Oct 272018
 

dok SM-3 meluncur dari USS Shiloh. (United States Navy via commons.wikimedia.org)

Jakartagreater.com    –    Diplomat Rusia Andrei Belousov mengkonfirmasi pada Jumat 26-10-2018 bahwa Rusia sedang bersiap untuk mempertahankan wilayahnya terhadap setiap agresi, di saat penarikan sepihak dari Perjanjian INF oleh AS menandakan bahwa Washington sedang mempersiapkan agresi semacam itu, dirilis Sputniknews.com, Sabtu 27-10-2018.

Andrei Belousov, Wakil Direktur Departemen Nonproliferasi dan Kontrol Senjata Kementerian Luar Negeri Rusia, mengomentari penarikan sepihak AS dari Perjanjian INF,  bahwa Washington sedang “mempersiapkan perang,” dan Rusia harus bersiap-siap untuk mempertahankan wilayah, prinsip dan nilai-nilainya.

“Baru-baru ini pada sebuah pertemuan [komite], AS menyatakan bahwa Rusia sedang bersiap untuk perang. Ya, Rusia sedang bersiap untuk perang, saya dapat mengonfirmasinya,” kata Belousov setelah gagal suara Komite Pertama PBB mengenai resolusi Rusia dalam mendukung INF.

“Kami sedang mempersiapkan untuk mempertahankan tanah air kami, integritas teritorial kami, prinsip-prinsip kami, nilai-nilai kami, orang-orang kami – kami sedang mempersiapkan untuk perang seperti itu,” tambahnya.

Namun, dia menegaskan bukan Rusia yang bersiap untuk memulai perang. Menurut diplomat, ada perbedaan besar antara persiapan Moskow dan Washington.

“Secara linguistik, perbedaan ini hanya dalam satu kata, baik dalam bahasa Rusia dan bahasa Inggris: Russia is preparing for war, dan US is preparing a war,” kata Belousov. “Kalau tidak, mengapa Amerika Serikat menarik diri dari perjanjian itu, membangun potensi nuklirnya [dan] mengadopsi doktrin nuklir baru?”

Belousov, mengomentari gagalnya suara komite PBB pada rancangan resolusi Rusia, memperingatkan bahwa penolakan untuk memperkenalkan rancangan itu bisa sangat mempengaruhi keamanan dunia.

“Jika Amerika Serikat keluar dari perjanjian dan mulai membangun potensi nuklirnya dengan cara yang tidak terkendali, kita akan menghadapi kenyataan lain,” katanya, seraya menambahkan bahwa masalah prosedural yang dipusatkan PBB dalam beberapa hari terakhir akan tampak tidak signifikan.

Perjanjian INF adalah pakta era Perang Dingin yang ditandatangani oleh pemimpin Uni Soviet Mikhail Gorbachev dan kemudian Presiden AS Ronald Reagan pada tahun 1987.

Kedua pihak mencapai kesepakatan bersejarah untuk memotong persenjataan nuklir mereka dan berjanji untuk menghancurkan semua rudal jelajah dan balistik yang diluncurkan dari darat dengan kisaran antara 310 dan 3.400 mil.

Sabtu lalu, Presiden AS Donald Trump mengumumkan niat negaranya untuk mundur dari Perjanjian INF atas dugaan pelanggaran perjanjian Rusia.

Pada hari Jumat, Rusia memperkenalkan rancangan resolusi untuk melestarikan INF ke Komite Pertama Majelis Umum PBB, yang ditugaskan untuk perlucutan senjata dan keamanan internasional. Namun, panitia memilih untuk tidak mengkaji rancangan tersebut, dengan 55 negara memilih menentang rancangan resolusi, 31 negara mendukungnya, dan 54 tidak memilih.

Berbicara di Majelis Umum PBB, Belousov berkomentar bahwa Rusia telah memiliki pertanyaan untuk AS mengenai pelaksanaan perjanjian tersebut sejak sebelum tahun 2000.

  12 Responses to “Diplomat: Rusia Bersiap untuk Perang, AS Siapkan Perang”

  1.  

    Bah, 😆 😆

  2.  

    paniiianngg palaa amboo…duniaa semakian panass..geser dikit lah ke singa…pak cik hhhhh

  3.  

    sabaarrrr…camerad putin dan mr trump..tlg jauh jauh tangannya dari nuclear button…

  4.  

    admin menghapus kalimat saya, tolong jgn d hapus, rakyat hrs tahu yg sebenarnya

  5.  

    NKRI,siap siap/pilih slamet apa rahayu,bak memilih masuk surga/hanya mati saja.

  6.  

    “Kalau tidak, mengapa Amerika Serikat menarik diri dari perjanjian itu, membangun potensi nuklirnya [dan] mengadopsi doktrin nuklir baru?”

    Sabtu lalu, Presiden AS Donald Trump mengumumkan niat negaranya untuk mundur dari Perjanjian INF atas dugaan pelanggaran perjanjian Rusia.

    bulan Maret kemarin kan om putin ngumumin Rusia berhasil ngetes Icbm baru yg bisa menjangkau semua titik di permukaan bumi
    masa lupa sendiri?
    https://www.youtube.com/watch?v=G_-TvoVMKdE
    https://sputniknews.com/military/201803231062826595-russia-weapons-names/

  7.  

    Pilih amerika apa amerini? Kalau aku pilih amerini aja … 😀

 Leave a Reply