Apr 262017
 

KRI Dewaruci (Tech. Sgt. Michael Holzworth)

Surabaya – Berlayar mengarungi Samudra, tak gentar menembus badai Samudra itulah jiwa pelaut sejati. Saat melewati Selat Karimata, Komandan KRI Dewaruci Letkol Laut (P) Rahardian Rahmadi, S.E., M.Tr (Han) menyambut kedatangan Dewa Neptunus dan Dewi Amphitrite beserta punggawanya di Geladak “H” KRI Dewaruci.

Selanjutnya Dewa Neptunus dan Dewi Amphitrite beserta punggawanya melaksanakan prosesi Mandi Katulistiwa, Kepada Pengawalnya Dewa Neptunus memerintahkan “Mandikan dan sucikan mereka“ saat itu seluruh barisan ABK , personel satlak dan seluruh Taruna yang belum dimandikan menghadap ke haluan dan duduk di Geladak untuk disucikan jiwa dan raganya. Kemudian Davy Jones memanggil nama – nama pelaut muda yang akan di babtis,selanjutnya Hantu Laut dan Beruang Laut memandikan mereka satu persatu dan memberi minum air suci.

Hal ini merupakan cuplikan skenario pada acara Mandi Katulistiwa yang dilaksanakan oleh Komandan dengan seluruh ABK KRI Dewaruci dan Satlak Lattek Navigasi Astronomi Taruna tingkat II Korps Pelaut Angkatan 64 tahun 2017. Mandi katulistiwa ini diikuti 65 personel yang terdiri dari 17 prajurit ABK KRI Dewaruci, 7 personel Satlak Lattek dan 41 Taruna tingkat II. Setelah prosesi dimandikan oleh Dewa Neptunus , seluruh peserta telah diterima dan diangkat menjadi putra Neptunus serta sah untuk dapat mengarungi 7 Samudra.

Dispen Koarmatim

  14 Responses to ““Dewa Neptunus” Hadir di KRI Dewaruci”

  1. PERTAMAX

  2. Wah namanya ada Hantu Laut,coba ada nickname ane juga ya,hahaha,

  3. Bravo !! Semoga selamat dn gak pade mabok ombak di laut sepanjang pelayaran

  4. Apa sii kehebatan KRI ini???

    • KRI DEWA RUCI itu masih berupa kapal layar dg tehnologi jadul bung @hanafi, system navigasinya masih mengandalkan posisi Celestial Navigation yaitu penentuan posisi kapal dengan menggunakan baringan matahari,bintang planet dan Bulan. cocok untuk cadet ( calon Perwira ) untuk belajar basic Navigation at sea. sama practical seamanship.

  5. kapal yg masih menggunakan tradisi leluhur dalam masa jaman sekarang

    bravo ..

  6. asik…. basah2an dong,,,,

  7. nggak ku ku liat gambar pertama….dewanya sih masih asik diliatnya…..dewinya ini…..dewi KW cyiiinnnn……wkwkwkwkwkwkkwkwkwkwkwk

  8. yg uniknya sertifikat mandi khatulistiwa dr KRI Dewa Ruci berlaku untuk semua KRI, namun sertifikat mandi Khatulistiwa dr kapal lain tidak berlaku d kapal Dewa Ruci
    jd biar punya sertifikat dr kapal fregat, destroyer ato kapal induk sekalipun ndk akan berlaku di kapal ini, wajib mandi lg tuh ….
    tradisi ucapan syukur setelah berhasil berlayar melewati khatulistiwa yg tetap d pertahankan oleh AL dunia, sekaligus membuktikan bahwa bumi itu bulat

  9. Tradisi bar bar koq masih dipakai, tradisi orang bule lg

  10. Kenapa gak pake tradisi asli RI! Seperti gak punya kebudayaan sendiri aja!

  11. Legend banget neh kapal …

  12. kalo tarunanya bkn muslim saya maklumi,,lah kalo ada yg muslim gmna,,bkanya itu udh musrik..percaya dewa-dewi

 Leave a Reply