Destroyer USS Donald Cook Kembali Dipecundangi Jet Tempur Rusia

Pesawat pembom tempur Su-24 Rusia kembali melakukan manuver berbahaya diatas Destroyer USS Donald Cook. Pada tanggal 11 April, Donald Cook melakukan latihan pendaratan helikopter militer diatas deknya ketika dua SU-24 terbang sangat dekat dan rendah sekitar jam 15.00 waktu setempat. Penerbangan dua jet tempur Su-24 itu dianggap tidak aman oleh komandan kapal karena ada helikopter sekutu yang sedang mengisi bahan bakar diatas dek kapal. Sebagai tindakan pengamanan, operasi penerbangan helikopter ditunda sampai SU-24 meninggalkan daerah itu.

Sehari kemudian pada tanggal 12 April, saat Donald Cook beroperasi di perairan internasional di Laut Baltik, helikopter KA-27 Helix Rusia melakukan penerbangan rendah di sekitar kapal, kejadian sekitar jam 17:00 waktu lokal. Penerbangan helikopter Rusia itu juga dianggap tidak aman dan tidak profesional oleh komandan kapal.

Sekitar 40 menit setelah insiden dengan helikopter Rusia, dua jet tempur SU-24 jet kembali terbang dalam jarak dekat dan dengan ketinggian sangat rendah, melewati kapal perusak tersebut sebanyak sebelas kali. Pesawat pembom ringan tersebut terbang seperti melakukan simulasi serangan. Pihak pilot Rusia tidak menanggapi peringatan keselamatan penerbangan yang diulang dalam bahasa Inggris dan Rusia. komandan USS Donald Cook menganggap manuver ini sangat tidak aman dan tidak profesional.

USS Donald Cook (DDG-75) adalah kapal perusak rudal generasi ke-4 yang dilengkapi persenjataan rudal jelajah Tomahawk (daya jangkau 2.500 km), dan mampu membawa bahan peledak nuklir. Kapal ini membawa 56 rudal Tomahawk dalam modus reguler, dan 96 rudal dalam modus perang.

Kapal perusak AS dilengkapi dengan sistem tempur terbaru Aegis. Sistem persenjataan terintegrasi ini menghubungkan bersama sistem pertahanan rudal dari semua armada kapal perang sekutu dalam jaringan yang sama, untuk memastikan deteksi, pelacakan dan penghancuran ratusan target pada waktu yang sama. Selain itu, USS Donald Cook dilengkapi dengan 4 radar besar yang kekuatannya sebanding dengan beberapa stasiun radar. Untuk perlindungan udara, Destroyer ini membawa lebih dari lima puluh rudal anti-pesawat dari berbagai jenis.