Dihina sebagai “Kapal Induk Bobrok” – Admiral Kuznetsov Harus Buktikan Kemampuannya

53
55

3995b37100000578-3860506-image-a-17_1477075274267

Kapal induk satu-satunya Rusia, Admiral Kuznetsov saat ini sedang berlayar menuju Suriah. Kapal induk ini meninggalkan jejak panjang dan tidak sehat dari asap pekat yang membumbung di belakangnya.

Admiral Kuznetsov adalah simbol kekuatan Angkatan Laut Rusia yang sudah tua dan sangat rawan mogok dalam perjalannya dari Laut Utara ke Mediterania. Rusia juga telah menemukan kapal induknya ini tidak diinginkan, dimana sepanjang rute pelayarannya pelabuhan-pelabuhan menolak persinggahannya.

Memiliki nama lengkap, Admiral Flota Sovetskogo Soyuza Kuznetsov. Kapal induk menggotong lima belas pesawat tempur diatas dek penerbangannya, termasuk pesawat tempur superioritas udara Su-33, pesawat serangan darat Su-25UTG, dan pesawat tempur multi-peran MiG-29KUB. Ini adalah perjalanan kedua kalinya kapal induk Rusia ke Mediterania sejak perang sipil Suriah dimulai. Admiral Kuznetsov kemungkinan akan ikut ambil bagian dalam serangan udara Moskow atas Suriah.

Kuztnetsov adalah kapal induk yang sangat tidak dapat diandalkan. Dibangun oleh Uni Soviet pada tahun 1980-an dan teronggok setelah berakhirnya Perang Dingin. Pada tahun 2009, Admiral Kuznetsov mengalami masalah dengan sistem kelistrikan yang menyebabkan terjadinya kebakaran yang menewaskan awak kapalnya. Sistem propulsi kapal juga tidak pernah bekerja dengan benar dan sering kali mengalami kerusakan, seperti banyak kapal-kapal Angkatan Laut Rusia besar lainnya yang selalu bepergian dengan kapal tug boat. Kapal induk Kuztnetsov pernah mogok pada awal tahun 2012 di lepas pantai Spanyol.

Kapal induk dan tujuh kapal perang pengawalnya perlahan-lahan berlayar dari pangkalannya di utara Lingkaran Arktik ke Suriah. Gugus tugas berlayar melalui Selat Inggris pada 21 Oktober, dibayangi oleh kapal perusak Angkatan Laut Kerajaan Inggris. armada Kuznetsov juga tidak akan berhenti untuk mengisi bahan bakar di pelabuhan Ceuta Spanyol. Pemerintah Spanyol telah memberikan izin untuk tiga kapal perang lainnya untuk mengisi bahan bakar di Ceuta, tetapi Rusia membatalkan permintaannya setelah NATO mengeluh. Malta juga menolak armada Rusia masuk ke pelabuhannya.

Tidak ada yang tahu apakah penolakan pelabuhan-pelabuhan ini akan mempengaruhi pelayaran Kuznetsov. Kementerian Pertahanan Rusia tidak mempermasalahkan penolakan Spanyol, dan mengklaim armada Kuztnetsov memiliki cukup bahan bakar dan pasokan untuk pelayarannya. mungkin benar yang disampaikan pihak Rusia, tetapi masih harus dilihat apakah kapal induk Kuztnetsov dan amada pengawalnya bisa kembali lagi ke Rusia tanpa pengisian bahan bakar.

Ditolak dan dihina oleh banyak negara Eropa sekutu NATO, mungkin Rusia harus membuktikan kemampuan kapal induk Admiral Kuznetsov di medan perang Suriah.

53 COMMENTS

    • Sebenarnya kapal ini bukan kapal induk seperti definisi barat ,Rusia menyebutnya TAVKR atau Kapal Penjelajah Berat Pengangkut Pesawat . Barat memberi jukukan kapal era SOVYET ini sebagai kapal induk ,entah sebagai olok olokan atau sebenarnya.

  1. Biasanya yg kelihatan tua renta malah memiliki segudang ilmu, mantra dan suluknya mampu mempengaruhi lawan secara ghoib, memperdaya musuh dg tampilan yg jauh meyakinkan. Namun itu didunia drama silat tempo dulu, entah jika urusannya dg dunia militer tehno. Apakah yg ghoib dan mengandalkan mantra msh berlaku dlm perang modern? Admiral Kuznetsov beserta para awak dan pengambil keputusan di Moscow wajib membuktikan..

  2. yah…namanya juga musuh dimanapun jelas ditolak laen kalu nyamperin Indonesia kita siapkan pesta penyambutan dari reog, barongsai, tari kecak, tarian saman, kalau perlu wayang kulit semalam suntuk buat nemenin crew kapal induk yang jaga shift malam, mau isi bbm silahkan pilih, premium, pertalite, pertamax, solar, atau minyak makan…..monggo Admiral

  3. sebenar mesin “pegerak” industri perkapalan rusia adalah ukrania tapi semenjak rusia berulah di ukrania maka di embargo deh sama ukrania hasilnya tuh admiral tua berasap tebal dan hitam dan sering mogok dan harus di .dorong kapal tugtug “rusia seterong” katanya loh……….hihihi

    • Apa gak terbalik bung. Sebelumnya Ukraina adalah saudara russia. Tapi setelah dihasut barat jadi berpaling dari russia dan memihak barat. Jadi siapa sebenarnya yang BERULAH, siapa sebenarnya yang menghianati.
      BOK NGOMONG TUH YANG CERDAS NYET, JANGAN BERUSAHA MEMBALIKAN FAKTA. Yang culas dan licik itu justru tuan mu. AMERIKA dajj*l..

      • Jiah malah yg terbalik tu situ, dasar anak curut anak kmrn sore. Banyak baca lg deh tu buku sejarah. Rusia tu dulu ‘caplok’ byk negara setelah ww2 jadilah USSR. Tapi mana ada yg tahan kelakuan komunis ussr yg keras zaman lenin. Makanya setelah zaman gorbachev yg soft byk yg pd cabutan, dr yg negara islam berakhiran tan, sampe yg kristen spt ukraina. Liat aja tuh dulu penduduk jerman timur pd kabur ke jerman barat. Gw akuin memang usa pasti bermain, tp pada dasarnya negara2 pecahan ussr memang sdh beda ideologi dan sejarah dari awalnya.

      • Byk baca buku sejarah lg ya anak curut, dasar anak kmrn sore. Rusua itu dulu ‘mencaplok’ negara2 yg dia lewatin pas nyerang jerman di ww2, shg berdirilah ussr. Negara2 bawahan ussr tsb jelas beda etnik, sejarah, dan ideologi/agama dgn rusia yg komunis. Dan siapa yg tahan kelakuan kejam komunis zaman stalin, krushcev, brezhnev? Liat aja tuh pddk jerman timur yg under control ussr pd ngacir ke jerbar. Setelah gorbachev pecahlah ussr, negara2 bawahan tsb berdiri sendiri, dr yg islam spt usbekistan, sd yg kristen spt ukraina, jerman pun bersatu. Walau mungkin usa bermain, tp pd dasarnya mayoritas negara2 tsb memang beda dan bukan bagian rusia.

    • tetangga rusia mah sdh pada ikut barat. lebih makmur. termasuk ukraina. mayoritas generasi muda rusia juga condong ke barat. tinggal nunggu jatuhnya putin yg di dukung generasi tua yg komunis kok. yg pasti rusia akan bergabung dgn blok barat.

  4. kapal induk lucu …… sering mogok maka dr itu selalu di dampingi kapal tug boat buat narik…..pasti mirip narik tongkang batu bara ….. apalagi cuma bisa bawa 15 fighter…..beda jauh di banding mamarika yg bisa angkut fighter 5 kali jumlahnya….udah gak usah malu malu, pesen saja ke perancil atau mamarika…..kasian rusia, setelah di tinggal ukraina, industri kapalnya berantakan

  5. Komen yang SUPER sekali dari bapak Siswono. Apabila memakai nama presiden sebelum atau sesudah Ibu itu. Pasti dari jenis kapal Pejantan.
    Nah saudara2ku, pastilah anda sekalian sudah memahami dengan jelas sekarang.

  6. pulangnya lewat timur aja, ga usah kebarat klo bnykan ditolak, lewat samudera hindia ke indonesia trus ke lcs atau filiphin ke cina trus korut, walaupun jauh tpi pasti negara 2 tsb mau nerima kapal induk ini sekalian ngisi bbm atau perbekalan sdikit,

  7. semenjak soviet bubar & pecah kongsi dgn ukraina industri kapal perang permukaan rusia jd empot2an, baguslah indonesia gak pesen kapal perang permukaan dr rusia…

    klo industri pesawat tempur, rudal, & kapal selam rusia memang masih strong…

  8. jgn mlihat kpal indukx itu bgian dri misi russia yg tersmbunyi pdhal ks2 nuklir sdh di persiapkn untuk menarget skutu nato,russia dkepung tpi russialah yg mngepung mreka dgn rudal nuklir yg tersmbunyi dbwah laut

  9. Militer Rusia selalu memperhitungkan dgn matang di dlm setiap pergerakan peralatan tempurnya apalagi ini bersinggungan dgn wilayah NATO,dan salah satu perbedaan Rusia dan US dlm membuat alat perang adalah Rusia tdk terlalu memperhitungkan soal desain visual dari alat tsb,tapi lebih menitik-beratkan kepada Kemampuan dan Kehandalannya, Contoh:

    1. M-16 menang secara desain tapi kalah secara kehandalan dibanding AK-47.
    2. Kehebatan Aegis Donald Cook ternyata rontok CUMA oleh sebuah pesawat TUA tipe SU-24.

    Siapa yg bisa meremehkan apa yg dibawa Rusia dlm Kuznetsov..?

  10. Russia negara yang memiliki garis pantai yang sedikit… karena sebagian besar garis pantainya tertutup Es… dan dalam sejarah perang baik PD1 maupun PD2 Russia (dulu USSR) tidak pernah terlibat dalam perang laut yang signifikan, pernah terlibat salah satunya melawan Japan karena invasi Japan di mancuria tetapi itu tidak menjadi yang utama… itu juga yang menjadi alasan utama mengapa mereka tidak mengembangkan kapal Induk, atau bisa dibilang terlambat… ada kalimat balasan dari petinggi Russia waktu diledek oleh inggris mengenai kapal induknya, sepele kapal Kuznetsov mampu berperang sendirian di laut sedangkan kapal Induk inggris tanpa pengawalan kapal perang lain hanyalah kapal apung yang mampu mengangkut pesawat…

LEAVE A REPLY