Nov 062019
 

File: Babur Cruise Missiles Pakistan on a Truck  From Wikimedia Commons, the free media repository.

New Delhi, Jakartagreater.com   –  Angkatan Laut Pakistan berhasil meluncurkan Rudal anti-kapal dari pesawat serang cepat di Laut Arab Utara pada hari Selasa 5-11-2019, kata sayap media militer Pakistan, dirilis Sputniknews.com pada Selasa 5-11-2019.

Seorang pejabat Angkatan Laut mengatakan bahwa Rudal itu mengenai sasarannya secara akurat, yang disaksikan oleh Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana Zafar Mahmood Abbasi. “Kepala Angkatan Laut menghargai upaya unit, ilmuwan, dan insinyur yang relevan untuk menjadikan pengujian Rudal ini berhasil”.

Pakistan tidak mengungkapkan jenis Rudal yang diuji pada hari Selasa, tetapi itu bisa menjadi versi Angkatan Laut Babur, yang didasarkan pada Babur 1B. Rudal itu terakhir ditembakkan pada April 2019.

Tes itu dilakukan sehari setelah Kepala Jenderal Angkatan Darat Pakistan Qamar Javed Bajwa menyatakan tekad kuat untuk mempertahankan negara itu dari ancaman spektrum penuh.

Ilmuwan pertahanan India juga telah merencanakan serangkaian uji coba Rudal berkemampuan nuklirnya, seperti Rudal yang diluncurkan kapal selam K4, serta Rudal jelajah supersonik Agni 2, Prithvi, dan Brahmos dalam beberapa hari mendatang.

Sesuai laporan media India: “Persiapan sedang berjalan penuh untuk tes.  Fokusnya akan pada kinerja K-4 dan Agni-II karena kedua Rudal akan diuji dengan sistem canggih baru”.

Rudal K-4 jarak jauh (3.500 km) sejauh ini telah diuji 4 kali dengan sukses dari ponton bawah air. Pada 30 September 2019, perusahaan patungan Indo-Rusia BrahMos Rudal jelajah supersonik diuji coba dengan sukses dengan sistem propulsi India, badan pesawat, dan catu daya.

Tes-tes ini dilakukan dengan latar belakang penembakan terus-menerus di perbatasan selama 3 bulan terakhir setelah New Delhi membatalkan status khusus yang diberikan kepada negara bagian Jammu dan Kashmir di India pada 5 Agustus 2019.

Meskipun melepaskan tembakan dari artileri berat, kedua negara yang memiliki senjata nuklir itu melakukan sedikit hal untuk mengurangi konflik perbatasan mereka, dan situasi di lapangan tampaknya semakin memburuk setiap minggu.

  One Response to “Di Tengah Ketegangan Perbatasan, Pakistan dan India Uji Coba Rudal”

  1.  

    Kekuatan darat India tidaklah merata, dibandingkan Pakistan, makanya India terus mengandalkan Jetpur dan rudal saja, untuk mengcover luas daratan yg begitu luasnya. Kebalikan dgn Indonesia, luas lautannya begitu luas, kekuatan tempur laut terus di tambah, KCR60 ditambah dan di perbaruhi sistem rudalnya serta kelas fregat nambah juga jumlahnya.