May 292017
 

KRI Fatahillah-361 di Laut Natuna, Kepulauan Riau

Jakarta – Gugus Keamanan Laut Komando Armada RI Kawasan Barat (Guskamla Koarmabar) dipimpin Komandan Guskamlaarmabar Laksamana Pertama TNI Bambang Irwanto, M.Tr (Han), menangkap dan mengamankan kapal ikan asing (KIA) berbendera Vietnam yang sedang melakukan penangkapan ikan tanpa dilengkapi dokumen yang sah (ilegal fishing) di perairan Laut Natuna, Minggu (28/5/2017).

KIA berbendera Vietnam yang sedang melakukan penangkapan ikan secara ilegal tersebut, diperiksa dan diamankan oleh KRI Fatahillah-361 salah satu unsur di bawah kendali operasi (BKO) Guskamla Koarmabar. Saat dilaksanakan pemeriksaan pada posisi 06° 00’ 00’’ LU – 105° 53’ 30’’ BT, KIA Vietnam tersebut tampak dibayang-bayangi Cost Guard Vietnam dengan jarak kurang lebih 5 nm, namun pemeriksaan tetap dilaksanakan dikarenakan KIA Vietnam berada di wilayah perairan Zona Ekonomi Eksklusif Indonesia (ZEEI).

Dari hasil pemeriksaan sementara, KIA Vietnam tersebut diketahui bernama BD 10783 TS berbobot 50 GT dengan ABK berjumlah 6 orang dan diduga kuat telah melakukan pelanggaran batas wilayah perairan Indonesia dengan melakukan kegiatan penangkapan ikan tanpa dilengkapi dokumen dan ijin yang sah (ilegal fishing) di wilayah perairan ZEEI.

Berdasarkan pelanggaran tersebut, KIA berbendera Vietnam beserta ABK dan muatannya dikawal menuju Pangkalan Angkatan Laut (Lanal) Tarempa guna melaksanakan proses hukum lebih lanjut.

Dispen Koarmabar

  74 Responses to “Dibayangi Coast Guard Vietnam, KRI Fatahillah Tangkap Kapal Ikan Vietnam”

  1. Nah kan…. Emang mesti KRI yg turun

    • cost quard vietnam nampaknya gak berkutik, takut sama persenjataan KRI.
      berarti dah waktunya cost quard indonesia dibekali senjata mumpuni..; senjata bekas KRI yg discrap bisa dipasang di cost quard indonesia.

      • jaya terus TNI AL

      • CG maksimal pake kaliber 20 mm

      • tenang bu susi sudah beli mainan baru buat kkp&bakamla ABSALON CLASS

      • Dengan pengalaman perang segambreng ditulis Vietnam Takut?
        CoastGuardnya saja kapalnya lebih besar dari kita dan berikut adalah kekuatan AL Vietnam yg penuh dengan senjata Russian Strong:

        1. Improved Kilo class – 6 biji
        2. Frigate Gepard class – 4 biji (plus 2 sedang di rencanakan)
        3. ASW Petya class – 5
        4. Corvette Tarantul class – 4
        5. Corvette Molniya class – 4 (ditambah 4 lagi dlm development)
        6. Pauk-class Corvettes – 1
        7. Small Patrol Osa class – 8
        8. Small Patrol Svetlyak class – 6
        9. Small Patrol TT-400TP class – 6
        10. Small Patrol Turya class – 5

        • markonah, memang vietnam punya banyak kapal perang dan selam canggih cuma masalahnya musuh beratnya sekarang cina, bukan indonesia, dan kapal perang dan selam yg mereka beli buat bersiap melawan cina, bukan indonesia, tau karena apa?? karena cina juga punya banyak persenjataan kapal perang dan selam canggih bahkan terbesar di asia, kalo ujung ujungnya vietnam perang lawan indonesia walaupun mungkin vietnam menang (inipun vietnampun belum tentu menang) maka harus dibayar mahal dengan banyaknya kapal perang atau selam yg rusak, dan siapa yg diuntungkan?? jelas cina karena kapal perang dan selam vietnam berkurang drastis, kalo sudah gitu mau lawan cina pakai apa??? ketapel??

          • Saya sih tdk ada skenario Vietnam perang dengan Indonesia hanya menanggapi chauvinisme berlebihan yg mengatakan Vietnam “ngeri” dengan Indonesia. Anda benar dalam satu hal bahwa prioritas Vietnam adalah Cina bkn Indonesia.

            Satu hal, jika anda berkunjung ke negara ini penduduknya tdk akan ada kata takut karena keberhasilan memukul mundur bangsa2 besar yg pernah berniat menjajahnya seperti:

            1. 3X invasi dinasti mongol
            2. Perancis
            3. AS

            Perang tanpa perundingan..

    • Coast quard itu lebih fokus ke badan yg besar dari pada senjata karena lebih suka main seruduk kapal lawan kae banteng moncong putih dan siram-siraman ketimbang menggunakan senjata walau dilengkapi meriam untuk jaga-jaga…..

    • Kpal Vietkong eh Vietnam msh beruntung gak ada 1 pun torpedo, yg ngeluncur ke badan besar coast guard tuh hahaha

    • Kapal coast guard indonesia kurang sangar

    • Demi kedaulatan negara sangat wajar apabila coast guard kita dipersenjatai layaknya kri. Sabodo amat dengan batasan-batasan yang dibuat oleh orang lain. Emangnya negara lain akan menjamin kedaulatan negara kita?

  2. Lagi2 Vietnam…

    • Hadeuh Gagal Maning… Om Diego Komennya Enakan Yg Dulu Lha Wong Yg Ini Harus Nunggu Kolomnya Muncul Dulu Dan Loadingnya Bisa Makan Waktu 2 Menit Padahal Saya Komen Jam 20.01 Baru Muncul Jam 20.03. Padahal Saya Pake Hotspot Dan Gk Ada Gangguan Sinyal Loh… 🙁

    • sebenarnya vietnam sudah lama dari dulu sering nyolong ikan di indonesia cuma akhir akhir ini kapal coast guard vietnam ikut ikutan melindungi nelayannya, walaupun mereka tahu sudah masuk wilayah negara lain, saya kira mereka sudah tahu kalo kapal coast guard indonesia lebih kecil dari punya mereka makanya coast guard mereka turun tangan buat hadapin coast guard indonesia dengan harapan jika terjadi adu fisik antar kapal coast guard keduanya maka kapal mereka yg lebih besar bisa kalahkan kapal indonesia yg kecil, ini berarti memang disengaja dan secara tidak langsung menantang coast guard indonesia untuk berhadapan, sangat diharapkan pemerintah kita indonesia segera memperbesar kapal coast guard kita karena ini merupakan pelecehan kedaulatan negara dan merendahkan harga diri bangsa indonesia, untung bu susi sudah merespon dan saya salut dengan kerja beliau karena menurut kabar bu susi sudah siapkan kapal yg lebih besar untuk hadapi kutil kutil kayak vietnam dan cina

  3. Vietnam lwbih santun aama kita

  4. KRI fatahilah apa rudal apa om? exocet?

  5. KRI kelas KCR 40M minimal di kawasan ZEE. yang penting bersenjata. ini masalah kedaulatan negara.

  6. Tes

  7. Telah sekian lama w nyimak d jakartagreater, baru x in w bisa koment,. Xixixi
    Salam kenal semua,.?

  8. alhamdulillah….ane nggak mau komen yg macam2 lgi takut di serempet kapal sapi.cukup.bukti kuat ini telah berbicara.Bahwa TNI AL kita emank berani bertindak tegas.(note:kok menara radar KRI Fatahillah berbeda dari yg dulu)

  9. komen sayah tadi ??

  10. Para pengawal maling ikan hanya mengerti bahasa militer, kalau kita keras dan konsinten mereka segan dan mundur

  11. @ahmadyani
    Salam kenal juga dan selamat bergabung dg warjagers…

  12. tes untuk ke sekian kalinya

  13. natuna ajang uji nyali

  14. Vietnam lagi? Belum 1 bulan, udah aja lagi..

  15. Lama-lama para “penjaga lautan” jadi kayak PJR aja….tiap hari ngincengin yang ngelanggar garis putih lurus, cuma kalo yang ini ngincengnya lewat radar navigasi, udah ngelanggar ZEE apa belum

  16. mantappp….pertomak

  17. 5nm = +- 10km.
    Jadi Coast Guard Vietnam berada kurang lbh 10km dr ZEE Indonesia? Saya gak yakin dengan jarak segitu CG Vietnam tdk berada di ZEE Indonesia.
    Saya yakin KRI yg bertugas diatas lbh ke enggan memancing permasalahan.

  18. Susah amat komen sampe harus ganti aplikasi…..

  19. Sudah saatnya kebangkitan armada laut indonesia harus mumpuni sptj jaman sriwijaya dan majapahit. Biarlah negara lain segan ke kita. Hanya orang orang tertentu saja di dlm negri yg tdk suka megri kita kuat dgj berbagai dalih

  20. Keren CG Vietnam ya,,, sudah kaya CG china,, mengawal nelayan nya sampe jauh k laut RI,,, kpn ya kapal nelayan kita d kawal sewaktu tangkap ikan, setidaknya d jaga perbatasan lautnya biar nelayan Indonesia timur gk d tangkap AL Aus Tar Liak,, kadang walau kita masi d wilayah laut RI tapi kita d tangkap AL Aus Tar Liak,, karena gk ada yg ngeronda d perbatasan,,, belajarlah dr VIETNAM yg kapal nelayan nya sering d tenggelamkan, jd mereka CG ngawal nelayan nya walau salah, masa negara lain bs jaga nelayan nya walau salah, masa kita yg katanya negara kaya ko gk ada yg ngawal,,

  21. dari semua tetangga RI,..kaya’ny cuman india aja,..satu2ny tetangga yg naruh hormat ama kita,…ane gak prnh denger ribut2 /singgungan ama india,..pdhal kita msh puny mslah batas laut jg ama india di laut andaman yg ampe skrg msh tumpang tindih ama klaim india…salut ane ama india,..beda ama jiran yg laen, songong semua,..bahkan timor leste , negara ingusan gitu,..kadang suka bikin ulah jg…

  22. kabaranya KRI pati unus giman???

  23. sudah saatnya PINDAD + DI kerjasama bikin torpedo murah meriah jangkauan cukup 5 – 10 nm, berbentuk runcing setajam jarum + warhead secukupnya + seeker pake remote control (kalo musang nya nyerah ntu torpedo bisa balik lg) … pasang di KCR TNI AL, pasang di CG Bakamla, pasang di KP KKP, Bea Cukai, Polairud …
    spy mampu nimpuk si musang diem², kalo pake meriam/canon permukaan, bunyi nya terlalu bising dan mudah di rekam sbg bukti.

  24. Test…

  25. Mana Ada Sergey Kosmbekoz… Klau Sergey Chemezov Baru Ada…

  26. nah gitu dong…Enak baca judulnya btw ekor si blacky bisa menjulang berkibar…biasanya disimpen dibawah selangkangan ka ka

  27. Ganti lah CG Indonesia pakai yang 60 keatas bersenjata lengkap dan di pasang terpedo mini yang bikin kapal bocor da tenggelam perlahan.

 Leave a Reply