Dilarang Jual ke Saudi, Rheinmetall Akan Tuntut Pemerintah Jerman

Rheinmetall © Reuters

JakartaGreater.com – Pabrikan senjata asal Jerman, Rheinmetall, telah menulis surat kepada Kementerian Ekonomi Jerman yang menyatakan akan “menuntut” pemerintah Jerman atas keputusannya untuk menghentikan ekspor senjata ke Arab Saudi, menurut Spiegel Online pada hari Minggu.

Dilansir dari laman Daily Sabah, laporan itu mengutip Rheinmetall yang mengatakan akan melakukan tindakan hukum terhadap pemerintahnya atas kehilangan pendapatan jika keputusan untuk menghentikan ekspor – yang diambil sebagai tanggapan atas pembunuhan jurnalis Saudi, Jamal Khashoggi – tidak diubah.

Jamal Khashoggi

Kementerian Ekonomi Jerman dan Rheinmetall tak menanggapi permintaan komentar atas laporan tersebut. Jerman putuskan mengakhiri penjualan ke Arab Saudi tahun lalu ditengah kontroversi tentang kematian Khashoggi yang kejam di konsulat kerajaan di Istanbul.

Larangan itu meluas ke kesepakatan senjata yang telah disetujui, yang menurut Rheinmetall dalam suratnya akan mendukung gugatannya terhadap pemerintah.

Arab Saudi adalah salah satu pelanggan utama dari perusahaan senjata Jerman pada 2018, dengan Berlin telah menyetujui penjualan senilai € 416 juta atau $ 473 juta kepada kerajaan Arab Saudi.

Tinggalkan komentar