kelihatan karyanya. Maka perkembangan industri dalam negeri yang mulai semarak semoga makin meningkat. Berharap pemerintah berikutnya bisa melanjutkan dan meningkatkannya.

  27. Jgn sampai rasa nasionalis dan kebanggaanmu terhadap negeri membuatmu buta mata, tetep harus realistis dong.. Ga usah trllu jumawa, toh teknologi yg kita pasang cmn hasil comotan. Klu gini aja trllu dibangga2in dan cenderung merendahkan bangsa lain, sbenarnya itu menunjukan level dr diri anda sndiri.
    Ga perlu sya contohkan apa sja kemajuan malay ktimbang Indonesia, sdh umum.
    Apresiasi, tentu sja, bukan sesuatu yg mudah membangun alutsista2 yg ada. Namun, alangkah baiknya kita ttp keep calm, merendah, klu memang bangsa kita lbih maju bangsa lain bisa melihatnya. Jd tak perlu sesumbar..
    Sbenarnya anda2 ini takut klu malay ternyata bisa bangun kapal diatas?? Pasti syok!
    Tp begitulah level nasionalismu πŸ˜€

    • setuju..

    • tapi bagaimana sekarang kenyataannya? yang terjadi justru kebalikan dari zaman dulu? malaysia justru terbuai dengan kemengahan masa lalu ketika mereka berhasil mengalahkan indonesia, sementara indonesia justru sedang bersemangat dalam banyak hal untuk menjadi yang terdepan di kawasan asean. justru orang malaysia sendiri yang mulai menyadari bahwa mereka banyak tertinggal dari indonesia sekarang sebagaimana banyak dari bangsa indonesia dulu memuji malaysia dengan kemajuannya. padahal kenyataannya pada saat itu nggak semua kita tertinggal dengan malaysia dan sekarang indonesia nggak semuanya lebih baik daripada malaysia. masing masing ada kelemahannya, dan saat ini kelemahan malaysia lebih banyak dari indonesia berkebalikan dengan 10-15 tahun yang lalu…salam

      maaf, opini pengangguran

    • Setuju bung Nyubie..

  28. Ini menjadi PR pemerintahan yang baru, jangan hanya nangkepin tersangka teroris cere di dalam negeri saja. Nyata sudah musuh kita datang dari negara luar. Lihat aussie, malon, s’poor, mereka sudah siapkan peralatan untuk kemungkinan terburuk class action dengan negara lain, tidak menutup kemungkinan dengan negeri kita. Bangunlah para bapa petinggi negeri, jangan kalian asyk menjadi pesohor tapi jadilah satria pelindung NKRI. Sebel rasanya kalo lihat kalian saling menjatuhkan satu dengan yang lain dengan cara cara yang tidak terhormat. Hormatilah sesama pemimpin, dan berikanlah kepada kami rakyat Indonesia tauladan yang baik. Maka pasti akan jaya NKRI.

  29. Kenapa apapun yg dilakukan oleh negara tetangga sll dianggap hebat, dianggap wah? Kenapa hrs minder dng orang luar? Kapan kepala qt tegak, menatap tajam (bukan menunduk) dng lawan bicara qt? Mana kebanggaan qt sbg anak negeri yg bangga dng produk buatan dalam negeri? Ayo bangun, saatnya tunjukkan pd dunia bahwa Indonesia pasti bisa!

    • betul bung Ekki..santai saja yaa…mereka masih rencana kita sudah bikin 3 kcr 40 ,2 kcr 60,1 lst bintuni (maaf mungkin kurang tepat jumlahnya)…yang rencananya bakal jadi adalah target 16 kcr 40,16 kcr 60,3 sigma,3 KS.,..mereka baru mau bikin kita sudah jadi ….jauuuh melangkah kedepan…ini justru jadi penyemangat bagi kita,bahwa apa yang dilakukan Indonesia sekarang mulai diperhitungkan dikawasan sekitar dan lebih bangga nya lagi adalah banyak yang dibuat didalam negeri…justru yang harus bersiap siap adalah sekitar 400 an hari lagi kita akan menghadapi pasar bebas ASEAN….

  30. lawan tangguh buat the next klewang.,,

  31. ngpv meko rencananya 27 yang jadi cuma 6
    sekarang sgpv, memangnya malaysia punya uang ? HOAK πŸ˜€

  32. Emg anggaran militer malaysia besar bung???mereka cma besar mulut bung…cek d http://www.globalfire.com anggaran militer indonesia hanya kalah oleh singporn

  33. semoga memang orang sonora bung LU-m….yg lebih berbahaya kan ternyata sama dg kita dan menjadi antek asing???

  34. Di lihat aja..
    Sampai kapan dan terbangun,dia br belajar omg kita sudah belajar membuat,
    jgn hiraukan koar2, tetep fokus jalan kedepan biar lambat tp pasti jgn menoleh kebelakang.. LANJUTKAN
    NKRI HARGA MATI

  35. Assalamualaikum wr.wb
    Malaysia akan selalu tertinggal bilamana tidak ada lembaga seperti KPK.
    untuk membentuk lembaga KPK di Malaysia sebaiknya merekrut anggota KPK, karena sudah berpengalaman πŸ˜€
    kalau salah ya maaf πŸ˜€
    maaf oot πŸ˜€

  36. Walopun kalah bobot kalo utk kelas korvet TNI-AL sudah punya korvet kelas Diponegoro dan kelas Bung Tomo yg sebentar lagi datang jadi TNI-AL malah sudah siap dulu…dan yg dalam pembangunan adalah PKR-150 yg pasti kalo sudah jadi akan membuat para negara tetangga hrus keluar duit bt kapal baru yg lebih hebat, lebih mahal daripada milik TNI-AL kita lihat saja nanti

  37. Kalo mau maju jangan cuman malaysia bandingannya tapi china, jerman, amrika, rusia. Untuk sdm seharusnya pemerintah harus seleksi benar2 tki kita jangan kirim tki non formal lagi bikin malu rakyat Indonesia aja.

  38. Sebenarnya TNI ingin mengganti kapal korvet Parchim class yg sudah lawas itu yg jumlahnya belasan kapal dengan kapal baru yang levelnya lebih tinggi karena korvet yg sekarang dari jarak jelajahnya masih kurang utk mengcover wilayah NKRI yg luas , termasuk persenjataannya yg masih kurang menggigit.
    Jadi kedepannya , kemungkinan TNI tdk akan menambah korvet lagi tp langsung menggunakan PKR10514 Light fregat. Sedangkan utk mengganti Fregat Vanspeijk, sepertinya akan ada design baru buatan sendiri diatas PKR10514 (mungkin panjang sekitar 120~125 m, berat >3000 ton ) untuk ocean going. Ini cuma perkiraan saya saja. maaf kalo meleset..

    • setuju bung palapa

    • PKR 10514 nanti kelasnya juga tetep Korvet
      tetapi kelas Korvet Ocean Going,,

      Real Fregat kalu yang baru Indonesia akan membikin sendiri dari pengembangan PKR 10514 yang diStreching, (dipanjangin)
      Untuk mencukupi kebutuhan mengatasi stopgap maka diambillah yang bekas dulu
      Moga nanti 5 oktober sudah terkirim

      • yg bekas itu maksudnya bung tomo cs itu ya bung…

        • coba korek2 lagi majalah jkgr lawas bung, disitu dibabar ndan nara.
          kalo yg baru? sebabnya kita pilih sigma karena sistem modulnya bisa dimodif ukurannya cmiiw (colex me if i’m wrong)

          • ok bung…soale cluenya cak nara jenisnya macem2…moga2 bener 5 okt nanti bisa disaksiken bersamasama

      • Ass wr wb Kang Ss dn warjak ijin nyimak koment dikit πŸ™‚
        Bner kang Ss ,sesudah pembangunan PKR 10514 ,kt bakal bikin real Fregat,dan kt ga hanya membuat 2 PKR saja,saat ini kebutuhan Kapur seklas Ocean goin Korvet itu minimal 20 unit smp tahun 2024, minimal loh,nanti setelah pembanguan PKR 10514 yg ke empat Insya Alloh Swt kt akan mengembangkan dan membuat real Fregat ,yg akan menggantikan AMY class kedepannya,itu aja sih yg sya pernah dengar dr beberapa orang,kurang lbh nya saya mohon maap,maklum orang awam di dunia militer,hehehe……

        • hehehe… mosok sih awam Bung? bo’ong dosa lho… hahahaha…. salam hangat Bung KRI :mrgreen:

          • Hahaha….bneran bung ak masih awam hehehe…
            Btw ko masih pd suka ngukur kekuatan kapur dr ukurannya ya bung,pd hal,hal yg utama selain alutsista di kapur tersebut adalah strategi dan taktik dlapangan dlm suatu perempuran ya bung πŸ™‚ ,kaya dl kilo ruski ngerjain ks nuke us,komar mesir ngancurin kapur sekelas fregat israel,ks U-209 kt ngerjain los angles class us wkt latihan bersama dll,jd klo menurut pandanagan saya sebagai orang awam malay bikin kapur mah ga usah panik,hehehe….
            Bneran bung ak masih newbie,hehehe….salam jg Bung Ps πŸ™‚

      • Bremeen class oeyy…. semoga

  39. Yang pasti TNI kita dah punya perhintungan..mateng dgn tetangga2 kita…yang penting negara ini jangan hilang nasionalisme nya..maap..ya…

  40. Ndak papa ada kabar begitu, biar kita tambah semangat….., moga PT PAL diberi kepercayaan dan kemudahan dalam berkarya…., moga sehat2 semua. Salam NKRI

  41. Malaysia sekarang kondisinya seperti indonesia sebelum reformasi. Tampak bagus (jaguh) di luar, tapi tak seindah warna aslinya. Mereka lebih suka yang instan agar nampak hebat. Termasuk di bidang alutsista. Malaysia sejak dulu paranoid terhadap indonesia, sehingga mereka berusaha selalu lebih maju dr Indonesia. Namun apakah SDM dan SDA nya mampu? indonesia adalah raksasa yang sudah mulai bangun dr tidurnya justru karena tingkah pongah tetangganya yang koboy, usil dan mungil. Tentu saja SDA yg kaya tanpa SDM yg baik akan sangat menyedihkan. Namun SDM yg hebat tanpa dukungan SDA, akan sangat rapuh dan mengkhawatirkan. Akan tetapi SDM yg baik + SDA yg berlimpah, alangkah dahsyatnya! Itulah Indonesia. Maaf, raksasa itu mulai bangun, dan memang sudah waktunya.

  42. Mengenai SDM negara Indonesia lebih maju dari Malaysia.
    Maaf, di negri Malaysia sendiri warga negara Indonesia dati level bawah hingga para ahli banyak yang mengadu nasib di sana.
    Mengenai teknologi militer kita harus melihat dahulu dari mana kita akan mengambil sudut pandang kita yang kita akan bahas.
    Jika mengenai perlengkapan yang akan di instal, itu tergantung pihak ke tiga yang akan kita pilih (siapakah / buatan manakah yang akan kita instal di armada kita.)
    Ukuran dan berat tidaklah menjamin kapal perang mereka lebih baik di bandingkan dengan PKR Sigma TNI AL kita.
    Saya hanya berharap untuk kedepannya PKR Sigma TNI AL di instal radar, sonar serta rudal yang range-nya lebih jauh lagi.
    Semoga saja tahun 2018 sistem satelit militer kita sudah dapat terkoneksi dengan semua armada tempur militer Indonesia.

    Jika ada yang salah, saya mohon pencerahannya…
    Wassalam…

 Leave a Reply