Destroyer AS dan Kapal AL Rusia Bersitegang di Laut Arab

Jakartagreater.com – Akun twitter Komando Pusat Armada Kelima Angkatan Laut AS merilis berita bahwa kapal destroyer mereka USS Farragut (DDG 99), didekati secara agresif oleh kapal Angkatan Laut Rusia dengan menyebutkan:

Pada hari Kamis, 9 Januari 2020, saat melakukan operasi rutin di Laut Arab Utara, USS Farragut (DDG 99) didekati secara agresif oleh kapal Angkatan Laut Rusia.

Farragut membunyikan lima ledakan pendek, sinyal maritim internasional untuk bahaya tabrakan, dan meminta kapal Rusia mengubah arah sesuai dengan aturan internasional jalan.

Kapal Rusia awalnya menolak tetapi akhirnya mengubah arah dan kedua kapal membuka jarak satu sama lain. Sementara kapal Rusia mengambil tindakan, penundaan awal dalam mematuhi aturan internasional sementara itu membuat pendekatan agresif meningkatkan risiko tabrakan. Angkatan Laut AS terus tetap waspada dan dilatih untuk bertindak secara profesional.

Tanggapan Moskow

Sementara, pihak Rusia mengatakan, kapal destroyer AS melintasi jalur lalu lintas kapal Angkatan Laut Rusia di Laut Arab, dan kru Amerika bertindak tidak profesional, ujar Kementerian Pertahanan Rusia, dalam sebuah pernyataan hari Jumat, 11-01-2020, dirilis TASS.

Kementerian Pertahanan Rusia mengatakan bahwa Konvensi 1972 tentang Peraturan Internasional untuk Mencegah Tabrakan di Laut mendefinisikan bahwa “ketika 2 kapal yang digerakkan daya menyeberang sehingga melibatkan risiko tabrakan, kapal yang memiliki yang lain di sisi kanannya sendiri harus tetap keluar dari jalan.”

“Oleh karena itu, pada 9 Januari 2020, kapal perusak Angkatan Laut AS, yang berada di sebelah kiri dari jalur lalu lintas kapal Angkatan Laut Rusia yang berlayar di depan, secara kasar melanggar peraturan internasional untuk mencegah tabrakan di laut, dengan bermanuver untuk menyeberang,” Kata Kementerian Pertahanan.

Menurut Kementerian Pertahanan Rusia, tindakan tidak profesional oleh kru kapal perusak AS “adalah pelanggaran yang disengaja terhadap peraturan internasional tentang keselamatan navigasi.”

Bersamaan dengan ini, Kementerian Pertahanan Rusia mengatakan pernyataan Armada Kelima AS bahwa kapal Angkatan Laut Rusia “mendekati secara agresif” USS Farragut tidak benar.

“Pernyataan yang dipublikasikan secara luas oleh perwakilan dari Armada ke-5 Angkatan Laut AS bahwa kapal Angkatan Laut Rusia yang diduga ‘mendekati’ perusak USS Farragut secara agresif di Laut Arab adalah tidak benar,” kata pernyataan itu.

Kementerian Pertahanan Rusia menunjukkan bahwa “awak kapal angkatan laut Rusia bertindak secara profesional melakukan manuver yang memungkinkan untuk mencegah tabrakan dengan kapal pengganggu.” Fakta itu difilmkan oleh kamera di atas kapal perusak Armada Kelima Angkatan Laut AS yang diposting di Twitter, menurut Kementerian Pertahanan Rusia.

Sebelumnya, Armada Kelima AS mengeluarkan pernyataan yang menuduh kapal perang Rusia “mendekati” USS Farragut secara agresif. Rekaman yang menunjukkan Ivan Hurs, kapal pengumpul intelijen kelas 18280 Proyek Rusia, dilampirkan pada pos.

22 pemikiran pada “Destroyer AS dan Kapal AL Rusia Bersitegang di Laut Arab”

    • Aye penggemar mendoan, tolong jgn fitnah mendoan untuk meledek yg bernyali minimalis.
      Namun apapun itu, saling berbantahan dilautan internasional dg membawa seabrek perlengkapan perang sebenarnya sangat riskan, apakah selama ini tdk ada badan atau apapun namanya dari lembaga internasional yg bisa menyidik dan mengadili siapa pun pihak yg paling patut disalahkan? Dalam insiden-insiden militer diluar peperangan …

      • Bener bang terlalu sering atau hobby makan mendoan berakibat ketagihan akut, misal ada kerjaan berat saking stressnya diimbangi pelariannya makan mendoan, padahal makan mendoan tidak mantap jika tidak sambil ngopi nah repotnya lagi ngopi tak mantap pula jika tidak dibarengi dengan merokok, supaya bisa dinikmati merokok nya yang diakibatkan stress ya sambil makan mendoan tadi, dst dst…dst nya

  1. Aye penggemar mendoan, tolong jgn fitnah mendoan untuk meledek yg bernyali minimalis.
    Namun apapun itu, saling berbantahan dilautan internasional dg membawa seabrek perlengkapan perang sebenarnya sangat riskan, apakah selama ini tdk ada badan atau apapun namanya dari lembaga internasional yg bisa menyidik dan mengadili siapa pun pihak yg paling patut disalahkan? Dalam insiden-insiden militer diluar peperangan …

  2. Di Video itu terdengar rekaman suara kejadian saat kapal destroyer USS Farragut (DDG 99) dikejar kapal Perang Rusia, jeritan ketakutan para ABK USS Farragut (DDG 99), ada yg menangis sambil berlutut dan berdoa segala. Bahkan kapten kapal USS Farragut (DDG 99) gemetar dan berkeringat sampai tercirit basah celananya saking sangat takutnya……xicixicixicixicixici

Tinggalkan komentar