Aug 212017
 

Destroyer Amerika Serikat USS John S. McCain, saat berpatroli di Laut China Selatan, 22/1/2017 (US DoD / Navy Petty Officer 3rd Class James Vazquez)

Seoul – Sepuluh anggota Angkatan Laut AS hilang dan lima lainnya cedera setelah destroyer USS John S. McCain bertabrakan dengan sebuah kapal tanker minyak di dekat Singapura pada Senin pagi, 21/8/2017.

Ini adalah kedua kalinya dalam dua bulan bahwa kapal perusak Angkatan Laut AS yang berbasis di pelabuhan Armade ke-7 Yokosuka, Jepang, telah terlibat dalam sebuah tabrakan. Tujuh pelaut tewas saat USS Fitzgerald bertabrakan dengan sebuah kapal kontainer di selatan Jepang pada bulan Juni lalu.

Kapal perusak rudal dan kapal dagang berbendera Liberia Alnic MC bertabrakan di dekat Selat Malaka pada pukul 5:24 waktu setempat, Armada ke-7 Angkatan Laut mengatakan dalam sebuah pernyataan.

Laporan awal menunjukkan bahwa destroyer tersebut mengalami kerusakan pada sisi di bagian belakang, namun saat ini berlayar di bawah kekuatannya sendiri dan menuju ke pelabuhan di Singapura.

“Tingkat kerusakan dan cedera personil sedang ditentukan,” kata Armada ke-7.

Upaya pencarian dan penyelamatan sedang dilakukan. Helikopter Seahawk Angkatan Laut AS. dan Ospreys telah dimobilisasi, bergabung dengan kapal tunda dari Singapura, kapal Angkatan Laut Singapura dan helikopter, dan sebuah kapal penjaga pantai polisi Singapura.

“Prioritas pertama kami adalah menentukan keamanan kapal dan awak kapal,” kata Adm John Richardson, kepala operasi angkatan laut, melalui Twitter. “Semakin banyak informasi yang dipelajari, kami akan membagikannya.”

Armada ke-7 mendirikan pusat bantuan darurat di Yokosuka untuk anggota keluarga kru Destroyer McCain.

Presiden Trump, yang kembali ke Gedung Putih pada hari Minggu malam, menanggapi pertanyaan wartawan tentang tabrakan tersebut dengan mengatakan: “Itu terlalu buruk.”

McCain, merupakan kapal perusak kelas Arleigh Burke dengan panjang 505 kaki yang berbasis di pelabuhan Armada ke-7 di Yokosuka, Jepang, dalam perjalanan ke kunjungan rutin di Singapura. Data pengiriman menunjukkan bahwa Alnic, sebuah kapal tanker minyak sepanjang 600 kaki dengan bobot mati 50.760 ton, juga sedang dalam perjalanan ke Singapura.

Tabrakan ini terjadi hanya beberapa hari setelah Angkatan Laut mengeluarkan laporan yang melaporkan kesalahan yang menyebabkan tabrakan antara USS Fitzgerald – juga perusak kelas Arleigh Burke yang berbasis di Yokosuka – dengan sebuah kapal kontainer yang jauh lebih besar tepat di sebelah selatan Jepang pada bulan Juni.

Tabrakan tersebut menewaskan tujuh pelaut, yang semuanya tenggelam di kompartemen tempat tidur mereka saat kapal kontainer menabrak destroyer.

Angkatan Laut AS mengatakan pekan lalu bahwa pihaknya akan mendisiplinkan selusin pelaut yang berada di kapal Fitzgerald, termasuk dua perwira teratas dan pelaut papan atas, yang karirnya hampir pasti berakhir. Washingtonpost.com.

  50 Responses to “Destroyer Amerika Serikat Tabrakan, 10 Pelaut Hilang, 5 Terluka”

  1. Resiko dilaut klo ga tabrakan sm kapal lain ya dihantam gelombang…semoga yg hilang bs ditemukan…

  2. mamarika sedang berduka walaupun alatnya sangatlah canggih tetap aja kecelakaan itu namanya karma

    • Betul bgt bung @jemblik21…alat2 canggih ciptaan manusia jg…dan yg menjalankan pun manusia, jd human erorr lah yg paling bertanggung jawab atas kecelakaan ini…

    • hahaa, iya bung jemblink,
      tetapi tempo hari ada yang eforia banget waktu kapal perang rusia tabrakan di turki.
      Pake analisa aneh-aneh segala , … ujung-ujung bully itu kaprang rusia…

      Ini udah dua kali punya Amrik , ga pernah komen tuh …?
      padahal Zumlat baru seminggu juga udah nabrak-nabrak … coba ?

      • Mungkin yg dimaksud bung Senopati Pamungkas itu adalah bung Tukang Ngitung, Phd

        Mohon bung Tukang Ngitung bisa menjawab, jng sembunyi dipojokan sambil makan singkong krismon…xixixi

      • Zumwalt nabrak-nabrak ? Itu sih yang mengemudikan yang nabrak, khan baru seminggu artinya baru belajar mengemudikan Zumwalt. Jadi ya wajar aja.

        Xixixixi

        Soal destroyer yang tabrakan sama kapal cargo atau kapal tanker mah itu artinya destroyernya mau merasakan senasib sependeritaan seperti kawannya.

        Itulah artinya sahabat sejati, mau sehidup semati.

        Xixixixi

        Soal kapal Rusia yang diberitakan tenggelam gara-gara ketemu kapal sapi itu, kapal Rusia itu sedang menjalankan moda multirole sebagai kapal selam, itulah canggihnya kapal Rusia.

        Kapal Rusia itu hebat dan canggih :

        Kapal selam bisa menjalankan fitur siluman sehingga dikira lawan sebagai sepur uap wisata.
        Kapal intelejen bisa multirole sebagai kapal selam.

        Hebat khan ?

        Xixixixi

        • Bung Ruskey : bisa ajah inget nya …
          Bung PHD : bisa ajah jawab nya …

          hahaha …

          Omong-omong sayembaran buat Bung Berdua, Bung Jimy,Pocong, colibri, nuncaku, welleh, GI/DR, dan bung-bung lainnya dah …
          Tau enggak kenapa angka 35 jadi “angka sakti” nama-nama pespur jaman sekarang ? klo bisa tak kasih sepeda …

          • Kalau dikasih nomor 15 khan udah ada F15.

            Kalau dikasih nomor 45 nanti dikira buatan RI.

            Kalau dikasih nomor 25 nanti bung Senopati malah jadi goyang 25.

            Xixixixi

    • woi ncong… besok2 kalo indonesia sdh benar2 menerapkan kecanggihan sistem pertahanan laut tetap aja kemungkinan kecelakaan ttap ada, jgn berfikir munak gitulah

  3. Mungkin terinspirasi sama kapal rusia yg nabrak bbrpa bln kemarin….kaya gak tau amerika aja kan gk mau kalah sama rusia strong….wkwkkwkwk

  4. Belum perang sudah karam!! Kapal perang yang terlalu canggih apa personil kapalnya yg bego”

  5. Fungsi Radar nya gimana ??

  6. Namanya juga kecelakaan, memangnya mereka sudah janjian mau tabrakan disitu?

  7. Ada 2 kemungkinan penyebabnya, itu adalah kelalaian nahkoda dipengendali kapl termasuk radarnya yg kedua mungkin trbawa ombak

  8. Kapal dgn pralatan tr canggi bisa nabrak jga.. pak gk llbisa liat tu..

  9. Arleigh Burje yg katanya tercanggih sekolong langit, ternyata bisa nabrak tanker…….. kecanggihannya harus dipertanyakan.

  10. Kasian dech loe…. hhh

  11. Saking canggihnya ampek tabrakan

  12. Akibat lelah jg meriang (merindukan kasih sayang) gak ketemu anak bini atau kekasih tuh para pelaut AS, kebanyakan dosa jajan setiap singgah dan merocoki kawasan!

  13. Canggi banget yah

  14. apapun bisa terjadi.. apalagi di laut.. sulit bagi manusia mengendalikan yg memang bukan tempat manusia..

    • Benar sekali bung…yang jelas tabrakan itu tidak disengaja…beda hal nya dgn prilaku tuan rumah seagames yg spt nya sengaja membuat kejadian fatal kemaren…tp itu hanya opini, semoga aja benar tdk sengaja…

  15. Kayaknya ketika nanti Perang daripada nyerahin kapal TNI AL di garis depan mending kapal Kargo. mirip2 kamikaze gitu. tabrak mang tabrak… xixixixixi… 😀

  16. Kagak moncer nih destroyer. Xixixixixixixi

  17. Gara2 ini kapalku ngepam

  18. Belum di tembak Korut udah karam duluan,dasar kapal perang odong2.

  19. Nie destroyer yg dikirim ke lcs ya min,,,
    (Kata chino)
    Syukurin…maka nya jgn so so jago
    Blm apa” dah ampir karam gimana head to head dgn chino
    mampus loe

  20. Ini mah permainan politik militer seperti halnya uni soviet/rusia vs amrik dr dlu ampe skarang… Kapal selamnya ajj pura² tbrakan d dlam air..ini mending d atas air …. Biasa itu ma

  21. Destroyer bisa tabrakan?? Pdhl kpl itu sgede gaban bisa gk kliatan?? ICBM aj ktnya keliatan yg jauh d angkasa,,kya pepatah Gajah d depan mata tak terlihat semut d sebrang laut terlihat,, Destroyer Clas Alrighbruke itu seperti rabun jauh wkwkwk

  22. wah kapalNya kenak guna guna itu..

  23. kapal perang canggih kah ??………

  24. ga usah menghubung2kan kecanggihan dgn kecelakaan bro….. , kalo misi berjalan (ada serangan) pasti destroyer paling tahan, ini mah masalah navigasi ga ada hubungn dgn perang ato apalah itu namanya, rusia aja lebih sering tabrakan di perbatasan alaska, rata2 benYOK , emg sih kelihatannya mamarica lebih parah, tapi yg jelas kecanggihan tak berhubungan dgn tabrakan, tentu saja hrs berani ambil resiko ditabrak ato menabrak (sesuai fungsi yaitu pertahanan kelautan)

 Leave a Reply