Mei 132019
 

File:SM-3-launch-USS ShilohFrom Wikimedia Commons, the free media repository.

Brussel, Jakartagreater.com – Destroyer AS USS Roosevelt, yang terlibat dalam latihan pertahanan rudal NATO menembakkan Rudal SM-3 pada hari Sabtu 11-5-2019, ujar Pasukan Angkatan Laut AS Eropa-Afrika, dirilis Sputniknews.com pada Sabtu 11 Mei 2019.

“USS Roosevelt menembakkan Rudal SM-3 dalam latihan Formidable Shield 2019 (FS19) .  Latihan FS19 meningkatkan interoperabilitas sekutu dalam lingkungan tembakan langsung, lingkungan pertahanan udara dan rudal terintegrasi  yang melibatkan 9 negara,” tulis pasukan Amerika di Twitter.

Menurut NATO, kapal-kapal dari sembilan anggota organisasi – Amerika Serikat, Kanada, Denmark, Prancis, Italia, Belanda, Norwegia, Spanyol, dan Inggris – ikut serta dalam latihan tembakan udara dan rudal pertahanan, yang berjudul Formidable Shield (FS).

Latihan dimulai pada 7 Mei 2019 dan akan berlangsung hingga 19 Mei 2019 di lepas pantai Skotlandia. Selama latihan, di mana 13 kapal, 10 pesawat dan sekitar 3.300 staf terlibat, sekutu berlatih mendeteksi, melacak dan mempertahankan terhadap berbagai Rudal anti-kapal dan Balistik menggunakan perintah NATO dan prosedur kontrol.

Latihan tersebut dilakukan setelah Presiden AS Donald Trump mempresentasikan pada Maret 2019 sebuah strategi pertahanan Rudal baru, yang mempertimbangkan tantangan baru, termasuk dugaan ancaman yang datang dari Rusia.

Strategi yang dibayangkan, antara lain, bahwa kapasitas pertahanan Rudal AS di Rumania dan Polandia akan menerima modifikasi baru dari Rudal anti-balistik SM-3, yang memungkinkan intersepsi di luar atmosfer Bumi.

  2 Responses to “Destroyer AS Tembakkan Rudal Anti-Balistik SM-3”

  1.  

    Hanya satu peluncuran???