Mar 292017
 

NASA memfoto Indonesia dari stasiun ruang angkasa (ISS) (photo ; NASA)

Untuk sebagian besar kita terbiasa melihat Indonesia di peta sebagai rangkaian dari pulau-pulau kecil di antara benua besar Eurasia dan Australia, tetapi dalam kenyataannya Indonesia banyak yang lebih besar dari yang kita pikirkan. NASA baru-baru ini merilis sebuah foto luar biasa yang menunjukkan keagungan sejati Indonesia.

Sebagai negara khatulistiwa, Indonesia sering dikaburkan oleh awan. Astronot Stasiun Luar Angkasa Internasional mengambil kesempatan dari hari relatif bebas badai untuk memotret hampir setengah panjang rantai pulau utama Indonesia. Menggunakan lensa pendek dan melihat ke cakrawala untuk efek panorama, astronot itu menangkap pandangan yang luas yang meliputi langit cerah dan keruh, wilayah-lebar selubung asap. Asap berasal dari kebakaran yang disebabkan oleh sambaran petir dan oleh pembukaan hutan oleh manusia di Indonesia dan Australia bagian utara.

Dalam foto ini tampak dari barat ke timur, Jawa di latar depan, Bali dan Lombok di tengah, dan jejak pulau-pulau kecil ke arah cakrawala. Pulau-pulau yang lebih jauh seperti Sumba dan Timor hampir tak terlihat; masing-masing lebih dari 1600 kilometer (1.000 mil) jauhnya dari pesawat ruang angkasa. Refleksi cahaya dari matahari tampak di permukaan laut Surabaya (populasi 2,8 juta), kota kedua terbesar di Indonesia.

Garis gunung berapi muncul secara rinci tajam. Gunung berapi adalah tulang punggung dari pulau-pulau, yang telah dibentuk oleh tabrakan lempeng tektonik Australia (kanan) dengan lempeng Asia (kiri). Perhatikan bahwa nama masing-masing gunung berapi diberi label dalam huruf miring.

Asap putih menunjukkan bahwa setidaknya enam gunung berapi tampak memancarkan uap dan asap terlihat lewat orbit ISS ini, meskipun beberapa dari asap putih itu bisa menjadi api. Meskipun asap pendek (80 kilometer; 50 mil), mereka yang menonjol karena gunung berapi berdiri di atas lapisan udara berasap di dekat permukaan. Asap itu mencolok paralel, selaras dengan angin dari timur laut. Letusan gunung berapi atau kebakaran bisa diamati astronot dari ruang angkasa.

Foto menunjukkan skala sebenarnya bagaimana besarnya kepulauan Indonesia. persepsi umum Indonesia, yang dibangun di atas buku pelajaran sekolah, mengacu pada Proyeksi Mercator. Sebuah standar di seluruh dunia dalam proyeksi peta yang telah populer sejak 1569. Banyak kritikus menganggap Mercator adalah Proyeksi keliru dari skala sebenarnya dari benua, dengan Eropa dan Amerika Utara yang jauh lebih besar dari yang sebenarnya, sementara Afrika dan Asia jauh lebih kecil.

Pada tahun 1973, ilmuwan Jerman Arno Peters menciptakan proyeksi peta baru; segera diadaptasi oleh PBB sebagai peta dunia resmi. Proyeksi The Gall-Peters, untuk sementara dianggap akurat dalam perwakilannya bumi, namun masih tidak populer dalam penggunaan komersial dan akademik. Selama ini proyeksi itu secara luas diperdebatkan oleh masyarakat kartografi global, sebagian besar karena perdebatan internal mengenai siapa yang pertama kali menemukan teori.

Kesampingkan dulu masalah politik kartografi, kita berterima kasih kepada NASA untuk foto luar biasa yang membantu kita melihat bahwa Indonesia bukan hanya beberapa rangkaian pulau kecil.

Seasia.co

  95 Responses to “Dimensi Baru Indonesia Lewat Foto NASA”

  1. Luar biasa Indonesiaku.semoga selalu dilindungi dan di berkahi.Amin Ya Rabb

  2. mantaapp

  3. Indahnya negeriku dari luar angkasa,tetapi jg indah jg kalo di mata2i dari luar angkasa. Hehehehe…

  4. Knp pulau jawa, bali, lombok, sumba dan timor jd besar gitu, trus di ujung timor udah luar angkasa gitu?? Padahal di peta setelah timor msh ada merauke dan png…ini trik foto dr astronot aja kali yaa…?..

  5. slm knal…

  6. 24jam kita ditelanjangi wkwkwk

  7. Nah, dengan terlihat seperti ini, semua pergerakan pasukan, posisi pertahanan udara bisa kelihatan, percuma punya banyak rudal dan pesawat tempur bila posisinya diketahui oleh musuh πŸ˜› sementara kita buta, tidak bisa tahu dimana posisi musuh, jangankan yang jauh di kampung halamannya, yang ada diperbatasan wilayah kita mungkin tidak diketahui… hihihihi…

    masih bilang satelit militer bukan prioritas utama? πŸ˜› πŸ˜†

    moga target peluncuran satelit militer Indonesia berjalan lancar.. amiin.

    • Satelit militer juga bakalan jd sasaran empuk rudal anti satelit, jadi satelit militer harus punya bnyk πŸ™‚

      • yup… betul bung @Jef memang harus punya banyak..

        setidaknya, sebelum perang terjadi kita sudah tau di koordinat mana persenjataan musuh berada bung, jd lebih memudahkan menyusun strategi daripada buta sama sekali… πŸ˜€ toh utk nembakkan artileri butuh koordinat, meski amunisi tidak dilengkapi GPS… hihihih

  8. Salam kenal jg bung 5758dewe…

  9. Kasian NASA pengennya terbang ke luar angkasa apadaya tangan tak sampai..Karena adanya kubah celestial..Akhirnya cuman bisa motret motret yg dibawahnya..

    • dan hari gini masih aja yang percaya nasa pergi kebulan dan menembus bumi ke luar angkasa wkwkwkwkkwkkwkwkkwkwkkwkwkkwk

    • Atas dasar apa?…atas dasar berita hoax ? Wkwkwkw anda ini salah satu contoh manusia korban post truth…wkwkwkwk

      • Sekarang kang luar angkasa tidak hanya dikuasai oleh nasa saja,

        China,india,rusia juga kan sudah mengirimkan satelit ke angkasa dan merilis gambar tentang bumi yang bulat,apakah ia mereka semua bersekongkol dg nasa(amerika) untuk mempertahankan teori bumi bulat.saya rasa tidak,apalagi amerika,china,rusia,dan india itu saling bersaing untuk mengekploitasi ruang angkasa

  10. Test…

  11. Bumi melengkung ya dipoto dari atas..Tp Yakin kalau bumi itu bulat..??? Sy kurang percaya Kalo bumi itu bulat..Saya rada percaya kalau bentuk bumi itu flat…Katanya rahasia apakah bumi bulat atau datar ada di kutub selatan..

  12. itu sungai apa kira2 di foto tersebut
    bengawan solo kah?

  13. Masalah peta geografi dunia as memilikinya semua. Satelit militer AS memetakan semua sampai pangkalan2 Vital semua negara mereka tau. Bahkan untuk survey awal geologi dan potensi mineral jg bs dr satelit. Satelit mereka ada yg dipersentaai sehingga bs menghancurkan satelit jg rudal anti satelit lawan.

  14. masih saja mau di bohongi NASA wkwkwkwkwkkwk

  15. satelit itu tidak ada dan itu HOAX terbesar sepanjang sejarah manusia

    • Ini org aneh…. keknya percaya diri bener, bisa dilihat dari komennya ber api-api, padahal juga org yg mengatakan bahwa bumi bulat itu juga memiliki teori yg tdk dpt lu patahkan πŸ˜†

  16. Jangan percaya nasa, nasa suka boong

  17. wah ternyata yg disebutin nama-nama gunung ya… πŸ˜† hihihi… koq yg sepasang-sepasang gak disebutin πŸ˜› wkwkwkwk πŸ˜† parah… faktor malam nih…

  18. bumi itu saya taunya bulat,, entah bulat telor atau bulat bola,, xixixi
    tapi gambar itu saya taunya lengkung bukan datar,, nah lhoo

    coba perhatikan batas cakrawala di gambar itu,,, lengkung coyyyy
    wkwkwk

    • Gua liat ditipi..penelitian laser ga bisa tembak lurus sasaran kok…karena ada lengkungan dng asumsi bumi bulat…
      Mas coy liat tipih manah?
      Spacetoon?

      • @Arumanis.
        Percuma. Org yg kek gitu akan terus ngeyel, dan terus mengedepankan opininya, dan menyudutkan/mengejek org2 yg beda keyakinan dgn dirinya, ciri khas org barbar dan tdk berkualitas, produk gagal.

  19. Hari gini masih ribut soal bumi datar, coba liat bulan dan matahari jg planet bulat apa datar?

  20. Masih jaman nge troll bumi datar?…wkwkwkw…saya pasti setahun 2 kali PP urusan sekolah Jkt-Cdg Fr perjalanan 18h-22h flight Emirates via Qatar atau Schpl Dutch ketinggian 38k – 44k feet gak liat tuh bumi datar wkwkwkwkw….melengkung bulat…peyang dikit dibeberapa pojokan…wkwkwkwkw…apalagi soal beda waktu bisa jadi bukti bumi bulat…
    Penganut bumi datar itu asli pasti se-ordo sama beruk….mungkin dulu waktu evolusi dari berudu berekor langsung jadi kupu2 tanpa lewat kepompong wkwkwkw…alias mahluk evolusi gak jelas…atau saya curiga mereka penganut bumi datar adalah spesies alien yang datang dari planet nibiru yang ditugaskan membuat hoax wkqkqkqkqk dasar manusia kadal kalian ya hahahahaha…

  21. Udh zaman akhir juga ada yg percaya lg bumi itu datar. Lanjut aja bahas bumi bulat/datar sampe ngalahin postingan su-35, biar jd rekor.

  22. Gunung lawu msh ngluarin asap, brarti masih aktif yaa..
    Kawah gk mst dipuncak kyknya..

    • Benar bung, saya juga curiga itu, Gunung Lawu di Karanganyar kan sudah gak aktif atau statusnya hanya Gunung Api Istirahat, sepertinya itu ada kesalahan yang tulisan Lawu itu harusnya Merapi di Sleman dan Gunung Lawu terdapat di atasnya atau di bagian timur dari Gunung Merapi.
      #salamdariSukoharjo,Solo.
      #KomunitasGunungLawu.

  23. Aduh komen saya kok gk masuk? -_-

    Ey lu kelaut aja, nyelam sampe 10 menit, supaya pikiran bisa tenang

  24. wuih…nasa hebat rek, genteng rumah q kliatan πŸ˜€

  25. jangan asal nuduh Dajjal tanpa bukti itu namanya fitnah, jangan-jangan andalah yang pengikut Dajjal, Dajjal dalam bahasa arab artinya “nabi palsu”, penyamar atau pembohong. Ayo siapa yang tukung bohong dan fitnah, yang anda benci atau malah yang anda percayai dan yakini?

  26. @bung patih,@bung edo,@bung ivan,@lingkar….slm knal tahu bulat…hahaha

  27. Baru selesai makan apa tong, mengatakan bahwa bumi itu datar… Lo coba aja deh berdiri diatas kapal ditengah tengah laut Lo perhatikan smpai keujung, ada gak kelihatan Rumah, gedung dan pokok pisang, wkwkw….. kalau buminya DATAR bahaya juga tuh punya Rumah disudut bumi yang datar…..wkwkwkwkwwk….

    PIKIR

  28. Lebih enak debat disini daripada debat soal “bumn bandel”, xixixixi

  29. malu sama malon, warganya dh di kirim ke luar angkasa. lah di sini masih koplak debat bumi datar atau bulat.

    misi mengirim manusia ke bulan bukan prioritas utama lagi, malah misinya mengirim manusia ke mars.

    klo masih penasaran bumi bulet, lonjong, bopeng, atau datar.
    makanya nabung yg punya mimpi jd kosmonot,, noh negara adidaya buka paket wisata ke luar angkasa.

  30. Wkwkwkqk…liat dari kokpit?..yg ada saya ditangkep bray….anda bisa lihat dari kokpit wow…anda super sekali ..saya bukan pilot bray…saya cuman penumpang ekonomi yg duduk di pinggir jendela wkwkw..wah anda orang kaya bung bisa duduk di kokpit…kalau mau jadi ilmuwan jangan cari data di medsos tapi lakukan sendiri researchnya…anda berusaha keras memperjuangkan bumi datar tapi saya tidak pernah menemukan teori anda dalam jurnal resmi ilmiah…kalo sekedar koar2 tanpa dasar ya selamat jadi dungu seumur hidup anda…
    Saya doakan anda bisa membuktikan teori anda secara ilmiah dan dunia mengakui teori anda…semoga anda orang pertama yg dapat hadiah nobel dalam dunia iptek…saya ikut bangga kalo itu terjadi…kalau sekarang karena belum terbukti ya maaf kalau saya anggap anda super duper dungu….
    Wkwkwkwkwk….

  31. Kaya nya ide bagus…
    Bikin pooling apakah bumi itu bulat atau datar?
    Wkwkwkwk

  32. Yang anggap bumi itu datar saya curiga sarapan paginya cacing kremi
    Wkwkwkwkwk

  33. manusia tidak akan bisa menembus langit coy, sadarlah jangankan menembus langit menembus tanah cuma sanggup 12 km googling saja sendiri hahahhahahhahhaha

    nasa sedang menantang Tuhan dan ternyata gagal nasa tidak pernah menembus bumi dan menembus langit πŸ˜€

    dan akhirnya nasa sebar hoax dan doktrin cuci otak dan nasa sukses milyaran manusia ke hoax nasa dan percaya nasa dan iss hahahahahaha

    tapi sepandai pandai nasa dan iss menyimpan bangkai akhirnya tercium juga, sepandai pandai berbohong akhirnya ketahuan juga wkwkwkkwkwkwkwkwkwkwk

    untuk pendukung nasa dan ISS serta penggemar fiksi hollywood jauh sebelum nasa menyebar hoax Tuhan pemilik alam semesta sudah menantang mereka ini πŸ˜€

    manusia tidak akan pernah menembus bumi dan langit πŸ˜€

    • Mbuh lah mas bro…suka2 ente aja…

    • lanjutkan bung,, agar bung bumiitudatarcoy ingat pelajaran fisika kelas 2 smp.

      • hahahhaha fisika jadi bung bhisma masih meyakini teori gravitasi Newton dan relativitas Einstein itu fakta wkwkwkkwkwkwkkwk, bung bhisma sadarlah itu hanyalah Teori dan Asumsi, bukan berdasarkan Fakta. πŸ˜€

        bicara fisika baiklah saya akan ajarkan ke bung bhisma sedikit tentang fisika πŸ˜€

        Coba bung fikir, apel jatuh ke kepala Newton secara vertikal, berarti ada titik berhenti ketika apel di tarik bumi, sementara bumi yang kena gravitasi matahari cuma keliling-keliling saja, tidak pernah ada titik habisnya? Masuk akal kah? ayo bung bhisma ada akalkah bung ? wkwkwkwkkw

        Pernahkah bung bhisma berfikir bahwa kita dan alam semesta menempel, sementara balon udara (helium) bisa terbang? Atau apa yang membuat matahari punya gravitasi dan mampu menarik planet mengelilinginya?

        • bung bhisma asumsi newton itu kontradiksi dengan Archimedes wkwkwkkwkwkkw

          sudah paham belum bung bhisma hahahhahahaha

          bung bhisma soal fisika bung kenal tesla ngak πŸ˜€

          β€œEarth is a Realm, it is not a planet. Earth would be more easily defined as a system environment. Earth is also a machine, it is a Tesla coil”

          β€œThe sun and moon are powered wirelessly with the electromagnetic field”

          β€œThis field also suspends the celestial spheres with electromagnetic levitation”

          β€œElectromagnetic Levitation disproves gravity because the only force you need to counter is the electromagnetic force, not gravity”

          β€œThe stars are attached to the firmament”

          Jika dihubungkan dengan hukum kekekalan energi berarti β€œbila ada Gaya Tarik pasti ada Gaya Tolak”, nah dimana Gaya tolak Bumi? bung pasti ga bisa menjawabnya kan.

          sadarlah bung bhisma teori newton dan relativitas einstein itu cuma ilusi πŸ˜€

          sama seperti bung terdampar di gurun sahara kehausan lalu melihat dari jauh ada mata air ternyata itu hanya fatamorgana hahahhahahahahahaha

    • Sebenarnya penjelasannya disini sdh sangat lengkap. tapi ya mau gimana lagi, wong udah konslet πŸ™‚

      http://www.smarterthanthat.com/astronomy/top-10-ways-to-know-the-earth-is-not-flat/

    • ” eclipse? ” – maksudnya gerhana ?

    • Itu memang salah satu ayat, tapi ada ayat lain, al Mu’minun 17 ..Kami telah ciptakan tujuh langit di atas kamu…

      7 “langit” itu diartikan sains modern sebagai “dimensi”, karena kita 3-D maka 7 dimensi di atas kita = 10-D, ditambah 1 dimensi waktu jadi 11-D. Dimensi ini yang gak bisa ditembus, kita gak bisa menembus alam 4-D karena itu alam ghaib, kecuali rasulullah pada saat isra (itu yang disebut ‘diijinkan’)

      Alam 11-D itu disebut sains : “multiverse”

      http://www.physics-astronomy.com/2015/01/explaining-11-dimensional-multiverse.html#.WN38cm-GPIU

    • Bukankah Kami telah menjadikan bumi itu sebagai hamparan? dan gunung-gunung sebagai pasak? Tuhan telah berfirman lewat Rasulnya

      dalam kitab zabur Tuhan semesta Alam juga telah mewahyukan kepada utusannya bahwa bumi itu datar ( hamparan )

      dalam kitab Taurat Tuhan semesta Alam juga telah mewahyukan kepada utusannya bahwa bumi itu datar ( hamparan )

      dalam kitab injil Tuhan semesta Alam juga telah mewahyukan kepada utusannya bahwa bumi itu datar ( hamparan )

      Dan sesungguhnya Kami telah menurunkan kepadamu ayat-ayat yang jelas; dan tak ada yang ingkar kepadanya, melainkan orang-orang yang fasik.

      • Apakah maksud hamparan itu berarti datar ndan?
        Padahal datar dgn dataran juga beda lho?

        Kata dr zakir, bumi itu bulat
        https://www.youtube.com/watch?v=Ok3zGY2VuyQ
        https://www.youtube.com/watch?v=skyFWcA71bg

        Islam salafy bumi itu bulat

      • Bukankah Kami telah menjadikan bumi itu sebagai hamparan? dan gunung-gunung sebagai pasak agar bumi tidak berguncang….

        Broh…coba logikain gunung sebagai pasak itu gmana, trus dipasak kmana???

        Menurut penelitian, inti bumi itu berputar 10 kali lebih cepat dari kulitnya. Coba bayangkan sebuah bola besar berisi cairan (magma) di dalamnya ada bola padat lagi dan bergerak 10 kali lbh cepat. Yg terjadi adalah lama kelamaan tuh cairan memanas, dan pada satu titik kemampuan kerak (kulit) untuk menahan panas ada batasnya.

        Nah…untuk itulah gunung diciptakan agar bumi tidak pecah dan tidak terus terusan berguncang, panas yg berlebih dikeluarkqn melalui gunung2 baik yg di darat maupun di lautan.

        Dan benar kata tesla…bumi itu mesin. Mesin yg serba otomatis.

        • trit nya sundul ah…sebenernya kita tahunya juga dari sama sama nonton film…cuma bedanya yg satunya nonton film macam the martian dan yg satunya nontonnya pirates of caribean……….
          dulu copernicus dihujat gereja karena bertentangan dgn tafsir alkitab saat itu…….dan sekarang di era satelit ada yg balik lagi ke jaman dulu…

        • penelitian dari mana gan πŸ˜€

          manusia cuma bisa menembus bumi 12 km googling saja dan stuck di 12 km hanya itu πŸ˜€

          cuma bisa tembus 12 km kok bisa menyipulkan apa isi km selanjutnya πŸ˜€ itu namanya teori, asumsi dan ilusi πŸ˜€

          nah bumi cuma bisa tembus 12 km mustahil menembus langit yang 7 lapis itu πŸ˜€

          jadi bertafakurlah, dan menyadari diri bahwa manusia itu tidak akan bisa melampau sunnatullah πŸ˜€

      • Assalamu’alaikum wr. wb.
        Berhati2lah mengambil referensi ilmu dari dunia, apalagi referensi dari orang2 yang tidak bisa dipegang janjinya karena bagaikan pedang bersisi 2 satu sisi bisa melukaimu satu sisi bisa bermanfaat untukmu.

        Semua berkaitan adanya pergerakan udara, adanya perbedaan waktu, adanya pergerakan magma, adanya perubahan gaya, kenapa kapal bisa mengapung, kenapa batu bisa tenggelam, adanya perbedaan kerapatan pada air dalam kedalaman tertentu, adanya perbedaan kerapatan udara di ketinggian tertentu, bagaimana bisa terbit, bagamana bulan ada siklusnya, serta adanya bukti photo angkasa tentang bumi.
        Dari hal itu maka dapat di ambil kebenaran bahwa bumi itu bulat.

        Tapi saya juga tidak percaya tentang alur perputaran bumi itu terbentuk karena gaya tarik menarik bumi dengan matahari, karena itu terlalu simple pasti ada sesuatu yang belum kita ketahui.
        Alur perputaran bumi dan planet yang lain itu seperti rel jadi terpisah dari unsur planet itu sendiri, tapi terbentuk dari apa bagaimana terbentuknya masih belum tahu, di runut dari pluto yang dulu di kategorikan sebagai planet ke 9 tapi ternyata tidak.

  34. ini yg mancing satu pake umpan KW kok ikan2nya pada kena semua

  35. Setelah tak pikir matang2 ternyata bumi bulat wkwk

    Bumi bulat Referensi nya dari Dr Zakir, Syaikh Sholih fauz, ketika memandang ke lautan baik pake teropong maupun tidak, mata tdk bisa menembus lurus, seandainya datar tentu pulau Kalimantan bisa dilihat jelas dgn teropong, jgnkan yg Kalimantan yg pulau Karimunjawa aja gak keliatan dari Jepara kok wkwk

    • itu namanya perspektif horizon coy πŸ˜€

      buktikan sendiri bahwa perspektif horizon πŸ˜€ yang jurusan arsitek pasti paham tentang perfektif πŸ˜€

      coba pikir lagi πŸ˜€

      gua mengangumi dr zakir naik dan syaikh sholih fauz, tapi soal geosentris dan heliosentris

      berbeda pandang πŸ˜€

      gua kasih analogi sederhana, kalau bumi bulat arah kiblat tetntu tidak akan pernah sampai menghadap kabah, karena lengkungan bumi ya kan coba fikir πŸ˜€

      lalu yang kedua analogi sederhana kalau bumi bulat arah kiblat tentu bisa di balik membelakangi kiblat, kalau bumi bulat tentu bisa kan πŸ˜€ kalau bumi datar tentu tidak bisa kan nah lu πŸ˜€

      silahkan fikir lalu renungkan πŸ˜€

  36. biar rame.. ternyata bumi datar om..! liat di youtube ,

 Leave a Reply