Nov 112018
 

Jet tempur siluman Su-57 di parade Hari Kemenangan Rusia © Kemenhan Rusia via Wikimedia Commons

Moskow, Jakartagreater.com  –   Pesawat jet tempur canggih generasi kelima Sukhoi Su-57 Rusia menggabungkan fungsi pesawat tempur F-22 dan F-35 AS tetapi mengungguli mereka, ujar Kepala Desainer – Direktur Biro Desain Sukhoi Mikhail Strelets dalam siaran langsung di Saluran TV Zvezda, Jumat 9-11-2018, dirilis TASS, Jumat 9-11-2018.

Jet tempur ini mampu secara efektif menyelesaikan misi untuk menghancurkan target baik udara dan darat dibandingkan dengan pesawat AS yang hanya fokus pada tugas-tugas tertentu, kata kepala perancang Sukhoi.

“F-22 awalnya dikembangkan sebagai pesawat untuk mendapatkan superioritas udara. Tetapi akhirnya Amerika menyadari bahwa adalah sesuatu yang salah bila mendesain pesawat hanya untuk membawa Rudal udara-ke-udara dan akhirnya membuat juga agar cocok membawa rudal udara-ke-permukaan, ke dalam kompartemen senjata yang ada. Tetapi konfigurasi kompartemen tidak memungkinkan menempatkan kargo yang lebih besar, “kata Direktur Biro Desain Sukhoi Mikhail Strelets.

Para perancang Su-57 (PAK FA, the Prospective Airborne Complex of Frontline Aviation) menghadapi tugas mengembangkan pesawat multi-fungsi, katanya.

“Mengenai beban yang dapat dibawa pesawat, beratnya semakin besar rasionya, semakin tinggi kualitas pesawat dari sudut pandang pembawa. Hal yang sama berkaitan dengan volume dan berat persenjataan senjata yang ditempatkan di gagang internalnya. Dan dapat dikatakan bahwa dengan indikator ini Su-57 tidak memiliki saingan di antara pesawat generasi kelima, “Mikhail Strelets menekankan, mencatat bahwa PAK FA juga tak tertandingi oleh kemampuan akselerasinya.

“Ternyata begitu, dan kami tidak memilih ini secara khusus tetapi jika Anda menjumlahkan 22 dan 35, Anda mendapatkan angka 57,” kata kepala perancang Sukhoi.

Jet tempur Su-57

Pesawat tempur generasi kelima Prospective Aviation Complex of Frontline Aviation (PAK FA) Rusia terbang untuk pertama kalinya pada tahun 2010. Seperti yang dilaporkan pada bulan Agustus 2017, Jet tempur generasi kelima PAK FA Rusia menerima indeks seri Su-57. Pesawat tempur mutakhir melakukan penerbangan pertamanya dengan mesin baru pada 5 Desember 2017.

Pekerjaan desain eksperimental Jet tempur paling canggih ini, harus diselesaikan pada tahun 2019 dan pengirimannya ke pasukan harus dimulai pada saat itu. Sebagai Deputi Menteri Pertahanan Rusia Alexei Krivoruchko mengatakan sebelumnya, batch pertama untuk Angkatan Bersenjata Rusia akan terdiri dari 15 pesawat tempur.

Jet tempur Su-57 generasi kelima Rusia menampilkan teknologi siluman dengan penggunaan material komposit yang luas, mampu mempertahankan kecepatan jelajah supersonik dan dilengkapi dengan peralatan radio elektronik yang paling canggih, termasuk komputer onboard yang kuat disebut pilot kedua elektronik, sistem radar meliputi di seluruh bodynya dan beberapa inovasi lainnya, khususnya, persenjataan yang ditempatkan di dalam badan pesawat.

Bagikan:

  22 Responses to “Desainer: Su-57 Rusia Gabungkan Fungsi F-22 dan F-35 AS”

  1.  

    SU-35 blm jelas

  2.  

    Ooooh kiranya konsep SU57 melebihi eksfektasi saya… karna hanya menambah kemampuan serangan permukaan…!?!?!
    Dengan bermesin ganda dan postur yang besar sudah seharus nya akan mampu membawa beban lebih terutama senjata…!!!
    Bila semua berjalan sesuai yang direncanakan mungkin memang benar bisa melebihi F gen 5…tapi tanpaknya terlalu dini untuk mengklaim sebuah hasil tanpa pembuktian…!!!
    Sedang F juga harus banyak berkorban dengan cacian dan kritikan hanya untuk pembuktian dengan segala uji coba…!!!
    Tapi menarik bila kita lihat persaingan pespur gen 5 karna semua tidak terlalu jauh dalam memulai pengembangan nya…mungkin tiga pesawat akan bersaing untuk kata unggul dan sukses baik F dan SU atau J…atau mungkin akan ada pesawat gen 5 lain nya yang meramaikan peta persaingan pespur gen5…jadi masih ditunggu dan waktu pula yang akan membuktikan nya…WAIT AND SEE

  3.  

    simpelnya ya jet tempur Multiperan….Jack of all trades

    namun filosofi taktik perang kan berbeda ada yg menginginkan jet tempur punya spesialisasi sendiri2

  4.  

    SU 57 dgn mesin gen terbarunya tidak lama lg akan terbang dgn body & sayap pesawat menggunakan material komposit ringan kuat modern & canggih anti deteksi
    😆 😆

  5.  

    Perlu diadu tanding agar bs terbukti mn yg terbaik!

  6.  

    KFC/IFX,juga remang”, SU,35 malah kabar kaburnya jg ragu”,itu untuk Indonesia,untuk Rusia segala teknologinya ya jelas karena dia bikin,begitu juga USA.

  7.  

    pesawat ini layak di beli.
    dan jgn lupa pk barter ya

  8.  

    Su-57 VS F-22 Which One is the Best ?

    https://www.youtube.com/watch?v=x_WWhl_EGAQ

  9.  

    Kasus pespur gen 5 membuat Rusia kewalahan soal perlombaan teknologi senjata terhadap AS. Jangankan menandingi, mengimbangi F-22 AS sekalipun sangat sulit. Akhirnya Rusia memutuskan serius mengembangkan antidot pespur siluman yaitu S-Series, dan terbukti efektif sesudah di deploy di Suriah.

 Leave a Reply