Dirgahayu Tentara Nasional Indonesia !

223
85
Grafik by: Citox
Grafik by: Citox

Tak terasa telah tiga tahun lebih JakartaGreater.com berdiri yang kita lalui dengan suka dan duka. Saya sendiri tidak ingat kapan persisnya JakartaGreater pertama kali launching. Kecintaan dan kepedulian pada dunia militer, khususnya TNI ternyata dirasakan oleh banyak penduduk Indonesia. Hobby, kepedulian, kecintaan itu terus bergulir menjadi bahan diskusi kita setiap hari.

Diskusi yang keras, humor, hingga caci-maki sudah kita telan bersama. Berita terkonfirmasi, clue hingga hoax, juga sudah masuk ke kepala kita. Puncaknya adalah saat pilpres lalu 😀

Pada awal JakartaGreater berdiri, saya cukup sering bertemu langsung dengan user, dan mengkonfirmasi pembahasan-pembahasan yang ada di forum ini. Suatu saat saya bertemu dengan KSAD Jenderal Pramono Edhie Wibowo di Mabesad. Pada saat itu saya berondong dia dengan banyak pertanyaan: Pak Apache jadi dibeli ?. Apa ATGM yang akan dibeli ?. Bagaimana dengan MBT ?. Dari dialah saya dapat nama: Apache, NLAW, Javelin, hingga Leopard2.

Saya juga sempat bertemu dengan Mayjen TNI (purn) Salim Mengga yang pulang dari Lursen Jerman. Saya tanya bagaimana dengan pembelian Nakhoda Ragam Class. Dia bilang: “Sudah postif tuh”. Dari situlah muncul tulisan Nakhoda Ragam Class.

Saya juga sempat bertanya langsung soal Kapal Selam Indonesia, ke Kementerian Pertahanan 😀 Dari situ pula muncul tulisan Misteri Kapal Selam Indonesia.

Seiring waktu berjalan, rekan rekan pun mulai banyak berbagi informasi. Salah satu perdebatan terhanngat adalah antara Dexter dan Melektech. Perdebatan itu harus masuk hall of fame. Off_Ai juga mendorong pembahasan kapal selam lebih mendalam dengan informasi yang dia miliki. Kuncian soal Kapal Selam ini digenapi oleh Pocong Syereem yang menulis secara berseri. Kita bangga ternyata Angkatan Laut Kita kuat.

Masih banyak perdebatan-perdebatan lainnya, seperti yang dipapar oleh Bung WH dan Danu soal IPTN. Bung Antonov yang fokus mendalami alutsista. Ada Bung Puguh, Bismar, DenBravo, PGM-FI, poerboyo, Satrio, Gue, parnas, menjangan, dan banyak lagi. Nama nama itu datang dan pergi. Rekan kita yang dulu cukup aktif Bung Nowyoudont, hilang entah kemana ?. Apa kabar Bung Nowy ?. Semoga anda sehat, bahagia dan tidak kekuarngan apapun.

Kini waktu saya tidak lagi semewah dulu. Namun meski demikian artikel yang kini banyak copy-paste dari sumber lain, tetap ramai didiskusikan oleh rekan-rekan. Kalau istilah Bung WH: Artikel yang perlu di-clipping, untuk dibahas. Seiring berkembangnya diskusi, artikel pun mulai masuk ke JakartaGreater dari tulisan para warjag, seperti Bung Yayan, STMJ, Afiq dan lainnya. Ada pula Bung Jalo dengan Info-nya yang fresh. Terima Kasih Bung.

Ada juga rekan kita dari Banyuwangi yang kirim photo dan video Apache, Black Hawk serta Stryker. Dan hari ini saya merasa surprise, ada rekan kita yang sudah lama menjadi Silent Reader (SR), mengirim dua poster untuk JakartaGreater. Poster ini dia dan kita persembahkan untuk HUT TNI ke 69. Terima Kasih Bung Citox.

Dirgahayu TNI. NKRI Harga Mati !

Mari kita nikmati poster yang dia kirim. Salam.

Grafik by Citox
Grafik by Citox

223 KOMENTAR

  1. Met ultah ya JKGR smoga semangkin banyak yang mampir baik sekedar minum atau memberi oleh oleh menu di etalase …
    Meskipun kadang ada yg (maaf) kentut shg bikin pusing pengunjung yg lain … Maklum namanya juga warung yg banyak dikunjungi, diomeli, bahkan di mata matai orang …
    Tetangga sebelah pernah men state JKGR formilnya para Ultra Nasionalis … Hehe ..

  2. Gara gara JKGR jadi ga pernah makan siang di kantor, waktu istirahat makan langsung ane colok dah tuh modem mantengin Diskusi n Clue dari sesepuh di mari biar ga ketinggalan…Alhamdilillah dah mulai menyebarkan virus Kebangsaan dan Patriotisme ke temen-temen yang lain mudah-mudahan api perjuangan di sanubari para pemuda-pemudi masa kini masih membara. Maju terus JKGR kami Patriotik Bangsa siap mengawal negara ini dari segala ular-ular yang berniat menghancurkan Negara INDONESIA…NKRI HARGA MATI

  3. HBD TNI KE 69 N KKGR KE 3
    banyak ilmu yang saya temui disini…suwun buat para sesepuh,admin,para tukang,dan warjager semua
    2 thn disini banyak ilmu yang saya peroleh tanpa harus bayar dan tidak mungkin saya temui ilmu itu ditempat lain … ( kecuali pulsa ) hehehehee

  4. Met hut TNI ke 69 n milad JktGreater ke 3, sama spt teman2 yg lain. Sdh sr sjak 2012 & sjak ditinggal pergi oleh sesepuh di topix…….(alutsista rahasia buatan indonesia),, putar haluan mncari informasi yg slalu mnjadi kebanggan tersendiri sbg anak bangsa khususnya dlm informasi militer…….bnyk hal yg saya dptkan di warjag….thx a lot tuk senior disini….walopun ada bbrp dari mereka dl jg di forum sbelah…..sayang forum sbleah jd sepi……saya berharap jgn terulang disini…….kami masih berharap para senior memberikan pencerahan …….thx sobat….

  5. Dirgahayu TNI ke 69 dan JakartaGreater ke 3, semoga semakin hebat dan mencerahkan bangsa Indonesia khususnya di bidang militer.
    Meski baru bergabung kurang dari setahun dan hanya menjadi SR, saya pribadi berterima kasih kepada para warjager semua khususnya para sepuh yang sudah berbagi informasi dengan warjager semua. Saya pribadi masih merasa kurang memberikan kontribusi di forum ini, namun saya sangat berterima kasih karena berkat forum ini dan para warjager dengan dinamika diskusinya saya menemukan jati diri saya yang sebenarnya.
    Sekali lagi terima kasih JakartaGreater terima kasih TNI ku,terima kasih para Warjager.
    Sukses untuk kalian dan Sukses untuk kita semua.

  6. Terima kasih, selamat ulang tahun untuk para sesepuh Warjager/JKGR, media ini bagi saya sangat mencerahkan sekaligus bisa sebagai wahana komunikasi diantara para warjager dan bahkan dengan institusi militer kita dengan tujuan untuk saling berbagi pengetahuan,usulan, ide, gagasan yang didasari rasa cinta terhadap bangsa dan negara kita Indonesia ……

    Selamat Ulang Tahun TNI, sebagai warga sipil saya berharap militer kita semakin kuat,profesional,diperlengkapi dengan peralatan perang modern, didukung industri pertahanan yang besar dan modern, prajuritnya semakin sejahtera dan yang paling penting bagaimana supaya TNI dihargai dan dicintai oleh rakyat Indonesia …..

  7. @bung Cakra backstage udah di ttp Bung…sekarang tempatnya kosong sudah gak ada…lokasi kafe milik perusahaan tempat saya kerja ada di belakang backstage,,kebetulan masih baru jd bisa sekalian promosi(hehehehe be)……[email protected] jalo ,,, jauh banget nya dari tempat tinggal Bung jalo,,insya Allah klo jd misalkan mau saya bisa bantu buat masuk ke lokasi Ancolnya gratis nanti bisa saya jemput di pintu gerbang Ancolnya…kebetulan ada fasilitas buat masuk gratis ke Ancol,,jd nanti sekalian bisa diskusi dan ngobrol yg lain2 bisa sekalian nikmatin sunset di temani secangkir kopi Vietnam,kentang goreng dan roti bakar di jamin keren dah…

  8. Dulu forum ini punya banyak tema ya seperti otomotif, berita kota jakarta dll.
    Tapi yang masih misteri sampai sekarang kenapa namanya jakarta greater jauh sekali dari kesan forum militer.
    Bgmana latar belakang nama forum ini bisa di cerita in ngak bung Diego.
    Terimah kasih.

    • Wah Bung TK, ingat dari awal ya 😀 Awalnya Pak SBY memunculkan istilah Greater Jakarta. Dia menggagas perluasan ibu kota, sebagai solusi untuk tidak memindahkan ibu kota Negara dari Jakarta. Saya pikir ide Greater Jakarta keren dan solutif. Saya ingin bikin forum jabodetabek membahas masalah visi Indonesia ke depan. Saya pesan nama domain ke hosting tapi sudah dibooked orang lain. Akhirnya saya balik menjadi JakartaGreater dan available.

      Awalnya saya menulis juga soal prediksi sepak bola, pembangunan kota jakarta, kisah perjalanan dan masalah militer. Namun anehnya, artikel yang banyak direspon adalah soal militer. Sempat blog ini saya tinggal karena kesibukan. Begitu saya lihat lagi, lho kok banyak yang merespon soal militer. Sepakbola ada juga sedikit. Kebenaran saya suka dunia militer dari kecil, karena saya hidup dan besar di lingkungan militer. Dari situ akhirnya saya fokus mengulas masalah masalah militer, kebangsaan, ekonomi makro. Intinya militer dan persoalan bangsa yang menyangkut visi Indonesia ke depan.

      Mengapa saya berpikir seperti itu ?. Mata saya terbuka setelah sempat berkunjung ke beberapa negara (biaya kantor :D) Kok di negara orang seakan serba terencana padahal otak mereka sama saja dengan kita. Market di Indonesia demikian besar, penduduk banyak, tenaga kerja banyak. Mengapa Indonesia seakan bergerak lamban. Makanya selain dunia militer artikel artikel soal visi Indonesia ke depan, suka saya clipping di sini, walau beberapa bulan terakhir agar berkurang. Ehh ternyata banyak rekan rekan yang sepemikiran.

      Menurut saya, kita harus patok, tahun berapa negara ini akan terbang ?. Tahun 2025 atau tahun 2045, pasca 100 tahun Indonesia merdeka. Seperti apa Indonesia pada tahun itu ?. Apakah kita sudah bisa membayangkannya, atau tidak punya bayangan sama sekali. Apakah pemerintah dan militer, sudah punya gambaran detil apa yang harus dilakukan di tahun 2045. Kita harus bisa menggambarkannya dengan jelas, agar kita tahu ke mana harus melangkah, pemerintah bersama rakyat.

  9. hallo bung satrio..sy fans anda loh sejak d topix.com..saya masih ingat pas pertama bung sat komen d topix langsung battle rap ama bu desinura..dikira formalon padahl forindo..sy jg masih ingat bung sat yg pertama ngusulin “bung” bukan “gan” d Topix..dan d ikuti oleh forindo lainnya..sy sngat suka cerita pewayangannya..bung sat hijrah ke jkgr..sy jg ikut pindah hehe oh ya jd lupa..
    selamat hari jd TNI yg k 69 dan jkgr yg ke-3 semoga warjak semakin di kenal masyarakat #NKRI HARGA MATI…

    wah kda ada tau samawa pang ta mpa.. nick NTB ke Rangga Poda..
    salam kenal semua..SR mode on :affirmative:

    maaf nyampah bung Diego. ..

    • Hallo juga bung RTE
      Benar saya koment pertama langsung disambar oleh forindo yang galak2 hehehe,tetapi akhirnya bisa diterima dengan baik sejak saya ditantang oleh User malay untuk beradu Ilmu tentang Radar Dopler,,dan bisa menjinakkan Oficer malay yang selalu piket malam dengan nick Siti,,
      Sampai pertanyaan berapa Jumlah Baut yang ada di tubuh Sukhoi dan F 16 pun ditanyakan jumlahnya untuk mengetes,, hehehehe
      Terpanas disana saat pemilik warung mau membuka rahasia negara dan meminta persetujuan 10 nick biru,, disaat itu banyak user dan SR yang menentang,, sehingga suasana menjadi kacau dan Panas,, bahkan muncul nick nick kloningan muncul memaki..

      Tentang para Sesepuh sebelah yang tak mau menyebrang kesini .. Saya akhirnya berpendapat misi mereka disana sudah selesai,, dan Warjag bukan Domain mereka dalam berjuang didunia Internet,,
      Dan sempat beberapa nick sepuh menyapa saya disini dan mereka menghilang setelah tau warung ini bersih dan tidak kotor,,dan mungkin disini sesekali hanya SR saja,

      Imho

      • Alhamdulillah, kabar baik Bung Gue… Saya tidak kemana-mana, tetap terus memantau warung kesayangan ini. Kebetulan baru menengok sarang Sukhoi yg ditinggalkan beberapa penghuninya. Jika tidak ada tugas mendadak lain, besok pagi sebelum jam apel berdentang, saya posisi sudah stand by di dermaga Madura bung. Kira-kira apakah bung Jalo sudah confirm ya utk hadir… Bung Satrio Suroboyo, Bung PS dan sahabat senior lainnya, monggo kalau berkenan ngumpul-ngumpul usai gladi bersih besok…

  10. Nggak terasa hampir 3 tahun disini walopun mayoritas SR.. Selamat buat bung Diego dan seluruh admin yang membangun dan membesarkan forum ini dengan susah payah.. Terima kasih untuk seluruh narasumber baik user maupun fansboy dengan artikel-artikelnya yang selalu mencerahkan sekaligus membangkitkan jiwa nasionalisme kami semua..
    Dirgahayu TNI dan JKGR…
    TNI.. Dari rakyat, oleh rakyat, untuk rakyat…
    Jayalah TNI dan semoga JKGR akan semakin besar kedepannya…
    Salam NKRI..

  11. Dirgahayu JKGR
    Dirgahayu TNI

    Terima kasih Kepada pemilik warung bung Diego yg sudah berkenan membuka warung, agar kami bisa saling belajar, bertukar ilmu, dan berkumpul dengan warga Indonesia, dan warjager pada dari ujung timur hingga ujung barat.
    Tak lupa terima kasih kepada Dewan Admin bung Gue, Bung Jalo, dan Bung Nowyoudont (yg udah lama gak muncul) dan juga kepada warjager sekalian yang tidak bisa saya sebut satu persatu.
    Dari Jakartagreater ini saya bisa belajar banyak hal, dari militer, kewiraan, teknologi, sosial politik, dan pengetahuan yang tidak mudah saya temukan ditempat lain. ditambah apa bagi saya yg menjadi ciri khas warjag ini, ialah diskusi dan komentar yg lebih menarik dibandingkan artikelnya… sudah hampir 1 1/2 tahun saya nongkrong jadi SR dan baru kali ini saya komen…hehehe
    salam kenal warjager semua

    Jayalah Indonesia !!!

  12. HBD WARJAG….3 th
    HBD TNI….69 th
    Saya SR 2 thn lebih,…,baru minat komen bulan2 ini,karena gerah komen2/ngetroll panas2 an..he..he..

    Terimakasih untuk pemilik lapak + bung diego ,bung gue,bung jalo..dll,para tukang2 bung satrio,bung naraya,bung NR,bung PS,bung LS,bung yayan,bung danu,neng okelah,bung surya A1,bung melektech,bung dexter,bung2 kontributor artikel yang lain yg g bisa disebutkan 1 per 1,rekan2 warjager…yang telah menambah wawasan berkebangsaan dengan rasa haru-biru…perbedaan sudut pandang adalah keniscayaan…tapi persatuan sebagai putra2 bangsa untuk menjaga bumi pertiwi ini slalu berada diatasnya….
    Sehingga makin banyak calon2 warjager yang bergabungdi sini + warjager2 lama tidak pindah ke lain hati..he..he..
    Salam warjag!!!

  13. Happy milad Jakarta Greater !!

    Harapan saya JKGR kedepan bisa lebih memberikan informasi – informasi yang berkualitas, terutama info militer teraktual baik yang realitas maupun yang menjadi rahasia dengan mengedepankan akurasi disertai analisa yang rasional. JKGR harus menjadi blog yang independen tanpa terkontaminasi kepentingan sesaat, karena

    • Mohon maaf terlalu semangat jadi ke send duluan padahal belum selesai 😀

      Intinya saya berharap JKGR makin maju dan tambah berkualitas, terima kasih buat para admin dan kontributor yang sudah memberikan pencerahan…. akhir kata SUKSES SELALU !!