Aug 182016
 

Direktur PT Dirgantara Indonesia (DI), Budi Santoso, mengatakan bahwa Presiden Joko Widodo berencana untuk memindahkan PT DI ke kawasan Bandar Udara Internasional Kertajati, Majalengka, Jawa Barat.

Pemindahan itu dilakukan karena Presiden Joko Widodo menilai lokasi PT DI di Bandung sudah tidak layak. Nantinya, kantor PT DI saat ini akan dikembalikan pada negara.

“(Pada) pertemuan kami dengan Presiden, ditanya (oleh Presiden) PT DI berapa luasnya? 50 ha. Masa produksi kapal terbang segitu. Enggak maju-maju. Akhirnya pak Presiden minta di Kertajati,” ujar Budi seperti dikutip dari kompas.com pada Kamis (18/8).

PT DI akan menempati lahan seluas 200-300 hektar di Kertajati. Kepindahan ke lahan yang luasnya sekitar 6 kali lipat dari lahan sekarang itu kemungkinan akan dilakukan setelah Bandara Kertajati selesai dibangun.

Hingga saat ini, Pembangunan Bandara Kertajati masih berlangsung. Bandara yang akan mengganti fungsi Bandara Husein Sastranegara itu ditargetkan beroperasi pada tahun 2017. Bandara Kertajati berdiri di atas lahan seluas 1.800 hektar. Dengan luas terminal mencapai 9.200 meter persegi, bandara tersebut mampu menampung 5-6 juta penumpang.

Sumber: kompas.com dan detik.com

Bagikan Artikel:

  102 Responses to “Dinilai Tak Memadai, PT DI Akan Dipindahkan ke Majalengka”

  1. 1

    • Dulu pak SBY pernah rencanakan PTDI bangun pabrik baru di Jawa Timur.
      Tapi kok nggak ada kelanjutannya.
      Semoga rencana pengembangan ke Majalengka berhasil tanpa penundaan.

      • Bung patih, betul bung, ini namanya inisiatif setuju banget dg begitu kapasitas dan kapabilitas DI bisa meningkat…

        kalo untuk jawa timur pabrik kaprang, KS dan Tank saja..bung..plus persenjataannya..
        Pal sudah di sby, pindad ada yg di turen malang..so tinggal perluasan saja..apakah jadi ke tuban atau lamongan..yang jelas banyak pilihan sesuai daya dukung industri di sekitarnya..

        Kalo gak salah inka juga udah punya lahan buat pabrik kereta api modern di daerah manyar gresik..

        Sayangnya jamaah pesimisiyah bentar lagi muncul…duiteee sopoo..apbn udahh tekorrr…mimpiii basah…minum sianida biar tetap optimis..wakakaka..

      • salam dari Tuban Jatim bung..heheheeh

        • Mantab…kapan kapan cari…legen bung di merak urak..temen temen banyak di karang indah..salam bung..

          • Dari mana mas saya jenu beji minum toak botoh tambul welut e cemplon

          • Tubane ngendi da

          • Mas bro sandi, jenggot bonar, saya bukan asli tuban tpi dlu pernah 3 tahun dituban samping perumahan SG bung jadi taulah jenu, palang, merak urak, senori, semanding, tambak boyo, garang asem, tuak, becek menthog, welut kecap laton, mantab khas tuban…hahaha..sekarang dah pindah cilacap bung..biasa tugas harus pindah pindah…
            salam kenal warjager tuban banyak juga ya..sukses ya bung..
            letda sucipto sama susuhunan sunan tuban sunan bejagung, kanjeng lokajaya, mbah ronggolawe wah kesebut semua dah..hahahaha..salam..

        • Warjager tuban..salam bung, dulu di bancar sedianya akan di bangun pelabuhan komersil yg di kelola oleh primkopal…namun skg sdh di kembalikan untuk latihan tni al…

    • Hhmmm, biaya lagi.. lahan basah lagi,, proyek lagi,, ngutang lagi,, alibi lagi..

  2. Pabrik IFX pindah juga ?

  3. duak lagi ada apa iniini?

  4. selamat mlm warga jkgr semuanya. mohon izin utk gabung

  5. Yang d bandung kursus pengembangan IFX yak

  6. Khusus#

  7. Semoga semakin maju PT DI dengan tempat yg baru nanti.

  8. wkwkwk bentar lagi kampung ane bakal jadi kota besar nihh dengan ada nya bandara International Kertajati yang katanya bakal jadi bandara terluas ke dua setelah Soekarno-hatta… weleh weleh

  9. untuk pembuatan pesawat militer/tempur tetap di bandung,relokasi ke majalengka untuk pabrik pesawat komersil

  10. setelah gripen di masuk kan kok malah PT DI dikeluarkan…hahahhaaa
    ….sepertinya sebentar lagi akan dibuka lowongan kerja multi jurusan…tinggal pilih mo jurusan kuli apa ahli…..xixixixiiiii
    ..makasih pak presiden….hahwehawe

  11. pt DI ni sdh berpa tahun kah tmpat blom ade tmpat kecik sangat.kata boleh buat pesawat juang,nak taknak.

    • @TMB tentera malon beruk bodoh nak taknak memangnya aerotree malon segede apa tempatnya hah?? udah mampur eksport pesawat berapa banyak

      dasar malon negara gagal total gak ada otak kahkahkahkah

  12. 300 ha cukup lah utk persiapan tot gripen n/d dari swedia, kan sebagian bikinnya di indonesia, jd pt di harus memperbesar pabrik dsn perakitan pesawat tempur…dgn lahan seluas itu, pt di bisa membuat pesawat dlm jmlh banyak…

    • Yang jelas opsi kedepan bisa lebih banyak bung..jika lahannya luas, berbagai line produksi atau lini service bisa di satu komplek area..
      Waoo keren..

  13. Iku akui malasyia lapangan kerja banya tapi syank penduduk lokal sudah tergeser oleh penduduk asli cina dan india.. Tapi bangsa kami lebih pandai dari pada bangsa malasyia kami sudah bisa buat pesawat kapal tank.. Lah bangsa malsyia udah buat apa.. Yg ada penduduk asli malsyia akan punah…

  14. salutttt, tadi liat di tv seorang pilot pt.DI. bernama Esther Gayatri Saleh beliau adalah pilot uji terbang PT Dirgantara Indonesia. ngeri juga waktu liat uji terbangnya, mengecek waktu mesin sebelah kiri di matikan di liat sudut kemiringannya berapa terus bergantian mesin sebelah kanan di matikan, dan yg mengerikan lagi saat kedua mesin dimatikan diliat kecepatan terbangnya berapa dan keseimbangannya terus mesin dinyalakan lagi bisa hidup lagi apa tidak. pekerjaan penuh dengan resiko cukup tinggi tapi beliau lakukan itu demi kecintaannya pada merah putih. tapi omg tadi saya liat ko ada pesawat mirip mirip IFX ah jangan jangan salah lihat saya h h h h

  15. ko tau sih bung @arumanis hahaha…

  16. dengan lahan baru yg nantinya di harapkan dapat meningkatkan kualitas produksi yg otomatis menambah lapangan pekerjaan…berarti sesuai amanat konstitusi bahwa cabang produksi yg strategis di kuasai serta di kendalikan oleh negara demi kesejahteraan rakyat

  17. bangga jadi orang majalengka

  18. Nyinyir hater jokowi…

  19. Benar juga.
    Sbg producen pesawat dgn berbagai tipe, tentu harus punya pabrik yg amat luas.

  20. Sok lah mangga jangan lupa buat ifx nya …

  21. buatlah nak buka kerje tak pegi kat luar negara.bagus mcm tu sedia pekerja lbih banyak.kat tekong tak banyak deportasi lgi..

  22. alhamdulillah klo DI ikut pindah, bandung dah terlalu sesak,,,

  23. Nyinyir haters pak jokowi
    Ha ha ha

  24. Pabrik lama di Bandung khusus untuk helikopter saja.

  25. Setuju Jadi Di bandung Statusnya bisa Jadi Lanud Utk TNI-AU dan Infrastruktur PT.DI Lanud Husien bisa di Fungsikan menjadi tempat riset yg lebih bisa dijaga dan Aman krn bukan tempat Produksi, Kalo Majalengka bisa Jadi tempat Produksi dan perawatan bagi Produk2 yg dihasilkan PT.DI

  26. kota Majalengka dari Sumedang jalannya sempit dan berliku…

  27. Gripen sama ifx tetap dibikin di Bandung.

  28. Maksudnya PT.DI menempati kawasan bandara gitu atau bagaimana..?

    #gagal paham

  29. nahhh gitu dong, punya pemikiran maju. Tambah lagi satu saja buatku, tlg perlebar jalan antar propinsi, antar kabupaten jadi 4-6 kali lipat biar tidak boros bbm krn macet dan harus injak game tancap gas mulu.

  30. Bangun juga lahan sawah yang luas biar tidak impor sembako terus, babat saja hutan2 pengekspor oxygen gratis itu, kita harus makmur

  31. Yes. Saya bilang juga apa ?
    Untuk membuat pesawat tempur dalam jumlah banyak dan cepat maka hanggar pembuatan pespur jangan cuma satu tok tapi hanggar2 baru harus dibuat sehingga produksi pesawat bisa cepat, jangan cuma 6 unit per tahun, kalau perlu setahun bisa 24 unit atau 30 unit atau 36 unit. Lumayan khan bisa 2 atau 3 skuadron kecil per tahun.

  32. iya iyaa iyaa iyaa

  33. jalan sumedang majalengka memang betul sangat sempit satu jalur untuk dua arah juga, ngebayangin jalan nya di bikin dua jalur u/ masing-masing arah, biar sama seperti jalan utama di sekitar palimanan-cirebon

  34. Sadar diri je…jangan balik lagi kat sini…di usir balik di usir balik…rang kate peringkat 10??? Dunia akhirat kah kah kah

  35. Biarin…

    kwaakkk…kwaaakkk…kwaaaakkk….

  36. Tak guna cakap banyak bukti!!! Baru kat sesumbar

  37. Perduli amat…

    kwaaaakk…kwaaakkk…kwaaaakkk…

  38. teksi lo anter kemana kawan lo si tmb?jalan”nyari maknyah ya hihihi….

  39. Asyiiiiiikkkkk pt Di pindah ke Majalengka daerah asalku ….nanti pt Di bikin pesawat antar kota antar kabupaten kaga ya….hhiii

  40. Berbanggalah teksi!!teksi dah hantar 2askar selamat …cuba teksi takde???

  41. Berbangga teksi!! Dah hantar 2 askar..cuba teksi takde??? Maybe naik unta

  42. sangat setuju pak Jokowi, ini demi untuk kemajuan PT.DI dan Majalengka juga tentunya, biasanya klo PT.DI memproduksi sesuatu maka selalu disebut dengan “made in bandung” (kemungkinan tidak lama lagi akan tergantikan) yg seharusnya lebih baik disebut dgn “made in Indonesia” yg dikerjakan PT.DI berlokasi di bandung, supaya seluruh rakyat Indonesia dari sabang sampai merauke merasa memiliki bersama supaya timbul rasa bangga yg diiringi dengan semangat NKRI,
    ada satu lagi istilah yaitu “made in Banyuwangi”

  43. Ini momen bersejarah…utk indonesia raya bangkit…buat besar bangsa great country indonesia berkualitas. Jokowi sudah sepantasnya membuat bangsa ini menjadi kelas wahid dunia, Pt. Di bakal menjadi kilang jet tempur terbesar di asia, Ifx dan grippen sedang dimatangkan dan dipercepat prototipenya, pt. Pindad sdh buat tank marder lanjut ke mbt, dan pt pal buat kapal selam bbrp tahun lagi dan buat kapal destroyer tak lama lg di surabaya…kilang nuklir tinggal tggu waktu. Dlm waktu 15 hgg 20 thn lg negara indonesia bakal jadi negara singa asia….australia dan malaysia bakal jadi sarapan pagi bangsa indonesia. Mengerikan kalau indonesia sudah ngamuk!!! Murka!!!
    Jangan remehkan bangsa jawa…yg sudah ribuan tahun tetap bertahan bertempur habis2 an dg penjajah. Kami tak pernah terkalahkan…!!!

  44. Mudah mudahan PT. DI bisa jadi Rajanya priduksi pesawat komersil di kelas baling baling.. Wajibkan maskapai komersil dalam negeri membeli pesawat ini 20 biji per maskapai.. Supaya ada masukan dr tiap maskapai.. Di jamin cepat laku itu N245, N275 dan R80..owh iya N219 juga..

    Kalo IFX tinggal nunggu hasilnya saja.. Pasti canggih itu pesawat.. Dengar2 radar aesanya nanti lebih dr 1100 transmitter yah..

  45. Pt DI kok dipercaya,,pt yg amburadul,,,kryawannya hobinya demo menuntut diluar kewajaran.

  46. apa iya mau percaya bacotmu tong ?? Lu siapa ?? Wkkswkqkqk….pembualan lu !

  47. si TMB masih normal, jangan dibully lah kalau malon yang lain WAJIB dibully kalau dia menyebut indon, si TMB masih menyebut indo … relax guys …

  48. Di kampungku saja…lahan masih luas

  49. Dengan akan dipindahkannya line production untuk pesawat propeller dan helikopter ke kertajati, maka tersedia banyak hanggar kosong di bandung yang akan dapat digunakan untuk pembuatan pesawat tempur dengan beberapa line production sehingga pembuatan 24 atau 36 pespur per tahun bisa tercapai.

  50. @Rasyid..
    Juanda yang akan menjadi bandara terbesar nantinya, dngn adanya proyek T3 tahun depan.

    • @ arek suroboyo.. Sampai 2020 AP II ditarget menyelesaikan T4 dan runway ke 3 di bandara Soeta. Juanda akan jadi terbesar kedua atau bahkan ketiga tergantung pengembangan bandara Kualanamu, Sepinggan dan Hasanuddin kedepannya.

  51. jadi efek domino.. dari “perluasan ” PT DI dari Bandung ke Majalengka… selain menambah kapasitas produksi juga akan mengejar percepatan MEF II dan III semoga IFX lancar… masalah hambatan pasti ada… terutama pemenuhan target produksi pesawat komersil bisa dipercepat…setelah di cek ke mbah goegle bandara sudah jadi kurang lebih 2500 m… namanya juga untuk internasional… untuk pembangunan Hanggar dan Pabrik PT DI menunggu kesiapan landasan udara… cuma akses darat kesana mesti dilebarkan untuk mengantisipasi pertubuhan lalulintas kedepan…minimal ada tol dari Cipali ke Bandara..selain kereta Bandara

  52. Buat pesawat bongsor sekelas boing 878 di majalengka lahannya pasti cukup .

  53. PT. DI hrs membagi 2 Divis. 1 divisi untuk pesawat terbang komersial dan 1 divisi untuk pesawat militer. dimana antara divisi 1 dan divisi 2 letaknya harus ditempat yg berbeda, jgn ditempatkan dlm satu lokasi yg sama. divisi pesawat militer hrs terjaga kerahasiaannya baik teknologi yg digunakan maupun lokasinya…

 Leave a Reply