Destroyer Hobart Jadikan Australia Masuk Klub Elite Kapal Perang AEGIS

Destroyer Hobart (photo : Jane’s 360)

Seiring dengan mulai bergabungnya destroyer Hobart pertamanya, Australia kini sudah masuk ke dalam klub negara yang memiliki armada kapal perang dengan teknologi Aegis bersama Jepang, Spanyol, Norwegia, Republik Korea dan Amerika Serikat.

Destroyer Hobart merupakan kapal perang yang ke-107 bersama dengan kapal perang enam negara Sekutu lainnya yang memiliki kemampuan Aegis.

The Aegis Weapon System adalah sistem kontrol senjata terpusat, otomatis, dengan sistem kontrol dan komando yang dirancang sebagai sistem manajemen tempur total dari mulai deteksi, melacak, dan memandu rudal atau beberapa sistem persenjataan lainnya untuk menghancurkan target.

Aegis terdiri dari komponen senjata reaksi cepat berkemampuan anti pesawat (anti aircraft warfare), senjata pertahanan jarak dekat seperti CIWS Phalanx dan sistem peluncur rudal vertikal Mk 41 VL yang mampu meluncurkan rudal SM-2 dan SM-3, rudal Tomahawk dan rudal anti kapal selam.

Australia membangun destroyer Hobart di bawah program SEA 4000, tiga destroyer canggih multi-misi akan dibangun hingga akhir tahun 2019. Destroyer pertama dilengkapi dengan Sistem Senjata Aegis buatan Lockheed Martin, yang mengintegrasikan perangkat teknologi hardware dan software open architecture ke dalam sistem tempur.

Destroyer kedua dengan kemampuan Aegis, Brisbane terus dalam pembangunannya. Sebuah tim insinyur dan teknisi dari Lockheed Martin juga telah menyelesaikan pemasangan program komputer Aegis di atas kapal perusak Brisbane.

Leave a Reply