Feb 222018
 

Jet tempur multiperan Su-30 buatan Rusia. © Alex Beltyukov via Wikimedia Commons

JakartaGreater.com – Pengujian di Suriah membuat pihak perancang memahami lebih dalam bagian mana yang perlu ditingkatkan pada jet tempur multiperan Su-30SM.

Jet tempur multiperan Su-30SM yang mulai bertugas pada tahun 2016 akan menerima sejumlah modifikasi yang akan meningkatkan kemampuan mereka.

Saat ini, Moskow telah memiliki 100 unit jet tempur canggih tersebut. Model tersebut telah diuji selama kampanye Rusia di Suriah untuk memerangi teroris. Misi itu adalah tes penting untuk jet itu sekaligus menyoroti kekuatan serta aspek mana yang dapat ditingkatkan.

“Su-30SM tidak pernah digunakan dalam pertempuran nyata sebelum operasi Suriah. Mereka sebelumnya hanya muncul saat pertunjukan udara di seluruh dunia. Sekarang, kami telah mengetahui masalah-masalah yang ada dan menyusun daftar rekomendasi sehingga pihak perancang bisa meningkatkan kemampuanya”, kata seorang sumber militer kepada Russia Beyond.

Perlengkapan Baru

Menurut sang ahli, modernisasi pertama pada jet tempur adalah pemasangan sistem penargetan SVP-24 Gefest (Hephaestus) baru, berguna untuk meningkatkan akurasi senjata, baik yang berpandu maupun tidak, seperti bom dan misil.

Perangkat penargetan itu akan di integrasikan pada semua model Su-30SM bersama dengan sistem navigasi yang diberi nama SOLT-25. Sistem ini adalah teknologi optik-elektronik yang mempertajam navigasi pesawat, memungkinkannya beroperasi dalam kondisi cuaca yang sangat buruk baik siang dan malam hari.

“Sekarang, jet ini memiliki sistem pencitraan termal serta alat pengukur jarak sasaran berbasis laser. Sistem optik-elektronik ini menemukan dan mengikuti target di medan perang, meski harus melalui kabut dan hujan deras”, kata Vadim Kozyulin, seorang profesor di Akademi Ilmu Militer.

Kozyulin menambahkan bahawa para pilot hanya perlu menekan tombol dan membuka kunci SOLT-25, maka ia akan secara otomatis menghancurkan sasaran.

Selain itu, mereka sedang mempertimbangkan untuk menempatkan jenis rudal jelajah terbaru di jet tempur multiperan Su-30SM. Menurut Wakil Menteri Pertahanan Rusia Yuri Borisov, bahwa Angkatan Udara Rusia berencana menggunakan model Su-30SM hingga 40 tahun ke depan.

Artikel ini pertama kali diterbitkan oleh Russia Beyond.

Berbagi

  48 Responses to “Dimodernisasi, Su-30SM Akan Semakin Canggih”

  1.  

    Test

  2.  

    Vote untuk pengadaan 3 skuadron serbu baru : F15 SE, Rafale, Eurofighter typhoon

  3.  

    Su-30SM the Deadly Multirole Jet Fighter

    https://www.youtube.com/watch?v=0F70H2q4_G8&t=27s

  4.  

    Itu kan jawaban utk vote diatas, piye iki mbah2 oon,,.sapa yg mau beli lg sih,,org cuma jawab pertanyaan vote,,.aneh nie si mbah kebanyakan mkn asam garam otak nya jd asin..

    •  

      heh bocah ini kalo ngomong gak bisa sopan sedikit apa, kalo mau dihargai mbok yo mau menghargai orang, saya perhatikan kamu itu seven a.k.a gp selalu saja suka ngomongnya tuh nyelekit ya, gak mencerminkan orang indonesia kamu itu ya. dasar bocah jaman now gak tau tata krama..

      •  

        sabar mbah….inget umur xixi

      •  

        Gotong ajja orangnya mbah ke laut, kalau gak kuat? Minta tolong ama xeven ajja

        Hahhaahaaaa

        •  

          eh ngomong2 jimmy kemana ha,…? kamu umpetin yah xixi

          •  

            Jimmy lg pergi ke siberia bung,,,kt nya beli siberian huskey mau dipake narik hasil karet nya dan dibaws ke rusia lsg,,,xixi

          •  

            Yg duluan sape? tu liat diatas komen ente, yg vote F15 itu, ente ngomong nya jg kyk org ga tau etika,,,.walau mbah2, tp klo kelakuan nya kyk orgil ya saya lawan aja…mbah2 tuwir gini, sy tiup aja mati pst,,,

          •  

            e e w msh aj ngeyel ya, sya tuh komen bukan buat kamu, yg punya komentar aj selow, kok kmu jd yg repot, mulutmu itu jaga ya, nanti klo punya anak yg suka ngomong nyelekit kya kamu baru tau rasa lho ,,

          •  

            Emang omongan mu ga nyelekit nyet,,,??? mbah2 kok ngomonge koyo wong cilik, wis tuek yo tuek aja, ga usah ikut2 ngobrol sm yg muda2 disini,,,turu yo mbah, drpd nti tak tampol koe,,modiar modiarrr koeee.,

          •  

            abg kok labil, jadinya ya ababil

          •  

            eladalah, malah keluar kebun binatangnya, kasiab kamu tuh, dari omonganmu aja sdh ketahuan gmana karaktermu cah,

          •  

            Ane yg kasian sm ente, dah tuwir tu hrsnya tobat, ga usah ikut komen2 spt anak muda aja,,.,turu aja kek, kelonin si nenek, kakek2 mcm apa jam sgini blon turu,,,gemblung iki aki2…

          •  

            justru kamu to yo yg msh muda mbok ya belajar menghargai orang, jgn sedikit2 mencaci, menghardik, itu berlaku di dunia maya maupun nyata, ada pepatah mulutmu harimau mu, sing ngati ati ya ngger

          •  

            Yah, gmn ent smau dihargai, org setiap ane komen ente selalu bantah kok, sellau merasa paling bener dan agak menyepelekan ane,,,,org spt itu ane mau hormati? ga la yaww,,,sori kek, ane punya hrg diri, ga mu klo hrg diri ane diinjek2 sm aki2 mcm ente,,,jgn merasa benar kek, instropeksi diri, mulut ente jg dijaga tu, agar bs menghargai pendapat org lain, jgn main protes aja,,,camkan itu kek tuwir,,.

          •  

            gini deh mas seven ya, cba liat kolom sya komentar awal, sya komen buat bung merdeka atoe mati, bukan buat situ, lha situnya aja langsung nyosor aja kaya mikrolet tanah abang, piye to mas…hadehh

          •  

            dan cba liat lagi, stiap komen sya ad yg mengandung kata2 kasar gak, cba pelan2 dilihat, sebaliknya situ klo komen tuh ad oon lah, nyet lah, dan sya masih sabar lho,.ini forum dilihat sma banyak orang lho

          •  

            Bukan komen yg diatas aja, banyak dr komen ane yg ente suka remehkan, nyepelekan dan tdk mengahrgai ane,..jgn ente berkilah kek, gini aja, ane sdh muak sm ente, jd jgn lg ente komentarin setiap komentar ane, krn bakalan ane bully ente abis2an,,klo ane udha sebel ya gini,..jgn kan ente si tuwir, si bung tn aka suhu ane dlaja ane klo sdh menuinggung hrg diri ane,,,paham kan kau kek???,stop debat sampah kyk gini,,,

          •  

            Gotong ajja ke bantar gebaaang

            Hahhaahaaaa

          •  

            klo gitu mau nya yo wis sya ikut ajalah,..terserah kamu..

          •  

            Oooohh, ini masalah hanya harga diri xeven yg di injek injak bagaikan keset oleh mbah s, sekali lg jgn begitu mbah, bagusnya itu harga diri dibeli ajja, tanya mbah berapa harganya

            Hahhahaaaa

          •  

            Kemarin itu sudah pernah ditanya agato harga diri xeven, tapi f35 agato belum laku, yg katanya jepang mau membeli, tapi masih ‘mau’

            Hahhaahaaaa

          •  

            Woalah mbah… mbah… mriki mawon, kulo damelke kopi ginastel… sekalian rencange ngopi, pohong goreng+sukun goreng, mboten kesupen klobot tingwe…

        •  

          Saya turut berduka telah berpulangnya jimmi selamanya, akibat tiuppan xeven, semoga dagangannya laku dibeli agato, wi & tn phd

          Hahhaahaaaa

  5.  

    Patut jg diakuisisi tandem dgn SU-35!

 Leave a Reply